Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Psikologi? Kesadaran akan mental health saat ini membuat bidang ilmu psikologi cukup diminati. Selain program studinya yang menarik prospek pekerjaan yang ditawarkan nantinya juga beragam.

Untuk kamu yang sedang dan akan memilih jurusan satu ini wajib menyimak informasi tentang apa saja Prospek Kerja Jurusan Psikologi yang bisa kamu pilih kelak.

A. Apa Itu Jurusan Studi Psikologi?

Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia. Manusia adalah sesuatu yang sangat dinamis dan bisa berubah ubah oleh banyak faktor.

Bahkan bila stimulus yang diberikan kepada setiap manusia sama, maka belum tentu respon yang akan dihasilkan akan sama pula, tergantung pada pengalaman, perasaan dan banyak faktor lainnya.

Banyak bermacam macam cabang ilmu psikologi ini yang mana tetap pada bahasan utama yaitu manusia. Beberapa contoh ilmu terapan dari psikologi antara lain seperti psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perubahan, kemudian psikologi industri dan manufaktur.

Tingkah laku manusia bila dianalisis berdasarkan tempat dan waktunya.

Dewasa ini pemahaman masyarakat tentang mental health sudah jauh meningkat, sehingga pemahaman tentang dunia psikologi tentunya akan seiring naik pula.

Banyaknya peminat jurusan studi psikologi ini menjadi salah satu tolak ukurnya. Meskipun masih didominasi oleh para siswa perempuan, jurusan ini tak pernah sepi setiap tahunnya.

B. Apa Yang Dipelajari Selama Masa Perkuliahan?

Selama masa perkuliahan di jurusanstudi psikologi ini kamu akan belajar bagaimana melihat manusia dengan berbagai sudut pandang yang berbeda sehingga akan meninggikan rasa toleransi terhadap sesama.

Hal inilah yang menjadi salah satu fokus utama pendidikan di jurusan satu ini.

Mengamati dan memahami segala perilaku manusia yang dinamis dengan ulasan berbagai teori dan praktik. Hal ini bertujuan untuk memekakan intuisi kamu dalam menilai manusia yang mana hal inilah yang menjadi berguna saat bekerja nantinya.

Berhubungan dengan karyawan perusahaan atau bahkan berhubungan dengan klien perusahaan.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini adalah seperti Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Trauma dan Bencana, Psikologi Faal, Psikodiagnostika, Psikometri, Kepribadian, Konstruksi Alat Ukur, Psikologi Abnormal, Psikologi Pendidikan, dan lainnya.

Jurusan satu ini memang terkenal dengan peminatnya yang banyak tetapi ada beberapa kriteria khusus untuk masuk dan diterima di jurusan satu ini.

Antara lain adalah penjurusan saat sekolah menengah yang diharuskan jurusan IPA. Tetapi hal ini juga tidak wajib disetiap perguruan tinggi karena ada beberapa yang membolehkan jurusan lainnya masuk.

C. Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Psikologi ?

1. Human Resource

Human Resource Develompent atau dikenal dengan sebutan HRD adalah pekerjaan yang paling diminati oleh sarjana lulusan psikologi.

Hal ini sebanding dengan banyaknya permintaan para perusahaan akan posisi HRD. Baik perusahaan berskala kecil hingga perusahaan besar berskala multinasional.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang HRD meliputi proses perekrutan karyawan baru, pengaturan absensi hingga pengurusan gaji karyawan.

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan seorang HRD ini akan sebanding dengan penghasilan yang diterima. Seorang HRD di perusahaan multinasional bisa menerima gaji perbulan sekitar Rp 35 juta sampai Rp 45 juta.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

2. Research and Development

Research and Development atau banyak disebut dengan Learning and Development. Profesi ini juga adalah salah satu favorit para lulusan psikologi.

Bekerja dengan tugas melakukan riset terkait produk perusahaan yang akan dipasarkan dan menganalisis pasar produk yang difokuskan pada analisa konsumen.

Boleh dibilang bahwa tingkat kesuksesan pemasaran suatu produk akan berhasil bila hasil analisa yang dilakukan oleh bagian Research and Development tepat.

Dengan berbekal analisis ini perusahaan dapat meminimalisir kesalahan produksi untuk produk yang dihasilkan kedepannya.

Dengan beban kerja seperti ini, profesi satu ini mempunyai range pendapatan per bulan rata rata sebesar Rp 4,1 juta.

Tetapi hal ini tetap akan bersifat relatif karena kebijakan setiap perusahaan berbeda beda dengan beban pekerjaan dan tugas yang berbeda pula. Apalah kamu tertarik dengan profesi satu ini?

3. Guru Bimbingan Konseling

Menjadi guru bimbingan konseling bisa menjadi alternatif pekerjaan lulusan psikologi. Banyak sekolah dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang membuka lowongan pekerjaan satu ini.

Banyaknya lowongan dan sedikitnya peminat membuat profesi satu ini punya peluang yang besar.

Pekerjaan dari seorang guru BK ini adalah memberikan bimbingan konseling kepada para siswa di sekolah tersebut terkait permasalahan atau kendala selama proses pembelajaran sehari hari.

Untuk pendapatan atau gaji profesi satu ini rata rata sebesar berkisar Rp 2 juta sampa Rp 8 juta per bulannya.

4. Dosen Psikologi

Profesi satu ini juga bisa kamu pilih sebagai lulusan psikologi yang ingin tetap pada jalur pendidikan akdemik. Untuk menjadi seorang dosen psikologi paling tidak kamu harus melanjutkan pendidikan psikologimu sampai jenjang S2.

Untuk peluang lulusan S1 psikolgi menjadi dosen psikologi memang akan lebih besar karena sudah memahami dasarnya.

Untuk pendapatan atau gajis eorang dosen psikologi memang cukup besar, tetapi memang bergantung pada tempat kerja atau Universitas penempatan nantinya.

Untuk besaran gajinya rata rata adalah sekitar Rp 7 juta sampai Rp 15 juta per bulannya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi dosen setelah lulus?

5. Psikolog

Menjadi seorang psikolog adalah hal yang umum bagi seorang lulusan psikologi. Berbeda dengan seorang psikiater yang harus mempunyai background pendidikan kedokteran, seorang psikolog tidak harus menempuh pendidikan kedokteran terlebih dahulu.

Pekerjaan profesi ini adalah seperti seorang konsultan dibidang mental dan emosi.

Dewasa ini trend menggunakan jasa psikolog mulai marak karena banyaknya kesadaran akan pentingnya mental health. Dengan pekerjaan seperti ini, rata rata penghasilan yang diterima seorang psikolog di Indonesia adalah Rp 5,3 juta per bulannya. Tetapi hal ini juga tergantung pada jumlah jam terbang profesi ini.

6. Psikiater

Untuk profesi satu ini, selain mendalami psikologi memang harus didampingi dengan ilmu kedokteran yang mumpuni. Karena psikiater adalah salah satu cabang medis ilmu kedokteran.

Untuk pekerjaannya adalah mendiagnosis permasalah terkait mental dan emosi seseorang. Seorang psikiater dapat mengatasi masalah kejiwaan dengan tingkat rendah sampai berat.

Panjangnya pendidikan yang ditempuh seorang psikiater dan cukup banyaknya analisa kedokteran yang harus dilakukan membuat pekerjaan satu ini tidak main main.

Dengan beban pekerjaan seperti itu, gaji seorang psikiater di Indonesia rata rata bisa mencapai Rp 250 juta per bulannya, cukup besar bukan?

Baca juga: Jurusan Yang Prospek Kerjanya Bagus Untuk Wanita

7. Management Trainee

Profesi sebagai Management Trainee disuatu perusahaan mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan pelatihan khusus untuk para karyawannya.

Pelatihan yang diadakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri setiap karyawan perusahaan tersebut yang akan berdampak pada lancarnya bisnis perusahaan tersebut.

Untuk Prospek Kerja Jurusan Psikologi satu ini perusahaan biasanya menggaji dengan hitungan perjam pelatihan yang dilakukan.

Para trainer ini akan memberikan waktu konsultasi sesuai permintaan perusahaan tersebut. Sehingga bila dihitung rata rata penghasilan profesi satu ini bisa mencapai Rp 4,7 jt per bulannya.

Berbagai profesi memang mempunyai jenis tantangan pekerjaan dan pendapatan yang berbeda. Jurusan studi psikologi ini memang marak dan sedang berkembang kedepannya.

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan atau yang akan memilih jurusan ini pastinya akan mempertimbangkan beberapa faktor diatas.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!