24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Manajemen? Menentukan jurusan saat kuliah juga akan berkaitan dengan pekerjaan yang nantinya kamu geluti. Itulah mengapa ada banyak calon mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari tahu tentang prospek pekerjaan sebuah jurusan.

24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Jurusan manajemen kerja apa? Apakah bisa langsung menjadi manajer? atau pegawai kantoran, karena bayangan calon mahasiswa akan prospek kerja manajemen cukup menjanjikan.

Apalagi ada banyak jurusan yang begitu digemari, salah satunya jurusan manajemen. Sebenarnya, prospek pekerjaan Jurusan manajemen itu seperti apa? Untuk mengetahui gambaran lebih jelas, simak dalam ulasan berikut.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Siapa bilang prospek kerja jurusan manajemen hanya untuk di sektor keuangan? Kenyataannya tidak seperti itu, lho.

Anda yang sedang mengambil jurusan ini tidak perlu bingung. Kami telah mencantumkan berbagai opsi karir profesional dalam artikel ini.

Anda tidak perlu takut dengan mimpi dan dapat memilih salah satunya. Karena berbagai pekerjaan lebih mudah untuk diselesaikan melalui magang.

Pengalaman magang dapat menambah nilai bagi perekrut. Sehingga, setelah studi Anda akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari pekerjaan.

Ini adalah daftar prospek kerja manajemen yang kami berikan hanya untuk Anda.

1. Human Resources Department (HRD)

24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Jurusan manajemen sendiri memiliki peminatan yang beragam dan yang cukup banyak peminat adalah manajemen sumber daya manusia. Dengan peminatan tersebut, maka akan memudahkan kamu untuk memilih pekerjaan nantinya.

Untuk kamu yang mengambil peminatan sumber daya manusia, bisa memiliki peluang untuk masuk di tim HRD. Seperti yang kamu tahu jika tim HRD memang selalu dibutuhkan dalam setiap perusahaan apapun.

Prospek kerja manajemen satu ini terbilang cemerlang dan pekerjaannya lebih banyak mengurus internal tentang kepegawaian. Kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik jika tertarik dengan jabatan satu ini.

Karena nantinya kamu harus bertemu dengan banyak orang yang akan dibutuhkan perusahaan tempat kamu bekerja. Pekerjaan jurusan manajemen ini cukup menjanjikan, dengan rata rata gaji mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 8 juta bagi para pemula.

2. Manajemen Trainee

Prospek kerja jurusan manajemen yang selanjutnya adalah manajemen Trainee atau yang dikenal dengan MT. Dalam beberapa waktu  terakhir, posisi satu ini memang banyak dibuka oleh berbagai perusahaan.

Baik perusahaan di dalam negeri atau di luar negeri yang berguna untuk mencari bibit unggul dari pekerja. Nantinya kamu akan mengikuti masa pelatihan sekaligus bekerja dengan status karyawan kontrak.

Umumnya akan bekerja dari 1 atau 2 tahun, dimana nantinya akan bekerja di berbagai divisi. Setelah itu akan diadakan evaluasi dan juga penilaian posisi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Apabila dalam prosesnya kamu lolos, maka kamu akan diangkat sebagai karyawan tetap. Dimana kisaran gajinya cukup lumayan, yakni sekitar Rp. 6 juta hingga Rp. 12 juta setiap bulannya. Terlihat menggiurkan meskipun membutuhkan waktu tak sebentar.

Baca juga: 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

3. Business Development

24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Peluang kerja yang tak kalah menggiurkan untuk kamu jurusan manajemen adalah Business Development. Nantinya job desc kamu akan terkait dengan pengembangan usaha dari sebuah perusahaan.

Pengembangan ini bisa pada internal maupun eksternal sekalipun. Pekerjaan jurusan manajemen ini sebenarnya bisa dilamar untuk banyak jurusan. Pekerjaan satu ini memiliki kisaran gaji sekitar Rp. 6 juta sampai Rp. 8 juta untuk fresh graduate.

4. Pengamat dan Praktisi Ekonomi

Untuk kamu yang merupakan jurusan manajemen, juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai seorang pengamat dan juga praktisi ekonomi. Nantinya kamu harus melakukan kajian kajian tentang bidang ekonomi.

Misalnya, kamu mengkaji tentang kebijakan ekonomi, dinamika perekonomian, sistem operasi pasar dan lainnya. Pandangan kamu sebagai seorang pengamat akan dibutuhkan untuk banyak pihak, dari instansi pemerintah hingga perusahaan swasta.

Nantinya hasil dari pandangan kamu akan dijadikan dasar bagi mereka untuk menentukan kebijakan ekonomi pada perusahaannya. Pekerjaan satu ini, sangat cocok untuk kamu yang menyukai penelitian.

Dalam bidang ini dibutuhkan sistem pemikiran yang sistematik, pribadi yang visioner hingga sikap kritis. Dengan begitu kamu bisa menjadi seorang pengamat yang kritis dan bisa memberikan solusi dari permasalah perekonomian yang ada dari hasil kajian.

5. Dosen

24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Bagi kamu yang ingin bekerja dalam bidang pendidikan, maka kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai dosen. Hanya saja, untuk menjadi pengajar kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

Persyaratan pekerjaan jurusan manajemen ini bahkan sudah menjadi ketetapan dari pemerintah. Tujuannya tentu agar pendidikan yang ada di Indonesia semakin berkualitas dan berkembang ke depannya. Menjadi dosen juga membutuhkan skill yang mumpuni.

Semakin berpengalaman, maka kamu akan bisa mendapatkan prospek kerja jurusan manajemen yang bagus dan terjamin. Kamu juga harus memiliki skill dan juga pengalaman yang nantinya bisa kamu ajarkan kepada anak didikmu di bangku kuliah.

Komunikasi juga perlu diasah agar ketika bertatap muka kamu bisa menyampaikan ilmu dengan baik. Gaji seorang dosen bisa dikatakan cukup mumpuni, berada di kisaran Rp. 8 juta hingga Rp. 20 juta tergantung dari tempat mengajar dan pengalaman.

6. Bagian Operasional

Dalam sebuah perusahaan bagian operasional juga menjadi posisi yang begitu dibutuhkan. Sebab dari divisi inilah nantinya operasional di dalam perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Mulai dari urusan pengembangan, praktik bisnis, sampai berbagai aktivitas yang  berhubungan dengan operasional akan menjadi tugas kamu. Untuk bisa bekerja di bidang ini, kamu harus mengerti dan memahami seluk beluk dari sebuah sistem operasional perusahaan.

Pekerjaan satu ini memang akan memiliki cakupan yang cukup luas. Perusahaan yang membutuhkan bagian ini bisa berupa perusahaan jasa hingga pabrik sekalipun.

Nanti kamu bisa memilih yang sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Tidak hanya berpengalaman, pekerjaan jurusan manajemen ini  juga akan mendapatkan gaji yang terbilang cukup.

Seorang staf operasional bisa mendapatkan gaji di angka Rp. 6 juta hingga Rp. 8 juta untuk level seorang pemula.

7. Pengusaha

24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Menjadi pengusaha memang terlihat menggiurkan karena pendapatannya yang bahkan bisa berlipat. Tetapi untuk menjadi pengusaha, kamu harus melihat peluang yang jelas sekaligus tetap tangguh untuk menjalankan usaha yang ada.

Saat ini sudah banyak pengusaha yang berangkat dari UMKM hingga akhirnya menjadi orang yang sukses. Kisah kisah sukses mereka bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kamu yang ingin bergelut dengan usaha sendiri.

Awalnya memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, tetapi ketika sudah besar keuntungan yang didapatkan bisa berlipat. Menariknya, kamu bisa membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran dengan bekerja di tempat kamu.

Baca juga: 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

8. Konsultan

Bagi kamu yang suka bertemu dengan orang baru, pekerjaan jurusan manajemen berikut bisa kamu coba. Seorang konsultan akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan klien dan membantu para klien untuk memberikan solusi pada masalah yang dihadapi.

Untuk mendapatkan gaji yang mumpuni, kamu perlu menjadi seorang konsultan senior lebih dahulu. Konsultan senior yang sudah bekerja di atas 5 tahun lebih bisa memiliki gaji Rp. 15 juta sampai Rp. 50 juta.

Sebenarnya masih ada banyak prospek kerja jurusan manajemen yang bagus untuk kamu lulusan manajemen. Tapi beberapa yang telah disebabkan merupakan yang paling banyak dilakoni dan juga memiliki gaji yang lumayan.

Sebagai seorang fresh graduate kamu harus memiliki skill mumpuni agar bisa memenangkan persaingan yang ketat. Dengan melihat prospeknya kamu sudah bisa menyiapkan skill untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang diinginkan.

9. Akuntan

Ada akuntan. pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai angka. Akuntan dibutuhkan oleh banyak bisnis, termasuk bisnis kecil.

10. Staf Keuangan

prospek kerja manajemen

Prospek kerja lulusan manajemen dapat menjadi staf keuangan.

Sepintas, prospek kerja jurusan manajemen ini sama dengan akuntan. Meski sebenarnya keduanya berbeda lho.

Akuntan fokus pada pengumpulan data kas perusahaan. Tugas utama akuntan adalah membuat laporan keuangan.

Sementara itu, staf keuangan fokus pada pengelolaan keuangan. Mereka mengatur dan mengelola bisnis perusahaan.

11. Marketer

Jurusan manajemen kerja apa? Jika Anda mempelajari manajemen, Anda akan mengenal dunia pemasaran. Tak heran, banyak lulusan manajemen yang menjadi pemasar.

Selama bekerja, karir ini bekerja untuk memasarkan produk, mengelola iklan, menentukan target pasar, dan sebagainya.

Pemasar harus memiliki kemampuan untuk:

  1. Komunikasi
  2. Kreativitas
  3. Negosiasi
  4. Berpikir analitis
  5. Berbicara di depan umum/Public speaking
  6. Dll

12. Perekrut

prospek kerja manajemen

Jurusan manajemen bukan hanya tentang mempelajari masalah uang dan pasar. Kami sempat menyinggung ini secara singkat di atas.

Beberapa kampus sudah memiliki program fokus sumber daya manusia. Setelah itu, dalam peminatan ini Anda bisa mempelajari dunia sumber daya manusia, termasuk perekrutan.

13. Staf Operasional

Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Selain pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia, ada juga peminatan untuk manajemen operasional. Minat ini berfokus pada produksi barang, jasa dan mekanisme.

Anda, yang memilih minat ini dan bisa menjadi staf operasional.

Mereka memastikan bahwa faktor produksi tidak terbuang percuma. Dengan demikian, barang atau jasa dapat diproduksi secara optimal.

14. Banker

 jurusan manajemen kerja apa

Setelah staf operasional, prospek kerja manajemen selanjutnya yaitu petugas bank. Ingat, salah satu pecinta jurusan ini adalah perbankan.

Anda dapat bekerja di front office, misalnya menjadi customer service atau di teller. Keduanya bekerja tatap muka dengan pelanggan dan melayani mereka.

Ada juga kesempatan untuk bekerja di back office bank. Pekerjaan ini umumnya memeriksa berbagai proses bisnis yang terlibat dan melakukan pekerjaan lain.

Baca juga: 10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

15. Entrepreneur

Sebenarnya, siapa saja bisa menjadi pebisnis. Anda tidak harus menjadi lulusan manajemen.

Namun, pengetahuan manajemen dapat membantu Anda menjadi pengusaha yang baik. Karena Anda telah menguasai manajemen risiko, keuangan, bahkan masalah operasional.

16. Analis Keuangan

 jurusan manajemen kerja apa

Prospek kerja lulusan manajemen selanjutnya adalah Analis Keuangan.

Seperti namanya, tugas utama Anda adalah menganalisis dan memberi nasihat tentang situasi keuangan klien,

Di sini Anda akan mengerjakan pembuatan model keuangan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki daya analisis dan penelitian yang kuat.

Selain itu, Anda bekerja sama dengan departemen akuntansi untuk memastikan bahwa neraca yang disiapkan sudah benar.

17. Manajer Risiko

Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Risk Manager sebagai salah satu prospek kerja yang menarik bagi lulusan Manajemen.

Tugas Anda dalam karir ini adalah menganalisis jenis-jenis risiko yang mempengaruhi proses bisnis perusahaan.

Selain itu, Anda harus menemukan taktik dan strategi untuk menahan risiko yang sedang berlangsung.

Tugas ini berada di bawah divisi Anti-Money Laundering (AML), bukan manajemen atau keuangan.

18. Business Manager

kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa

Prospek kerja biasanya menjadi tujuan khusus bagi mahasiswa manajemen sebagai business manager.

Di sini tugas Anda adalah memantau dan mengontrol kinerja bisnis dan staf manajerial.

Anda akan diminta untuk menyelesaikan berbagai tugas seperti. Memastikan produktivitas dan kualitas strategi bisnis perusahaan.

Di perusahaan besar, business manager berperan dalam menilai dan melihat kualitas kerja beberapa karyawan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Logistik

19. Cost Lawyer

Lulusan manajemen kerja apa? Jika Anda tertarik dengan dunia hukum, prospek kerja yang bisa diputuskan oleh lulusan manajemen adalah cost lawyer.

Profesi ini mengacu pada serangkaian profesional yang memenuhi syarat, teregulasi, dan spesialis dalam hukum dan praktik biaya bisnis.

Dalam peran ini, tugas Anda adalah memastikan bahwa hubungan perusahaan dengan klien kuat sehingga biaya hukum dapat ditanggung dengan tepat.

Mereka perlu membuat perkiraan anggaran dan memberikan saran tentang cara membatasi jumlah pengeluaran bisnis.

20. Account Executive

kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa

Account Executive sebagai perspektif pekerjaan yang dapat dipilih oleh lulusan studi manajemen.

Dalam pekerjaan ini Anda akan bertanggung jawab untuk mendapatkan pelanggan baru dan memelihara hubungan melalui platform layanan pelanggan.

Anda akan ditugaskan dengan rencana penting untuk membantu klien mencapai arah tertentu dengan kontribusi sumber daya perusahaan.

21. Data Analyst

Ya, prospek kerja jurusan Manajemen jelas tidak hanya di bagian keuangan atau risiko. Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang analis data, lho.

Anda yang memilih profesi ini akan banyak melakukan riset tentang kondisi pasar atau angka penjualan dan menerjemahkannya menjadi informasi yang dapat dipahami oleh berbagai pemangku kepentingan.

Data ini kemudian digunakan untuk menghasilkan rencana kunci yang dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih tepat.

Ini juga memberikan solusi yang lebih rinci untuk masalah umum yang dihadapi oleh konsumen.

21. Aktuaris

 lulusan manajemen kerja apa

Tidak hanya lulusan aktuari yang menjadi aktuaris. Lulusan studi manajemen juga bisa dijadikan sebagai prospek kerja.

Di sini Anda perlu memahami risiko keuangan bisnis masa depan.

Hal ini diperlukan agar jika terjadi situasi keuangan yang buruk, perusahaan dapat memutuskan dan mencari solusi terbaik.

Prospek kerja manajemen ini biasanya bisa ditemukan di korporasi dan perusahaan asuransi.

22. Supply Chain Manager

Lulusan manajemen kerja apa? Selain itu, lulusan gelar manajemen juga dapat memulai karir sebagai manajer rantai pasokan di beberapa perusahaan.

Karier ini biasanya bertanggung jawab untuk mengendalikan perangkat, peralatan, dan logistik dalam suatu organisasi atau bisnis.

Namun, di perusahaan yang lebih besar, Anda akan ditugaskan untuk melakukan pembelian dan analisis kualitas bahan baku untuk keperluan produksi.

23. Sales Associate

 lulusan manajemen kerja apa

Selanjutnya, prospek kerja jurusan manajemen sebagai sales Associate.

Di sini, tugas Anda adalah meyakinkan prospek yang telah disaring dan diberikan perusahaan  untuk proses pembelian.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menghubungi calon nasabah atau konsumen dari platform tertentu atau melalui telepon.

24. Manajer Produksi

Prospek kerja jurusan Manajemen yang cukup banyak yaitu sebagai Manajer Produksi.

Anda yang memilih karir ini akan bekerja di manajemen teknik, kontrol proses produksi, dan penilaian kinerja karyawan.

Di perusahaan yang lebih besar, Anda akan bertanggung jawab untuk mengontrol kualitas dan membuat jadwal produksi produk yang sesuai dengan periode bisnis.

Pekerjaan ini biasanya ditemukan di sektor farmasi, pertahanan, makanan, dan elektronik.

Lebih jelas mengenai Prospek Kerja Manajemen bisa melihat video dibawah ini

Sekian artikel berjudul 24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, semoga bermanfaat.

Lulusan s1 manajemen kerja apa?

Lulusan manajemen dapat bekerja sebagai analis Bisnis, HRD, Perekrut, Penasihat Keuangan, Riset Investasi dan Konsultan Bisnis, Penjualan, Analis Kredit atau Perbankan.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan manajemen bisnis juga bisa membuka perusahaan sendiri dan menciptakan lapangan kerja untuk beberapa orang.

Apakah manajemen bisa kerja di bank?

Bisa, Lulusan jurusan Manajemen diperlukan oleh semua perusahaan, termasuk bank. Jadi jika Anda ingin bekerja di bank, gelar manajemen akan sangat dipertimbangkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!