10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Bagaimana Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah? Prospek jurusan Manajemen dakwah, jika mendengar nama jurusan Manajemen dakwah, umumnya orang akan mengira bahwa mahasiswa jurusan ini sedang menuntut ilmu untuk menjadi Da’i.

10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Padahal prospek kerja di bidang manajemen dakwah tidak hanya itu. Ada beberapa keterampilan yang mahasiswa jelajahi selama kuliah ini, memberi mereka prospek kerja manajemen dakwah yang luas.

A. Apa itu Jurusan Manajemen Dakwah?

Apa yang dimaksud dengan manajemen dakwah? Manajemen Dakwah adalah ilmu yang memberikan keterampilan untuk memahami dan memecahkan beberapa masalah yang ada di bidang dakwah, baik secara teoritis maupun praktis

Jurusan Manajemen dakwah biasanya berbasis di Fakultas Dakwah dan Komunikasi atau Fakultas Ushuluddin Adat dan Dakwah.

Seperti namanya, Jurusan Manajemen dakwah merupakan jurusan dimana mahasiswa mempelajari kombinasi antara ilmu manajemen dan dakwah.

Tujuan pembangunan jurusan ini adalah untuk menciptakan tenaga ahli dan ulama yang profesional untuk meningkatkan dakwah sesuai kebutuhan warga dan mengelola lembaga keagamaan.

Dakwah tidak selalu memiliki makna khotbah dalam perkuliahan ini, karena di zaman modern ini dakwah dapat dilakukan dengan tahapan yang berbeda-beda.

Jadi ketika Anda mengambil jurusan ini, Anda tidak akan selalu menjadi seorang pengkhotbah.

Kemampuan berbicara dakwah dikombinasikan dengan keterampilan manajemen yang diperoleh akan memungkinkan Anda untuk bekerja di belakang monitor. Anda bahkan bisa menjadi pemimpin setelah lulus.

Jurusan Manajemen dakwah ini merupakan jurusan yang lebih tepat bagi orang-orang dengan minat dan kemampuan tertentu.

Siapapun yang memiliki semangat dalam perkuliahan agama Islam atau menguasai lembaga-lembaga keagamaan akan tertarik untuk belajar di sini.

Selain itu, mereka yang bisa membentuk kalimat dengan baik, berani tampil di depan umum dan suka bekerja sama dengan beberapa orang cocok dengan jurusan ini.

Sebelum lanjut ke Prospek Kerja Manajemen Dakwah ada baiknya anda mengetahui gambaran proses perkuliahan manajemen dakwah dibawah ini.

Baca juga: Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

B. Gambaran Proses Perkuliahan Manajemen Dakwah

10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Walaupun cara pengelolaan perkuliahannya sama, namun jadwal perkuliahan di masing-masing universitas bisa berbeda.

Jurusan ini merupakan perpaduan antara ilmu manajemen dan dakwah.

Mahasiswa diwajibkan untuk mengambil berbagai mata kuliah di bidang ekonomi dan manajemen.

Beberapa mata kuliah Manajemen dakwah yang berhubungan dengan ilmu ini adalah Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sikap Pelanggan dan Kewirausahaan.

Selain itu, mahasiswa pasti akan mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan dakwah, misalnya mata kuliah ilmu dakwah, mata kuliah psikologi dakwah, Filsafat Dakwah dan metodologi dakwah.

Manajemen Dakwah belajar apa? Pada jurusan ini juga terdapat mata kuliah Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Zakat dan Wakaf, Manajemen Kewirausahaan, Manajemen Koperasi serta mata kuliah lainnya yang mendukung adanya pembelajaran di Prodi Manajemen Dakwah.

Bahasa sebagai salah satu unsur terpenting dalam mata kuliah manajemen dakwah. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa harus mampu berbahasa Arab dan Inggris dengan baik.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa ada mata kuliah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Praktikum Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Praktikum Bahasa Arab.

Dalam perkuliahan manajemen dakwah terdapat banyak mata kuliah praktis yang penting bagi mahasiswa.

Beberapa mata kuliah praktik adalah Praktek Lembaga Keuangan Islam, Praktek Manajemen Organisasi, Praktek Manajemen ZIS dan praktek dakwah. Selain itu, mahasiswa harus melakukan PPL.

Pada semester enam atau tujuh, mahasiswa manajemen dakwah mengambil mata kuliah konsentrasi.

Ada dua pilihan program konsentrasi, yaitu Program Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan dan Program Manajemen Kelembagaan.

Program pertama ini cocok untuk kamu yang ingin melanjutkan kerja di biro perjalanan atau Kementerian Agama. Dan program kedua adalah untuk Anda yang senang menjadi relawan.

Meskipun keduanya memiliki Prospek Kerja Manajemen Dakwah yang masih luas.

Baca juga: 20 Fungsi Manajemen Keuangan Perusahaan dan UMKM

C. Perguruan Tinggi yang memiliki Jurusan manajemen Dakwah

10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Ada beberapa universitas Islam yang menawarkan jurusan Manajemen dakwah.

Namun, seseorang tidak boleh gegabah dalam memilih universitas. Pilih universitas yang memiliki jurusan Manajemen dakwah dengan akreditasi A.

Berikut beberapa kampus yang menawarkan jurusan Manajemen dakwah Terakreditasi A:

  1. UIN Sunan Gunung Djati
  2. UIN Sunan Kalijaga
  3. UIN Syarif Hidayatullah
  4. UIN Sunan Ampel
  5. UIN Alauddin

dan masih banyak lagi… silahkan cari di google untuk mengetahui akreditasi dari manajemen dakwah perguruan tinggi yang ingin Anda masuki.

D. Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa prospek kursus manajemen perkuliahan tidak terlalu menjanjikan. Namun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar.

Manajemen Dakwah kerjanya apa? Ada berbagai prospek karir yang dimiliki beberapa alumni manajemen studi. Berikut adalah prospek pekerjaan.

1. Pegawai Lembaga Keuangan Syariah

Prospek Kerja Manajemen Dakwah yang pertama yaitu menjadi pegawai di lembaga keuangan syariah.

Lulusan Manajemen dakwah memiliki pengetahuan di bidang akuntansi dan manajemen keuangan. Oleh karena itu, mereka dapat bekerja di lembaga keuangan syariah seperti BMT, Bank Syariah dan Baznas.

2. Staff Lembaga Keagamaan

Anda juga bisa menjadi staff lembaga keagamaan karena ini masih menjadi Prospek Kerja Manajemen Dakwah.

Mahasiswa yang telah menempuh jalur ini juga dapat bekerja di lembaga keagamaan karena telah memperoleh keterampilan untuk menguasai fasilitas perkuliahan, mushola dan fasilitas komunitas Islam.

3. Pejabat Kementerian Agama

10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Lulusan manajemen dakwah ini berpeluang besar untuk menjadi pejabat atau pegawai Kementerian Agama.

Manajemen dakwah Anda akan berguna dalam badan pemerintahan ini, sehingga Prospek Kerja Manajemen Dakwah ini selalu menjadi incaran.

4. Staf di Biro Haji dan Umrah

Karena lulusan Manajemen dakwah telah diajarkan keterampilan manajemen haji dan umrah, mereka dapat bekerja di kantor ini.

Setelah pengalaman yang cukup, mereka bahkan menjadi manajer agen haji dan umroh.

5. Pengurus Organisasi Politik Islam

Mahasiswa yang telah menempuh jurusan ini telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola berbagai organisasi. Hingga mereka bisa menjadi pengurus organisasi politik Islam.

6. Wirausahawan

10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Saat ini banyak wirausahawan yang sukses setelah studi manajemen dakwah, dan ini merupakan Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Lulusan mata kuliah ini telah mengambil mata kuliah praktik kewirausahaan. Hingga, tentu saja, mereka menjadi pengusaha sukses.

7. Pemandu Wisata (Tour Guide)

Karena ada mata kuliah Manajemen Wisata Religi, mahasiswa berpeluang besar menjadi pemandu wisata di tempat rekreasi religi atau umum.

8. Ustadz

Karena ada landasan yang kuat untuk mengajarkan ilmu dakwah sambil menuntut ilmu, seorang lulusan Manajemen dakwah berpotensi menjadi Ustadz dan dapat dipastikan kemungkinan menjadi Ustadz di masyarakat sangat terbuka lebar.

Penghasilan, tentu saja, tidak dapat diperkirakan karena sesuai hadiah dari pihak yang mengundang.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

9. Dosen

Prospek Kerja Manajemen Dakwah kesembilan yaitu Dosen. Setelah menyelesaikan program sarjana Manajemen dakwah, Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi pascasarjana.

Dengan gelar master, Anda akan menjadi dosen dan mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000.

10. Menjadi kontributor saluran informasi online dan stasiun televisi

Peluang pekerjaan manajemen dakwah, yang merupakan pilihan yaitu bekerja di stasiun TV atau saluran informasi online.

Anda dapat bekerja di departemen khusus untuk informasi keagamaan atau program keagamaan. Penghasilan yang akan Anda dapatkan dari karir ini sekitar Rp 4.000.000,00.

Berikut adalah video Gambaran Manajemen Dakwah agar lebih jelas.

Semoga ulasan jurusan Manajemen dakwah ini dapat membantu Anda memilih jurusan yang akurat.

Informasi lebih rinci tentang jurusan ini dapat ditemukan di bagian atas situs web resmi kampus.

Sekian artikel berjudul 10 Gambaran dan Prospek Kerja Manajemen Dakwah, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!