Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan? Jurusan ekonomi telah menjadi program studi yang favorit dan peminatnya sangat banyak.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Hal ini dikarenakan lulusan dengan jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup bagus dan luas. Maka dari itu, bagi kamu lulusan dari jurusan yang satu ini tidak perlu khawatir akan masa depan kamu.

Penasaran dengan prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan? Yuk simak disini.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

1. Bisnis Analyst

Fakultas Ekonomi memiliki beberapa program studi salah satunya adalah ekonomi pembangunan. Jurusan yang satu ini mendalami atau mempelajari suatu pembangunan mulai dari bisnis, industri, keuangan, hingga perbankan.

Maka dari itu, program studi ini tidak pernah sepi peminat karena memang prospek kerjanya luas.

Salah satu pekerjaan yang bisa kamu tekuni adalah menjadi seorang bisnis analyst. Profesi satu ini merupakan pekerjaan yang memiliki tugas untuk menganalisis permasalahan permasalahan penting pada kebutuhan ekonomi di suatu perusahaan.

Seseorang dengan pekerjaan ini juga akan dibutuhkan pada saat menganalisa perkembangan bisnis yang sesuai dengan perusahaan.

2. Credit Analyst

Selain menjadi bisnis analyst, jika kamu selalu tertarik dengan kegiatan yang berkaitan dengan analisis laporan keuangan, profesi yang satu ini dapat kamu jadikan pilihan pekerjaan.

Credit Analyst adalah pekerjaan yang memiliki tugas menganalisis suatu laporan keuangan dan inventaris perusahaan.

Selain, itu kamu bisa menilai serta membuat pedoman mengenai kelayakan kredit pada seorang nasabah yang akan meminjam dana dalam jumlah yang besar.

Mungkin sekilas pekerjaan ini terdengar rumit, akan tetapi aktualisasinya sangat menarik. Kamu akan mengerti  dan menguasai ilmu tentang kredit yang banyak.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Siapa sangka jika menjadi  lulusan dari ekonomi pembangunan, dapat bekerja pada instansi pemerintahan. Umumnya, jurusan yang satu ini memiliki cakupan kesempatan kerja yang terbuka lebar pada instansi pemerintah.

Kamu bisa menjadi pegawai pada instansi pemerintahan seperti bappenas, bappeda, perpajakan, pegadaian dan masih banyak lagi.

Ketika kamu menekuni pekerjaan ini tugas yang akan kamu lakukan adalah membuat perencanaan yang baik dimana perencanaan tersebut akan diimplementasikan untuk pembangunan secara nasional.

Membuat kebijakan serta melakukan analisis terkait pertumbuhan ekonomi juga bisa kamu lakukan. Gaji yang didapatkan berkisar mulai dari Rp 3-6 juta perbulan.

4. Staf Pengembangan dan Penelitian

Prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan selanjutnya adalah menjadi seorang pengembang dan penelitian. Karir yang satu ini merupakan pekerjaan yang memiliki tugas untuk mengelola sejumlah dana untuk pengembangan teknologi beserta riset baru yang terbaru pada suatu perusahaan.

Bagi kamu yang suka melakukan penelitian, profesi ini sangat cocok.

Ketika kamu menjadi staf pengembangan dan penelitian, hasil dari pekerjaan kamu akan digunakan oleh perusahaan untuk jangka yang panjang.

Selain itu, perusahaan juga akan memberikan dana yang digunakan untuk  penelitian. Penelitian perlu dilakukan guna melihat dan memastikan standar kualitasnya apakah sudah tercapai atau masih ada yang perlu ditingkatkan.

5. Pegawai Bank

Jika kamu tertarik pada pekerjaan yang memiliki tempat dengan tatanan yang rapi, nyaman, dan bersih, Maka kamu bisa mendaftar sebagai salah satu pegawai di bank.

Kamu bisa melamar kerja pada bank milik pemerintah maupun swasta. Posisi dari pegawai bank yang ditawarkan juga cukup beragam, salah satunya yaitu sebagai back office.

Yang lebih menariknya lagi, jika kamu telah berpengalaman maka kamu bisa dipromosikan menjadi manajer atau supervisor. Selain itu, lowongan kerja pegawai bank yang sering dibuka biasanya adalah account officer, funding officer, broker saham, auditor, dan sales untuk lembaga keuangan.

Gajinya tidak perlu dipertanyakan lagi, mulai dari Rp 4 sampai 7 juta perbulannya.

6. Juru Taksir

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Bagi yang hobinya suka penaksiran harga untuk suatu properti atau aset yang berharga lainnya, kamu akan cocok bekerja sebagai juru taksir.

Selain penaksiran harga barang, kamu juga akan melakukan perhitungan, menganalisis penjualan, strukturisasi, serta melakukan studi pasar secara berkala. Hal ini bertujuan supaya harga yang ditetapkan tidak melenceng dari nilai pasar.

Tujuan lain dari adanya pekerjaan ini adalah supaya nilai harga sesuai dan perusahaan serta klien tidak merasa dirugikan. Untuk menjadi seorang juru taksir kamu harus melakukan berbagai pelatihan terlebih dahulu, supaya kamu bisa mengerjakan tugas secara kompeten dan dapat mengesahkan nilai pada suatu aset. Gaji dari pekerjaan ini berkisar mulai Rp 5-7 juta.

7. Aktuaris

Mahasiswa lulusan ekonomi pembangunan juga bisa untuk menekuni pekerjaan yang satu ini yaitu aktuaris. Aktuaris merupakan profesi yang bertugas untuk membuat rancangan mengenai suatu produk asuransi, menetapkan status keuangan, hingga melakukan proyeksi keuangan perusahaan baik itu dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Dikarenakan pada zaman sekarang kebutuhan asuransi semakin meningkat dan sangat dibutuhkan. Profesi ini cukup menjanjikan dan banyak diminati.

Tidak heran jika perusahaan sering membuka lowongan dengan posisi pekerjaan ini. Gaji yang didapatkan dari profesi ini juga cukup besar yaitu berkisar antara Rp 4 sampai 7 juta rupiah per bulannya.

8. Tenaga Pengajar Atau Dosen

Bagi kamu mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan yang suka dengan dunia pendidikan, menjadi dosen atau seorang pendidik dapat kamu jadikan pilihan pekerjaan nantinya.

Karena jurusan ini termasuk yang favorit dan peminatnya banyak, menjadikan jurusan ini terdapat pada berbagai universitas di Indonesia. Sehingga posisi ini akan banyak dibuka.

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik. Salah satunya adalah kamu harus memiliki kemampuan mengajar dan kompetensi pada bidang ekonomi pembangunan.

Serta pendidikan terakhir yang harus ditempuh untuk menjadi dosen untuk jurusan yang satu ini adalah S2. dengan begitu kamu bisa melamar pekerjaan ini.

Menjadi seorang dosen akan menjadikanmu menjadi seseorang menguasai teori serta praktek sekaligus. Maka dari itu, jika kamu yang berniat dan berminat menjadi dosen siapkan diri dengan matang.

Usahakan kamu memiliki nilai akademik yang bagus, supaya jalan yang ingin kamu capai menjadi lebih lancar.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

9. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lulusan dari jurusan ini selain dapat bekerja pada instansi pemerintahan dan perusahaan swasta, kamu juga dapat melamar pekerjaan pada lembaga swadaya masyarakat.

Di Indonesia, terdapat banyak LSM yang membutuhkan tenaga kerja yang dapat membantu untuk menganalisis mengenai ekonomi perbankan, pembangunan industri, dan lainnya.

Maka dari itu lembaga ini membutuhkan seorang tenaga kerja yang berasal dari lulusan ekonomi pembangunan. Gaji yang ditawarkan oleh pekerjaan ini juga cukup menarik.

Perbulannya seseorang dengan profesi ini akan mendapatkan gaji berkisar mulai dari Rp.4 hingga 10 juta rupiah. Tetapi, nominal tersebut tergantung dengan kebijakan perusahaan.

Itulah beberapa informasi mengenai gambaran karir lulusan ekonomi pembangunan. Program studi yang satu ini memang memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan dan tidak kalah dari jurusan favorit yang lainnya.

Pastikan diri kamu siap ketika menghadapi dunia kerja. Selain itu, ketahui juga persyaratan dan tahap seleksi pada tiap perusahaan yang kamu inginkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!