Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin? Buat kamu lulusan atau mahasiswa jurusan teknik mesin jangan khawatir tentang masa depan karirmu.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Kebanyakkan orang menganggap jurusan teknik mesin akhirnya menjadi montir. Namun tidak sesempit itu. Sebagai negara industri, Indonesia memberikan peluang bagi kamu yang ahli dalam permesinan.

Yuk, cek prospek kerja jurusan teknik mesin berikut.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

 1. Industri Otomotif

Banyaknya industri otomotif di Indonesia, semakin membuka peluang kamu untuk berkarir di bidang mesin otomotif. Pekerjaan di bidang industri ini membutuhkan pengalaman dan keahlian.

Biasanya industri-industri mempertimbangkan universitas asal kandidat calon karyawan. Oleh karena itu siapkan dirimu sejak awal.

2. Konversi Energi

Konversi energi merupakan pekerjaan yang dapat dipertimbangkan bagi lulusan teknik mesin. Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang koversi energi, maka kamu akan bertanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang dapat mengubah satu energi ke energi lainnya. Sehingga akan bermanfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari.

Contoh konversi energi yang dapat membantu manusia adalah panel surya dan kincir uap. Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang mengubah panas dari batu bara menjadi energi listrik.

Bahkan saat ini perusahaan besar sedang mengembangkan sumber energi dari baterai untuk kendaraan bermotor.

3. Industri Bioteknologi

Semakin lama sumber energi di bumi semakin habis. Semakin terbatasnya sumber energi, membuat manusia berfikir untuk mencari sumber energi lainnya.

Manusia mulai meneliti dan bekerja keras untuk mendapatkan sumber energi baru. Hal itu dilakukan supaya kita tetap dapat bertahan hidup.

Salah satu bidang yang memiliki sumbangsih terhadap pengembangan sumber energi adalah bioteknologi. Sebagai ilmu yang paling mutakhir, bioteknologi menganalisis pemanfaatan makhluk hidup dalam proses produksi yang nantinya menghasilkan barang yang memiliki nilai jual.

Bekerja di bidang bioteknologi menjadi peluang baru bagi jurusan teknik mesin. Tugas utamanya adalah membuat alat yang cocok dan dibutuhkan oleh bidang bioteknologi.

Salah satunya adalah pembuatan biodiesel. Untuk masalah gaji, beberapa perusahaan menawarkan jutaan hingga ratusan juta rupiah.

4. Menjadi Dosen

Bagi kamu yang ingin mendedikasikan diri di bidang pendidikan, kamu dapat memilih untuk menjadi dosen. Namun syarat khusus yang harus dipenuhi untuk menjadi dosen adalah bergelar magister.

Bagi kamu yang sudah berada dijenjang sarjana kamu bisa melanjutkan ke jenjang magister lalu doctor.

Menjadi tenaga pendidik bukan berarti minim pengalaman dan belajar teori saja. melainkan harus menguasai segala teori bahkan praktek sekaligus.

Oleh karena itu bagi kmau yang ingin menjadi dosen siapkan diri dengan baik. Usahakan memiliki niai akademik yang bagus supaya mudah untuk mendaftar kuliah pada jenjang selanjutnya.

5. Industri Manufaktur dan Otomasi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Prospek kerja teknik mesin yang lainnya adalah bidang industri manufaktur dan otomatis. Bidang industri manufaktur dan otomatis berupaya menerapkan sebuah sistem kontrol yang diharapkan mampu mengoperasikan peralatan yang bekerja secra mandiri tanpa membutuhkan bantuan manusia.

Pekerjaan ini sangat menantang bagi anda yang menyukai eksperimen. Karena di lapangan kerja anda dituntut untuk membuat sistem kontrol supaya industri dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Selain membutuhkan kesabaran saat percobaan, anda harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan berani menghadapi resiko yang tinggi.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

6. Kontrol Lingkungan

Bagian kontrol lingkungan merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh jurusan teknik mesin. Tapi anda pasti bertanya-tanya apakah hubungan teknik mesin dan kontrol lingkungan? Jangan khawatir dulu.

Ternyata keduanya memiliki hubungan yang membuka kesempatan berkarir lulusan teknik mesin.

Ruang lingkup teknik lingkungan tersebut berkaitan dengan suhu dalam suatu ruangan. Contohnya, kulkas yang memiliki suhu lebih rendah dari ruangan karena fungsinya untuk menyiman makanan.

Nah, tugas seorang teknik mesin mengontrol dan merancang bagaimana dapat menciptkana suhu yang tepat.

7. Bergabung Bersama BUMN

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa BUMN merupakan badan usaha milik negara yang mana peneglolaannya dibawah pengawasan negara secara langsung.

Salah satu peluang berkarir bagi lulusan teknik mesin adalah bekerja di lingkungan BUMN. Namun bidang apakah yang dapat dilamar oleh lulusan teknk mesin?

Bagi kamu lulusan teknik mesin dapat bergabung dengan BUMN salah satunya PLN. Kepanjnagan PLN adalah Perusahaan Listrik Negara yang mengelola penyediaan lsitrik di Indonesia.

Loh kok bisa? Bukannya teknik elektro yang lebih berpeluang kerja disana? Jangan panik dulu ya, justru itulah spesialnya juruan teknik mesin.

Saat ini ketenaga listrikan mulai berkembang. Selain membutuhkan tenaga kerja lulusan teknik elektro juga membuka kesematan bagi lulusan teknik mesin.

Dibutuhkan teknisi permesinan yang dapat membantu proses penyediaan maupun pendistribusian listrik. Tentu saja pastikan perbanyak pengalaman di lapang.

Bagi kamu yang ingin berkarir di PLN ada beberapa tahap seleksi yang harus kamu ikuti. Jika lolos kamu akan melanjutkan ke tahap OJT atau On Job Trainning.

Meskipun baru OJT kamu tetap mendapatkan gaji dan daibayar secara profesional. kamu juga harus siap ditempatkan di berbagai kota di Indonesia.

8. Industri Pertambangan

Indutri pertambagan menjadi salah satu prospek kerja jurusan teknik mesin yang sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan tambang terkenal yaitu Pertamina dan Freeeport memanggil kamu lulusan teknik mesin untuk membantu operasional prusahaan menghasilkan produk.

Meskipun kesempatan yang dibuka sangat luas, tidak semudah itu anda bisa langsung bekerja. Butuh beberapa tahap seleksi yang ketat yang harus anda selesaikan.

Oleh karena itu persipakan diri dengan baik. Perbanyak pengalaman dan belajar. Karena banyak yang mengincar pekerjaan ini dengan alasan gajinya yang tinggi.

9. Menjadi Designer mekanik

Kebanyakan orang, mendengar kata designer soelah-olah hanya soal fashion. Namun, ternayat tidak hanya itu. Dalam permesinan pun juga terdapat designer tepatnya designer mekanik.

Para designer ini bertugas untuk merancang mesin secara detail dari awal hingga akhir yang nanti dapat bekerja dan bermanfaat.

Sesuai fusngsinya, mesin dimanfaatkan untuk memudahkan manusia. Seiring berkembangan teknologi yang semakin canggih mesinpun dibutuhkan pembaharuan design supaya lebih mudah dan praktis.

Oleh karena itu banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik mesin untuk merancang mesin-mesin terbaru.

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Pertambangan dan Gaji

10. Industri Kedirgantaraan

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Hayo, siapa dulu yang punya cita-cita ingin menjadi pilot? Tapi setelah kuliah masuk ke jurusan teknik mesin. Jangan sedih dulu ya.

Karena meskipun tidak menjadi pilot kamu tetap dapat berkarir di dunia penerbangan bahkan lebih luas lagi. Lalu apa hubungannya dunia dirgantara dengan teknik mesin?

Kedirgantaraan diartikan sebagai apapun yang berhubungan dengan dirgantara. Dirgantara memiliki pemaknaan yang sangat luas, yaitu sebagai apapun yang ada di sekeliling bumi, mencakup ruang udara, dan antariksa.

Untuk industri kedirgantaraan ini berhubungan dengan urusan perancangan dan perakitan pesawat terbang.

Merancang pesawat terbang membutuhkan detail dan komponen yang kompleks. Industri ini membuka kesempatan lulusan teknik mesin untuk merakit pesawat terbang tersebut.

Sebenarnya untuk urusan perakitan kamu sudah belajar di bangku kuliah. Hanya saja jika ingin bekerja di industri pesawat terbang tentunya butuh persiapan yang matang.

Itulah beberapa gambaran karir bagi kamu lulusan teknik mesin. Teknik mesin memiliki kesempatan berkakir yang sangat cemerlang.

Pastikan diri kamu siap untuk menghadapi dunia kerja dengan cara memperbanyak belajar teori dan pengalaman. Selain itu ketahui dan persiapkan tahap-tahap seleksi di perusahaan yang akan kamu lamar.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!