Prospek Kerja Teknik Pertambangan dan Gaji

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Pertambangan dan Gaji? Memilih jurusan kuliah adalah hal yang tidak mudah karena berpengaruh besar terhadap masa depan. Salah satu prodi yang memiliki banyak peminat adalah teknik pertambangan.

Kamu yang suka kalkulus, fisika dasar, dan ilmu mineralogi sangat cocok untuk memilihnya. Lantas tahukah kamu bagaimana prospek kerja teknik pertambangan dan gajinya? Berikut informasinya.

A. Prospek Kerja Bagi Lulusan Teknik Pertambangan

1. Peneliti dan Akademisi

Prospek Kerja Teknik Pertambangan dan Gaji

Setelah lulus dari universitas, kamu memiliki prospek untuk bekerja sebagai peneliti dan akademisi. Kamu berpeluang untuk menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi, karena sarjana teknik lebih banyak yang bekerja di sektor industri.

Alasan lain yang ikut membuka peluang ini adalah mulai banyaknya perguruan tinggi yang membuka prodi pertambangan.

Meskipun peluangnya besar, kamu juga harus belajar dengan sungguh sungguh. Menjadi dosen adalah hal yang tidak mudah. Kamu harus melanjutkan pendidikan terlebih dahulu hingga setidaknya mendapatkan gelar S2.

Dengan begitu, ilmu yang kamu peroleh bisa lebih berkembang sehingga cocok menjadi seorang pengajar di institut perguruan tinggi.

2. Perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN banyak yang membutuhkan sarjana teknik pertambangan. Beberapa instansi besar itu diantaranya adalah PT. Antam, PT. Pertamina, PT. Timah, Perum Gas Negara, dan masih banyak lagi.

Memang benar bahwa persaingan menjadi pegawai di sana tidaklah mudah, sehingga kamu harus banyak belajar.

Perusahaan sebesar BUMN ini memiliki berbagai tahapan seleksi yang panjang. Oleh karena itu, setelah lulus cobalah untuk menulis CV dengan baik serta mengasah skill lain yang mendukung posisi di perusahaan tersebut.

Misalnya, kamu bisa mengambil les TOEFL untuk mendapatkan sertifikat dengan score yang tinggi. Alhasil, peluangmu diterima menjadi semakin besar.

3. Perusahaan Swasta

Selain di BUMN, peluang karirmu di dunia kerja juga bisa dimulai dari perusahaan swasta. Contohnya adalah mereka yang bergerak di Industri semen.

Mereka membuka peluang besar bagi sarjana lulusan teknik, termasuk pertambangan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba perusahaan swasta yang ada di luar negeri, salah satunya di Australia.

Berdasarkan survei, negara tersebut membutuhkan banyak sekali tenaga kerja yang lulusan teknik pertambangan. Mengapa demikian?

Karena program studi tersebut kurang diminati di sana, sehingga jumlah lulusannya tidak banyak. Peluang seperti ini bisa kamu kejar, tentunya jangan lupa belajar bahasa inggris karena itu sangat penting jika kamu bekerja di luar Indonesia.

4. Wiraswasta

Bukan hanya sarjana bisnis dan ekonomi yang dapat berkarir sebagai wiraswasta. Kamu yang lulusan teknik pertambangan juga bisa melakukannya. Kamu bisa membuka usaha di bidang pertambangan seperti pasir dan batuan.

Apabila ditekuni dengan baik, bukan tidak mungkin kamu membuka perusahaan yang skalanya yang jauh lebih besar.

5. Ahli Tambang dan Geologi

Apabila kamu tertarik menjadi seorang ahli tambang dan geologi, usahakan pengetahuanmu sangatlah luas. Beberapa bidang pelajaran yang harus kamu kuasai yaitu tentang peralatan dan prinsip desain produksi rencana teknikal, pengetahuan rekayasa dan teknologi, hukum dan pemerintahan, matematika, serta pengolahan bahan mentah.

Mata kuliah yang tadi disebutkan hanya sebagian kecil dari keseluruhan kemampuan yang harus kamu kuasai untuk mencapai posisi tersebut.

Belum lagi kamu juga harus memiliki skill tambahan seperti mampu berpikir kritis, cekatan dalam mengambil keputusan dengan tepat, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu memecahkan berbagai masalah kompleks.

6. Ahli Pengeboran Bumi

Di Indonesia, ahli pengeboran bumi tidaklah banyak. Jika kamu memang memiliki passion di bidang tersebut, maka tidak ada salahnya untuk ditekuni.

Tentu untuk meraih gelar sebagai ahli kamu harus menuntaskan pendidikan setinggi mungkin. Hal ini sangat penting karena proses pengeboran bumi menyangkut keselamatan dan juga biaya yang menyentuh angka triliunan.

Kamu harus menguasai ilmu matematika, mekanis, dan juga pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan publik. Materi tersebut juga harus didukung dengan skill seperti kemampuan perawatan peralatan, mengambil keputusan dengan bijak, mengontrol sistem operasi, dan lain sebagainya. Apabila semuanya sudah tercapai barulah kamu bisa berkarir di bidang ini.

7. Teknisi Laboratorium

Seorang teknisi laboratorium mempunyai tugas untuk menyediakan berbagai kebutuhan teknis di dalam lab untuk bekerja. Mereka juga harus bisa menerapkan prosedur keamanan dan kesehatan sesuai dengan standar yang berlaku.

Profesi ini juga yang memegang peranan penting dalam keberhasilan riset dan pengembangan ilmu.

Melihat besarnya tanggung jawab seorang teknisi lab, posisi ini tidak bisa diambil oleh sembarang orang. Kamu yang lulusan teknik memiliki peluang untuk mengisinya, asalkan kemampuanmu cukup handal untuk mengemban tugas tersebut.

Penting juga bagimu untuk mengasah pengetahuan tentang metode ilmiah agar pekerjaan ini dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Staff Administrasi

B. Gaji Lulusan Teknik Pertambangan

Prospek Kerja Teknik Pertambangan dan Gaji

Beberapa peluang karir yang telah disebutkan tadi menjadi bukti bahwa prospek masa depan lulusan teknik pertambangan cukup baik.

Meskipun begitu, semuanya harus didukung oleh kemampuan pribadinya masing masing. Kamu tidak bisa mengandalkan nama jurusan atau universitas di dunia kerja karena kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri.

Selain berkaitan dengan prospek, pertanyaan seputar gaji juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dibahas. Terkait dengan masalah ini, semua perusahaan memiliki kisaran yang berbeda beda.

Sekalipun mereka bergerak di bidang yang sama, bukan berarti bayaran yang akan diberikan kepada karyawannya akan serupa.

Hal hal yang mempengaruhi besarnya gaji diantaranya adalah golongan dan jabatan, masa kerja, pendidikan, dan juga nama perusahaan.

Semakin lama kamu menjabat di dalam sebuah instansi, maka gaji yang kamu peroleh akan berbeda dengan karyawan yang baru saja diterima. Hal ini juga berkaitan dengan tanggung jawab yang kamu pikul.

Semakin tinggi jabatanmu maka beban yang kamu miliki akan bertambah. Begitu pula dengan nominal fee yang akan didapat. Selain itu, nama instansi juga akan memberikan pengaruh besar terhadap hal ini.

Apabila kamu bekerja di perusahaan multinasional, pasti bayarannya tidak sama dengan instansi yang bergerak secara regional.

Pertimbangan semacam inilah yang harus kamu ketahui sebelum menentukan dimana kamu akan memulai karir. Pada intinya, setelah lulus dari teknik pertambangan, cobalah untuk mencari kakak tingkat atau kenalan yang sudah bekerja.

Kamu bisa bertanya bagaimana kiat kiat sukses untuk mengembangkan ilmu ke dunia yang jauh lebih professional.

Kamu harus ingat bahwa prospek kerja teknik pertambangan dan gajinya cukup baik. Hal ini terjadi karena lulus dan menyandang gelar sarjana jurusan tersebut tidaklah mudah.

Terlebih lagi jika kamu memiliki pengalaman organisasi atau kerja sebelumnya, maka kamu bisa mendapatkan posisi yang jauh lebih tinggi dan gaji yang lebih besar.

Informasi tentang dunia kerja seperti ini sangat penting untuk kamu ketahui agar lebih mudah merencanakan masa depan. Selain rajin mencari informasi di internet, kamu juga bisa bertanya kepada kerabat yang memiliki pengalaman jauh lebih dulu dibandingkan dirimu. Tampunglah saran tersebut agar kamu bisa menentukan pilihan dengan lebih tepat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!