Staff Administrasi Adalah: Tugas, Tanggung Jawab dan Skill

Staff Administrasi Adalah: Tugas, Tanggung Jawab dan Skill | Salah satu posisi penting yang dibutuhkan sebuah perusahaan salah satunya adalah staf administrasi.

Yuk simak penjelasan lebih dalam terkait dengan job desk seorang tenaga administrasi sebagai berikut.

Apa itu Staff Administrasi? Staff Administrasi Adalah…

Apa itu Staff Administrasi? Staff Administrasi Adalah

Staff administrasi adalah posisi yang biasanya terdapat di bagian administrasi perusahaan.

Mereka bertugas membantu eksekutif dalam mengelola dan mengawasi pekerjaan administrasi seperti pembuatan dokumen, jadwal rapat, dan fasilitas kantor agar sesuai dengan tujuan perusahaan.

HRD biasanya akan mencocokkan keterampilan calon staf administrasi dengan deskripsi pekerjaan untuk menemukan calon terbaik.

Staf administrasi harus dapat menangani segala hal yang berkaitan dengan administrasi di perusahaan, dan tanpa mereka perusahaan akan berantakan karena peran mereka sangat mendasar bagi kegiatan di perusahaan.

Fungsi Staff Administrasi

Fungsi-fungsi staff administrasi adalah sebagai berikut:

  • Membantu eksekutif dalam mengelola dan mengawasi pekerjaan administrasi di perusahaan, seperti pembuatan dokumen, jadwal rapat, dan fasilitas kantor.
  • Bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi perusahaan.
  • Mengatur jadwal dan agenda rapat.
  • Mengelola dokumen dan arsip perusahaan.
  • Mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.
  • Membantu perusahaan agar dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
  • Bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.
  • Mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif.
  • Berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis.

Tugas Staff Administrasi

Tugas utama staff administrasi adalah membantu eksekutif dalam mengelola dan mengawasi pekerjaan administrasi di perusahaan, seperti pembuatan dokumen, jadwal rapat, dan fasilitas kantor.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi perusahaan, mengatur jadwal dan agenda rapat, mengelola dokumen dan arsip perusahaan, dan mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.

Tugas-tugas lainnya yang mungkin dilakukan oleh staf administrasi tergantung dari perusahaan tempat mereka bekerja, dan dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan.

1. Menyalin Serta Membuat Arsip Data

Tugas Staff Administrasi Menyalin Serta Membuat Arsip Data

Sudah menjadi tugas staff administrasi untuk bisa mengelola data perusahaan dengan baik dan benar. Data yang terorganisir dengan rapi akan membuat setiap pegawai lebih mudah untuk mengakses informasi. Tidak heran jika setiap staf administrasi harus memiliki ketelitian yang baik.

Apabila kamu ingin menjadi seorang staff administrasi, kamu harus mengerti apa saja job desk penting yang diminta perusahaan.

Biasanya masalah data selalu masuk sebagai salah satu tugas yang harus dibereskan oleh seorang staf administrasi. Tidak jarang seorang staf administrasi harus menyalin data untuk keperluan arsip perusahaan.

Segala dokumen penting harus terekam dengan baik. Jangan sampai ada data yang terlewat bahkan hilang karena hilangnya satu berkas bisa berakibat fatal dan menghambat setiap kegiatan perusahaan.

Tidak hanya dokumen berupa teks, seorang staf administrasi juga harus mengarsipkan setiap data baik berupa foto ataupun gambar.

2. Memasukkan Data Perusahaan

Tidak hanya menyalin dan membuat arsip, seringkali seorang staff admin akan diminta untuk melakukan proses entry data. Rekap data ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan data perusahaan.

Dalam melakukan kegiatan tersebut, seorang staf administrasi harus berkonsentrasi penuh agar tidak terjadi kesalahan. Kesalahan entry data bisa berakibat fatal.

Selain data perusahaan, biasanya staff admin juga diminta untuk memasukkan data berupa kritik, saran, dan tanggapan pihak luar perusahaan. Biasanya yang terkait dengan masalah tersebut adalah pihak konsumen.

Seorang staff admin harus memasukkan data baik kritik dan saran agar selanjutnya bisa diambil tindakan sesuai dengan permasalahan yang ada.

3. Menyiapkan Agenda Kantor

Pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas staff administrasi semuanya tergantung dengan perintah langsung dari atasan. Inilah yang membuat seorang staf administrasi harus flexibel dan dia diminta untuk melakukan kegiatan apapun.

Salah satu kegiatan yang menjadi tanggung jawab staff admin adalah menyiapkan agenda kantor.

Seorang staff admin harus teliti menyusun berbagai agenda perusahaan. Mereka harus memastikan bahwa agenda perusahaan tidak ada yang bentrok satu sama lain.

Pemimpin perusahaan tentu memiliki banyak pertemuan penting, oleh karena itu staff admin harus memastikan bahwa setiap jadwal dapat terlaksana dengan lancar.

Mengingat tanggung jawabnya yang sangat penting, biasanya posisi staff administrasi perusahaan tidak hanya diisi oleh satu orang. Luasnya cakupan tugas memerlukan lebih banyak orang untuk menanganinya.

Apabila semua itu dilakukan oleh satu orang tanpa pembagian tugas maka akan sangat memberatkan.

4. Menerima Panggilan Telepon

Staff administrasi memiliki tugas yang besar terhadap keberlangsungan kegiatan dalam sebuah perusahaan. Salah satu tugas yang harus mereka jalankan adalah menerima panggilan telepon.

Staf administrasi bagian ini diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Mereka juga harus bisa merespon setiap permasalah dengan sigap.

Telepon yang diterima oleh seorang staff admin sangat beragam. Tidak hanya dari pihak luar seperti klien dan perusahaan lain, staff admin juga bisa menerima telepon dari divisi lain yang berada di dalam kantor.

Bisa saja mereka memberikan informasi penting terkait dengan agenda dan rencana yang harus disusun oleh staff administrasi.

Staf administrasi menjadi roda berjalannya sistem perusahaan. Apapun jobdesk mereka pastinya memiliki peran penting sehingga bisa saja mempengaruhi banyak pihak.

Tidak heran jika pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas staff administrasi perlu lebih dijelaskan dengan baik sebelum kamu masuk sebagai pegawai resmi perusahaan tersebut.

Baca juga: Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Marketing Andal

5. Menyiapkan Akomodasi Hingga Rancangan Biaya Kegiatan Kerja

Ketika pemimpin perusahaan harus melakukan kegiatan di luar kantor seperti menghadiri pertemuan atau rapat dengan klien biasanya sekertaris akan mengabarkan pada staff dan meminta mereka untuk menyiapkan segala kebutuhannya.

Ketika sekretaris menyiapkan berbagai berkas pimpinan, staff administrasi bekerja untuk menyiapkan akomodasi.

Selain itu tidak jarang apabila dalam kegiatan besar perusahaan terdapat andil seorang staf administrasi. Mereka menjadi penyambung lidah antara divisi satu dengan lainnya.

Tidak jarang staff admin juga ikut menyusun rancangan biaya agar setiap kegiatan bisa terorganisir dengan baik dan berjalan sesuai dengan proker perusahaan.

Pentingnya kegiatan ini memerlukan kemampuan yang tidak main main. Selain itu staff administrasi harus berkoordinasi dengan banyak pihak agar tidak terjadi kekeliruan.

Tidak heran jika seorang staf administrasi yang baru memerlukan pelatihan yang cukup lama sebelum dia benar benar handal melakukan setiap tugasnya dengan baik.

6. Menyediakan Berbagai Peralatan Kantor

Semua kerja pegawai bisa terhambat apabila semua fasilitasnya tidak terpenuhi dengan baik. Untuk mencegah kesalahan biasanya staff administrasi akan mencatat segala kebutuhan yang habis dan menganggarkan keperluan yang perlu dibeli oleh perusahaan. Selain lebih aman, cara ini dilakukan untuk membuat kumpulan data pengeluaran yang tepat.

Meskipun terlihat sepele, pekerjaan yang satu ini sebenarnya sangat penting. Mulai dari alat tulis, meja kursi, hingga kertas menjadi alat dan bahan yang pasti dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

Seorang staff admin diharuskan untuk mempersiapkan segala keperluan tersebut. tentunya setelah membeli sesuatu juga harus menulis dalam daftar pengeluaran perusahaan.

Setiap pekerjaan memang memiliki resiko dan kesulitannya masing masing. Setiap tantangan yang ada harus bisa terselesaikan dengan baik.

Meskipun tampaknya pekerjaan staff administrasi terlihat tidak mudah, masih banyak orang yang berhasil menjalankannya selama bertahun tahun. Bahkan hingga saat ini posisi ini banyak diburu.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Tanggung Jawab Staff Administrasi

Beberapa tanggung jawab staff administrasi adalah sebagai berikut:

  • Membantu eksekutif dalam mengelola dan mengawasi pekerjaan administrasi di perusahaan, seperti pembuatan dokumen, jadwal rapat, dan fasilitas kantor.
  • Bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi perusahaan.
  • Mengatur jadwal dan agenda rapat.
  • Mengelola dokumen dan arsip perusahaan.
  • Mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.
  • Membantu perusahaan agar dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
  • Bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.
  • Mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif.
  • Berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis.

Tanggung jawab-tanggung jawab ini dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan di perusahaan tempat staff administrasi bekerja.

Mereka mungkin juga harus bertanggung jawab atas tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan administrasi perusahaan, seperti mengatur fasilitas kantor, menjalankan tugas-tugas keuangan seperti pembayaran dan penagihan, atau membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Selain itu, staf administrasi juga harus memastikan bahwa pekerjaan administrasi di perusahaan dilakukan dengan tepat, cepat, dan efisien, serta memastikan bahwa semua dokumen dan arsip perusahaan dikelola dengan baik.

Staff administrasi juga harus berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja, klien, dan pihak luar lainnya untuk menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dalam pekerjaan administrasi di perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Rumah Sakit

Keahlian yang Diperlukan Staff Administrasi

Keahlian yang Diperlukan Staff Administrasi

Untuk menjadi staff administrasi, seorang calon harus memiliki beberapa keahlian, di antaranya:

1. Kemampuan Mengetik dengan Cepat dan Akurat

Poin 1 yang dimaksud adalah kemampuan mengetik dengan cepat dan akurat. Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengetik dengan cepat dan tepat untuk menyelesaikan berbagai tugas administrasi dengan cepat dan efisien.

Kemampuan mengetik ini sangat penting karena memungkinkan staff administrasi untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti membuat dokumen, mengetik laporan, dan mengirim email dengan cepat dan akurat.

Kemampuan mengetik ini juga dapat membantu staf administrasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang lain, seperti mengatur jadwal rapat atau mengelola dokumen perusahaan.

Tanpa kemampuan mengetik yang baik, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien.

2. Kemampuan Mengoperasikan Program Komputer seperti Microsoft Office

Poin 2 yang dimaksud adalah kemampuan mengoperasikan program komputer seperti Microsoft Office.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengoperasikan program komputer yang sering digunakan dalam pekerjaan administrasi seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Kemampuan ini sangat penting karena program-program tersebut digunakan secara luas dalam pekerjaan administrasi seperti membuat dokumen, menyusun laporan, atau mengatur jadwal rapat.

Kemampuan mengoperasikan program komputer juga dapat membantu staf administrasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang lain, seperti mengelola arsip perusahaan atau mengirim email.

Tanpa kemampuan mengoperasikan program komputer, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat dan efisien.

3. Kemampuan Mengatur Jadwal dan Agenda Rapat

Poin 3 yang dimaksud adalah kemampuan mengatur jadwal dan agenda rapat. Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengatur jadwal rapat dengan baik dan menyiapkan agenda rapat yang sesuai.

Kemampuan ini sangat penting karena rapat adalah cara penting untuk berkomunikasi dan mengambil keputusan di dalam perusahaan.

staff administrasi harus dapat mengatur jadwal rapat dengan baik agar tidak ada bentrok dengan jadwal lainnya, dan juga menyiapkan agenda rapat yang sesuai dengan tujuan rapat tersebut.

Kemampuan mengatur jadwal dan agenda rapat ini juga dapat membantu staf administrasi dalam menjaga efisiensi waktu dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam menyelenggarakan rapat dengan baik dan efektif.

4. Kemampuan Mengelola Dokumen dan Arsip Perusahaan

Poin 4 yang dimaksud adalah kemampuan mengelola dokumen dan arsip perusahaan. Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengelola dokumen dan arsip perusahaan dengan baik dan tepat.

Kemampuan ini sangat penting karena dokumen dan arsip merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan.

staff administrasi harus dapat menyimpan dokumen dan arsip dengan benar, mengatur dan menemukannya dengan mudah, dan juga mengelola dan mengupdate dokumen dan arsip secara berkala.

Kemampuan mengelola dokumen dan arsip ini juga dapat membantu staf administrasi dalam menjaga kerahasiaan informasi perusahaan dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam mengelola dokumen dan arsip perusahaan dengan baik dan efektif.

5. Kemampuan Bekerja Sama dengan Tim dan Berkoordinasi dengan Baik

Poin 5 yang dimaksud adalah kemampuan bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kemampuan ini sangat penting karena pekerjaan administrasi biasanya tidak dapat diselesaikan oleh satu orang saja, dan membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai divisi dan bagian dalam perusahaan.

staf administrasi harus dapat bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien.

Kemampuan bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik juga dapat membantu staff administrasi dalam menjaga kualitas pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.

6. Kemampuan Mengambil Keputusan dan Menyelesaikan Masalah secara Efektif

Poin 6 yang dimaksud adalah kemampuan mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kemampuan ini sangat penting karena pekerjaan administrasi sering kali membutuhkan keputusan yang tepat dan cepat untuk mengatasi masalah yang timbul.

staff administrasi harus dapat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif agar dapat menjaga kualitas pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kemampuan mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif juga dapat membantu staff administrasi dalam menjaga kerahasiaan informasi perusahaan dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dengan efektif.

7. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Poin 7 yang dimaksud adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kemampuan ini sangat penting karena pekerjaan administrasi sering kali membutuhkan komunikasi yang baik untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, klien, atau pihak lain yang terkait.

staff administrasi harus dapat berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, agar dapat menjaga kualitas pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat membantu staff administrasi dalam menjaga kerahasiaan informasi perusahaan dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik.

8. Kemampuan Menjaga Kerahasiaan Informasi Perusahaan

Poin 8 yang dimaksud adalah kemampuan menjaga kerahasiaan informasi perusahaan.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat menjaga kerahasiaan informasi perusahaan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kemampuan ini sangat penting karena informasi perusahaan sering kali merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan dan harus dijaga kerahasiaannya.

staf administrasi harus dapat menjaga kerahasiaan informasi perusahaan agar dapat menjaga kualitas pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kemampuan menjaga kerahasiaan informasi perusahaan juga dapat membantu staff administrasi dalam menjaga kepercayaan klien dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanpa kemampuan ini, staf administrasi mungkin akan kesulitan dalam menjaga kerahasiaan informasi perusahaan.

9. Kemampuan Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Peraturan terkait Administrasi Perusahaan

Poin 9 yang dimaksud adalah kemampuan mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.

Sebagai staff administrasi adalah seseorang harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kemampuan ini sangat penting karena teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan selalu berkembang dan mengalami perubahan.

staff administrasi harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan agar dapat menjaga kualitas pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kemampuan mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan juga dapat membantu staff administrasi dalam menjaga kerahasiaan informasi perusahaan dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanpa kemampuan ini, staff administrasi mungkin akan kesulitan dalam mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Proyek

Job Desk Staff Administrasi

Job Desk Staff Administrasi

Staff administrasi menjadi salah satu posisi yang sering ditawarkan pada berbagai job fair. Lantas tahukan kamu apa yang dimaksud dengan staff administrasi?

Mereka memiliki pekerjaan yang mencakup segala hal demi berlangsungnya sistem pelayanan dan penyebaran informasi terlebih di dalam sebuah perusahaan.

Seorang staff administrasi dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mampu bekerja dengan cekatan.

Setiap jobdesk mereka sebenarnya tergantung dengan perusahaan, namun yang paling umum adalah menjawab telepon, membuat memo, serta melakukan pengecekan serta pemeliharaan file.

Beberapa job desk yang mungkin dilakukan oleh staff administrasi adalah sebagai berikut:

  • Membuat dokumen seperti surat, laporan, dan proposal.
  • Mengatur jadwal rapat dan menyiapkan agenda rapat.
  • Mengoperasikan program komputer seperti Microsoft Office.
  • Mengelola dokumen dan arsip perusahaan.
  • Mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.
  • Membantu perusahaan agar dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
  • Bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.
  • Mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif.
  • Berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis.

Tugas-tugas ini dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan di perusahaan tempat staff administrasi bekerja.

Mereka mungkin juga harus melakukan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan administrasi perusahaan, seperti mengatur fasilitas kantor, menjalankan tugas-tugas keuangan seperti pembayaran dan penagihan, atau membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Tugas-tugas yang dilakukan oleh staff administrasi dapat bervariasi tergantung dari perusahaan tempat mereka bekerja, dan dapat mencakup berbagai bidang dan aspek administrasi perusahaan.

Job Specification Staff Administrasi

Beberapa job specification yang mungkin ditetapkan untuk staff administrasi adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan minimal D3 Administrasi Perkantoran atau setara.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun sebagai staff administrasi.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan program komputer seperti Microsoft Office.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Memiliki kemampuan mengelola dokumen dan arsip dengan baik.
  • Memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim dan berkoordinasi dengan baik.
  • Memiliki kemampuan mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah secara efektif.
  • Memiliki kemampuan menjaga kerahasiaan informasi perusahaan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.

Job specification ini dapat bervariasi tergantung dari perusahaan tempat staff administrasi bekerja, dan dapat mencakup kualifikasi dan keahlian lainnya yang dianggap penting oleh perusahaan.

Misalnya, perusahaan mungkin menetapkan keahlian tertentu seperti kemampuan bahasa asing atau kemampuan mengoperasikan program komputer tambahan sebagai job specification untuk staff administrasi.

Job specification ini dapat menjadi acuan bagi HRD dalam mencari calon tenaga kerja yang sesuai untuk posisi staff administrasi di perusahaan.

Staff Administrasi Lulusan Apa?

Tidak ada sekolah atau program studi khusus yang ditujukan untuk menjadi staff administrasi. Banyak orang yang memilih untuk mengambil program studi administrasi bisnis atau administrasi perkantoran, karena kedua program studi tersebut memberikan pemahaman tentang manajemen dan administrasi, yang merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang staff administrasi.

Namun, seseorang yang ingin menjadi staf administrasi juga dapat memilih untuk mengambil program studi lain yang terkait dengan bidang ini, seperti manajemen atau keuangan.

Kisaran Gaji Staff Administrasi

Besarnya gaji sebenarnya tergantung dimana tempat kamu bekerja. Semakin besar perusahaan, biasanya semakin besar pula gaji yang kamu terima.

Selain skala perusahaan, hal yang mempengaruhi besarnya gaji adalah pendidikan serta lokasi perusahaan berdiri. Semakin tinggi pendidikan biasanya memiliki peran yang lebih besar terhadap fungsi yang dijalankan.

Menurut beberapa survey, besarnya gaji tenaga administrasi di kota kota besar di Indonesia adalah sekitar 4 juta hingga 5 juta rupiah.

Nilai ini sangat variatif sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Untuk informasi lebih lanjut terkait gaji bisa kamu tanyakan pada bagian HRD ketika melakukan kegiatan interview sebelum masuk secara resmi sebagai pegawai.

Kesimpulan

Kesimpulannya, staff administrasi adalah pekerjaan yang bertugas membantu eksekutif dalam mengelola dan mengawasi pekerjaan administrasi di perusahaan, seperti pembuatan dokumen, jadwal rapat, dan fasilitas kantor.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi perusahaan, mengatur jadwal dan agenda rapat, mengelola dokumen dan arsip perusahaan, dan mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terkait administrasi perusahaan.

Staff administrasi memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, seperti menulis di komputer dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan administrasi di perusahaan.

Tanpa staff administrasi, perusahaan akan kesulitan dalam mengelola pekerjaan administrasi secara efektif dan efisien.

Sekian artikel berjudul Staff Administrasi Adalah: Tugas, Tanggung Jawab dan Skill, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!