Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan? Apakah Anda memiliki keterampilan aritmatika dan memiliki dasar pendidikan di bidang akuntansi atau manajemen keuangan?

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Maka Anda cocok untuk pekerjaan ini, tetapi Anda juga harus tahu bahwa pekerjaan admin keuangan tidak semudah yang Anda pikirkan.

Untuk bekerja di sebuah perusahaan di bidang administrasi keuangan, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu.

A. Tentang Admin Keuangan

Tugas admin keuangan mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pendataan pemasukan dan pengeluaran suatu perusahaan.

Juga untuk pembiayaan berbagai kegiatan bisnis dalam bentuk administrasi atau akuntansi

Tugas admin keuangan sendiri merupakan proses kegiatan yang berkaitan dengan permodalan dan penggunaan dana dalam suatu organisasi.

Bentuknya bisa berupa pengendalian keuangan, yang meliputi rencana dan tanggung jawab dalam pengawasan uang.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank

B. Tanggung Jawab dan Tugas Admin Keuangan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Admin keuangan di sini bekerja untuk melakukan kegiatan administrasi keuangan suatu perusahaan, mulai dari entri jurnal hingga arsip dokumen.

Hal ini dilakukan untuk memastikan pengelolaan keuangan perusahaan yang lancar, akurat dan teratur. Berikut ini adalah rincian dari tugas admin keuangan di perusahaan.

1. Tugas Admin Keuangan

a. Buat ide keuangan perusahaan

Anda perlu membuat rencana keuangan untuk perusahaan. Mulai dari jadwal pinjaman, penyetoran dan penarikan hingga pembayaran utang yang jatuh tempo.

Pada umumnya, perusahaan akan meminta Anda untuk menyusun neraca secara berkala.

Anda akan diminta oleh perusahaan untuk mengetahui dan menuliskan jumlah anggaran pembelian dan pendapatan yang diterima.

b. Mengelola arus kas perusahaan

Seorang admin keuangan perusahaan bekerja untuk mengelola arus keuangan dalam sebuah perusahaan.

Menentukan jumlah uang yang telah disetorkan ke rekening perusahaan dan catat semua arus kas perusahaan.

c. Mengetahui dan membayar hutang perusahaan

tugas dan tanggung jawab admin keuangan perusahaan selanjutnya harus mengetahui jumlah kredit yang telah diberikan oleh perusahaan.

Ini tentang melunasi hutang sebelum jangka waktu tempo.

d. Menyusun peraturan tentang anggaran keuangan perusahaan

Sebagai admin keuangan, Anda harus bisa membuat aturan anggaran keuangan untuk perusahaan.

Artinya Anda perlu berbicara dengan departemen lain tentang perlunya anggaran yang akan dikeluarkan.

Selain itu, Anda berhak menentukan return of investment (laba dari investasi) dari uang yang dikeluarkan.

Artinya Anda berhak menanyakan hasil apa saja yang sudah dicapai dengan mengajukan anggaran.

e. Mengurus beberapa surat berharga perusahaan

Admin keuangan sering terlibat dalam mengelola sekuritas perusahaan. Pekerjaannya dimulai dari pengumpulan data, verifikasi aktivitas dana kas kembali hingga penyimpanan dari surat-surat berharga.

Oleh karena itu, admin keuangan memerlukan keahlian khusus seperti pengetahuan dasar tentang hubungan antara surat berharga dan pengarsipan.

f. Tugas Admin Keuangan lainnya

Terdapat Tugas Admin Keuangan lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat dan mengarsipkan faktur untuk memastikan status hutang/piutang.
  2. Membuat rencana keuangan untuk perusahaan.
  3. Membuat dan mencetak surat tagihan untuk dikirimkan ke pelanggan setia.
  4. Masukkan penerimaan pembayaran dari pelanggan.
  5. Arsipkan semua dokumen transaksi bisnis untuk menjaga ketertiban keuangan perusahaan. dan untuk memudahkan pencarian dokumen.
  6. Membuat peraturan anggaran keuangan perusahaan.

2. Tanggung Jawab Admin Keuangan

Jika Anda dapat memenuhi semua tugas admin keuangan di atas dan beberapa tanggung jawab dibawah.

Anda dapat mendaftar atau melamar ke perusahaan yang sudah ada. Biasanya, status ini dipegang oleh seorang wanita, karena wanita dianggap lebih berhati-hati dan gesit dalam masalah keuangan.

  1. Tinjau faktur, catatan vendor, dan laporan AP/AR untuk memeriksa status hutang dan piutang.
  2. Mengetahui hutang perusahaan dan membayarnya.
  3. Memeriksa proses keluar masuk uang perusahaan sebagai admin keuangan.
  4. Berkolaborasi dengan pihak terkait lainnya dalam penyusunan peraturan administrasi keuangan Perusahaan.
  5. Membayar tagihan dari pemasok atau kontraktor

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing

C. Gaji dan Tunjangan Admin Keuangan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Gaji admin keuangan pada dasarnya tergantung pada jenis usaha dan perusahaan tempat bekerja, rata-rata semuanya sama menurut standar UMR/UMK tempat perusahaan masing-masing.

Karena setiap kota memiliki standar upah minimum/UMK yang berbeda, maka besarannya tidak dapat dihitung.

Solusi terbaik Anda adalah bertanya langsung kepada pasangan atau anggota keluarga yang pernah menjadi admin keuangan.

Tunjangan sebagai pendamping gaji pokok, tunjangan di sini lebih merupakan peran sosial dan peran stimulus.

Admin keuangan disini juga adalah sebagai pegawai, dengan tunjangan minimal yang diterima adalah BPJS.

Dalam hal ini, gaji pokok / bulan Anda akan dipotong oleh iuran BPJS, yang dapat diambil kemudian setelah masa kerja berakhir.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

D. Persyaratan dan Kualifikasi Admin Keuangan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan

Untuk bekerja sebagai admin keuangan, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar seseorang dapat bekerja dengan baik.

Selain memahami deskripsi pekerjaan, Anda juga harus memahami persyaratan yang diperlukan untuk menjadi admin keuangan. Persyaratan berikut harus dipenuhi, salah satunya adalah:

1. Pendidikan dan Pengalaman

  • Magang minimal D3 akuntansi / D3 administrasi perkantoran.
  • Setidaknya satu tahun pengalaman kerja di departemen yang sama

2. Skill dan Kemampuan

Pendidikan Tinggi tidak berpengaruh jika Anda tidak memiliki keterampilan dan kemampuan di dibawah ini. Jadi jika Anda ingin menjadi admin keuangan, Anda perlu menguasai hal-hal di bawah ini:

  • Memiliki ketelitian yang baik dalam menganalisa dokumen.
  • Berhati-hati dalam mengelola pengeluaran dan pendapatan Anda.
  • Rapi dan teratur dalam menyelesaikan sesuatu
  • Mengambil tanggung jawab tingkat tinggi untuk suatu tugas
  • Seseorang yang dapat dipercaya untuk memegang sesuatu yang penting
  • Mampu mengatur aliran pemasukan dan pengeluaran keuangan
  • Dapat menganalisa kerja dari hasil sehingga tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Produksi

Kesimpulan

Dari sini dapat disimpulkan bahwa bekerja sebagai admin keuangan tidak semudah yang Anda pikirkan.

Ada banyak kualifikasi dan kemampuan yang perlu dikuasai selain pendidikan tingkat tinggi sehingga mendukung persyaratan yang ada.

Demikian informasi Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Keuangan kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi anda yang tertarik untuk memilih tugas tersebut.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!