Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan? Pekerjaan seperti admin penjualan tidak lagi menjadi kata asing bagi sebagian orang.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

Masalahnya karir tersebut adalah salah satu posisi yang benar-benar memiliki lowongan. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk mengisi posisi admin penjualan.

Admin Penjualan memainkan peran administratif yang penting, mendukung tim pemasaran dan menyediakan hubungan penting antara tenaga sales dan pelanggan.

Tugas admin penjualan penuh dengan kendala seperti: Seperti menyampaikan laporan kepada eksekutif PE, bekerja di lingkungan yang menantang dan kompetitif, memproses semua dokumen pemasaran dan mengontrol janji temu staf pemasaran untuk mengunjungi pelanggan baru atau pelanggan lama.

Admin penjualan membuat prospek, menambahkan ID pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, dan menyiapkan dokumen penjualan.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berkomunikasi dan menjaga informasi dengan pelanggan.

A. Pengertian Admin Penjualan

Posisi ini, sering disebut sebagai admin penjualan, memainkan peran khusus dalam mendukung tim pemasaran.

Hal ini dilakukan untuk mendukung seluruh kegiatan penjualan. Salah satunya adalah membangun hubungan dengan pelanggan.

Selain itu, tugas admin penjualan adalah memberikan laporan ke manajer pemasaran.

Lingkungan kerja juga bisa dikatakan cukup kompetitif karena harus mengurus semua masalah dokumen pemasaran. Salah satunya adalah mengatur agenda dan janji.

Admin Penjualan memberikan dukungan penuh dengan mengatur segala sesuatunya secara administratif sehingga tertata dengan rapi.

Juga, posisi ini menjadi perpanjangan tangan antara pihak konsumen dan kantor. Selain itu, kehadirannya untuk menjangkau klien atau pelanggan.

Admin penjualan memberikan dukungan penting kepada tim pemasaran perusahaan.

Mereka mengambil tugas administratif penting seperti pemrosesan pesanan dan bertindak sebagai perpanjangan tangan dari tim pemasaran ketika perwakilan berada di luar kantor.

Tugas Admin penjualan adalah sumber informasi bagi pelanggan dengan pertanyaan tentang pesanan atau pengiriman.

Admin penjualan yang efisien berperan dalam kualitas layanan pelanggan yang loyal dan membantu tim pemasaran mencapai tujuan mereka.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Admin Penjualan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

Dari penjelasan di atas, mungkin tugas admin penjualan sudah agak dipahami.

Pada dasarnya, masih banyak jenis tugas dan tanggung jawab yang berbeda yang perlu ditangani. Baca penjelasan di bawah ini untuk pemahaman yang lebih baik.

1. Tugas Jawab Admin Penjualan

  • Menanganni keinginan pelanggan
  • Mengejar promosi penjualan
  • Mencapai target pemasaran harian
  • Menjaga hubungan pelanggan yang baik
  • Tanggapi permintaan pelanggan melalui telepon
  • Membuat laporan
  • Memperluas bisnis
  • Simpan catatan pelanggan
  • Dukung staf pemasaran saat mereka berada di lokasi
  • Menangani panggilan masuk
  • Perbarui status pesanan berulang dan detail pengiriman hingga mereka terus memberi tahu pelanggan
  • Buat janji temu untuk tim pemasaran dan siapkan presentasi atau data produk mana yang dibutuhkan perwakilan untuk dialog.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

2. Tanggung Jawab Admin Penjualan

  • Menangani faktur penjualan
  • Penagihan faktur yang sudah jatuh tempo
  • Mengawasi pesanan
  • Melayani pelanggan yang kemungkinan membutuhkan masukan tentang keinginan, permintaan, dan keluhan
  • Admin penjualan bertanggung jawab untuk memproses pesanan yang dilakukan melalui telepon, email, atau surat
  • Memverifikasi bahwa pesanan berisi harga, diskon, dan nomor produk yang benar dan memasukkannya ke dalam sistem komputer perusahaan
  • Admin penjualan menyimpan catatan penjualan dan memperbarui catatan pelanggan
  • Siapkan informasi penjualan menurut lini produk atau wilayah yang digunakan manajer pemasaran untuk menghasilkan laporan dan hasil kinerja
  • Proses pemesanan melalui email atau telepon
  • Periksa kebenaran data dalam pesanan dan faktur
  • Hubungi departemen logistik untuk memastikan pengiriman tepat waktu
  • Memelihara dan merekap catatan penjualan dan pelanggan
  • Tingkatkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
  • Pastikan target pemasaran terpenuhi dan laporkan setiap penyimpangan
  • Up-to-date dengan produk dan fitur baru

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

C. Gaji dan Tunjangan Admin Penjualan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

Besaran gaji yang diterima admin penjualan berdasarkan data rata-rata adalah Rp 3.600.000/Bulan.

Jika dihitung pada /tahun, jumlah yang diterima adalah Rp 43.200.000. Tetapi jumlah itu mungkin tidak berlaku untuk karyawan yang sudah berpengalaman.

Soalnya untuk admin penjualan dengan status sudah berpengalaman, nominal upahnya Rp 5.000.000/bulan.

Namun angka ini bukanlah angka yang pasti karena tidak menutup kemungkinan dia mendapatkan gaji lebih. Karena ini berlaku untuk fresh graduate maupun berpengalaman.

Admin penjualan yang berpengalaman biasanya dibayar hingga Rp. 90.000.000/tahun.

Jika Anda bertanya bagaimana memastikan gaji, maka ada beberapa faktor untuk jawabannya. Mulai dari jabatan hingga regulasi perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing

D. Syarat Dan Kualifikasi Admin Penjualan

Persyaratan dan kualifikasi admin penjualan umumnya tidak jauh berbeda dengan posisi penjualan lainnya.

Mungkin ada titik kunci sebagai konsentrasi tertentu dari pihak perusahaan ketika merekrut karyawan baru. Inilah salah satunya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang diperlukan untuk admin penjualan adalah SMA/SMK.

Jika Anda lulusan D3 atau S1, hal ini tentu menjadi nilai tambah yang perlu diperhatikan. Apalagi jika berpengalaman di admin penjualan selama bertahun-tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh sebagian calon karyawan adalah keterampilan berkomunikasi.

Terlepas dari sisi teknis, ini jelas penting. Soalnya tugas intinya adalah menciptakan dan menjalin hubungan kerjasama antara perusahaan dan konsumen.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

E. Panduan Lulus Wawancara Admin Penjualan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

Jika persyaratan dokumen sudah terpenuhi, langkah selanjutnya dalam melamar kerja adalah wawancara.

Memang proses ini tidak mudah, jadi lebih baik persiapkan diri Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

  • Beritahu pada kami sedikit tentang diri Anda.
  • Bagaimana Anda menjaga konsistensi bekerja?
  • Pengalaman terburuk selama bekerja?.
  • Apa yang Anda lakukan untuk mengikuti tren industri?
  • Berapa gaji yang Anda minta?

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Social Media Marketing

Kesimpulan

Itu hanya gambaran umum dari semua faktor mengenai admin penjualan, mulai dari pemahaman hingga nominal gaji.

Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda dalam hal perekrutan karyawan.

Oleh karena itu ada baiknya untuk menelusurinya terlebih dahulu seperti tugas admin penjualan, apa saja pekerjaannya, dll.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.