Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank? Setelah lulus kuliah, apa yang hendak kamu lakukan? Pasti diantara kalian ada yang ingin mencari pekerjaan. Salah satu lowongan yang paling sering dibuka adalah teller bank.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank

Setiap bank memerlukan teller muda sehingga cocok untuk kamu yang baru lulus kuliah. Ngomong ngomong soal teller, tahukah kamu bagaimana pekerjaan mereka? Berikut Penjelasannya!

A. Apa Itu Teller Bank?

Teller bank sejatinya adalah salah satu petugas bank yang bekerja di bagian unit pelayanan yang sehari harinya langsung berhubungan dengan nasabah dan masyarakat umum.

Bank selalu menyeleksi teller dengan baik karena sikap dan cara kerja mereka mempengaruhi citra perusahaan. Secara tidak langsung cara pelayanan ini mencerminkan profesionalisme dan reputasi bank.

Seorang teller kinerjanya akan dipantau langsung oleh Head teller atau Cash Officer. Mereka harus bisa memberikan layanan prima di kondisi yang tidak mengenakkan sekalipun.

Seorang teller harus bisa menangani setiap nasabah dengan baik karena bukan sekedar transaksinya saja yang harus diperhatikan, namun juga pelayannya.

Agar dapat bersikap dengan baik, biasanya teller memiliki masa pelatihan. Artinya, dalam masa ini kamu akan diajarkan sikap sikap dasar dalam pelayanan.

Tentu pada kesempatan ini kamu harus memperhatikan dengan baik dan jangan sampai ada kesalahan, terlebih yang berhubungan dengan transaksi karena sifatnya sangatlah penting dan riskan.

B. Bagaimana Fungsi Teller Bank?

Sesuai dengan penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi seorang teller yang bekerja di bank adalah untuk memberikan pelayanan perbankan kepada nasabah dan calon nasabah.

Fungsi ini sangat krusial karena merekalah tonggak terdepan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang baik.

Disamping pelayannya, seorang teller juga harus bisa berpakaian dengan rapi dan sempurna. Tampilan yang prima akan memberikan first impression yang baik kepada nasabah.

Tidak heran jika kamu datang ke sebuah bank, pasti para tellernya terlihat rapi dan bersih. Hal ini sudah menjadi bagian dasi SOP pelayanan yang harus mereka lakukan.

Agar lebih terlihat profesional, mereka juga menggunakan atribut yang sama satu dengan lainnya. Seragam teller ini akan memudahkan nasabah yang hendak melakukan sebuah transaksi agar tidak salah mengenali orang. Selain itu, name tag juga menjadi atribut yang tidak boleh ketinggalan. Nama ini akan juga akan membuat teller mudah dikenali.

C. Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank

1. Selalu Memastikan Fungsi Perusahaan

Fungsi perusahaan yang bergerak di bidang perbankan adalah melayani kebutuhan keuangan nasabah. fungsi inilah yang menjadi tugas sekaligus tanggung jawab teller.

Mereka harus bisa membantu nasabah yang memerlukan bantuan keuangan seperti penarikan, setoran, transfer, dan lain sebagainya. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan transaksi.

Dalam mengemban tugasnya, seorang teller bekerja sesuai dengan SOP. Hal ini harus dipahami betul, agar tidak terjadi kesalahan.

Takutnya, jika ada tahapan yang terlewat, hal ini akan berakibat fatal dan merugikan nasabah maupun perusahaan, untuk menghindari hal ini, tidak heran jika kualifikasi seorang teller tidaklah mudah.

Mereka harus bisa bekerja dengan teliti namun juga cepat dan sigap. Agar tidak keteteran, ada baiknya kamu mencari kenalan yang bekerja sebagai teller untuk bertanya tentang kita kiat sukses agar bisa diterima, serta menggali lebih banyak informasi tentang bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas teller bank.

2. Menyambut Nasabah dan Calon Nasabah

Sebenarnya seorang teller juga harus merangkap sebagai customer service. Mereka harus bisa menyambut para nasabah yang datang dengan ramah.

Hal ini menjadi bagian dari menjalankan fungsi perusahaan, yaitu memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh bank tempatnya bekerja.

Salah satu semboyan yang menjadi pedoman umum setiap teller adalah 3S. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan 3S? Semboyan ini artinya senyum, sapa, dan salam.

Ketiga komponen itu saling melengkapi dan jika sampai tidak dilakukan, akan memberikan kesan yang tidak bersahabat. Bukan hanya itu saja, teller juga biasanya berdiri untuk menyambut nasabah agar lebih sopan.

3. Menjaga Penampilan Agar Terlihat Professional

Tugas ketiga yang juga tidak kalah penting adalah menjaga penampilan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelayanan itu bukan hanya sekedar melalui sikap dan tutur kata, melainkan juga dari penampilan.

Setiap teller harus bisa berpenampilan rapi sehingga nasabah menjadi senang. Selain itu, kondisi bagian dalam bank juga akan terlihat teratur dan tidak berantakan.

Ngomong ngomong soal penampilan, setiap bank memiliki ketentuannya masing masing. Hal ini berkaitan dengan atribut. Sudah menjadi kewajiban teller untuk menggunakan seragam yang sama sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh bank.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebuah bank terlihat sangat rapi dan nyaman.

4. Menghitung Uang dan Melakukan Segala Jenis Transaksi

Seorang teller harus bisa membantu nasabah yang hendak melakukan berbagai transaksi, salah satu kegiatannya adalah menghitung uang.

Perhitungan ini harus dilakukan dengan teliti dan tanpa kesalahan. Hal ini sangat penting karena kesalahan perhitungan uang bisa berakibat fatal. Untuk menghindari hal tersebut, teller biasanya menghitung uang dengan bantuan mesin.

Akan tetapi, yang namanya mesin bisa saja error. Salah satu penyebabnya adalah kondisi uang yang tertekuk. Hal ini cukup sering ditemui, terutama pada layanan setoran tunai.

Uang yang dibawa nasabah bukanlah uang baru, sehingga ada kalanya teller harus menghitungnya secara manual. Hal inilah yang riskan terjadi kesalahan, namun teller harus melakukannya dengan baik.

5. Memberikan Kwitansi

Sebagai tanda bukti dan penguat sahnya transaksi, teller akan memberikan kwitansi kepada nasabahnya.  Teller juga harus menyimpan salinan kwitansi ini dengan baik, karena nantinya dokumen tersebut akan sangat berguna untuk pembukuan.

Beberapa bank juga memiliki prosedurnya tersendiri untuk mengeluarkan kwitansi sehingga teller harus memahaminya.

Baca juga: Peran dan Tugas Customer Service

D. Berapa Gaji Teller Bank?

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank

Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu tahu adalah kisaran gaji seorang teller. Perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya gaji seseorang di sebuah perusahaan.

Contohnya adalah seberapa besar perusahaan tersebut dan berapa lama kamu sudah bekerja di sana.

Meskipun begitu, dari berbagai sumber yang telah ditemukan, kisaran gaji seorang teller berada di angka 4 sampai 10 juta. Angka ini tergolong lumayan tinggi dan memenuhi ekspektasi orang orang yang bekerja di bank.

Akan tetapi, jangan terlalu senang dulu, karena posisi teller tidak mudah didapatkan. Kamu juga harus menghadapi banyak saingannya.

Perlu diingat pula bahwa kebanyakan perusahaan perbankan menerapkan sistem kontrak di awal kerjanya. Sangat penting bagi kamu untuk menggali informasi tentang bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas teller bank secara detail sebelum menandatanganinya. Jangan merasa ragu untuk bertanya kepada HRD agar tidak ada kesalah pahaman.

Demikianlah penjelasan yang perlu kamu ketahui jika hendak melamar pekerjaan sebagai seorang teller. Selama memiliki tekad yang kuat dan terus bekerja keras, maka usaha yang kamu lakukan tidak akan sia sia. Kamu juga perlu mempersiapkan mental yang baik karena proses seleksinya tidaklah mudah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!