Bocoran Lolos Seleksi Tes JODP di PT FIF

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes JODP di PT FIF? JODP adalah singkatan dari Junior Officer Development Program. Mungkin program ini hampir sama bahkan cenderung sama dengan program MT (Management Trainee) atau MDP (Management Development Program) di perusahaan lain.

Bocoran Lolos Seleksi Tes JODP di PT FIF

Intinya program akselerasi di PT FIF untuk memiliki jenjang karir yang lebih baik dan lebih cepat. Nantinya, setelah Anda menyelesaikan tahap trainee program ini, Anda akan menjabat sebagai SPV di PT FIF.

FIFASTRA adalah layanan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Honda dan merek tertentu sepeda motor bekas berkualitas, sedangkan FIFSPEKTRA melayani pembiayaan multi produk mulai dari elektronik rumah tangga, furnitur, laptop, komputer, sepeda, dan juga merupakan satu-satunya layanan leasing yang menyediakan pembiayaan untuk pinjaman. mesin fotokopi dan traktor tangan.

Melalui Visinya “Menjadi pemimpin industri yang dikagumi secara nasional” dan Misinya “Membawa kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat”, saya yakin FIFGROUP akan selalu ada dan berkembang untuk mengakomodasi beragam kebutuhan masyarakat.

Itulah sekilas tentang FIFGROUP yang menjadi pengantar makalah ini. Selanjutnya saya akan menceritakan tentang apa yang saya lakukan di perusahaan.

Tahapan Seleksi Karyawan JDOP di PT FIF

1. Pemilihan file

Secara umum, Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda langsung di stan FIFGroup di berbagai acara JobFair dan sejenisnya. Anda juga dapat mengirimkannya secara online melalui portal lowongan kerja yang tersedia di internet.

Hampir sama dengan tahap awal di perusahaan lain. Disini anda diminta untuk mengumpulkan berkas yang diminta, mulai dari CV, Ijazah, Transkrip Nilai dan dokumen pelengkap lainnya. Cobalah untuk menyelesaikan apa yang diminta oleh perusahaan.

2. Tes Psikologi

Jika tidak ada masalah dengan dokumen dan CV Anda, selanjutnya Anda akan diundang oleh FIFGroup untuk melakukan psikotes di tempat dan waktu yang telah ditentukan.

Tes psikologi sendiri tidak jauh berbeda dengan tes psikologi di perusahaan lain pada umumnya. Anda akan diminta untuk menghitung rangkaian angka, menganalisis gambar dan sebagainya.

Tips dari kami adalah mencoba untuk berlatih dan mengikuti tes psikologi di perusahaan lain, tingkatkan pengalaman Anda dalam hal mengikuti tes psikologi dan wawancara. Untuk psikologi juga hampir sama dengan tes psikologi pada umumnya di perusahaan lain.

Berikut daftar soal tes psikologi pada rekrutmen PT FIF:

  1. Uji analogi (uji gambar dan uji kecocokan gambar atau putar gambar)
  2. Tes matematika dasar (deret bilangan matematika)
  3. Kreapling dan Pauli (tes koran untuk menjumlahkan deretan angka)
  4. EPPS (tes kepribadian diri, tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini. Tes ini juga menjadi dasar apakah pekerjaan yang Anda lamar cocok dengan kepribadian Anda. Cobalah untuk menjawab dengan benar pada tes ini)
  5. Tes Warteg (tes melanjutkan gambar yang telah disediakan dan membuatnya bermakna)
  6. Gambar pohon dan gambarlah aktivitas seseorang lengkap dengan kelemahan dan kelebihan orang tersebut.

Baca juga:

3. Tes Wawancara Psikologi

Tahap selanjutnya yang harus kamu hadapi adalah Job Interview di FIFGroup dengan psikolog. Pada tahap ini, Anda akan diwawancarai oleh psikolog dari pihak outsourcing.

Jenis pertanyaan yang diberikan cukup standar, seperti tentang kepribadian Anda, kegiatan sehari-hari, kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki, dan tujuan Anda untuk lima tahun ke depan.

Dalam tes wawancara psikologi ini Anda akan ditanya tentang pengalaman hidup Anda, mulai dari kehidupan pribadi, kampus, organisasi hingga pengalaman kerja jika ada.

Tim wawancara akan meninjau kembali tes psikologi Anda, apakah jawaban yang Anda jawab saat tes kemarin cocok dengan kepribadian Anda dan sesuai dengan pekerjaan Anda di bidang ini.

4. Tes Wawancara User

Sehari sebelumnya Anda akan dikirimi email berisi studi kasus suatu masalah. Pertanyaannya seputar kasus terbaru di Indonesia atau bahkan kasus yang sering dihadapi PT FIF.

Dari tema-tema yang diberikan, Anda berhak memilih tema mana yang akan digunakan, dan Anda akan mempresentasikannya di depan pengguna yang bersangkutan.

Tes ini lebih seperti wawancara panelis seperti sedang menjalani sidang skripsi. Usahakan untuk memilih tema yang ringan dan yang terpenting adalah tema yang paling Anda kenal.

Buatlah presentasi yang ringkas dan tidak berbelit-belit. Cobalah untuk banyak berbicara dan berinteraksi daripada hanya membaca apa yang Anda presentasikan.

Dari presentasi Anda, tim pengguna akan menilai Anda apakah Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika sudah dinyatakan lolos tahap sebelumnya, maka yang akan dihadapi selanjutnya adalah presentasi di depan pengguna. Pada tahap ini, Anda akan menerima email berisi sejumlah tema presentasi yang harus Anda hadirkan.

Tema yang diberikan biasanya berupa kasus-kasus yang sedang terjadi di masyarakat saat itu. Anda dapat memilih salah satu tema yang diberikan dan mengutarakan pendapat Anda tentang tema yang Anda pilih.

5. Tes MCU (Pemeriksaan Medis)

Tes ini juga hampir sama dengan tahapan tes kesehatan di perusahaan lain, mulai dari tes sampel darah, sampel urin, rontgen, pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik seperti tinggi dan berat badan dan juga tes mata.

Untuk tes kesehatan ini, bisa dibilang sudah memiliki peluang 90% untuk menjadi karyawan di PT FIF.

Tahap terakhir adalah dalam surat Penawaran dan manfaat kontrak. Anda akan diberikan informasi detail tentang program JODP dan MDP FIF, gaji pokok dan fasilitas apa saja yang Anda dapatkan setelah lulus dari JODP. Anda juga akan diberitahu tentang hukuman dan risiko dari program ini.

Pada tahap ini, perusahaan ingin mengetahui kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tes yang dilakukan antara lain tes urine, darah, rontgen, konsultasi dengan dokter dan lain sebagainya. Intinya, selama Anda tidak memiliki penyakit serius, Anda bisa yakin akan lolos dari tahap ini.

6. Penawaran Kontrak Kerja

Jika semua tahapan bisa Anda lalui tanpa kendala, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menunggu surat penawaran kerja atau surat penawaran dari FIF.

Surat penawaran akan menjelaskan lebih lanjut tentang program JODP FIF, gaji, aturan kerja, dan prospek ke depan.

Itulah tahapan rekrutmen dan wawancara kerja di FIFGroup yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan pastikan Anda dalam kondisi prima untuk rangkaian tes.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes JODP di PT FIF, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!