Prospek Kerja Jurusan Logistik

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Logistik? Ketika sudah lulus SMA atau SMK dan berencana untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, maka masalah jurusan menjadi hal yang harus dipikirkan masak masak.

Prospek Kerja Jurusan LogistikAda banyak jurusan di perguruan tinggi yang bisa disesuaikan dengan bidang kamu. Salah satunya adalah jurusan logistik, untuk mengenal lebih dalam jurusan ini simak ulasannya berikut.

A. Tentang Jurusan Logistik

Sebelum membahas lebih jauh tentang prospek kerjanya, kamu tentu harus tahu sebenarnya jurusan ini akan mempelajari apa.

Program studi Teknik Logistik akan membantu kamu untuk lebih tahu tentang pengelolaan distribusi juga persediaan barang. Selain itu kamu juga akan mengetahui tentang cara kerja impor dan ekspor.

Dan masih ada banyak lagi pengetahuan yang bisa kamu pelajari selama berada di bangku kuliah nanti. Misalnya kemampuan untuk merancang serta mengelola informasi sampai modal bisnis juga akan dimiliki oleh seorang lulusan dari logistik.

Bisa dikatakan jika logistic adalah pekerjaan serbaguna yang memiliki peluang yang masih sangat besar.

Untuk memastikan apakah kamu memang cocok dengan bidang ini, ada beberapa karakter yang bisa disesuaikan. Apabila kamu senang dengan kegiatan yang memecahkan masalah dan kegiatan penelitian kamu cocok dengan jurusan satu ini. Selain itu juga individu memiliki karakter yang independen, tekun, berpikir kritis, teliti dan juga detail.

Saat ini jurusan satu ini terbilang memiliki banyak peminat. Untuk masuk, kamu akan mengikuti ujian seperti halnya jurusan lainnya.

Namun biasanya kuota yang dibuka untuk mahasiswa logistik tidaklah banyak. Selain itu tidak semua orang memang cocok untuk terjun di bidang ini. Mengingat ada karakter yang harus dimiliki untuk bisa bergabung di jurusan ini.

B. Alasan Kenapa Harus Mengambil Jurusan Logistik

1. Lulusan Jurusan Ini Terbatas

Dengan peluang kerja yang begitu besar, ternyata jumlah dari lulusan logistik justru tidaklah banyak. Padahal hampir semua perusahaan, baik swasta atau negeri membutuhkan tenaga ini.

Apalagi ruang lingkup logistik juga sangatlah luas, membuat banyak lowongan tetapi sumber daya manusianya tidak terpenuhi. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan tersendiri dalam mencari kerja.

2. Bisa Bekerja Di Industri Apapun

Alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan jurusan ini adalah kamu bisa bekerja dalam Industri apapun. Ketika kamu membeli barang, perjalanan parang tersebut akan disusun oleh lulusan Jurusan Logistic.

Saat terjadi bencana alam, proses penanganan juga konsekuensi juga bisa menjadi ranah seorang ahli Logistic. Dengan begitu kamu bisa bekerja dimana saja.

3. Merupakan Bisnis Internasional

Mengambil jurusan logistic juga akan memudahkan kamu memiliki karir tidak hanya di Indonesia. hal ini dikarenakan layanan transportasi maupun perdagangan internasional masih menjadi ranah seorang ahli logistik.

Apalagi perdagangan dunia seperti impor atau ekspor juga akan kamu pelajari. Sehingga kamu bisa memiliki karir cemerlang dengan jurusan ini.

4. Bukanlah Pekerjaan yang Membosankan

Jika kamu menginginkan pekerjaan yang tidak membosankan, maka bidang ini adalah pilihan yang tepat. Seorang jurusan logistik akan berkomunikasi dengan banyak orang dalam kesehariannya.

Kamu tidak hanya berhubungan dengan barang saja, tetapi juga dengan informasi yang melimpah. Maka dari itu pekerjaannya tidak akan membosankan.

5. Memungkinkan Pengembangkan Keterampilan Luas

Untuk bekerja di bidang ini, kamu tidak hanya akan mengetahui perihal barang atau yang berhubungan dengan logistik. Namun ada banyak keterampilan yang juga harus kamu pelajari.

Mulai dari komunikasi yang baik, karena kamu akan sering berhubungan dengan banyak orang. Jika kamu ingin bekerja di luar negeri, maka kamu juga harus menguasai bahasa asing.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

C. Prospek Kerja Lulusan Logistik

Prospek Kerja Jurusan LogistikAda banyak bidang yang bisa kamu geluti ketika kamu memiliki jurusan logistik. Tidak akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus nantinya.

Prospek kerja lulusan logistik dinilai menjanjikan dengan gaji yang cukup menggiurkan. Dan menariknya permintaan akan SDM jurusan ini masih terbilang tinggi, karena hampir semua perusahaan membutuhkannya.

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia perdagangan, kamu bisa mengambil bidang eksportir maupun importir. Dengan begitu kamu akan berurusan dengan perdagangan kelas dunia.

Bukan hanya itu, di perusahaan yang memproduksi barang kamu juga bisa menjadi manajer pergudangan, operasional sampai dengan manajer logistik.

Sementara bagi kamu yang ingin bekerja di bidang transportasi, manajer bandara bisa menjadi pilihan. Staff inventaris juga menarik untuk digeluti, kamu akan menyediakan barang atau aset di perusahaan.

Saat ini pekerjaan ini juga tidak hanya antar negara, tetapi bisa dilakukan untuk perusahaan offline maupun yang bergerak di jual beli online.

D. Gaji yang Bisa Diraih Untuk Lulusan Logistik

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, gaji yang bisa didapatkan untuk jurusan ini terbilang menggiurkan. Kamu yang menjadi seorang manajer logistik, bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 55 juta tiap bulannya. Sementara untuk Manajer Operasional bisa memperoleh gaji sekitar Rp 52 juta setiap bulannya. Namun semuanya tergantung dari instansi yang menaungi.

Gaji seorang Inventory management akan menyentuh angka Rp 43 juta setiap bulan. Dan seorang supply chain manager gajinya akan lebih tinggi lagi yakni kisaran Rp 82 juta.

Tentunya kamu harus memulai dari bawah terlebih dahulu sebelum menjadi seorang manajer. Masing masing instansi akan memiliki kisaran gaji dan jenjang karir yang berbeda.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di DHL Supply Chain

E. Perguruan Tinggi Yang Memiliki Jurusan Logistik

Tidak semua perguruan tinggi di Indonesia menawarkan jurusan logistik ini. Bahkan bisa dikatakan jumlahnya hanyalah hitungan jari.

Menunjukkan bahwa jurusan ini memang masih langka tapi prospek kerjanya sangat luas. Namun ada beberapa kampus yang bisa kamu tuju untuk berkarir di bidang logistik dan kebanyakan adalah universitas swasta.

Kampus yang bisa kamu tuju pertama adalah Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti. Kampus ini memiliki prodi logistik dan material untuk kamu jenjang D3, S1 sampai dengan S2.

Atau kamu juga bisa menjadikan Politeknik APP untuk yang ingin mengambil program D3 manajemen logistik industri elektronika.

D3 juga bisa mengambil di kampus Politeknik Pos Indonesia dengan program studi Logistik Bisnis dan juga menyediakan jenjang D4.

Jenjang S1 dengan produk Manajemen Logistik juga dimiliki oleh STIMLOG atau Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia. Jurusan teknik logistik juga bisa kamu ambil di Universitas Internasional Semen Indonesia untuk S1.

Sementara untuk kamu yang ingin mengambil jenjang S2, Institut Teknologi Bandung juga menawarkan program studi Logistik.

Kebanyakan kampus ini memang berada di Jakarta dan Bandung. Sehingga kamu yang ingin mengambil jurusan ini, mungkin harus merantau. Dengan prospek kerja jurusan logistik yang makin meningkat diharapkan kampusnya juga semakin banyak.

Memilih jurusan tidak hanya menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Namun juga bisa berdasarkan prospek pekerjaan yang akan kamu geluti nantinya.

Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang logistik, kamu bisa memilih beberapa kampus yang telah disebutkan. Diharapkan informasi ini bisa membantu kamu yang bingung menentukan jurusan perguruan tinggi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!