Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee? Bagi anda yang mengincar pekerjaan di perusahaan trentu sudah tidak asing dengan yang namanya Management Trainee atau yang biasa disingkat dengan MT.

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

Posisi ini kerap menjadi incaran para mahasiswa fresh graduate karena memiliki peluang yang besar untuk karir yang menjanjikan. Yuk mengenal lebih dalam tentang pekerjaan, gaji, dan tugas Management Trainee!

A. Apa Itu Management Trainee?

Management Trainee atau MT adalah sebuah program yang dibuat oleh sebuah perusahaan dengan tujuan mencapai posisi manajerial dalam waktu yang lebih cepat.

Program ini ditujukan untuk para fresh graduate yang sedang membutuhkan pelatihan dalam dunia kerja. Dengan mengikuti program ini, anda akan mendapatkan pelatihan yang spesial seputar dunia kerja.

Anda akan diberikan pelatihan dan pengarahan seputar dunia kerja di perusahaan dan dapat mengembangkan karakter anda.

Program ini memiliki kontrak waktu yang berbeda-beda untuk tiap perusahaan. Program Management Trainee ini tidak hanya berupa pelatihan, tetapi anda juga akan diberikan pekerjaan lainnya yang bisa anda kerjakan sehari-hari.

Di sini, anda akan menjalani proses learning by doing, sehingga bisa belajar lebih banyak hal tentang perusahaan. Untuk spesifikasi, ada beberapa perusahaan yang tidak menggunakan spesifikasi khusus, sehingga anda bisa merasakan bekerja di semua divisi perusahaan tersebut.

Namun, ada pula perusahaan yang menetapkan spesifikasi khusus, seperti sales, supply chain, dan marketing.

B. Mengapa Management Trainee Menjadi Favorit Fresh Graduate?

1. MT Berbeda dengan Internship

Pekerjaan, gaji, dan tugas Management Trainee menjadi salah satu alasan mengapa program yang dibuat oleh perusahaan ini menjadi favorit para fresh graduate.

Pasalnya, program ini berbeda dengan internship atau magang, Management Trainee sama halnya dengan pekerjaan tetap di sebuah perusahaan.

Dalam hal ini juga termasuk dengan tunjangan atau gaji yang diterima. Meskipun masih menjalani Management Trainee, anda akan mendapatkan gaji bulanan dan tunjangan seperti yang diperoleh pegawai tetap di perusahaan tersebut.

Tunjangan yang diberikan berupa tunjangan kesehatan, akomodasi, transportasi, dan lain-lain.

Inilah salah satu alasan kuat mengapa para fresh graduate lebih memilih program MT daripada internship atau magang.

Anda akan mendapatkan gaji bulanan yang artinya anda dihitung sebagai pekerja tetap dan bisa memiliki kesempatan luas untuk meningkatkan karir anda di perusahaan tersebut.

2. Bekerja Sesuai dengan Bakat dan Minat

Secara umum, program Management Trainee yang dibuat oleh sebuah perusahaan menggunakan sistem generalisasi.

Artinya, anda akan disuguhkan dengan banyak posisi, mulai dari supply chain, komunikasi, sales, finance, marketing, dan lain-lain. Setelah itu, supervisor anda akan menilai kira-kira di posisi mana anda dapat maksimal menjalaninya.

Anda pun bisa ikut berdiskusi untuk menjelaskan peran yang anda sukai dan anda bisa unggul di perusahaan itu. Dengan demikian, anda bisa bekerja dengan nyaman sesuai dengan minat dan bakat yang anda miliki.

Namun, ada juga perusahaan yang sedari awal menerapkan spesifikasi khusus, sehingga anda perlu jeli melihat peluang yang cocok dengan minat dan bakat anda.

3. Jenjang Karir yang Lebih Pasti

Bekerja di sebuah perusahaan merupakan suatu kebanggaan bagi seorang fresh graduate. Namun, ada banyak contoh kasus bekerja di sebuah perusahaan dengan jalur karir yang tidak pasti.

Anda mungkin saja bekerja di posisi tertentu suatu perusahaan selama bertahun-tahun lamanya dan tidak dipromosikan untuk naik jabatan.

Berbeda dengan program Management Trainee yang dari awal memang didesain untuk menuju level manajemen. Jika kerja yang anda tunjukkan bagus, maka kesempatan untuk naik jabatan sangat terbuka lebar.

Dengan demikian, anda tidak akan bertanya-tanya kapan akan naik jabatan.

4. Diberi Gaji Untuk Belajar

Konsep unik inilah yang menjadikan Management Trainee sebagai program yang diburu banyak fresh graduate. Di sini, anda akan diberi gaji untuk mempelajari apa pun tentang perusahaan, tentang posisi anda, dan mengenal lebih baik diri anda.

Semua yang anda lakukan selama menjalani program MT adalah bekal untuk posisi yang akan anda tempati nantinya. Menarik bukan?

C. Apa Saja Tugas dari Seorang Management Trainee?

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

Untuk mengenal lebih dalam tentang posisi ini, tentu anda juga harus tahu apa saja tugas yang menjadi tanggung jawab seorang Management Trainee.

Tugas seorang MT bergantung pada sistem dari program MT dari perusahaan tersebut. Jika perusahaan membuka program MT tanpa kualifikasi khusus, maka tugas yang harus dikerjakan oleh Management Trainee meliputi banyak divisi.

Anda akan mengerjakan pekerjaan kecil dari banyak divisi untuk mengetahui dimana potensi terbesar anda.

Jika dirasa sudah mengenal dan paham dari masing-masing job yang diberikan, anda akan ditempatkan di posisi yang anda bisa unggul di dalamnya. Tentunya hal ini berdasarkan pertimbangan selama anda menjalani pelatihan.

Hal ini akan berbeda jika sebuah perusahaan menggunakan kualifikasi khusus untuk menjaring para fresh graduate yang ingin mengikuti program MT.

Misalnya, perusahaan tersebut membuka program MT untuk spesifikasi finance, komunikasi, supply chain, sales, dan lain-lain, maka anda akan mengerjakan tugas yang berhubungan dengan spesifikasi yang anda pilih.

Akan tetapi, tugas yang harus anda kerjakan masih terbilang tugas-tugas kecil dan ringan. Anda akan menerapkan learning by doing ketika mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepada seorang Management Trainee.

Umumnya, cara ini akan lebih cepat untuk membuat anda mahir dalam bidang tersebut.

Selain menjalankan tugas yang diberikan di masing-masing divisi, anda juga memiliki tugas untuk berpartisipasi di dalam workshop, rapat, presentasi, atau kegiatan lain yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Sebagai seorang MT, anda juga bertugas untuk mengamati pekerjaan dari karyawan lain mengenai protokol, kebijakan, dan proses operasi perusahaan.

Seorang Management Trainee juga akan diberikan proyek khusus untuk diselesaikan. Setelah itu, hasilnya akan dipresentasikan kepada penanggung jawab.

Ini juga termasuk dalam proses belajar sebagai bekal ketika anda sudah menduduki posisi khusus di perusahaan tersebut setelah kontrak program MT selesai.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero)

D. Berapa Gaji Seorang Management Trainee?

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

Gaji yang diberikan kepada seorang Management Trainee tentu berbeda-beda dari setiap perusahaan. Hal ini juga bergantung dari kemampuan perusahaan dan tingkat produktivitas anda.

Tidak hanya itu, gaji seorang MT juga dipengaruhi oleh wilayah perusahaan. Akan tetapi, secara umum gaji seorang Management Trainee berada pada kisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

Nominal ini tentu sudah sangat menjanjikan untuk seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika program MT ini menjadi incaran para fresh graduate yang ingin bekerja di perusahaan dengan gaji tetap dan jenjang karir yang pasti. Tertarik mencoba?

Management Trainee atau MT adalah program khusus dari sebuah perusahaan yang ditujukan untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.

Program ini menjanjikan jenjang karir yang pasti dengan gaji bulanan dan tunjangan. Program ini banyak diincar oleh para fresh graduate karena memiliki peluang karir yang besar untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!