12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran? Kuliah jurusan manajemen perkantoran bisa jadi apa? Itulah pertanyaan yang sering muncul.

Sebagian orang mendambakan pekerjaan yang mengutamakan kinerja dan kenyamanan bekerja di kantor.

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Tidak hanya bebas dari bahaya terik matahari, Anda juga bisa menikmati tugas yang tidak menghabiskan banyak energi.

Bukan berarti Anda hanya bisa bersenang-senang di kantor, tapi jenis pekerjaan ini hanya bisa dilakukan di kursi.

Jika Anda ingin kuliah jurusan manajemen perkantoran, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kemungkinan atau prospek kerja jurusan manajemen perkantoran.

Mengambil jurusan kuliah Manajemen Perkantoran di tingkat D3 atau S1 dapat menawarkan kekuatan karir yang cemerlang.

Bagi yang belum mengetahui penjelasan mengenai manajemen perkantoran bisa melihat artikel Manajemen Perkantoran Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Di bawah ini adalah peluang atau prospek kerja jurusan manajemen perkantoran di Indonesia dengan tawaran gaji yang cukup besar, yaitu:

1. Resepsionis

Gaji Rp 2.500.000

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Jadi fresh graduate yang mengutamakan pengalaman terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan kesempatan bekerja dari awal.

Lulusan manajemen perkantoran dapat mengisi statusnya sebagai resepsionis hotel, organisasi, atau bisnis lainnya.

Gaji resepsionis sebenarnya cukup rendah, sekitar 2,5 hingga 3 juta untuk mereka yang baru memulai, dan resepsionis profesional di perusahaan terkemuka dapat mencapai 5 juta ke atas.

2. Sekretaris

Gaji Rp 3.000.000

Setiap kantor atau instansi membutuhkan staf kesekretariatan untuk melakukan pengorganisasian, pengaturan agenda, pengarsipan dokumen, surat-menyurat penting, dan lainnya.

Seorang sekretaris yang terampil dan gesit akan mendapatkan gaji yang tinggi, untuk kantor kecil mulai dari 3 juta rupiah dan sekretaris yang sudah berpengalaman dapat berkisar antara 8 hingga 20 juta rupiah.

Bahkan hampir sebagian dari manajemen perkantoran sangat tertarik menjadi sekretaris, yang merupakan Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran.

3. Staf Administrasi

Gaji Rp 3.000.000

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Sebagai pegawai administrasi di suatu perusahaan atau otoritas, Anda akan memiliki peluang karir nantinya.

Calon administrator mendapatkan upah mulai dari 3 hingga 5 juta rupiah, tergantung pada aturan dan kinerja.

4. Dosen

Gaji Rp 4.000.000

Dari tingkat SMK Anda bisa menentukan pelajaran manajemen perkantoran.

Namun, prospek kerja lulusan SMK lebih terbatas dibandingkan Anda yang melanjutkan studi manajemen perkantoran di jenjang D3 hingga S1.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk berkarir sebagai dosen yang mengajar mata kuliah terkait dan relevan, maka pastikan Anda mencapai jenjang S1 dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Gaji dosen di Indonesia cukup tinggi, apalagi yang berstatus ASN bisa digaji hingga 5 juta rupiah/bulan, belum termasuk tunjangan lainnya.

Tentu saja dosen adalah Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran yang cukup menjanjikan.

5. Personalia

Gaji Rp 3.000.000

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Untuk lowongan pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi lulusan untuk manajemen perkantoran, departemen Sumber Daya Manusia adalah pilihan yang baik.

Anda akan mengurus administrasi karyawan kantor, membawa pengetahuan di bidang komunikasi dan kekuatan bahasa asing saat merekrut staf baru di kantor.

Jangan khawatir, staf personalia kecil bisa mendapatkan upah minimum tiga juta rupiah tergantung pada upah minimum dan peraturan perusahaan.

Anda bisa memikirkan gaji di atas lima juta rupiah bagi Anda yang bekerja sebagai staf sumber daya manusia di perusahaan ternama, oke!

6. Personal Assistant

Gaji Rp 3.000.000

Prospek kerja jurusan manajemen perkantoran yang dapat Anda dapatkan adalah Personal Assistant.

Tugas Personal Assistant adalah membuat agenda pribadi, aktivitas dokumentasi, arsip dokumen, dan kebutuhan orang-orang yang bekerja untuk Anda.

Secara umum, sejumlah profesional selalu membutuhkan Personal Assistant untuk mengatur jadwal sibuk mereka, mis. Dosen, profesor atau profesional lainnya.

Tergantung karir dan kesepakatan nanti dengan atasan, gaji seorang Personal Assistant bisa mencapai tiga juta rupiah dan lebih.

7. Event Organizer

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Beberapa kemampuan lulusan Manajemen Perkantoran dalam perencanaan, pembuatan agenda, pengorganisasian dan pengelolaan kegiatan adalah modal untuk memulai bisnis EO mereka sendiri.

Selain itu, Anda memiliki keterampilan komunikasi yang lancar, keterampilan kepemimpinan dan kreativitas yang tinggi, yang membuat kekuatan bisnis EO berkembang semakin pesat.

Tentunya omzet bisnis EO yang Anda dapatkan mulau dari jutaan hingga puluhan juta rupiah/bulan, kenapa tidak?

8. Pegawai BUMN

Gaji Rp 4.000.000

Kamu berkesempatan menjadi pegawai BUMN yang bekerja di bidang administrasi, sekretariat, administrasi dan sumber daya manusia lho.

Peluang untuk bergabung dengan BUMN seperti PLN, Bank, Minyak dan Gas, dll. Sehingga Anda memiliki kekuatan untuk mendapatkan upah yang besar jika Anda adalah karyawan tetap.

Pekerja kontrak bisa dibayar lebih tinggi dari UMR sehingga bisa hidup layak, ditambah Anda baru saja menyelesaikan jenjang D3 atau S1 manajemen perkantoran kan?

9. Konsultan

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran selanjutnya yaitu menjadi konsultan.

Anda memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan yang membantu klien menjalankan bisnis, meningkatkan kinerja karyawan di kantor mereka, memecahkan masalah atau di bidang manajemen kantor lainnya.

Jadi konsultan perlu memiliki keterampilan yang tinggi, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu memberikan pendapat dan saran yang tepat, dan sebagainya.

Konsultan Independen yang bekerja lebih fleksibel mendapatkan variasi yang sama berdasarkan standar Anda, mengapa tidak?

Namun, bayaran untuk konsultan yang tidak berpengalaman jelas sekitar jutaan rupiah dibandingkan dengan konsultan profesional dengan jam terbang tinggi.

10. Perbankan

Gaji Rp 3.000.000

Anda juga dapat bekerja di perbankan sebagai teller atau customer service yang membantu pencatatan.

Ketelitian, ketekunan dan tanggung jawab Anda dalam menjalankan tugas di bank sangat dihargai.

Gaji rata-rata teller di bank nasional adalah 2,75 hingga 3,8 juta rupiah/bulan tetapi untuk teller di bank terkemuka bisa lebih tinggi dan karyawan CS bisa mendapatkan hingga 4,5 juta rupiah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran ini sangat cocok bagi Anda yang senang bekerja dengan nyaman di gedung AC, ramah terhadap pelanggan, memiliki komunikasi yang baik dan tidak harus keluar lapangan.

11. Accounting Manager

12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

Setelah menyelesaikan gelar Manajemen perkantoran, Anda dapat bekerja sebagai Accounting Manager. Tugas Anda adalah memastikan rencana keuangan perusahaan berjalan dengan baik.

Sedangkan tugas khusus seorang Accounting Manager adalah menyiapkan neraca, meramalkan kebutuhan keuangan perusahaan, mengurus catatan rekening dan dokumentasi untuk keperluan perpajakan.

Nantinya Anda akan bekerja dengan beberapa akuntan dan asisten di sebuah departemen. Oleh karena itu, kekuatan komunikasi Anda juga harus baik.

12. Wakil Sekretaris

Selain bekerja sebagai sekretaris, prospek kerja jurusan manajemen perkantoran juga dapat bekerja sebagai sekretaris.

Tugas Anda adalah menerima berbagai panggilan telepon dan pertemuan tatap muka dengan pimpinan.

Anda juga perlu mengatur agenda pribadi, rapat, dan pemesanan perjalanan untuk pekerja kantoran. Soal gaji, pasti tergantung di mana Anda bekerja.

Penutup

Yok, coba kesempatanmu dengan memilih jurusan kuliah yang menjanjikan ini!

Peluang atau prospek kerja jurusan manajemen perkantoran sangat luas dan terbuka bagi lulusan D3 atau S1 di Indonesia.

Jika Anda ragu di universitas mana Anda ingin belajar dan tertarik dengan seni berorganisasi atau mendokumentasikan, Anda harus mempertimbangkan untuk memulai kuliah jurusan Manajemen Perkantoran di PTN atau PTS sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.

Sekian artikel berjudul 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!