Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing? Admin Marketing pasti tidak sama dengan admin di industri pergudangan atau logistik.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing

Meskipun tempatnya sebagai administrator, tugas dan tanggung jawabnya berbeda, tetapi itu masih masalah kontrol. Jadi baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Admin Marketing

Admin Marketing adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola pemasaran perusahaan dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan menggunakan media digital.

Umumnya, banyak karyawan ditugaskan untuk mempromosikan produk, layanan, atau layanan ke pasar yang lebih luas.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran atau reputasi merek atau perusahaan atas dasar tertentu.

Seperti namanya, dimana pekerjaan dan tanggung jawab masih seputar pemasaran. Namun, lebih fokus pada promo.

Selain itu, peran admin diperlukan untuk membantu tim kreatif membuat kampanye atau iklan.

Tugas Admin Marketing adalah membawa proyek sesuai dengan harapan perusahaan. Itu berarti meningkatkan kesadaran merek.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Admin Marketing

Jika Anda melihat definisinya, Anda mungkin dapat memahami apa itu pekerjaan Admin Marketing.

Namun perlu dipahami bila peran tersebut sangat penting bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang paling penting.

1. Tugas Admin Marketing

a. Kelola Data Penjualan

Segala sesuatu yang berhubungan dengan penjualan keluar masuk dilakukan langsung oleh admin penjualan melalui beberapa pekerjaan kecil.

Yang pertama adalah dengan cermat meninjau kembali status data penjualan yang dimasukkan atau belum dimasukkan untuk memudahkan pelacakan.

Data penjualan yang diperbarui setiap hari juga harus dicatat dengan cermat untuk tujuan pengarsipan.

Selanjutnya admin marketing membuat invoice dan menindaklanjuti setiap penjualan yang belum masuk dalam sistem.

Masalah teknis yang menghambat proses pendataan harus segera dilaporkan ke bagian supervisor admin.

b. Mengecek Hasil Entri Data

Data yang dimasukkan dapat diperiksa kembali untuk menghindari kesalahan. Segala sesuatu yang kecil mempengaruhi perhitungan kinerja penjualan.

Jika ada perbedaan antara tanggal dan faktur perusahaan, tanyakan kepada pelanggan untuk revisi. proses pemeriksaan ulang dapat dilakukan seminggu sekali.

c. Buat laporan

Ada banyak pekerjaan kecil yang terlibat dalam pembuatan laporan
Membuat laporan akhir bulanan berupa invoice dan faktur yang akan di periksa oleh supervisor:

  • Merekap transaksi bisnis
  • Bagikan salinan tagihan
  • Membantu admin untuk mengurus semua laporan penjualan

d. Melakukan Kegiatan Administrasi dan Kearsipan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing

Tugas Admin Marketing adalah melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan administrasi dan pengarsipan.

Setelah semua data lengkap dan terorganisir, input dimasukkan ke dalam arsip untuk disimpan dengan baik. Ringkasan administrasi dan arsip harus disusun secara berurutan dan terstruktur.

Tujuannya adalah untuk memudahkan penelusuran data jika terjadi kebutuhan mendesak atau pemeriksaan baru.

Selain beberapa data, admin marketing juga merangkum kebutuhan alat tulis kantor. Admin marketing bertugas untuk mengirimkan stok alat kantor kepada supervisor admin untuk mencapai persetujuan.

e. Kelola Database Konsumen

Database pelanggan merupakan kebutuhan penting bagi sebuah bisnis karena kehadirannya akan membuka jalan untuk menjangkau konsumen dan menjadi konsumen yang loyal.

Databese merupakan fasilitas bagi pelaku bisnis untuk mengenal layanan yang diinginkan oleh konsumen.

Tanggung jawab untuk mengontrol database ini diberikan kepada Admin Marketing yang bekerja untuk memberikan informasi baru dengan mereferensikan data pelanggan.

f. Promo dan Direct Mail Konsumen

Tugas Admin Marketing adalah mengirim promosi dan surat langsung ke pelanggan.

Admin Marketing akan menggunakan berbagai jenis platform media sosial untuk menawarkan promosi terbaru dari perusahaan.

Sebelum calon konsumen menjadi pelanggan, mereka biasanya menerima surat langsung sebagai penawaran.

Juga untuk beberapa bentuk bisnis yang target pelanggannya adalah perusahaan (tipe B2B) atau instansi pemerintah, karena email saja tidak cukup, perlu disertai dengan penawaran agar terlihat profesional.

Tidak hanya pelanggan, admin marketing mengirimkan email langsung ke pelanggan yang sebelumnya telah memesan dengan maksud untuk melakukan pembelian ulang atau repeat order.

g. Selesaikan proses penjualan

Selain penyiapan, admin gudang berpartisipasi secara aktif atau pasif dalam proses penjualan.

Ingatlah bahwa admin marketing biasanya menangani beberapa masalah pengarsipan dan pengelolaan data proses perjualan. Proses penjualan ini meliputi:

  • Menerima pesanan dari pelanggan dan mengumpulkan data.
  • Melihat stock (gudang).
  • Cetak surat pesanan dan kirimkan ke gudang dan produksi.
  • Mengkoordinir dan memberikan informasi detail alamat pengiriman, ekspedisi dan lain-lain ke pihak gudang untuk proses pengiriman.

h. Unggah produk

Tugas Admin Marketing adalah mengunggah produk ke jaringan bisnis online.

Di beberapa perusahaan admin marketing diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengunggah produk, tentunya produk yang diunggah adalah produk perusahaan.

Uploadnya dimana? Di lini penjualan, Anda memiliki bisnis, bisa di internet, di marketplace, atau di media sosial.

Bagi Anda yang belum memahami profesi ini, jangan khawatir karena sangat mudah dipelajari. Biasanya mereka dilatih oleh supervisor mengenai proses dan triknya.

i. Tanggapi obrolan dan pertanyaan konsumen

Tugas admin marketing kemudian menanggapi obrolan dan pertanyaan dari konsumen, obrolan disini diartikan dengan berbagai cara, misalnya: Chat WhatsApp, Chat media sosial, Chat website, dan chat di marketplace.

Dalam tugas ini, seorang admin marketing diharapkan dapat merespon dan melayani konsumen dengan respon yang cepat.

Sehingga pelanggan tidak terburu-buru untuk pindah ke lapar pesaing.

j. Penjelasan informasi terkait produk

Terkadang beberapa pertanyaan muncul karena kurangnya informasi tentang produk karena perlu edukasi lebih lanjut.

Staf admin marketing salah satunya memberikan informasi tentang produk mulai dari manfaat, beberapa fitur hingga harganya.

Kalaupun perusahaan mengadakan promosi, karena itu admin marketing yang ingin menyampaikan kepada beberapa pelanggan, baik itu lewat WhatsApp atau marketplace.

k. Tugas Admin Marketing lainnya

  • Kelola Data Pemasaran.
  • Verifikasi terhadap hasil input data.
  • Buat laporan.
  • Melakukan pengarsipan kegiatan administrasi.
  • Kelola semua database pelanggan.
  • Lakukan beberapa kegiatan pemasaran.
  • menawarkan produk.
  • memberikan umpan balik kepada pelanggan.
  • Menjelaskan produk kepada pelanggan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer

2. Tanggung Jawab Admin Marketing

a. Melakukan Riset

Admin Marketing bertanggung jawab untuk mempelajari tren terbaru dan kebutuhan beberapa pelanggan untuk memungkinkan proses promo yang efisien.

b. Implementasi taktik pemasaran

Admin Marketing perlu membuat dan menerapkan strategi pemasaran untuk menjangkau pelanggan baru dengan anggaran yang efisien.

c. Komunikasi dengan tim lain

Salah satu tanggung jawab Admin Marketing adalah membantu staf departemen lain seperti tim PR, manajemen, dan pemasok untuk menyiapkan informasi dan citra produk yang positif.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

C. Gaji dan Tunjangan Admin Marketing

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing

Besaran gaji yang diterima Admin Marketing biasanya sekitar Rp 4.700.000/bulan. Angka ini merupakan gaji rata-rata yang diterima, khususnya di Indonesia.

Namun bukan berarti semua pegawai yang bekerja di bagian tersebut menerima gaji yang sama.

Masalahnya adalah bahwa ada berbagai jenis hal yang dapat mempengaruhi gajinya. Banyak faktor, salah satunya adalah status dan jabatan.

Karena admin ini juga memiliki level yang berbeda-beda dari setiap posisi yang membuat upahnya berbeda.

Selain itu, badan atau perusahaan memiliki kendali penuh atas penetapan gaji.

Hal ini berdampak besar pada besarnya gaji yang akan Anda terima. Selain itu, fresh graduate tentu tidak setinggi pekerja yang berpengalaman.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

D. Syarat Dan Kualifikasi Admin Marketing

Secara umum, Spesifikasi yang diperlukan oleh perusahaan tidak memiliki kategorisasi dan cukup sama dengan yang lainnya.

Namun, ada banyak ketentuan yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan sektor tersebut. Berikut adalah persyaratan dan kualifikasi untuk Admin Marketing.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Jika Anda memiliki ijazah SMA, Anda pasti memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai admin marketing.

Jika Anda lulusan D3 hingga S1 ini bisa menjadi poin tambahan. Terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman di bidang ini.

  • Memiliki gelar dalam komunikasi, pemasaran atau administrasi bisnis
  • Usia maksimal 27 tahun, pria dan wanita
  • Riwayat pendidikan minimal S1 semua jurusan, Manajemen, Ekonomi, jurusan Akuntansi lebih diutamakan.
  • Lancar berbahasa Inggris.
  • Setidaknya satu tahun pengalaman dalam pemasaran admin
  • Dapat menggunakan komputer, minimal Microsoft Office.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Menarik
  • Disiplin, teliti, jujur ​​dan bertanggung jawab.

2. Skill dan Kemampuan

Keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang administrator adalah komunikasi dan disiplin.

Soalnya tugas utamanya terkait dengan pengiriman berbagai barang. Selain itu, karyawan perlu memahami cara kerja pemasaran.

  • Pengetahuan yang baik tentang manajemen kantor dan konsep pemasaran
  • Kemampuan untuk menyelesaikan banyak tugas dalam tenggat waktu yang dekat.
  • Meriset pasar
  • Pengetahuan yang baik tentang MS Office, perangkat lunak pemasaran, dan program online (CRM, Google Adwords, dll.)
  • Keterampilan komunikasi yang sangat baik

Skill dan kemampuan tersebut untuk menunjang Tugas Admin Marketing.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Marketing

Jika Anda akan hadapi interview untuk bekerja sebagai admin marketing, tidak perlu kebingungan.

Karena, ada beragam jenis cara agar proses itu dapat selesai secara baik. Berikut sejumlah panduan interviewnya.

  • Terangkan berkenaan keunggulan diri Anda.
  • Katakan secara padat tetapi singkat.
  • Beri penjelasan mengapa anda memilih Admin Marketing
  • Cari info perusahaan tempat anda melamar.
  • Ketahui tugas dan faktor pentingnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Social Media Marketing

Kesimpulan

Itu barusan ulasan mengenai beragam jenis hal yang terkait berkenaan admin marketing.

Bila Anda ingin melamar dan mengambil di bagian ini, tak perlu merasa takut karena bagian dari posisi ini benar-benar diperlukan.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!