Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer? Untuk kamu yang sedang sedang bekerja di perusahaan perbankan, mungkin tidak asing dengan pekerjaan Relationship Officer.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer

Lalu apakah itu? Dan apa yang dikerjakannya? Buat kamu yang masih asing dengan namanya, berikut ini penjelasan tentang pekerjaan, gaji dan tugas relationship officer.

A. Apa yang dimaksud relationship officer?

Dalam sebuah lowongan pekerjaan terutama di perusahaan perbankan atau perkreditan, seringkali kita menjumpai kalimat “Dibutuhkan Relationship Officer”.

Apa sih itu? Relationship officer atau yang biasa disebut RO merupakan salah satu posisi yang terdapat dalam dunia perbankan, perkreditan atau bahkan koperasi.

Bagi karyawan yang bekerja dengan posisi ini akan melibatkan dirinya di dunia marketing. Divisi ini sendiri memang berbeda dengan sales dan marketing, namun banyak orang yang sering mengaitkannya.

Adapun tugas dari RO ini lebih rinci dan lebih detail dari marketing dan sales.

B. Apa tugas Relationship Officer?

1. Mengembangkan hubungan baik nasabah dan perusahaan

Sesuai dengan namanya yaitu relationship yang artinya hubungan dan officer berarti petugas, tugas utama dari jabatan ini adalah mengembangkan hubungan baik antara nasabah dan perusahaan.

Relationship officer bertugas menjadi perwakilan bila mana terjadi sebuah miss-comunication antara nasabah dan perusahaan.

Dengan tugas yang berhubungan dengan nasabah, maka divisi ini harus memiliki skill komunikasi yang baik. Seorang yang bekerja di divisi ini harus  memiliki skill public speaking yang baik, karena kamu tak hanya bicara secara face to face dengan nasabah tetapi juga diharuskan lancar berbicara di depan publik.

2. Mengenalkan produk dan memberikan solusi kepada nasabah

Sebagai relationship officer, sudah semestinya kamu hafal dengan semua produk perusahaan. Dengan menghafal semua produk dan layanannya, kamu dapat dengan mudah memberikan penjelasan kepada nasabah.

Ditambah skill komunikasi yang baik, kamu juga dapat membuat nasabah tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

3. Membuat Analisa Kredit dan Resikonya

Dalam perusahaan perbankan, seorang relationship officer diharuskan memiliki skill analisa kelayakan kredit bagi calon nasabah sebagai debitur.

Membuat analisa kredit harus dilakukan sebelum memutuskan mana saja nasabah yang memiliki potensi. Hal ini dapat membantumu agar target nasabah tepat sasaran dan layanan bisa diberikan dengan benar.

4. Membantu marketing dan bekerja sama dengan unit lainnya

Karena selalu berhubungan dengan divisi marketing, sebagai relationship officer kamu harus mampu bekerja sama untuk mencapai target.

Selain, bekerja sama dengan divisi sales dan marketing, kamu juga harus rajin berkoordinasi dengan semua divisi. Menjalin hubungan baik dengan semua unit dapat membantu meringankan pekerjaanmu.

5. Mencapai target yang ditentukan

Semua divisi memiliki tugas dan target masing – masing. Sama halnya dengan RO yang  pada dasarnya juga memiliki target sendiri.

Sampai saat ini, RO merupakan ujung tombak pada sebuah perusahaan. Jadi akan selalu ada target yang ditetapkan perusahaan kepada divisi ini.

C. Berapa gaji dari relationship officer?

Sudah menjadi rahasia umum jika semakin tinggi jabatan karyawan dalam perusahaan, maka akan semakin tinggi pula gajinya.

Sesuai dengan posisinya yang tidak lain sebagai ujung tombak perusahaan, RO memiliki gaji yang lumayan. Gaji rata – rata divisi ini mulai dari 4 juta bahkan lebih.

Besar kecilnya gaji karyawan dengan posisi RO ini tergantung pada perusahaan itu sendiri. Untuk perusahaan perbankan, gaji karyawan dengan posisi ini mulai dari 4 juta bahkan bisa lebih tergantung target yang diberikan oleh perusahaan.

Untuk bisa bergabung dengan divisi ini, pendidikan yang diperlukan umumnya minimal S1 dengan semua jurusan.

Bahkan gelar Diploma Pun juga bisa, karena pekerjaan ini lebih mengutamakan melihat karakter dan skill seseorang dahulu baru gelar pendidikannya.

Kamu harus memiliki karakter kuat, pandai menganalisis dan bersosialisasi, dan sangat paham dengan kondisi lapangan. Dan tentu saja untuk mendapatkan gaji lebih tinggi ada jenjang karirnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Funding Officer

D. Apa keuntungan menjadi Relationship Officer ?

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer

1. Memiliki jenjang karir yang optimal

Sebagai divisi ujung tombak perusahaan, RO menjadi incaran banyak orang. Jika target yang kamu dapatkan selalu melebihi target yang diberikan oleh perusahaan, tidak menutup kemungkinan karirmu akan cepat naik.

Dengan skill komunikasi yang baik dan kecerdasan melihat pasar serta dalam membuat analisis, maka karirmu bisa semakin naik.

Pekerjaan ini memang terlihat mudah di awal, tapi dengan kondisi lapangan yang tidak menentu, ini menjadi rintangan sendiri untuk kamu.

Jika ingin karir naik, kamu harus konsisten dan tekun dengan pekerjaanmu. Selalu belajar melihat situasi dan kondisi pasar akan menambah skillmu dan secara otomatis juga akan berpengaruh ke jenjang karir.

2. Mendapatkan pengalaman yang mumpuni

Tidak hanya untuk mencari uang semata, bekerja juga berguna untuk mendapatkan pengalaman berharga. Lalu bagaimana dengan divisi RO sendiri?

Menjadi RO membuatmu bisa dengan mudah mendapatkan banyak pengalaman yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan kamu.

Pekerjaannya yang berhubungan secara langsung dengan nasabah, membuat kamu lebih cepat mengerti dengan kondisi kehidupan sekarang ini dan bagaimana menyiasatinya.

Dengan begitu pengalaman yang kamu dapatkan sebagai RO ini akan sangat berharga, daripada di unit lainnya.

3. Mampu Memperluas Networking

Mengingat pekerjaan Relationship Officer yang berhubungan langsung dengan nasabah, kamu bisa dengan mudah memperluas networking.

Kamu juga bisa secara langsung belajar  dan mengenal masyarakat dengan berbagai kepribadian sebelum dan sesudah menjadi nasabah. Hal itu juga bisa berpengaruh dalam jenjang karirmu.

Hal itu sangat berguna untuk pengembangan pengetahuanmu dalam membuat analisis calon nasabah sebelum menjadi nasabah yang berpotensi.

Sebagai seseorang yang berada di divisi ini, kamu sangat diwajibkan untuk mudah bersosialisasi dan berkomunikasi dengan semua orang. Dengan begitu akan memperluas jangkauanmu.

4. Meningkatkan skill dalam bermasyarakat

Menjadi seorang relationship officer adalah sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi kebanyakan orang.  Jika kamu saat ini berada di divisi tersebut, kamu memang diharuskan untuk selalu belajar dan mengasah skill yang kamu miliki.

Dengan menambah semua skill, kamu dapat hidup dengan baik di antara masyarakat luas.

Adapun skill yang harus kamu miliki seperti public speaking, mengontrol emosi, mengontrol sikap dan perilaku, selalu berfikir sebelum bertindak, dan menguasai analisa resiko bisnis.

Selain itu, kamu juga harus memiliki skill dasar komputer agar nasabah juga semakin yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Account Manager

E. Perbedaaan Relationship Officer dengan Accounting Officer?

Jika seorang RO bertugas menjembatani antara perusahaan dan nasabah, maka account officer adalah pondasi dari jembatan tersebut.

Sama halnya dengan tugas yang dimiliki oleh seorang relationship officer. Account officer juga harus bisa menghandle masalah marketing, promosi, follow-up nasabah, juga menjaga hubungan baik dengan nasabah.

Meskipun tugas RO tidak sedetail AO, tapi tanggung jawab yang dimiliki juga sangatlah besar. Dengan menjadi ujung tombak perusahaan, seorang RO juga harus teliti dengan pekerjaanya.

Setelah mengetahui pekerjaan, gaji dan tugas relationship officer, apakah kamu semakin tertarik bergabung dengan divisi ini?

Demikian ulasan lengkap tentang dunia relationship officer yang mungkin perlu kamu tahu. Sebelum bergabung dalam divisi ini, kamu wajib mengetahui apa – apa saja yang harus dikerjakan dan tanggung jawabnya.

Setelah mengetahui apa saja seputar relationship officer, dapat menambah keyakinanmu bahwa pekerjaan tersebut bisa cocok dengan skillmu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!