Pekerjaan, Gaji dan Tugas Editor Artikel

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Editor Artikel? Karier sebagai editor artikel mungkin tidak sepopuler pekerjaan lain. Namun disadari jika tugas yang satu ini saat ini sedang sangat populer.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Editor Artikel

Karena kebutuhan akan konten atau artikel berkembang pesat. Untuk perusahaan besar atau yang lain.

Dalam sebuah perusahaan yang memiliki website, pasti memiliki editor. Tugas editor artikel ini adalah bertindak sebagai editor yang memegang peranan penting sebelum dipublikasikan.

Seorang editor bertanggung jawab atas kualitas artikel yang akan diterbitkan. Sebelum publish, editor membaca dan meninjau isi artikel untuk memastikan sesuai dengan standar penerbitan.

A. Pengertian Editor Artikel

Dalam arti, editor adalah seseorang yang bertanggung jawab atas semua peran editorial. Dimulai dengan proses mindfulness hingga mengoreksi dan memperbaiki. Ini tentang menyajikan sesuatu menurut peraturan dan standar tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa editor artikel adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengedit artikel setelah sebelumnya diedit oleh beberapa copywriter.

Tugas editor artikel harus selalu fokus pada isi artikel, mulai dari gaya bahasa hingga keakuratan informasi yang ingin disampaikan.

Editor harus dapat menemukan kesalahan dan melakukan perbaikan agar kualitas artikel yang akan disebarluaskan memenuhi standar penerbit.

Oleh karena itu tugas editor artikel adalah memastikan bahwa semua konten sesuai dengan peraturan dan standar. Jika tidak, maka ada perbaikan.

Peran seorang editor pasti sangat penting. Karena posisi ini merupakan salah satu parameter yang tepat untuk sebuah artikel sebelum dipublikasikan. Jadi jika ada kesalahan tidak hanya di penulis tapi juga editor. Jadi Anda harus berhati-hati saat memperhatikannya.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Editor Artikel

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Editor Artikel

Seorang editor tentu saja memperhatikan apa yang ditugaskan kepadanya sehingga semuanya benar. Dalam hal ini, prioritas diberikan pada area artikel. Namun, pekerjaannya tidak hanya itu, tetapi bahkan lebih kompleks. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab.

  • Memperhatikan artikel.
  • Mengedit atau mengoreksi artikel.
  • Pastikan barang tersebut identik sesuai dengan peraturan.

Dengan detail sebagai berikut:

1. Tugas Editor Artikel

  • Dapat mengoreksi ejaan penulis agar artikel mudah dipahami oleh pembaca
  • Dapat memodifikasi artikel agar sesuai dengan EYT atau gaya bahasa sesuai dengan standar publikasi
  • Masukkan semua file berupa foto, video atau data yang dibutuhkan
  • Pastikan isi artikel tidak mengandung SARA atau hal-hal yang bisa merugikan pihak penerbit

2. Tanggung Jawab Editor Artikel

  1. Mengevaluasi artikel yang disediakan oleh penulis
  2. Ketahui apa yang diharapkan pembaca
  3. Dapat menguasai ilmu sebagai topik ulasan dalam artikel
  4. Perkuat diri Anda terus menerus sehingga Anda dapat memiliki kemampuan bahasa yang baik
  5. Edit artikel agar siap digunakan
  6. Pemberitahuan masalah dalam artikel kepada penulis dan editor

Baca juga: Cara Menjadi Content Writer

C. Gaji dan Tunjangan Editor Artikel

Untuk gaji dan dukungan editor artikel, tidak ada nominal tertentu. Bisa dikatakan jika karir ini sangat bergantung pada dunia kerja. Rasio perusahaan, baik kecil maupun besar, cukup mempengaruhi nilai gaji yang diterima.

Oleh karena itu, pertama-tama, pihak perusahaan yang mengiklankan pekerjaan akan menjelaskan apa kategorisasi itu. Selain itu, nominal gaji biasanya diberikan sebagai gambaran. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya perubahan melalui negosiasi.

Karena itu, apalagi jika Anda seorang editor berpengalaman, nominal gajinya bisa tinggi. Ada juga departemen atau posisi dalam status karir ini. Hal ini juga pada akhirnya berdampak pada nilai gaji dan tunjangan karyawan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok

D. Syarat dan Kualifikasi Editor Artikel

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar menjadi editor artikel, tentunya Anda harus mempersiapkan diri. Bukan hanya kelengkapan dokumen, tapi juga kualifikasinya. Berikut sejumlah persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan biasanya lulusan SMA/Sederajat. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki gelar sarjana di bidang sastra.

Pengalaman minimal satu tahun dan ini bisa menjadi poin tambahan untuk membuka peluang.

Dengan detail sebagai berikut:

  • Minimal lulusan SMA, tetapi gelar sarjana jurusan bahasa Indonesia atau bahasa asing lebih disukai
  • Pernah bekerja di dunia penerbitan sebagai penulis, editor, atau penerbit

2. Skill dan Kemampuan

Tentu saja, keterampilan khusus yang perlu dikuasai adalah memahami proses mencatat dan menulis. Namun tidak hanya itu, editor harus memperhatikan dengan seksama tulisan tersebut.

Jadi bisa disebutkan ketika Anda membutuhkan seseorang yang detail dan mampu berpikir dalam krisis.

  • Dapat menulis sesuai dengan aturan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) saat ini
  • Suka membaca berbagai artikel tentang berbagai topik untuk menambah pengetahuan Anda
  • Dapat menilai artikel dengan berbagai topik dan pembahasan lainnya
  • Memiliki tingkat kesabaran dan akurasi yang tinggi karena proses koreksi atau pengeditan dapat dilakukan berulang kali
  • Kuasai satu atau lebih bahasa asing
  • Dapat memahami gaya bahasa apa saja yang dimiliki oleh penulis
  • Pahami aturan pemeriksaan artikel sehingga editor tahu sisi mana yang bisa diedit dan sisi mana yang tidak bisa diedit

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Content Writer

E. Tips Lolos Wawancara Editor Artikel

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Editor Artikel

Seorang editor artikel juga harus menghadapi proses wawancara. Apa lagi jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar di industri. Tapi jangan khawatir, berikut beberapa persiapan sebelum tahap wawancara.

  • Pengetahuan di bidang artikel.
  • Pengetahuan tentang pekerjaan editor artikel.
  • Alasan mengambil karir editor.
  • Pengalaman kerja pertama.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

Kesimpulan

Tugas Editor artikel adalah untuk mengoreksi konten artikel sehingga dapat membuat artikel yang berkualitas. Setelah menjadi editor artikel, Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar.

Anda dapat melamar ke beberapa perusahaan web atau media massa untuk menjadi editor artikel. Sebagai aturan, sebuah perusahaan mempekerjakan beberapa editor yang memiliki tugas berbeda dari sisi lain.

Itu hanya gambaran umum dari banyak hal tentang editor artikel, mulai dari pengertian pekerjaan hingga gaji dan tunjangan.

Tapi yang paling penting adalah bagaimana Anda mempersiapkannya. Karena karir ini benar-benar kepercayaan dari kekuatan pribadi.

Kami berharap informasi ini dapat membantu Anda untuk memahami pekerjaan atau kualifikasi editor artikel.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!