Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok? Akhir-akhir ini ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan aplikasi tiktok untuk sekedar hiburan ataupun meningkatkan kreatifitas.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok

Selain untuk hiburan, rupanya tiktok juga telah merambah sebagai alat para kreator untuk berkarir. Lalu sebenarnya apa itu pekerjaan, gaji dan tugas content creator tiktok? Selengkapnya simak ulasan berikut.

A. Apa itu Content Creator Tiktok?

Sebelum membahas tentang konten creator tiktok, ada baiknya kalau kamu harus tahu dulu tentang apa itu content creator.

Jadi content creator merupakan individu yang memiliki tugas dan fungsi untuk bertanggung jawab mengelola media atau informasi yang disebarkan. Informasi tersebut dapat berupa informasi dalam bentuk gambar, video, maupun digital lainnya.

Dunia content creator tidak hanya berfokuskan dengan dunia bloger maupun berita. Namun dengan perkembangan zaman, kini content creator sudah merambah pada dunia tiktok.

Dimana tiktok sendiri merupakan platform berupa music dan video. Sehingga para creator tiktok merupakan individu yang bertanggung jawab membuat infomasi di media terutama berbentuk video.

B. Apa Tugas Content Creator Tiktok?

1. Melakukan Riset

Menjadi konten kreator tiktok tidak semudah yang dibayangkan, karena sebelum membuat konten, kamu perlu untuk melakukan riset mengenai dunia luar.

Maksudnya yaitu melihat informasi yang lagi viral dan sedang tren pada saat ini. Karena dengan melakukan riset akan memudahkan conten creator tiktok untuk mendapatkan informasi atau topik yang akan di bahas di kontennya.

Riset ini sangatlah penting bagi seorang pekerja industri kreatif ini, hal tersebut dikarena akan mempengaruhi viewers yang melihat konten kamu.

Jika banyak yang melihat konten kamu, maka tidak menutup kemungkinan akunmu akan banyak di ikuti oleh orang lain. Hingga akhirnya konten konten kamu bisa viral dan banyak dibicarakan.

Selain itu dengan melakukan riset yang tepat, maka kamu juga bisa memiliki kesempatan besar agar  kontenmu dilirik oleh perusahaan besar.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang  memasarkan produk yang mereka punya melalui konten tiktok. Dengan begitu kontenmu secara tidak langsung juga akan terlihat besar dan diikuti oleh banyak perusahaan ternama.

2. Mengumpulkan Ide

Seorang konten creator platform tiktok selain melakukan riset juga harus mempunyai ide-ide yang bagus untuk menunjang koten yang kamu buat.

Bisa dikatakan bahwa ide ini merupakan sebuah wadah untuk mengemas konten yang ingin kamu sajikan, berdasarkan hasil riset yang kamu buat sebelumnya. Keduanya memang saling berhubungan dan biasanya dilakukan berurutan.

Ide dari konten yang kamu buat sebaiknya konten yang  menarik dan memiliki ciri khas tersendiri. Kamu bisa memilih sesuai dengan tema yang kamu inginkan, seperti pendidikan, fashion, ataupun video masak.

Hal yang perlu di perhatikan lainnya yaitu penampilan creator yang seperti apa yang akan ditampilkan agar berbeda dengan yang lain.

Ide menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk terus di kembangkan. Karena walaupun kamu memiliki hasil riset yang bagus dan akurat, akan tetapi cara kamu mengemas tidak di sertai ide yang unik, kreatif dan diminati banyak orang.

Maka konten yang kamu buat akan terkesan sia-sia dan tidak mampu menarik mengikut baru yang banyak.

3. Memproduksi Konten

Setelah riset dan ide yang dikembangkan, maka tugas konten kreator tiktok yang selanjutnya adalah dengan membuat atau memproduksi konten.

Membuat atau memproduksi konten dilaksanakan dengan konsep yang sudah matang dan sesuai dengan target yang ingin di tuju sebelumnya.

Dalam memproduksi konten, konsep yang menarik dan unik akan memberikan kesan kepada audiens untuk terus melihat konten yang kamu berikan.

Bahkan ada yang justru akan melihat konten kamu mulai dari awal hingga seterusnya. Sehingga konsep dalam memproduksi konten ini juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan.

Memproduksi konten juga harus dilaksanakan di berbagai platform pendukung, hal ini dilakukan supaya banyak yang sadar jika itu merupakan konten kamu.

Dengan semakin banyak platform pendukung, maka kontenmu akan semakin dikenal dan orang lain tidak perlu berfikir panjang untuk mengikuti konten tiktok yang kamu miliki.

4. Mengelola Konten

Setelah melakukan riset, mengumpulkan ide, dan memproduksi konten, para creator tiktok juga harus memperhatikan terkait bagaimana cara untuk mengelola konten dengan baik dan benar.

Dalam content creator perlu adanya kestabilan dan juga konsistensi dalam membuat konten yang harus dijaga. Dan hal ini menjadi kesulitan yang paling banyak dihadapi.

C. Berapa Gaji Content Creator Tiktok?

Menjadi seorang creator tiktok akan memiliki perbedaan dengan content creator di platform lainnya misalnya youtube.

Berbeda dengan youtube dimana para content creatornya mendapatkan adsense untuk mencairkan uang penghasilannya. Kini konten kreator platfirm ini akan mendapatkan penghasilan dari campaign akun milik pribadi ataupun brand.

Gaji yang biasanya didapatkan oleh konten kreator tiktok ini bermacam-macam. Jika kontent kreator platform tersebut memiliki banyak followers, maka gaji yang didapatka juga besar kurang lebih sekitar 14 juta hingga 422 juta.

Maka dari itu, jumlah followers serta brand yang menaungi menjadi cara untuk bisa mendapatkan banyak cuan.

D. Mendapatkan Gaji dari Content Creator Tiktok

1. Konten Sponsor

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok

Selain pekerjaan, gaji dan tugas content creator tiktok, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh para kreator tiktok. Sebagai seorang konten kreator, kamu akan mendapatkan gaji dengan cara mempromosikan suatu brand tertentu.

Biasanya sebelum mempromosikan brand, akan dilihat seberapa banyak followers , kemudian tayangan video.

Tidak ketinggalan sponsor juga akan melihat  jumlah orang yang link video creator yang sudah pernah kamu buat sebelumnya.

Cara tersebut merupakan cara yang dilakukan oleh brand untuk mengetahui seberapa besar kamu bisa mempengaruhi orang lain terutama pada produk yang akan kamu tawarkan.

Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah, mengingat masing masing sponsor akan memiliki kriteria tersendiri. Beberapa sponsor juga akan menentukan berdasarkan target marketing mereka.

Apakah selama ini penikmat konten kamu sesuai dengan target perusahaan tersebut. Jika sesuai, bisa saja kamu sudah memenuhi syarat yang pertama ini.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

2. Konten Marketing

Kontent Kreator tiktok yang satu ini membutuhkan usaha ekstra. hal tersebut dikarenakan selain semakisimal mungkin memberikan kreasi.

Para konten kreator juga akan di hadapkan dengan desain marketing di tiktok yaitu berupa memasang tiktok Ads. Sebenarnya untuk cara kerjanya sendiri, tiktok Ads hampir sama dengan instagram Ads dan juga facebook Ads.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

3. Donasi

Selanjutnya cara mendapatkan gaji atau uang dari kreator tiktok ini juga dapat diiperoleh dari memasang donasi. Pemasangan donasi ini biasanya dilakukan pada saat live streming pada akun tiktok tersebut.

Dalam live tersebut pihak tiktok akan memberikan stiker yang dapat diuangkan dan akan diberi oleh para penonton.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan singkat terkait content creator tiktok yang paling penting bagi kamu calon kreator.

Semua penjelasan tersebut dapat kamu aplikasikan pada konten tiktok yang  kamu miliki, agar semakin handal menjadi kontent kreator tiktok yang hasilkan cuan. Tentunya saja membutuhkan proses yang tidak instan untuk menggapainya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.