Pentingnya Pengalaman Kerja bagi Karir

Apa Pentingnya Pengalaman Kerja bagi Karir? Pengalaman kerja sangat penting bagi kita untuk melamar pekerjaan baru, meskipun terkadang ada beberapa perusahaan yang menerima fresh graduate.

Pentingnya Pengalaman Kerja bagi Karir

Mungkin dulu gelar sarjana, atau semakin tinggi gelar dinilai memiliki kualitas dibandingkan dengan mereka yang  hanya memiliki pengalaman kerja.

Namun saat ini, banyak perusahaan yang lebih melihat pengalaman kerja pelamar.

A. Mengapa pengalaman kerja penting bagi pelamar kerja?

1. Perusahaan tak perlu memberikan training

Selain training menghabiskan banyak waktu, training juga menghabiskan banyak biaya sehingga ada beberapa perusahaan yang enggan untuk memberikan training kepada karyawan baru yang freshgraduate.

Terlepas dari hal itu, terkadang ada beberapa perusahaan yang memang enggan memberikan training untuk karyawan baru.

2. Memenuhi standar kualifikasi kebutuhan kerja

Bagi beberapa perusahaan, pasti selalu ingin mendapatkan kandidat yang terbaik untuk mengisi posisi dalam struktur organisasi perusahaan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan  produktivitas yang berpengaruh pada kenaikan profit serta menjaga eksistensi. Karena itu banyak perusahaan sangat teliti dengan kualitas kandidat dalam perekrutan karyawan baru.

3. Bisa langsung kerja (Siap Pakai)

Kebutuhan pegawai baru setiap perusahaan memang berbeda – beda, dan sering kali kebutuhan pengisian formasi karyawan itu sifatnya mendesak.

Merekrut karyawan baru yang belum berpengalaman berarti harus memberikan pelatihan awal dan ini sangat membuang waktu. Karenanya banyak perusahaan yang merekrut karyawan berpengalaman agar bisa langsung bekerja.

4. Memberikan inovasi baru dan cepat beradaptasi

Karyawan yang memiliki pengalaman sesuai kebutuhan perusahaan, dapat  lebih paham mengenai kelemahan dan keunggulan  suatu operasional.

Tidak menutup kemungkinan, pengalaman yang dibawa ini menjadi hal baru bagi karyawan lama di perusahaan tersebut. Hal ini dapat memberikan sebuah inovasi baru bagi perusahaan tersebut.

Dengan adanya pengalaman dan sudah terbiasa dengan lingkungan kerja, membuat karyawan berpengalaman cepat beradaptasi dan tidak perlu terlalu lama belajar dari awal.

Dalam interaksi sosial pun biasanya akan lebih cepat menyatu dengan lingkungan baru. Inilah pentingnya pengalaman kerja yang biasanya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

B. Apa keuntungan memiliki pengalaman kerja ?

1. Lebih dilirik perusahaan

Kebanyakan perusahaan mencari mereka yang telah siap fisik dan mental untuk dipekerjakan. Banyak perusahaan yang memberikan target tinggi kepada karyawan sehingga perusahaan lebih membutuhkan karyawan yang siap bekerja dan tahan banting.

Meskipun tidak semua freshgraduate tidak tahan banting, tapi rata – rata perusahaan akan lebih memilih mereka yang berpengalaman.

2. Meningkatkan rasa percaya diri (tidak mudah insecure)

Insecure dapat menghalangi kita untuk menjadi lebih maju dan menghilangkan keberanian mencoba hal baru. Dengan memiliki pengalaman kerja, kita dapat mencoba melamar pekerjaan sesuai bidang meskipun kita tidak memiliki gelar yang sesuai dengan kualifikasi di lowongan pekerjaan. Akan menjadi prestasi baru apabila kita diterima perusahaan tersebut.

3. Kemudahan dalam mengembangkan karir

Semakin banyak kamu memiliki pengalaman kerja, maka semakin besar kesempatan kamu untuk bertemu banyak orang. Kamu akan mendapatkan kesempatan dan peluang kerja dari jalinan relasi tersebut.

Pekerjaan akan terasa lebih mudah jika kamu memiliki banyak relasi dalam pekerjaan di bidang yang sama.

Setelah membangun banyak relasi untuk pekerjaan di bidang yang sama, secara otomatis wawasan yang kamu dapatkan akan bertambah dan tidak menutup kemungkinan skill yang kamu miliki juga akan meningkat.

Keahlian yang meningkat dan wawasan luas merupakan hal yang sangat dibutuhkan perusahaan. Perusahaan akan melihat pentingnya pengalaman kerja yang kamu miliki.

C. Hal yang dilakukan jika belum memiliki pengalaman kerja

1. Mencari lowongan magang

Biasanya ada perusahaan yang sudah bekerjasama dengan pihak universitas untuk tempat magang mahasiswa. Dan ada juga perusahaan yang memang membuka lowongan magang bagi para mahasiswa maupun lulusan baru.

Kamu bisa mencoba daftar magang ke perusahaan tersebut karena pengalaman magang diperhitungkan saat melamar kerja.

2. Mengikuti kelas keahlian (skill)

Tidak semua perusahaan hanya melihat pengalaman. Banyak perusahaan juga sangat teliti dalam menyeleksi kualitas skill kandidat.

Biasanya, perusahaan menyeleksi kandidat baru melalui beberapa tes setelah tahap interview. Jika skillmu sudah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, maka perusahaan akan langsung mempekerjakan kamu.

Namun, jika kamu merasa skillmu masih kurang, kamu bisa mulai menambah dan belajar beberapa skill yang dibutuhkan. Dapat dimulai dengan mengikuti beberapa kelas skill, mulai dari yang offline maupun yang online.

Keuntungannya, beberapa kelas skill juga akan memberikan sertifikat yang jelas akan berguna untuk kamu melamar sebuah pekerjaan.

3. Menjadi relawan dan mengikuti kegiatan sosial

Menjadi relawan dalam sebuah kegiatan sosial atau acara besar tertentu ternyata dapat meningkatkan kualitas kinerja yang kamu miliki.

Kamu bisa mulai mendaftarkan diri menjadi relawan, baik untuk kegiatan sosial maupun perhelatan acara besar seperti festival ataupun konferensi.

Dengan ikut kegiatan semacam itu, pengalaman yang kamu dapatkan akan sangat berguna sekali. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru untuk bersosialisasi dengan rekan – rekan baru di luar lingkungan pendidikan. Hal itulah yang membuat dirimu menjadi lebih siap untuk bekerja di lingkungan baru.

Pentingnya Pengalaman Kerja bagi Karir

D. Manfaat pengalaman kerja untuk pengembangan karir

1. Perusahaan akan menghargai skill yang kamu punya

Apa yang membuat pengalaman kerja berpengaruh besar bagi perkembangan karirmu pada masa depan? Hal itu adalah perusahaan akan menghargai kemampuan atau keahlian yang kamu miliki.

Terlebih jika keahlian atau kemampuanmu merupakan hal yang langka dan hanya sedikit orang yang bisa menguasainya.

Dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki tersebut, kamu mempunyai sebuah peluang besar dalam hal kenaikan jenjang karir yang lebih tinggi dibandingkan dengan karir kamu saat ini.

Bahkan jika suatu saat kamu mempunyai keinginan untuk bekerja di perusahaan besar, bukan hal yang mustahil bagimu untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: Cara Agar Betah Kerja di Pabrik

2. Konsistensi dalam Berkarir

Dengan memiliki beberapa pengalaman kerja, akan mempengaruhi perkembangan karir yang kamu miliki dalam dunia pekerjaan.

Secara tidak langsung, kamu akan memiliki sebuah kekonsistenan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Hal ini sangat diperlukan dalam pekerjaan agar kamu selalu bisa fokus dalam bekerja.

Biasanya orang-orang yang memiliki konsistensi tinggi dalam karirnya akan mendapatkan banyak pengalaman yang berharga.

Selain itu, beberapa perusahaan juga tidak segan – segan memberikan penghargaan kepadamu. Sehingga dengan begitu hal ini akan membuat kemampuanmu akan selalu meningkat dibanding yang lainnya.

Baca juga: Cara Kerja di Rumah Agar Tidak Malas

3. Kemampuan dalam menyelesaikan masalah

Memiliki pengalaman kerja akan membuat kamu secara tidak sadar akan terlatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan kompleks yang terjadi mengenai pekerjaan.

Dengan banyaknya pengalaman dalam menyelesaikan sebuah masalah, kamu akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan kandidat lainnya yang belum memiliki pengalaman kerja.

Nah, itulah beberapa Alasan mengapa pengalaman kerja sangat penting untuk kamu yang akan melamar pekerjaan. Meskipun pengalaman adalah sesuatu yang penting, namun bagi lulusan baru yang belum berpengalaman tidak perlu khawatir.

Dengan pengembangan skill dan magang, dapat membuat kamu mendapatkan pengalaman tersendiri dan dapat diterima perusahaan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.