Cara Kerja di Rumah Agar Tidak Malas

Bagaimana Cara Kerja di Rumah Agar Tidak Malas? Kerja di rumah atau work from home adalah istilah yang kerap digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Banyak perusahaan yang meminta para pegawainya untuk melakukan pekerjaan dari rumah demi menjaga kesehatan dan terhindar dari serangan virus covid-19.

Lantas, bagaimana cara kerja di rumah agar tidak malas? Yuk simak ulasan berikut sampai selesai!

A. Fakta Seputar Kerja di Rumah

Suatu kebijakan pasti memiliki sisi positif dan negatif, tidak terkecuali dengan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau work from home.

Beberapa orang merasa sangat beruntung bisa bekerja di rumah, tapi ada pula kelompok orang yang merasa jika bekerja di rumah lebih melelahkan dan membuat pekerjaan selesai lebih lama dibandingkan kerja di kantor.

Tidak hanya dari segi produktivitas, kebijakan kerja di kantor juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keuangan. Ada yang merasa lebih hemat jika kerja dari rumah karena tidak perlu membuang banyak uang bensin atau uang makan di luar.

Namun, ada pula yang merasa lebih boros jika bekerja dari rumah karena kebutuhan data internet yang lebih banyak.

Hal-hal semacam ini sangat lumrah terjadi dan bisa dirasakan oleh siapa saja. Akan tetapi, salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh orang yang bekerja dari rumah adalah rasa malas yang tidak tertahankan.

Hal ini juga tidak bisa dipungkiri mengingat banyaknya gangguan dan godaan jika bekerja dari rumah dan membuat diri menjadi malas.

B. Tips Untuk Mengatasi Rasa Malas Saat Bekerja di Rumah

1. Biasakan Diri Untuk Bangun Pagi

Banyak orang yang tidak begitu peduli dengan jam bangunnya ketika mereka bekerja dari rumah. Alhasil, banyak orang yang bangun kesiangan dan tentu akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan dilakukan.

Orang yang bangun kesiangan cenderung lebih malas untuk beraktivitas atau berpikir yang berat, sehingga muncullah rasa malas untuk bekerja.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus berusaha agar bisa bangun pagi. Saat anda bangun pagi, tubuh akan terasa lebih segar dan lebih mudah menata semangat untuk menyambut pekerjaan di hari itu.

Jika anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, maka hindari begadang atau tidur terlalu larut malam. Selain tidak baik untuk kesehatan juga membuat anda sulit bangun pagi.

Jika perlu, anda bisa menggunakan alarm untuk membantu tubuh anda bisa bangun di pagi hari. Salah satu kunci semangat bekerja di rumah adalah melakukan aktivitas layaknya bekerja di kantor.

Bila anda biasa bangun pukul 6 pagi saat bekerja di kantor, maka jam itu jugalah yang anda gunakan ketika anda bekerja di rumah.

Baca juga: Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

2. Mempersiapkan Diri Layaknya Bekerja di Kantor

Cara kerja di rumah agar tidak malas juga bisa anda siasati dengan melakukan persiapan layaknya bekerja di kantor. Bedanya, tempat kerja anda tidak lagi di kantor, tapi rumah yang menjadi kantor.

Setelah bangun tidur, anda bisa melakukan aktivitas layaknya akan pergi ke kantor. Misalnya mandi, kemudian sarapan, mengganti baju yang cocok, dan lain-lain.

Untuk penggunaan baju pun anda bisa memilih baju yang rapi dan nyaman agar lebih terasa suasana sedang bekerja. Penataan ruang kerja di rumah juga bisa ditata sedemikian rupa agar sesuai dengan nuansa kerja di kantor.

Dengan begitu, anda bisa mengendalikan rasa malas yang sering datang ketika sedang bekerja di rumah.

3. Membuat Daftar Pekerjaan yang Harus Dilakukan

Daftar pekerjaan bisa menjadi penolong jika anda sering memiliki masalah dengan rasa malas saat bekerja di rumah. Anda bisa membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus anda selesaikan di hari itu.

Setelah selesai melakukannya, anda bisa memberikan tanda centang atau mencoret pekerjaan tersebut.

Selain itu, saat melihat daftar pekerjaan tersebut anda seperti dituntut untuk menyelesaikan apa yang sudah anda buat sebelumnya.

Dengan demikian, tidak ada alasan untuk malas bekerja jika seluruh daftar pekerjaan di hari itu belum semuanya tercoret. Cara ini bisa anda lakukan ketika bekerja di rumah agar pekerjaan anda tidak terbengkalai karena rasa malas yang muncul.

4. Mengetahui Kemampuan Diri Sendiri

Hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui kemampuan diri anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Orang yang tahu kemampuan diri anda adalah anda sendiri, sehingga anda bisa memanajemen seberapa lama waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jika anda sering lambat untuk suatu pekerjaan, maka anda tidak akan berpikir untuk rebahan atau bermalas-malasan apabila pekerjaan tersebut belum selesai.

Untuk itu, mengetahui kemampuan diri sendiri juga termasuk sesuatu yang penting. Dengan begitu anda bisa mempertimbangkan apa yang harus anda lakukan supaya pekerjaan tersebut tidak terlambat.

Pengetahuan tentang diri sendiri ini juga akan berimbas kepada daftar pekerjaan yang perlu anda lakukan di hari itu. Jangan memaksakan pekerjaan jika anda merasa tidak bisa menyelesaikannya dalam satu hari.

Sebab, hal itu bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh anda.

5. Menjaga Nutrisi Tubuh dan Istirahat yang Cukup

Saat bekerja di rumah, anda memang tidak pergi kemana-mana, tapi energi yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan bekerja di kantor.

Terlebih untuk anda yang punya anak kecil di rumah, tentu energi yang anda butuhkan akan lebih besar lagi. Untuk itu, kesehatan juga tetap perlu untuk anda perhatikan dengan baik.

Konsumsi makanan yang sehat dan bila perlu anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk menambah energi dan kesegaran tubuh anda.

Yang tidak kalah penting adalah istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh tidak menurun dan menjadikan anda mudah terserang penyakit. Selain itu, jangan makan terlalu kenyang karena akan membuat anda cenderung lebih malas.

Jika di sela-sela pekerjaan anda merasa lelah dan butuh istirahat sejenak, maka istirahatkan tubuh anda. Jangan terus memaksa tubuh dan pikiran anda untuk bekerja karena akan membuat anda lebih mudah stres dan sakit.

Namun, istirahat jangan terlalu lama karena akan membuat anda berpotensi untuk lebih malas lagi.

Baca juga: Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Rumah (WFH)

6. Menyediakan Camilan dan Air Putih di Meja Kerja

Fokus pada pekerjaan bisa membuat anda lupa untuk mengisi perut yang mulai kosong, padahal kebiasaan seperti ini bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Untuk mengatasinya, anda bisa menyediakan camilan yang ringan, tapi mengenyangkan di meja kerja anda untuk dimakan ketika mulai lapar.

Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan air putih juga untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh.

Minum air putih yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa mencegah anda dari rasa malas yang muncul di tengah-tengah pekerjaan. Untuk itu, siapkan makanan ringan dan air putih di meja kerja anda.

Merasa malas saat bekerja di rumah memang sangat mungkin dialami oleh setiap orang, bahkan orang yang rajin sekalipun. Jika anda merasa malas saat sedang bekerja, beberapa tips di atas bisa anda lakukan.

Dengan demikian, rasa malas saat bekerja bisa diatasi dengan baik.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!