WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya | Konsep Work From Home atau WFH adalah sesuatu yang pada dasarnya muncul di awal Revolusi Industri 4.0, di mana mesin dan teknologi hebat digunakan dengan konsep otomatisasi dalam proses produksi barang dan semua kebutuhan bisa terpenuhi sebagai hasil dari digitalisasi.

WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

Penting ditegaskan bahwa melaksanakan WFH bukan berarti tidak masuk kantor, tugas bisa dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.

Ada manfaat tertentu untuk menerapkan WFH, tetapi juga bisa menjadi bumerang jika kita menjadi malas dan kurang produktif.

Oleh karena itu, meskipun setiap orang bekerja dari rumah, perlu memotivasi diri sendiri agar selalu bekerja dengan semangat dan memenuhi semua pekerjaan yang menjadi tugasnya.

Apa Arti WFH? WFH Artinya…

WFH singkatan dari Work From Home. Dimana menurut maknanya berarti pekerjaan tersebut dilakukan dari rumah.

Bekerja dari rumah seringkali diselesaikan sebagai langkah kerja oleh karyawan atau pegawai yang bekerja di luar kantor, baik itu bekerja di rumah, di restoran atau kedai kopi, tergantung pada preferensi karyawan.

WFH atau bekerja dari rumah memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini tentunya akan membantu karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan dan tugasnya sebagai salah satu karyawan di sebuah perusahaan.

Keuntungan Work From Home

WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

Setelah mengetahui apa itu WFH, ada baiknya ada membaca mengenai keuntungan dari bekerja dari rumah berikut ini.

1. Work From Home lebih Fleksibel

Keuntungan WFH adalah bekerja menjadi lebih fleksibel.

Sama seperti yang saya katakan di atas jika WFH memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi terhadap karyawan dibandingkan harus bekerja ke kantor setiap hari.

Dengan WFH, karyawan dapat mengatur jam kerjanya sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda satu sama lainnya, jam kerja tidak lagi terpaku dengan mekanisme jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

2. Menghemat Biaya Karyawan

Keuntungan WFH adalah dapat menghemat biaya karyawan.

Bagi sebagian karyawan, WFH tentu membawa keuntungan, yakni penghematan pengeluaran sehari-hari.

Perhitungan untuk biaya perjalanan dan makan, yang umumnya dikeluarkan jika datang langsung ke tempat kerja, saat ini tidak perlu dikeluarkan kembali karena mereka bekerja dari rumah.

3. Bisa Lebih Dekat dengan Keluarga

Keuntungan WFH adalah bisa lebih dekat dengan keluarga.

Berbeda dengan bekerja di kantor yang jauh dari keluarga, menerapkan WFH atau bekerja dari rumah pasti bisa mendekatkan kita dengan keluarga.

Acara keluarga dapat dipertahankan dari waktu ke waktu. Waktu keluarga bisa lebih banyak karena ada WFH.

Kerugian Work From Home

WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

Setelah mengetahui singkatan WFH, ada baiknya anda membaca kerugian dari bekerja dari rumah dibawah ini.

1. Jam kerja tidak teratur

Kerugian WFH adalah jam kerja tidak teratur.

Meski sistem jam kerja WFH lebih fleksibel, namun jika kita tidak bisa mengatur jam kerja tentu akan mengganggu kita.

Jika kita terlalu fleksibel, maka kita tidak memiliki batasan jam kerja – seperti jam kerja di kantor seharusnya.

Akibatnya, Anda dapat terlalu menekankan tugas dan melakukannya selama 24 jam tanpa henti dan meremehkan keluarga Anda.

2. Diganggu oleh keluarga

Kerugian WFH adalah bekerja terganggu oleh keluarga.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hubungan kita dengan keluarga terkadang menjadi salah satu masalah kita di tempat kerja.

Itu pasti bisa terjadi jika kita melakukan WFH. Salah satu kelemahan WFH adalah kita bisa diganggu oleh keluarga kita sehingga kita tidak bisa produktif saat melakukan sesuatu.

3. Bekerja Kurang Termotivasi

Kerugian WFH adalah bekerja kurang termotivasi.

Bagi sebagian orang, menonton rekan kerja di kantor atau seseorang di tempat kerja adalah motivasi tertentu.

Lingkungan dan keadaan yang kompetitif di kantor tentu menjadi salah satu acuan bagi sebagian orang dalam bekerja.

Hal ini juga tidak didapatkan dari WFH. Langkah bekerja dari rumah ini membuat kita merasa kurang termotivasi dan kurang kompetitif.

Baca juga: Zoom Fatigue yang Muncul Karena Meeting Online dan WFH

Panduan Work From Home Agar Lebih Produktif

WFH Adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

Setelah mengetahui arti WFH, silahkan baca panduan mengenai bekerja dari rumah yang lebih produktif.

1. Desain Ruangan Senyaman Mungkin

Tips pertama untuk WFH adalah desain ruangan senyaman mungkin.

Buatlah ruang di rumah Anda yang didedikasikan untuk bekerja senyaman mungkin. Hal yang sama pasti bisa membuat kita mengerjakan sejumlah tugas dari kantor tempat kita bekerja.

Tentukan tempat atau ruangan rumah yang jauh dari gangguan di dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan garasi atau gudang rumah (yang tentunya perlu dibersihkan terlebih dahulu) tempat kami sepi sebagai kantor tunggal untuk bekerja dari rumah.

Jika kita sudah memiliki cukup ruang individu untuk bekerja, letakkan bangku dan meja yang nyaman untuk membuat kita lebih nyaman.

2. Buat Jam Kerja Anda Sendiri

Tips kedua untuk WFH adalah membuat jam kerja anda sendiri.

Walaupun kita bekerja dari rumah, kita harus bisa menentukan jam kerja kita sendiri.

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda tidak memiliki jam kerja yang teratur karena jika Anda tidak memiliki jam kerja, pekerjaan Anda akan kewalahan.

Kita juga harus bisa menjadwalkan jam kerja kita sendiri, seperti bekerja di kantor. Kemungkinan ini akan sulit bagi Anda yang sudah memiliki anak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membayar pengasuh untuk mengasuh anak Anda agar kita punya waktu untuk bekerja secara maksimal.

Kemudian pastikan semua tugas yang Anda selesaikan berjalan normal dan lancar saat waktu kerja yang Anda tetapkan sudah habis atau waktu kerja sudah habis, jadi segera tinggalkan tugas dan bergabunglah dengan keluarga.

3. Membuat Daftar Fokus

Langkah selanjutnya agar lebih efisien dalam melakukan WFH adalah dengan membuat daftar fokus. Habiskan jam kerja Anda untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Anda dapat melakukan ini dengan menentukan apa yang benar-benar ingin Anda capai dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Kamu coba buat dulu daftar pekerjaan yang perlu diprioritaskan secara urgensi agar kamu bisa mengerjakannya dan mengoptimalkan waktumu lebih optimal.

4. Atur Waktu Istirahat

Langkah keempat agar lebih efisien dalam melakukan WFH adalah mengatur waktu istirahat.

Bahkan jika Anda bekerja dari rumah, jangan lupa waktu istirahat Anda. Luangkan waktu sejenak untuk istirahat kita. Gunakan waktu ini untuk beribadah atau makan siang dan bersantai sejenak.

Berikan waktu bagi tubuh yang baru berenergi untuk kembali bekerja dan mengisi ulang dengan energi yang cukup sehingga Anda dapat dan melakukan semua tugas dengan lancar.

Sebagai manusia, secara alami kita perlu istirahat yang cukup agar pikiran kita tetap segar, sehingga kita bisa fokus dan tajam.

5. Manfaat Teknologi Sebagai Penunjang Produktivitas

Tips terakhir untuk WFH adalah memanfaatkan teknologi sebagai penunjang produktivitas.

Manfaatkan teknologi yang mengelilingi Anda. Mereka harus bisa menyiapkan segala teknologi yang bisa membantu kita produktif di masa depan.

Anda juga dapat menggunakan teknologi yang ada untuk berdialog atau bertemu dengan rekan kerja ketika tugas yang Anda lakukan sebenarnya sedang dilakukan dengan seseorang di kantor.

Aplikasi WFH yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

Aplikasi apa yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Rumah atau Work From Home? Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar sebagai langkah mengatasi penyebaran virus Covid19.

Hal tersebut membuat banyak perusahaan untuk memberlakukan work from home atau bekerja di rumah. Untuk menunjang kegiatan tersebut berikut rekomendasi aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi wfh agar lebih produktif.

1. Skype For Business

WFH Adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya

Aplikasi pertama untuk WFH adalah Skype For Business.

Bagi perusahaan khususnya media digital atau industri kreatif, bekerja secara remote atau telecommuting mungkin bukan hal yang asing lagi.

Namun bagi sebagian perusahaan, istilah WFH merupakan hal baru dan tidak selalu cocok diterapkan, terlebih untuk sektor usaha yang membutuhkan kehadiran karyawan.

Namun, perusahaan yang masih baru menerapkan work from home tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak aplikasi atau software yang mendukung kegiatan tersebut.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pekerjaan di rumah adalah Skype for Business.

Sebenarnya aplikasi ini sudah ada di dunia internet sejak lama. Namun, untuk pekerjaan dan keperluan bisnis, aplikasi yang satu ini baru saja meluncurkan versi terbaru yaitu Skype for Business.

Fitur yang tersedia sangat lengkap terdiri dari pesan singkat, transfer file, panggilan video, serta video conference dengan banyak orang.

Penggunaan aplikasi ini dapat menjangkau hingga 250 pengguna dalam satu kali sesi video call yang akan mempermudah pekerjaan.

Kegiatan rapat akan lebih efektif dan efisien dengan aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi wfh tersebut. Kamu bisa melakukan rapat secara daring yang tentu mendukung fleksibilitas kerja dan jalinan komunikasi tanpa batasan ruang.

2. Microsoft Teams

Aplikasi kedua untuk WFH adalah Microsoft Teams.

Agar lebih produktif, sebuah tim kerja perlu didukung dengan aplikasi yang efisien. Hal ini dikarenakan para anggota tim di perusahaan bisa membangun komunikasi secara intens untuk menciptakan kolaborasi yang ideal. Maka dari itu, untuk menunjang pekerjaan yang kamu miliki, sebaiknya untuk mengunduh aplikasi Microsoft Teams.

Program yang satu ini bisa dibilang sebagai developer ternama yang sudah turut membantu dunia perkantoran dan perusahaan hingga saat ini.

Kamu bisa menggunakan Microsoft Teams untuk menjaga komunikasi satu sama lain meskipun bekerja dari rumah. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengiriman dokumen, panggilan suara dan video, serta pesan instan.

Kamu bisa dengan mudah membuat sebuah saluran untuk tim kerja melalui aplikasi Microsoft Teams berdasarkan jenis proyek yang dikerjakan.

Dengan platform yang tersedia, masing masing anggota yang sudah masuk ke dalam grup dapat berkomunikasi dengan mudah melalui chat channel yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain fitur tersebut, kamu juga dapat terhubung dengan mudah pada beberapa aplikasi yang tersedia di Office 365, seperti Excel, Word, One Note, hingga Power Point.

Kehadiran fitur aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi WFH ini membuat anda tidak perlu repot membuka program pihak ketiga di tengah pengerjaan sebuah tugas penting saat bekerja.

3. Google Meet

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Rumah (WFH)

Aplikasi ketiga untuk WFH adalah Google Meet.

Surat edaran yang menyatakan karyawan untuk bekerja dari rumah saja membuat pekerjaan harus dilakukan secara online. Maka dari itu, banyak orang yang mencari alternatif dengan menggunakan beberapa aplikasi agar tetap terhubung dan menyampaikan rapat tanpa ada halangan karena jarak.

Alternatif aplikasi lainnya untuk menunjang aktivitas pekerjaan kamu yaitu Google Meet. Program yang satu ini adalah produk dari Google berupa layanan komunikasi video yang sudah dikembangkan sejak lama.

Layanan tersebut bisa memungkinkan kamu untuk menampilkan pada aplikasi Android, iOS, dan Web.

Penciptaan Google Meet menawarkan fitur terbaik untuk memudahkan penggunanya untuk tetap melakukan rapat dimana saja dengan menggunakan video call.

Selain itu, Interface yang fungsional dan unik membuat pengguna mudah untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Sehingga, kamu bisa berbagi layar untuk menyajikan dokumen saat presentasi.

Mengingat banyaknya cara pengguna internet untuk tetap terkoneksi dengan baik, maka Google Meet melakukan integrasi terhadap semua perangkat.

Jadi, pengguna bisa dimudahkan untuk terhubung secara mobile atau di depan layar komputer dengan aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi wfh ini. Jika ingin menggunakannya di HP atau PC sebaiknya untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

4. Zoom

Aplikasi keempat untuk WFH adalah Zoom.

Untuk memfasilitasi kemudahan bekerja dari rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi perangkat lunak konferensi video yang ada.

Salah satu aplikasi yang dapat diunduh adalah Zoom. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bekerja jarak jauh yang lebih praktis dan efisien karena fitur fitur yang disediakan.

Zoom ini mengizinkan kamu untuk bertemu secara virtual dengan panggilan suara, video, bahkan keduanya. Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan lainnya adalah percakapan via Zoom dapat direkam agar bisa dilihat lagi nantinya. Selain fitur tersebut, masih banyak lagi yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi tersebut.

Fitur fitur utama Zoom dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu kerjaan, grup, dan lain sebagainya.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan Zoom Meeting untuk melaksanakan berbagai pertemuan dengan berbagai fitur, seperti konferensi rapat grup video, sharing screen & chat, recording video call, dan pertemuan rapat one-on-one.

5. Slack

Aplikasi kelima untuk WFH adalah Slack.

Mungkin aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi wfh  satu ini masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun Slack cukup terkenal di kalangan freelancer atau yang disebut dengan pekerja lepas.

Aplikasi ini sangat mendukung untuk bekerja di rumah, apalagi yang menggeluti bidang IT. Sebab, Slack memberikan kemudahan yang berintegrasi dengan program lainnya.

Di Slack, kamu bisa membuat sebuah tim berisi beberapa orang yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Media komunikasi Slack memungkinkan penggunanya berkirim pesan realtime agar dapat melihat proses kinerja dalam pengelolaan berbagai berkas dan proyek untuk menunjang produktivitas di sebuah  tim.

Selain itu, Slack juga memfasilitasi penggunanya untuk berbagi dokumen secara mudah, cukup dengan men-drag and drop di ruang cloud.

Ketika melakukan pekerjaan yang membutuhkan ruang penyimpanan, Slack memberikan fitur ruang penyimpanan eksternal seperti Dropbox dan Google yang sudah terintegrasikan.

6. Google Classroom

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Rumah (WFH)

Aplikasi keenam untuk WFH adalah Google Classroom.

Sebagai perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, Google terus mengeluarkan inovasinya di bidang teknologi. Salah satu aplikasi yang dikembangkan adalah Google Classroom.

Aplikasi ini dapat membantu para guru serta murid agar tetap terhubung meskipun melakukan pembelajaran dari rumah atau WFH.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah/aplikasi wfh ni dilengkapi dengan fitur yang mempermudah pengajar maupun siswa dalam mengakses dan menggunakannya.

Dengan begitu, pengajar dapat menghemat waktu dan kertas karena bisa memberikan tugas atau berkomunikasi hanya lewat satu aplikasi tersebut lebih mudah.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai penunjang pekerjaan ketika sedang WFH. Meskipun dipisahkan oleh jarak dan ruang, aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan teman kantor.

Fitur yang tersedia sangat bermanfaat untuk memudahkan pertemuan secara virtual melalui panggilan pesan, video, bahkan keduanya sekalipun.

Penutup

Bila secara harfiah diterjemahkan, WFH adalah sebuah konsep dimana karyawan bekerja dari rumah tanpa harus datang ke kantor.

Konsep ini merupakan pendekatan modern untuk bekerja yang mengoptimalkan penggunaan internet dan teknologi sebagai pendukung aktivitas karyawan.

Tentu sebagian pekerja lepas atau wiraswasta sudah familiar dengan mekanisme ini karena telah dilatih untuk bekerja dari jarak jauh yang intinya sama dengan WFH.

Nah, meskipun konsepnya sama untuk banyak industri, kondisi bekerja dari rumah sebenarnya berbeda dan tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja.

Ada perusahaan yang memilih jam kerja fleksibel. Di sisi lain, ada perusahaan yang mengharuskan karyawannya bekerja dari jam 8 malam sampai jam 4 sore dan seterusnya.

Sekian penjelesan mengenai arti WFH dan panduan bekerja di rumah agar lebih efektif. Sekarang Anda tahu apa artinya Work From Home dan trik apa saja yang ada agar bekerja lebih efisien lagi.

Semoga artikel WFH Artinya: Kelebihan, Kekurangan dan Aplikasinya, dapat bermanfaat bagi anda semua.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!