Cara Agar Betah Kerja di Pabrik

Bagaimana Cara Agar Betah Kerja Di Pabrik? Ketika sudah lulus sekolah menengah, pilihannya tidak jauh dari bekerja atau melanjutkan pendidikan lebih tinggi atau justru menikah.

Cara Agar Betah Kerja di Pabrik

Kamu bisa mengambil pilihan sesuai dengan tujuan hidup kamu. Ada beberapa pekerjaan yang banyak diserbu ketika musim kelulusan, salah satunya adalah pegawai pabrik. Untuk tahu lebih dalam tentang pekerjaan ini, simak ulasannya.

A. Bekerja di Pabrik?

Apapun sebutannya, baik pekerja, buruh, labour atau karyawan, semuanya menumpu pada arti yang sama. Yakni  manusia yang memanfaatkan tenaga juga kemampuan untuk bisa mendapatkan pendapatan.

Pendapatan ini bisa berupa uang juga bentuk lainnya. Sebelum membahas lebih jauh tentang bekerja di pabrik, kamu harus tahu bahwa sejatinya buruh dibagi menjadi dua klasifikasi.

Yakni buruh profesional yang mengandalkan skill juga pengetahuan. Umumnya ditempati mereka yang memiliki background pendidikan sesuai bidang.

Sementara jenis yang kedua adalah buruh kasar. Buruh kasar cenderung lebih banyak menggunakan tenaga dalam bekerja. Untuk mereka yang memiliki ijazah SD sampai SMA biasanya akan berada di klasifikasi ini.

Kamu tentu tidak bisa meremehkan pekerjaan sebagai buruh, baik buruh pabrik atau lainnya. Karena pekerjaan ini tetap mampu menghasilkan pendapatan tetap setiap bulannya.

Pekerjaan ini juga masuk dalam daftar pekerjaan yang aman. Mengingat gaji yang diberikan umumnya UMR atau UMK, bahkan kadang masih ada bonus atau lemburan.

Apalagi jika kamu bisa memiliki kinerja yang baik, maka kamu bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Nantinya kamu bisa mendapatkan beberapa benefit jika menjadi pegawai tetap.

Mulai dari mendapatkan asuransi kesehatan, jaminan apabila terkena PHK sampai jaminan uang pensiun. Perlu kamu tahu jika menjadi pegawai pabrik juga bukan perkara yang mudah.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT Mayora Indah Tbk

B. Serba Serbi Sebelum Bekerja di Pabrik

1. Persaingan Masuk yang Tidak Mudah

Sebelum kamu memantapkan diri untuk menjadi bagian dari suatu perusahaan atau pabrik. Kamu harus tahu jika persaingan untuk masuk tidaklah mudah.

Apalagi jika perusahaannya semakin baik, gaji yang ditawarkan juga makin tinggi. Persaingan juga seleksi ketat pasti akan diberikan untuk calon pelamar.

Salah satu hal yang sangat diperhatikan perusahaan adalah kondisi kesehatan. inilah mengapa beberapa memberikan syarat untuk menyertakan surat hasil tes kesehatan.

Ada juga yang meminta untuk dilakukan tes di perusahaan. Apabila kamu dimintai sejumlah uang, maka kamu harus berhati hati dan mencari informasi lebih lengkap.

2. Lingkungan Kerja

Jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan idaman kamu, maka kamu harus memiliki cara untuk bertahan. Hal ini menjadi tantangan yang tidak mudah, bahkan bisa lebih sulit dari yang kamu bayangkan.

Lingkungan kerja juga pertemanan di dalam dunia kerja menjadi faktor utama yang sering membuat seseorang merasa tidak betah.

Maka dari itu kamu membutuhkan cara agar betah kerja di pabrik. Setelah bekerja kamu akan tahu jika ada persaingan tak kasat mata antara pegawai.

Tujuannya tentu saja menunjukkan kemampuan dan bisa naik jabatan. Maka dari itu kamu harus pandai menilai dan mengamati lingkungan kerja kamu.

3. Atasan Yang Menyebalkan

Selain lingkungan kerja, kamu juga harus tahu jika atasan atau bos juga bisa menjadi halangan karir kamu. Apalagi setiap orang pasti akan memiliki karakter yang berbeda.

Jika kamu memiliki atasan yang baik, tentu harus banyak banyak bersyukur. Jika tidak, maka kamu harus mempelajari mode bertahan dan terus menyesuaikan dengan lingkungan yang ada.

4. Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Pekerja Pabrik

Seperti yang sempat disinggung di awal, kita tidak bisa menyepelekan pekerjaan di pabrik. Ada beberapa kelebihan yang perlu diketahui, salah satunya adalah memiliki jam kerja yang pasti.

Seorang karyawan pabrik akan bekerja dalam hitungan jam dan akan dibagi dalam beberapa shift. Umumnya para karyawan akan bekerja selama 8 jam sehari.

Dengan begitu kamu tetap bisa melakukan aktivitas di luar jam kerja. Penghasilan yang nantinya kamu dapatkan juga relatif pasti.

Setiap bulan kamu akan mendapatkan bayaran dari kerja keras kamu dengan jumlah yang pasti. Namun penghasilan yang tetap ini juga bisa menjadi kekurangan. Karena jika kamu ingin mendapatkan upah lebih banyak kamu harus lembur.

Selain itu kamu juga harus siap diperintah jika menjadi karyawan sebuah instansi. Di pabrik masalah kesehatan juga bisa mempengaruhi lantaran harus shift.

Rasa bosan juga bisa hadir karena setiap hari kamu akan melakukan kegiatan yang sama. Selain itu dalam bekerja juga harus selalu berhati hati, karena tidak sedikit kecelakaan pegawai saat sedang menggunakan mesin.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Permodalan Nasional Madani (PNM)

C. Tips Agar Kamu Betah Kerja di Pabrik

1. Membangun Hubungan Baik

Cara Agar Betah Kerja di Pabrik

Membangun hubungan baik menjadi tips yang ampuh agar kamu bisa nyaman selama bekerja. Hubungan baik ini tidak hanya dengan rekan kerja, namun juga dengan atasan kamu.

Untuk membangunnya, kamu harus mulai membuka diri sehingga bisa terjalin kerjasama yang baik. Kamu juga harus profesional dalam bekerja sehingga mereka nyaman denganmu.

Hubungan yang tidak baik masih menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk resign. Memang hal ini tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa.

Kamu bisa mulai membedakan mana urusan pribadi dan urusan pekerjaan. Dalam hal ini kamu juga harus terus belajar untuk mengetahui mana yang teman baik mana yang bukan.

2. Bekerja Dengan Sungguh-Sungguh

Awalnya mungkin kamu bisa saja tidak menyukai pekerjaan kamu. Tetapi ketika kamu bersungguh sungguh dalam bekerja, nantinya akan tercipta chemistry antara pekerjaan dengan diri kamu.

Hasil pekerjaan kamu nantinya juga akan memuaskan. Kemungkinan kamu dilirik untuk naik jabatan juga bisa saja terjadi.

3. Bekerja Sesuai SOP

Setiap perusahaan pasti akan memiliki standar Operasional Prosedur sendiri. Hal ini bertujuan agar setiap bekerja sesuai dengan aturan dan memberikan keselamatan.

Maka dari itu bekerja sesuai SOP adalah cara agar betah kerja di pabrik yang paling manjur. Kamu tidak akan ragu dan menjadi lebih nyaman dalam bekerja.

4. Bekerja Untuk Ibadah

Semua pekerjaan capek, baik yang di pabrik ataupun yang terlihat mentereng. Maka dari itu kamu bisa meniatkan diri bekerja sebagai sarana ibadah.

Dengan begitu kamu akan lebih ringan dalam menjalani setiap hari hari kamu. Pendapatan yang kamu dapatkan juga akan menjadi lebih berkah. Cara satu ini terbilang ampuh dan manjur, terutama untuk yang baru bekerja.

5. Ingat Keluarga Di Rumah

Bekerja tidak hanya untuk membuat kamu sibuk, tetapi juga untuk bisa tetap melanjutkan hidup. Hasil bekerja kamu bisa untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau keluarga.

Dengan mengingat hal tersebut, kamu akan mendapatkan semangat baru. Apalagi jika kamu juga memiliki mimpi mimpi yang masih belum kamu raih.

Setelah memasuki dunia kerja, rasanya keluar masuk pekerjaan bukanlah hal yang bijak. Kamu harus ingat bagaimana sulitnya kamu mencari pekerjaan yang saat ini kamu dapatkan.

Jikapun untuk saat ini mudah didapatkan, bukan berarti akan mudah seterusnya. Maka nikmatilah terlebih dahulu suka dukanya pekerjaan yang saat ini dimiliki.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!