Tips Kerja Shift Malam

Bagaimana Tips Kerja Shift Malam? Saat bekerja di suatu perusahaan atau instansi umumnya akan ada jadwal yang diberikan. Mulai dari jadwal shift pagi, sore, hingga malam.

Tips Kerja Shift Malam

Bagi sebagian orang, bekerja di shift malam tentu akan cukup berat, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kebugaran tubuh. Maka dari itu, beberapa tips harus kamu ketahui supaya tubuh tetap bugar, yuk simak ulasannya disini.

A. Bekerja Di Shift Malam?

Terkadang, suatu pekerjaan memang mengharuskan seseorang untuk bekerja di waktu malam hari. Profesi yang memiliki shift malam antara lain adalah perawat, dokter, pilot, pramugari, jurnalis, pegawai pabrik, petugas keamanan, penjaga toko 24 jam, staf percetakan, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan National Sleep Foundation, bekerja pada malam hari dapat menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap tubuh.

Dengan bekerja di waktu malam hari, proses istirahat akan terhambat dan dapat menimbulkan masalah. Masalah kesehatan yang dapat kamu jumpai yakni seperti gangguan pencernaan, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

Hal tersebut dikarenakan saat tidur di malam hari, tubuh dirancang untuk beristirahat dan untuk memperbaiki kerusakan DNA.

Tak hanya itu saja, kada melaton yang ada di dalam tubuh juga akan menurun. Melatonin merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis pada tubuh.

Akan tetapi, semua permasalahan tersebut masih bisa dijaga dan dicegah. Sehingga saat memiliki jadwal kerja di malam hari, kesehatan tubuh kamu masih bisa terjaga.

Untuk bisa mendapatkan kebugaran tubuh yang maksimal, kamu harus melakukan berbagai perubahan gaya hidup. Berikut tips kerja shift malam untuk menjaga kesehatan kamu.

B. Deretan Tips Untuk Bekerja Di Malam Hari

1. Memiliki Pola Tidur Yang Baik

Bekerja pada shift malam mengharuskan kamu harus tetap terjaga pada malam hari. Padahal, tubuh akan melepaskan hormon melatonin di malam hari.

Dengan adanya proses pelepasan hormon tersebut, kamu akan terasa mengantuk dan kurang waspada. Pasalnya, tubuh memang dirancang untuk tidur pada malam hari.

Menurut Avani desai, dokter di Loyola University Health System mengatakan bahwa tidur di jam yang sama  setiap harinya merupakan suatu hal yang penting, khususnya pada 4 jam pertama waktu tidur.

Jadi, misalkan kamu memiliki jadwal kerja di malam hari dan selesai pukul 6 pagi, sesampainya di rumah kamu harus mempergunakan waktu tersebut untuk tidur.

Tetapi sebelum tidur seusai bekerja di malam hari, akan lebih baiknya jika kamu berolahraga pagi, makan, dan mandi. Selain itu, kamu juga harus mengusahakan untuk tidur sekitar 7 hingga 8 jam per harinya.

Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, kamu dapat tidur untuk mengistirahatkan tubuh minimal sekitar 4 jam.

2. Mengatur Pola Makan Sehat

Umumnya, seseorang yang sering bekerja di jam malam akan cenderung mengalami sindrom metabolik dan gangguan jam biologis tubuh.

Tak heran jika setiap terjaga di malam hari kamu akan selalu merasa lapar. Jika begitu, pasti kamu akan makan di malam hari. Dengan begitu, pola makan kamu akan buruk dan dapat menimbulkan peningkatan pada resiko obesitas.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kamu untuk  merencanakan pola makan yang sehat dan menerapkannya. Dengan adanya hal tersebut, pekerjaan kamu di malam hari akan tetap berjalan dengan lancar.

Adapun cara yang  bisa kamu lakukan supaya pola makan selalu sehat, yakni dengan memilih makanan yang mudah dicerna seperti roti, pasta, susu, buah, dan lainnya.

3. Tidur Siang

Tidur siang merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan oleh para pekerja yang memiliki shift malam. Dengan melakukan tips yang satu ini sebelum bertugas pada malam hari akan membantu tubuh kamu dalam mengatasi kelelahan. Selain itu, tidur siang juga telah terbukti dapat meningkatkan dan memulihkan kekuatan otak.

Melakukan tidur siang setidaknya sekitar 45 menit di saat istirahat kerja dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar. Bahkan, dengan melakukan tips yang satu ini sekitar 20 hingga 45 menit juga terbukti dapat menghilangkan rasa lelah.

Untuk idealnya, tidur siang memang tidak boleh lebih dari 45 menit, karena jika lebih malah akan menyebabkan pusing saat bangun.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PELINDO III (Persero)

4. Mengkonsumsi Kafein Dengan Batas Wajar

Tips Kerja Shift Malam

Biasanya, seseorang akan mengkonsumsi kafein sebagai stimulan. Tak heran jika banyak orang yang meminum kopi untuk memulai kerjanya karena memang kopi memiliki kandungan kafein.

Minum kopi dengan batas yang wajar dan tidak berlebihan dapat membantu kamu untuk tetap terjaga pada saat bekerja di malam hari.

Akan tetapi, jika kamu mengkonsumsi kopi secara berlebihan justru kamu akan mendapati sejumlah masalah seperti gangguan sistem pencernaan dan kejang otot.

Perlu diingat juga, sebaiknya kamu mengkonsumsi kopi disaat awal shift malam kamu dan usahakan untuk berhenti meminumnya sekitar 6 jam sebelum tidur.

Dengan memperhatikan waktu saat minum kopi akan menjadi pola tidur kamu semakin baik. Hal tersebut terjadi karena kafein memiliki pengaruh bertahan di dalam tubuh sekitar 8 jam.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan takaran untuk mengkonsumsi kafein. Sebaiknya, kamu mengkonsumsi kafein tidak lebih dari 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir perharinya.

5. Olahraga Pagi

Setelah bekerja di malam hari, olahraga pagi mungkin akan menjadi suatu hal yang cukup berat untuk dilakukan. Akan tetapi, kegiatan tips yang satu ini tatap harus kamu lakukan demi mendapatkan kualitas tidur dan kebugaran tubuh yang maksimal.

Jika begitu, tubuh kamu akan terasa lebih segar dan aktivitas yang kamu lakukan semakin menyenangkan

Seorang pendidik klinis di Boston, Chelsea Caracciolo mengatakan bahwa olahraga di pagi hari dapat bermanfaat untuk membuat tidur kamu menjadi lebih lama dan nyenyak.

Untuk melakukan tips yang satu ini, kamu tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki maupun berlari lari kecil saja sudah cukup.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

6. Mengatur Jadwal Shift

Hal  berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengatur jadwal shift malamnya. Di beberapa perusahaan maupun tempat kerja yang ada, mungkin jadwal shift yang dibentuk sudah ditentukan dari pihak manajemennya.

Namun, ada juga beberapa perusahaan yang tidak menerapkan sistem tersebut, sehingga jadwalnya masih rancu.

Jika kamu kerja di tempat yang masih belum memiliki jadwal khusus, ada baiknya untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Kamu bisa memulai tips kerja shift malam dengan cara menyusun schedule yang baik agar tidak mengganggu waktu tidur dan kegiatan yang lainnya.

Alhasil, kamu bisa bekerja secara maksimal dan produktivitas tidak terganggu.

Secara keseluruhan, memiliki tubuh yang bugar untuk bekerja di malam hari memang cukup krusial. Maka dari itu, kamu harus benar benar menjaga kesehatan dengan menerapkan tips tips yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, jangan lupa seimbangkan dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen agar dapat memboosting daya tahan tubuh kamu jadi semakin kuat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!