Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PELINDO III (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PELINDO III (Persero)? Pelindo merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan. Kali ini, kami akan mencoba mengulas pengalaman apa saja yang menjadi tahapan ujian bagi pegawai baru di Pelindo.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PELINDO III (Persero)

Kantor pusat Pelindo berada di Surabaya, dengan berbagai kantor cabang di berbagai daerah. Berikut langkah-langkah yang akan Anda ikuti jika mengikuti seleksi dari Pelindo:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT PELINDO III (Persero)

1. Tes Administrasi

Dalam tes administrasi ini, Anda hanya mengumpulkan berkas-berkas seperti legalisasi ijazah, transkrip nilai, CV lamaran kerja, KTP, akreditasi jurusan Anda, kartu keluarga dan berkas penilaian pelengkap dari Pelindo melalui website.

Cobalah untuk melengkapi semua file sebelum Anda mengirimkannya melalui situs web.

Seleksi ini untuk mendaftar dan mengisi seperti CV, biodata dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Pastikan kamu mengisi pendidikanmu dengan jelas, kalau kuliah langsung S1 biasanya oke, tapi kalau kuliahnya dipotong-potong ada yang sudah melanjutkan sarjana atau bahkan master karena alasan tertentu entry levelnya D3,

Untuk ini tahap pelindo menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan seleksi Dan jangan salah pilih lokasi untuk tes selanjutnya, soalnya sobat yang tinggal di jakarta mau ikut tes semarang klik surabaya ya boleh lah, tapi mungkin ya lebih mahal karena menginap di hotel dll. Waktu itu saya memilih lokasi tes di Semarang.

2. Tes Tertulis dan Wawancara

Jika dinyatakan lulus administrasi maka untuk tahap selanjutnya adalah tes tertulis dan wawancara. Untuk tes tertulis ini sesuai dengan bidang latar belakang pendidikan Anda dan bidang apa yang akan Anda pilih.

Sebaiknya persiapkan diri Anda terlebih dahulu dan berlatih serta belajar banyak tentang bidang yang Anda lamar. Interview ini hampir sama dengan interview HR, dimana akan ditanyakan tentang pengetahuan di bidang anda.

Pertanyaan lain tentang tesis dan pendidikan Anda.

3. Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris hampir sama dengan tes TOEIC, atau tes TOEFL, seperti listening, reading dan structure. Jumlah pertanyaan sekitar 250 pertanyaan dan perbanyak kosakata bahasa Inggris Anda. Untuk tes ini, cobalah sebelum Anda berlatih tentang soal TOFL atau TOEIC Anda.

Nah, sebenarnya tes ini dekat dengan tes tahap kedua, apa bedanya dalam sehari, kalau tidak salah misalnya tes selasa, pengumuman Rabu malam dan tes Kamis, bagi yang tinggal di luar kota dari lokasi tes sebaiknya di tinggal saja saat tes ini akan dilaksanakan setelah tes tahap kedua saya langsung berjalan pulang.

Keesokan harinya tidak ada pengumuman sampai sore, sekitar jam 8 malam ada pesan masuk. Intinya silahkan lihat pengumumannya, dan saya kaget kalau ujiannya ternyata besok pagi, padahal saya tinggal di Pekalongan, coret dimana ambil waktu 4 jam untuk ke Semarang

adi saya berangkat ke Semarang jam 4.30 dari rumah, dan karena lokasinya agak susah dicari di peta, saya tersesat, untung akhirnya sampai di lokasi tes tepat waktu. Tes ini seperti tes bahasa Inggris lainnya, menurut saya lebih mudah toeic daripada toefl. Yang jelas jangan ngantuk apalagi pas dengerin.

4. Tes Psikologi

Tahapan tes psikologi ini meliputi tes matematika dasar dan rangkaian angka, menggambar bentuk sehingga menjadi bentuk yang bermakna, EEPS, tes kreplin atau koran dan tes psikologi lainnya.

Tahap tes ini juga akan langsung mengikuti tes wawancara dengan psikolog. Pertanyaan lebih mengarah pada kepribadian Anda seperti pengalaman kuliah, kelemahan dan kelebihan Anda, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja jika ada.

Baca juga:

5. Pemeriksaan medis

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PELINDO III (Persero)

Untuk tes ini, dapat dianggap sebagai tes formalitas, jika Anda tidak memiliki riwayat kesehatan yang parah, kemungkinan besar Anda akan melewati tahap tes ini.

Tes kesehatan di Pelindo juga bisa dibilang tidak seketat tes kesehatan di Pertamina, PLN dan BUMN lainnya. Anda akan diminta untuk berpuasa selama 12 jam sebelum mengikuti tes.

Nantinya Anda akan diambil sampel darahnya sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa banyak minum air putih dan jangan begadang sebelum tes.

Pemeriksaan lainnya meliputi pemeriksaan sampel urin, rontgen, paru-paru, tekanan darah, sampel darah, dan pemeriksaan kebugaran jasmani.

6. Wawancara Direktur

Tes ini lebih seperti wawancara dan diskusi panel. Anda akan berhadapan dengan beberapa pejabat penting di Pelindo. Mungkin ada 3 orang yang akan mewawancarai Anda.

Cobalah untuk mempelajari produk dan layanan yang ditawarkan Pelindo dan juga mengenal seluk beluk serta latar belakang perusahaan ini.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!