5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Bagaimana Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman? Menulis CV yang sukses bisa menjadi tugas yang sulit di saat-saat seperti ini. Bagaimana Anda bisa memadatkan keterampilan dan aset terbaik Anda menjadi tidak lebih dari dua lembar kertas?

Belum lagi menyesuaikannya dengan setiap lowongan kerja yang berbeda. Namun, tugas yang sulit bisa tampak mustahil ketika Anda harus membuat CV secara menarik dengan sedikit pengalaman.

5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Mungkin Anda seorang fresh graduate yang baru memulai karier, atau Anda sebelumnya berfokus pada usaha keluarga dan ingin terjun kembali ke dunia kerja.

Untuk alasan apa pun, Anda kekurangan beberapa pengalaman penting yang dibutuhkan untuk diperhatikan oleh pemberi kerja. Tapi jangan panik, setiap orang harus memulai dari suatu tempat.

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman akan kami berikan di akhir artikel

Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Sebelum masuk ke Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, disini kami berikan terlebih dahulu bagaimana cara membuatnya.

Jangan lupa, Anda adalah orang yang berpengetahuan luas dengan banyak hal untuk ditawarkan. Penting untuk melihat sisi positif dalam situasi ini, sedikit atau bahkan tidak ada pengalaman berarti Anda memiliki lebih banyak ruang untuk menguraikan rangkaian keahlian Anda saat ini.

Selain itu, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengikuti kegiatan dan pelatihan yang dapat membantu meningkatkan CV Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan menonjol dari yang lain.

Meskipun biasanya Anda merasa tidak memiliki cukup pengalaman profesional, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menambah CV Anda.

1. Menjadi relawan/volunteer

Masalah dengan tidak mempunyai pengalaman adalah sulitnya mendapatkan pekerjaan untuk memberi Anda kesempatan. Yang menimbulkan pertanyaan, bagaimana Anda bisa memulai?

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak pengalaman pekerjaan untuk dimasukkan ke dalam CV Anda, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menjadi volunteer?

Daripada mengeluh bahwa Anda bekerja tidak dibayar, anggap itu sebagai investasi dalam karier Anda. Ada berbagai pekerjaan yang dapat Anda lakukan secara sukarela. Anda dapat bekerja dengan badan amal atau melakukan pekerjaan lingkungan yang penting.

Meskipun tidak selalu memungkinkan, cobalah untuk menyesuaikan pekerjaan sukarela Anda tidak hanya dengan kepentingan pribadi Anda, tetapi juga industri yang Anda inginkan.

Misalnya, jika Anda ingin berkarir di bidang pendidikan, mengapa tidak menjadi sukarelawan di sekolah lokal Anda sebagai Asisten dosen?

Anda kemudian dapat merinci tanggung jawab Anda dalam riwayat pekerjaan Anda. Belum lagi, Anda benar-benar akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Pengalaman Menjadi Volunteer Bagus untuk Fresh Graduate

2. Magang

Seperti sukarelawan, magang mungkin tidak menguntungkan Anda secara finansial, tetapi Anda akan belajar banyak dengan sangat cepat. Selain itu, beberapa magang juga dibayar, jadi jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan salah satunya.

Bahkan jika Anda akhirnya bekerja secara gratis, magang adalah peluang bagus untuk menambah pengalaman Anda.

Anda akan merasakan kehidupan kerja tanpa tekanan untuk bisa langsung bekerja. Jika Anda tidak yakin Anda memiliki pengalaman industri yang cukup, magang dapat memberikan lingkungan yang ideal untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Magang adalah batu loncatan yang sempurna untuk langkah karir Anda selanjutnya. Ini menunjukkan inisiatif yang akan sangat menarik bagi pengusaha. Dan Anda pasti akan mengisi ruang kosong itu di CV Anda.

3. Pengganti sementara

Langkah selanjutnya dari magang adalah pengganti sementara. Apakah perusahaan membutuhkan seseorang untuk pengganti karyawan yang sedang cuti melahirkan, atau untuk mendukung tim mereka selama periode tertentu, itu adalah kesempatan Anda untuk menggunakan keterampilan Anda untuk digunakan dan mendapatkan gaji sebenarnya.

Terlebih lagi, Anda dapat dengan cepat mengumpulkan pengalaman dengan berbagai perusahaan. Industri umum untuk mencoba hal ini termasuk perhotelan, manufaktur atau administrasi. Apapun yang Anda pilih, itu akan menjadi pengalaman nyata yang bisa Anda pamerkan di CV Anda.

4. Tunjukkan minat Anda

Meskipun Anda kurang pengalaman profesional, bagaimana dengan pengalaman hidup? Pengusaha tidak hanya tertarik dengan apa yang telah Anda lakukan dalam kehidupan kerja Anda.

Mereka ingin tahu seperti apa Anda sebagai pribadi dan bagaimana Anda akan cocok dengan tim mereka saat ini.

Ini membantu untuk menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang berpengetahuan luas. Misalnya, apakah Anda pernah menjadi anggota atau bahkan kapten tim olahraga?

Ada banyak keterampilan yang dapat ditransfer yang dapat Anda peroleh dari ini, seperti pendekatan energik, kerja tim, atau kemampuan kepemimpinan Anda.

Jika Anda bukan penggemar olahraga, jangan panik. Mengapa tidak mencoba menulis blog? Ini membantu jika terkait dengan industri Anda karena Anda dapat menunjukkan minat, pengetahuan, dan keterlibatan Anda di bidang Anda.

Tetap perbarui, sertakan bagian di dalamnya dalam riwayat pekerjaan Anda dan jangan lupa untuk menambahkan tautan. Ini pada dasarnya CV lain untuk memuaskan keingintahuan perekrut.

5. Ikuti kursus pembelajaran online

Jika Anda lebih suka mencoba dan mendapatkan pengalaman untuk ditambahkan ke CV Anda dari rumah Anda sendiri, kursus pembelajaran online adalah cara terbaik untuk tujuan anda. Selain itu, Anda menunjukkan bahwa Anda tertarik pada pengembangan diri dan ingin belajar.

Identifikasi celah paling menonjol dalam CV Anda dan kerjakan untuk mengisinya. Mungkin Anda kurang dalam keterampilan komputer, kursus IT pemula online akan memperbaikinya.

Alternatifnya, jika keterampilan Anda sudah sulit, fokuslah pada apa yang dapat membedakan Anda. Mungkin Anda bisa mulai belajar bahasa asing secara online.

Anda tidak perlu mencoba keahlian Anda di setiap kursus online di luar sana. Pilih beberapa yang dapat meningkatkan CV Anda dan membantu Anda menonjol dari kandidat lain.

6. Kembangkan keterampilan yang Anda miliki

Jangan meremehkan keterampilan dan pengalaman yang sudah Anda miliki. Daripada mencantumkan setiap pekerjaan yang pernah Anda miliki, fokuskan pada informasi yang paling relevan.

Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang PR, jelaskan secara mendetail tentang keterampilan menulis Anda, organisasi Anda, dan keterampilan komunikasi yang sangat baik.

Pada saat yang sama, jangan memasukan semua keterampilan Anda jika itu tidak relevan. CV Anda tidak boleh terlihat seperti koran, jadi simpan di tempat yang relevan.

7. Mulailah dengan melamar pekerjaan

Semua langkah yang tercantum di atas akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman.

Faktanya adalah, memperluas pengalaman Anda agar sesuai dengan CV dapat membuat anda lebih menonjol. Jadi, jika Anda dapat menambahkan atribut dan pengalaman ekstra di sana-sini, Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk diperhatikan.

Uraikan pengalaman yang mungkin Anda abaikan di masa lalu dan jangan takut untuk mengambil beberapa keterampilan baru selama anda dapat melakukannya.

Bagaimana Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate? Saat membuat template CV untuk anda yang masih fresh graduate, ingatlah bahwa Anda memiliki keunggulan dalam kualifikasi, yang dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan pengalaman.

Ide di balik CV adalah untuk memungkinkan atasan menganalisis latar belakang dan pengalaman Anda untuk menentukan kesesuaian Anda untuk suatu jabatan. Sebagian besar perekrut di Indonesia meminta CV dan surat lamaran. Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang struktur dan format yang tepat.

Bagaimana Seharusnya Seorang Fresh Graduate Menulis CV?

Meskipun mungkin bukan ‘content is king‘ ketika menulis CV Anda, setidaknya anda perlu menjadikannya ujung tombak. Tujuan Anda adalah untuk menggambarkan dengan jelas dan mengkomunikasikan keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda kepada pembaca.

Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Karena setiap CV harus disesuaikan dengan jabatan yang dimaksud, Anda mungkin harus membuat perubahan pada garis besar dan konten. Misalnya, CV berbasis keterampilan mungkin bekerja lebih baik jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman.

Ingat, manajer HRD memindai aplikasi Anda terlebih dahulu. Akibatnya, Anda perlu menyusun CV Anda dengan cara yang mudah dibaca. Ini berarti poin-poin, judul, dan subpos. Gunakan kata-kata tindakan seperti terorganisir, dikelola, dan dikembangkan. Pastikan untuk memeriksa CV Anda bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Bagaimana Anda Menyusun CV Fresh Graduate?

Anda mungkin akan diberi tahu bahwa tidak ada cara yang salah untuk menyusun CV. Jangan percaya semua yang Anda baca. Suka atau tidak, perekrut lebih suka struktur yang sudah dicoba dan tepercaya yang sudah ada.

Hari ini, kami akan fokus pada CV berbasis Skill daripada versi kronologis yang lebih umum. Alasannya adalah fresh graduate cenderung memiliki pengalaman kerja yang lebih sedikit.

Struktur dan Format CV Fresh Graduate

Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Seperti namanya, CV berbasis Skill menekankan pada keterampilan Anda yang dapat di aplikasikan pada pekerjaan berbeda dengan riwayat pekerjaan. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda memiliki sedikit pengalaman yang relevan dalam suatu industri, ingin mengubah karier, atau berharap untuk mengubah minat menjadi pekerjaan.

1. Profil pribadi

Struktur pertama CV Fresh Graduate adalah profil pribadi.

Setelah memasukkan detail pribadi Anda, langkah selanjutnya adalah memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda, apa yang Anda cari, dan apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan. Pastikan Anda menyoroti keterampilan Anda yang paling kuat, dan paling relevan, di CV.

2. Keterampilan Utama

Struktur kedua CV Fresh Graduate yaitu keterampilan utama.

Lihat deskripsi pekerjaan dan tentukan keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja. Cobalah dan temukan lima yang cocok agar bisa anda masukan kedalam CV. Ide yang bagus adalah memasukkan poin-poin di bawah setiap keterampilan untuk memberikan contoh nyata saat Anda menggunakannya.

3. Sejarah Pendidikan

Sejarah pendidikan merupakan urutan ketiga dari Struktur CV Fresh Graduate.

Jika Anda lulusan dengan sedikit pengalaman kerja, Anda boleh menambahkan detail tambahan seperti modul dan mata pelajaran yang dipelajari, jika berhubungan dengan pekerjaan.

4. Riwayat Magang/Organisasi

Struktur selanjutnya CV Fresh Graduate yaitu riwayat magang atau organisasi.

Bagian riwayat pekerjaan dari CV berbasis Skill lebih pendek daripada di bagian chronological. Jika Anda telah menulis bagian keterampilan yang terperinci, buat yang ini lebih pendek.

Pastikan Anda memasukkan jabatan, tanggal, prestasi, dan tugas, jika memungkinkan. Riwayat pekerjaan bisa diisi pengalaman magang ataupun KKN.

5. Hobi dan minat

Struktur kelima CV Fresh Graduate adalah Hobi dan Minat

Ini BUKAN bagian wajib. Dengan segala cara, sertakan hobi yang menunjukkan minat Anda pada industri tempat Anda berada, seperti jika anda melamar di Industri kreatif menambahkan hobi fotografi adalah keputusan yang baik, tetapi menambahkan kecintaan Anda pada jalan kaki mungkin tidak akan membantu lamaran Anda.

6. Referensi

Sertakan hingga dua referensi jika diminta. Jika tidak, ucapkan “referensi tersedia jika ada permintaan”, tetapi pastikan Anda memiliki beberapa daftar referensi tersedia.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Tips CV untuk Fresh Graduate

Bagaimana agar CV Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan Pertama? atau anda bingung karena butuh beberapa tips CV untuk Fresh graduate? Menulis CV untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama adalah langkah penting dalam karier Anda.

Jika Anda ingin melangkahkan kaki Anda ketika melamar pekerjaan, Anda perlu menuliskan keahlian khusus dan pengalaman perkerjaan yang relevan sesuai dengan apa yang anda lamar.

Tips CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Masalahnya adalah, ini bisa terasa rumit jika Anda seorang fresh graduate dan Anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja untuk ditampilkan.

Tidak hanya itu, tetapi seringkali keterampilan menulis CV yang sangat penting ini tidak diajarkan secara efektif selama Anda berada di dunia pendidikan.

Tapi jangan takut, dalam panduan ini kami akan berbagi dengan Anda, dimana kami akan memberikan 6 tips terbaik kami untuk menulis CV bagi fresh graduate yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati, luangkan waktu Anda saat menulis CV Anda dan selalu koreksi lamaran Anda beberapa kali sebelum mengirimkan.

1. Gunakan deskripsi pekerjaan untuk membantu

Saat Anda menulis CV fresh graduate apa pun, deskripsi pekerjaan akan menjadi salah satu alat yang paling berguna.

Sebelum Anda mulai menulis, luangkan waktu untuk membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat. Soroti keterampilan, kualifikasi, atau pengalaman utama apa pun yang dicari pemberi kerja. Tentu saja, hanya yang sesuai dengan Anda.

Ini penting karena Anda dapat menyoroti hal itu kemudian menggunakan kata kunci ini di seluruh CV fresh graduate Anda untuk membantu perekrut dengan cepat mengidentifikasi bahwa Anda cocok untuk jabatan tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa mereka hanya akan menghabiskan antara tujuh hingga 10 detik untuk memindai dokumen Anda, jadi mereka harus dapat melihat dengan sangat cepat dan mudah apakah Anda sudah sesuai dengan yang mereka cari.

  1. Jangan buang ruang dengan informasi yang tidak relevan.
  2. Tambahkan contoh nyata dari pencapaian Anda jika memungkinkan.
  3. Mulailah dengan profil pribadi yang kuat.
  4. Jelaskan apa yang dapat Anda bawa ke perusahaan yang membuat Anda menonjol.
  5. Selalu tambahkan surat lamaran, meski tidak diminta secara eksplisit.

2. Prioritaskan pendidikan Anda

Ada banyak cara berbeda untuk memformat CV Anda, dan seringkali hal ini bergantung pada posisi Anda dalam karier, industri tempat Anda bekerja, dan latar belakang pendidikan Anda.

Sebagai seorang fresh graduate, Anda mungkin tidak memiliki banyak pengalaman untuk disoroti. Oleh karena itu, seringkali yang terbaik adalah memprioritaskan bagian pendidikan Anda. Oleh karena itu, struktur CV fresh graduate Anda adalah sebagai berikut:

  • Deskripsi tentang diri anda, tunjukan bahwa keahlian yang anda punya sesuai dengan pekerjaan tersebut.
  • Detail kontak
  • Profil pribadi
  • Pendidikan
  • Pengalaman kerja/organisasi
  • Keterampilan dan prestasi
  • Hobi dan ketertarikan

Pastikan untuk membuat daftar jenjang pendidikan yang Anda tempuh dan nilai yang Anda capai. Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan modul atau kelas apa pun yang Anda ikuti, yang Anda yakini relevan dengan jabatan yang Anda lamar.

3. Sertakan pengalaman kerja apa pun

Anda mungkin pernah bekerja paruh waktu, ikut serta dalam pengalaman organisasi di sekolah, atau bahkan melakukan pekerjaan sukarela di masa lalu.

Semua ini dapat dimasukkan di bawah bagian pengalaman kerja Anda di CV fresh graduate Anda, dan harus digunakan untuk menampilkan keterampilan apa pun yang telah Anda pelajari. Pastikan pengalaman yang anda cantumkan pada CV relevan dengan jabatan yang anda lamar.

Anda harus memberikan nama tempat Anda bekerja dan tanggal Anda bekerja di sana. Kemudian di bawahnya uraikan secara singkat tanggung jawab utama dari jabatan tersebut.

4. Bicarakan tentang hobi dan minat Anda

Bagian hobi dan minat Anda bersifat opsional, tetapi ini bisa sangat membantu jika Anda adalah siswa dengan sedikit pengalaman kerja.

Manfaatkan kesempatan ini untuk membicarakan kegiatan ekstrakurikuler atau hobi yang Anda lakukan di rumah yang mungkin relevan dengan jabatan tersebut.

Anda dapat menggunakan ini untuk lebih mendemonstrasikan keterampilan Anda yang dapat ditransfer dan keterampilan lain yang telah Anda pelajari dari mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Baca juga: 7 Trik Agar Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate atau Non Pengalaman

5. Jangan berbohong atau membesar-besarkan

Anda mungkin tergoda untuk berbohong atau melebih-lebihkan untuk membantu Anda menemukan pekerjaan pertama Anda, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja atau nilai Anda lebih rendah dari yang diharapkan.

Tetapi ini adalah kesalahan besar dan Anda tidak boleh melakukannya. Kebenaran akan selalu terungkap pada akhirnya dan ini dapat menyebabkan masalah bagi Anda dan beberapa wawancara yang sangat canggung di masa mendatang.

Jadi, yang terbaik adalah selalu jujur.

6. Ikuti aturan pemformatan dasar

Last but not least, Anda perlu memastikan Anda sudah menggunakan format dasar CV dengan benar sehingga mudah bagi perekrut untuk memindai dan mencerna informasi. Beberapa aturan utama dalam memformat CV fresh graduate Anda adalah:

  • CV Anda tidak boleh lebih dari dua halaman A4, sebagai fresh graduate Anda mungkin dapat membuat hanya satu halaman.
  • Gunakan sub-judul dan poin-poin untuk membantu memecah informasi dan membuatnya lebih mudah dibaca
  • Jangan gunakan font yang mengganggu dan jangan membuatnya terlalu besar atau kecil (Ariel ukuran 12 atau Times New Roman bisa membantu)
  • Jangan gunakan margin kecil untuk mengisi halaman dengan teks, ingat spasi juga penting

Apa yang Harus di Tulis pada Profil Pribadi CV?

Mulailah dengan menyatakan siapa Anda dalam bentuk pengantar singkat. Boleh saja menulis profil pribadi dalam bentuk apa pun, asalkan konsisten.

Jelaskan apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan, dan mungkin sebutkan tujuan karier Anda jika relevan dengan perusahaan atau industri. Meskipun perekrut biasanya memindai CV Anda, mereka selalu membaca semua profil pribadi. Buat ini berarti.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

1. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Lucu

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

2. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kreatif

10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 1

3. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Digital Marketing

10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 2

4. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Simple

10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 3

5. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman dengan pengalaman organisasi

10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 4

6. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Klasik10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 5

Sekian artikel berjudul Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!