Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Bagaimana Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate? Saat membuat template CV untuk anda yang masih fresh graduate, ingatlah bahwa Anda memiliki keunggulan dalam kualifikasi, yang dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan pengalaman.

Ide di balik CV adalah untuk memungkinkan atasan menganalisis latar belakang dan pengalaman Anda untuk menentukan kesesuaian Anda untuk suatu jabatan. Sebagian besar perekrut di Indonesia meminta CV dan surat lamaran. Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang struktur dan format yang tepat.

Bagaimana Seharusnya Seorang Fresh Graduate Menulis CV?

Meskipun mungkin bukan ‘content is king‘ ketika menulis CV Anda, setidaknya anda perlu menjadikannya ujung tombak. Tujuan Anda adalah untuk menggambarkan dengan jelas dan mengkomunikasikan keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda kepada pembaca.

Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Karena setiap CV harus disesuaikan dengan jabatan yang dimaksud, Anda mungkin harus membuat perubahan pada garis besar dan konten. Misalnya, CV berbasis keterampilan mungkin bekerja lebih baik jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman.

Ingat, manajer HRD memindai aplikasi Anda terlebih dahulu. Akibatnya, Anda perlu menyusun CV Anda dengan cara yang mudah dibaca. Ini berarti poin-poin, judul, dan subpos. Gunakan kata-kata tindakan seperti terorganisir, dikelola, dan dikembangkan. Pastikan untuk memeriksa CV Anda bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Bagaimana Anda Menyusun CV Fresh Graduate?

Anda mungkin akan diberi tahu bahwa tidak ada cara yang salah untuk menyusun CV. Jangan percaya semua yang Anda baca. Suka atau tidak, perekrut lebih suka struktur yang sudah dicoba dan tepercaya yang sudah ada.

Hari ini, kami akan fokus pada CV berbasis Skill daripada versi kronologis yang lebih umum. Alasannya adalah fresh graduate cenderung memiliki pengalaman kerja yang lebih sedikit.

Struktur dan Format CV Fresh Graduate

Contoh dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Seperti namanya, CV berbasis Skill menekankan pada keterampilan Anda yang dapat di aplikasikan pada pekerjaan berbeda dengan riwayat pekerjaan. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda memiliki sedikit pengalaman yang relevan dalam suatu industri, ingin mengubah karier, atau berharap untuk mengubah minat menjadi pekerjaan.

1. Profil pribadi

Setelah memasukkan detail pribadi Anda, langkah selanjutnya adalah memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda, apa yang Anda cari, dan apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan. Pastikan Anda menyoroti keterampilan Anda yang paling kuat, dan paling relevan, di CV.

2. Keterampilan Utama

Lihat deskripsi pekerjaan dan tentukan keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja. Cobalah dan temukan lima yang cocok agar bisa anda masukan kedalam CV. Ide yang bagus adalah memasukkan poin-poin di bawah setiap keterampilan untuk memberikan contoh nyata saat Anda menggunakannya.

3. Sejarah Pendidikan

Jika Anda lulusan dengan sedikit pengalaman kerja, Anda boleh menambahkan detail tambahan seperti modul dan mata pelajaran yang dipelajari, jika berhubungan dengan pekerjaan.

4. Riwayat Pekerjaan

Bagian riwayat pekerjaan dari CV berbasis Skill lebih pendek daripada di bagian chronological. Jika Anda telah menulis bagian keterampilan yang terperinci, buat yang ini lebih pendek. Pastikan Anda memasukkan jabatan, tanggal, prestasi, dan tugas, jika memungkinkan. Riwayat pekerjaan bisa diisi pengalaman magang ataupun KKN.

5. Hobi dan minat

Ini BUKAN bagian wajib. Dengan segala cara, sertakan hobi yang menunjukkan minat Anda pada industri tempat Anda berada, seperti jika anda melamar di Industri kreatif menambahkan hobi fotografi adalah keputusan yang baik, tetapi menambahkan kecintaan Anda pada jalan kaki mungkin tidak akan membantu lamaran Anda.

6. Referensi

Sertakan hingga dua referensi jika diminta. Jika tidak, ucapkan “referensi tersedia jika ada permintaan”, tetapi pastikan Anda memiliki beberapa daftar referensi tersedia.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (Template CV) dan Menulis Surat Lamaran

Tips CV untuk Fresh Graduate

  1. Jangan buang ruang dengan informasi yang tidak relevan.
  2. Tambahkan contoh nyata dari pencapaian Anda jika memungkinkan.
  3. Mulailah dengan profil pribadi yang kuat.
  4. Jelaskan apa yang dapat Anda bawa ke perusahaan yang membuat Anda menonjol.
  5. Selalu tambahkan surat lamaran, meski tidak diminta secara eksplisit.

Apa yang Harus di Tulis pada Profil Pribadi CV?

Mulailah dengan menyatakan siapa Anda dalam bentuk pengantar singkat. Boleh saja menulis profil pribadi dalam bentuk apa pun, asalkan konsisten.

Jelaskan apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan, dan mungkin sebutkan tujuan karier Anda jika relevan dengan perusahaan atau industri. Meskipun perekrut biasanya memindai CV Anda, mereka selalu membaca semua profil pribadi. Buat ini berarti.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!