Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter? Di industri inovatif pasti sudah tidak asing lagi dengan karir yang satu ini yaitu Copywriter.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter

Istilah ini digunakan untuk beberapa orang yang berprofesi sebagai penulis konten. Intinya adalah untuk menginformasikan atau mempromosikan sesuatu.

Saat ini, bekerja di departemen copywriting yang inovatif adalah tugas yang cukup bergengsi dan disukai banyak orang. Biasanya tugas seorang copywriter adalah membuat atau menulis konten inovatif yang bisa dikatakan copywriting untuk digital marketing.

Yang memiliki tujuan untuk mempromosikan, memperkenalkan atau menginformasikan suatu hal.

Meskipun sama-sama menulis , pekerjaan seorang copywriter berbeda dari seorang content writter atau narasi fiksi.

Karier copywriter adalah tugas yang membutuhkan keterampilan digital milenial (KDM), kreativitas, keterampilan menulis yang baik dan dapat membuat kalimat persuasif.

Jadi copywriter bisa diimplementasikan dengan berlatih menulis, mempelajari taktik dan terus berkarya.

A. Pengertian Copywriter

Copywriter adalah karir yang bekerja pada penulisan teks dengan tujuan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu produk atau jasa.

Tapi itu tidak bisa dibandingkan dengan Content Writer. Masalahnya adalah keduanya memiliki tanggung jawab lain.

Tahun-tahun ini, karir ini telah menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang paling disukai. Hal ini dikarenakan perubahan dalam bisnis dan dunia digital bergerak dengan cepat. Akhirnya, pelaku industri inovatif menyatukan keduanya.

Ditambah lagi sekarang sebuah perusahaan atau brand sudah mengetahui bahwa melakukan pemasaran secara online menjadi prioritas. Hal ini membuat sosok Copywriter sangat dicari. Namun tentunya untuk mengisi posisi tersebut dibutuhkan kemampuan dan skill khusus.

Di perusahaan besar, karier ini umumnya berdampingan dengan banyak pengembang backend karena kedua tugas ini terkait erat.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

B. Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter

Dari definisi tersebut kemungkinan Anda dapat menghubungkan apa jobdesk dari tugas ini. Namun pada intinya, apa yang dilakukan karyawan tersebut tidak sesederhana menulis saja. Berikut adalah beberapa pekerjaan dan tanggung jawab.

  • Tugas copywriter yaitu membuat konten yang inovatif.
  • Membuat konten yang sama sesuai dengan target pasar.
  • Tugas copywriter yaitu melakukan analisis.
  • Perhatikan pergerakan media sosial.

Dengan detail sebagai berikut

Tugas Copywriter

Pekerjaan dan tugas copywriter penting saat membuat taktik pemasaran digital. Karena berhubungan langsung dengan nama perusahaan atau brand image.

Oleh karena itu, seorang copywriter harus berhati-hati dan tulisannya dapat dipertanggungjawabkan.

1. Membuat Konten Iklan yang Inovatif dan Menarik

Intinya, pekerjaan seorang copywriter bukan hanya sekedar Menguasai Copywriting untuk Meningkatkan Pemasaran atau membuat iklan. Lebih dari itu, Anda juga bisa membuat konten informasi untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Namun, sebagian besar copywriter bekerja untuk membuat konten iklan yang inovatif dan menarik. Konten ini harus bersifat persuasif karena ditujukan untuk memasarkan atau memperkenalkan produk atau jasa dari perusahaan.

Selanjutnya, tanggung jawab copywriter adalah bekerja tepat waktu atau berdasarkan tenggat waktu. Jangan sampai konten yang dibuat tidak aktual, karena akan sulit menarik pembaca atau pelanggan.

2. Membuat Traffic Website

Banyak perusahaan menggunakan web sebagai media untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa mereka.

Nah, tugas seorang copywriter tidak hanya membuat konten yang menarik, tetapi juga mampu meningkatkan traffic web perusahaan berdasarkan konten tersebut.

Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi web, baik itu halaman yang dilihat atau durasi waktu pengunjung membaca halaman tersebut.

3. Lakukan Penilaian

Sebelum membuat konten berkualitas, tugas copywriter adalah mengevaluasi atau mengamati produk.

Hal ini bertujuan agar isinya informatif dan sesuai dengan sasaran atau rumor yang terjadi. Selain itu, seorang copywriter juga harus mengenali kekurangan atau kelebihan dari produk yang akan dipromosikan.

4. Harus bisa beradaptasi

Seorang copywriter harus bisa menjadi siapa saja. Dengan kata lain, Anda bisa menyesuaikan profil atau identitas yang dicontohkan.

Misalkan Anda membuat konten produk untuk remaja, oleh karena itu Anda harus memposisikan diri Anda sebagai remaja.

Itu sebabnya pekerjaan seorang copywriter sulit tetapi mudah. Anda juga harus jeli dalam melakukan pengamatan atau penilaian, dan upaya penguatan Konten Digital dengan mempelajari Copywriting secara terus menerus.

Misalkan Anda membuat konten produk untuk remaja, oleh karena itu Anda harus mencari tahu apa yang sedang tren di kelompok remaja.

Selanjutnya produk apa saja yang digandrungi dan dibutuhkan oleh anak muda masa kini dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang pas dan bisa menarik banyak penggemar.

5. Ketahui Ketentuan Berbagai Media Sosial

Seorang copywriter juga harus mengetahui keputusan yang diambil dari berbagai media sosial. Karena setiap media sosial memiliki karakter tertentu dalam menyajikan konten iklan.

Misalkan jumlah kata atau karakter di media sosial Twitter dengan Instagram memiliki batasan lain. Pembuatan konten iklan pada sebuah website atau web umumnya lebih lengkap dan panjang.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Content Creator Tiktok

C. Gaji dan Tunjangan Copywriter

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter

Gaji seseorang yang berprofesi sebagai Copywriter umumnya berkisar Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000 / bulan. Tetapi angka itu bisa berbeda dari yang Anda dapatkan, baik lebih rendah atau lebih tinggi. Hal ini karena tergantung pada faktor.

Harus dipahami bahwa setiap perusahaan memiliki angka standar untuk masalah upah. Ini berlaku untuk bagian Copywriter. Sehingga dapat dikatakan jika pihak perusahaan memegang kendali penuh dalam berapa besaran gaji yang akan diberikan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memilih untuk mengajukan lamaran kerja, pastikan terlebih dahulu nominal upahnya. Namun, selama ini ada Copywriter yang bersifat freelance atau independen. Dengan demikian pendapatan tidak tergantung pada perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Content Writer

D. Persyaratan dan Kualifikasi Copywriter

Sebelum memilih untuk menempuh karir ini, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Apalagi dalam soal kategorisasi yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan atau pihak lain. Berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Biasanya, pendidikan yang dibutuhkan untuk isi posisi ini yaitu SMA/SMK sederajat. Namun yang diutamakan adalah lulusan S1 jurusan ilmu komunikasi. Memiliki pengalaman dan sertifikat tambahan di bidang penulisan menjadi poin utama.

2. Skill dan Kemampuan

Keterampilan yang dibutuhkan dalam berkarir tentu saja menjadi kekuatan saat menulis. Entah berkreasi atau mencari ide sampai proses. Selain itu, diperlukan pengetahuan komunikasi bagi karyawan. Terakhir kali kekuatan dalam memahami taktik Pemasaran.

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Copywriter

Karier ini bukanlah jenis tugas yang bisa disebut mudah. Hal ini membuat prosesnya juga cukup sulit, kecuali pada tahap wawancara. Berikut beberapa bocoran pertanyaan yang bisa Anda persiapkan sebelum menghadapi proses wawancara.

  • Kesalahan terbesar sepanjang perjalanan karir.
  • Hal-hal yang telah dilakukan sebelum menulis.
  • Pengetahuan tentang hal-hal yang SEO-Friendly.
  • Alasan mengambil dan menyukai posisi ini.
  • Aspek khusus dari copywriting.
  • Pengalaman sepanjang karir.

Baca juga: Cara Menjadi Content Writer

Kesimpulan

Itu saja review tentang Copywriter yang disebut-sebut sebagai salah satu karir di industri inovatif. Kami berharap apa yang disampaikan  kali ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi untuk menjadi seorang Copywriter.

Bagi Anda yang ingin terjun di sektor tersebut sebaiknya persiapkan diri Anda terlebih dahulu. Apa lagi yang lembut. Kemampuan dan kekuatan lainnya.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas Copywriter, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.