Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Bagaimana Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja? Memutuskan untuk berkarir atau bekerja saat masih menempuh pendidikan seperti kuliah, tentu membuat Anda memiliki banyak kendala terutama masalah waktu.

Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Membagi waktu dengan memprioritaskan kedua aktivitas tersebut secara beririringan memang tidaklah mudah. Nah, untuk itu yuk intip beberapa tips atau cara kuliah sambil kerja yang efektif dan manfaat yang dihasilkan dari kuliah sambil bekerja.

A. Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

1. Tetap Utamakan Prioritas

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan tetap mengutamakan skala prioritas. Tentukan dengan bijak skala prioritas antara kuliah dan pekerjaan.

Setiap orang memiliki presentase skala dan alasan masing-masing dalam mengambil dua keputusan tersebut. Jika bekerja menjadi prioritas utama bagi Anda, maka Anda harus bisa mengatur waktu masuk kuliah.

Sedangkan jika prioritas utama Anda adalah belajar atau kuliah, maka pastikan jika pekerjaan yang diambil tidak menyusahkan Anda dan bisa menyesuaikan jam libur kuliah.

Terlebih jika Anda masuk perguruan tinggi negeri reguler, alangkah baiknya jika mencari pekerjaan yang sesuai dengan jadwal libur kuliah. Hal itu sebagai alternative yang tepat agar kuliah dan kerja bisa berjalan seiringan.

2. Komunikasi Lebih Intens dengan Perusahaan

Tips berikutnya yang tak kalah penting yaitu, komunikasi lebih intens dengan perusahaan atau tempat Anda bekerja. Jadi, ketika Anda memilih bekerja sambil kuliah sebaiknya pastikan jika perusahaan mengetahui hal tersebut.

Sebab, jika Anda harus mengikuti berbagai kegiatan dikampus seperti sidang skripsi, mengikuti UAS, dan yang lainnya , maka atasan bisa memaklumi hal tersebut dan Anda diperbolehkan untuk ijin cuti atau libur.

3. Manajemen Waktu

Selain pentingnya komunikasi, tips yang tak kalah penting lainnya yaitu pandai-pandailah mengatur waktu atau memanajemen waktu.

Keputusan bekerja sambil kuliah mengharuskan Anda agar lebih bijak dalam mengatur dan membagi waktu dengan baik. Pastikan jika keduanya berjalan secara lancar antara tugas dalam bekerja dan kewajiban dalam belajar.

Memang tidak begitu mudah dalam mengatur waktu apalagi kuliah sambil bekerja, namun setidaknya carilah pekerjaan yang bisa menyesuaikan jadwal kuliah seperti pekerjaan freelance dan yang lainnya.

Pekerjaan tersebut dianggap sebagai metode atau cara kuliah sambil kerja yang efektif dan lebih efisien. Karena dengan bekerja secara freelance juga cenderung lebih fleksible dalam mengatur waktu.

4. Tetap Mempertahankan Nilai Kuliah

Tips berikutnya jika Anda memilih untuk berkarir sambil kuliah adalah tetap pertahankan nilai –nilai setiap mata kuliah Anda. Jika prioritas utama Anda adalah belajar, maka jangan sampai Anda mengorbankan kualitas nilai atau tugas kuliah Anda semakin menurun.

Sebab jika nilai Anda turun, maka itu juga berdampak terhadap kelulusan kuliah dan makin menambah beban biaya kuliah Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja harus pintar mengatur waktu dan mempertahankan nilai kuliah agar tidak merugikan diri sendiri.

Meski dinilai jika kenyamanan dalam bekerja jauh lebih baik, tapi tetaplah ingat dengan tujuan utama Anda yaitu belajar atau kuliah. Jangan sampai lengah akibat terlalu keasyikan dalam bekerja dan lupa akan kewajiban utamanya dalam belajar.

5. Tetap Jaga Performa dalam Bekerja

Yang kelima ada tips agar kuliah sambil bekerja tetap seimbang dan berjalan dengan lancar yaitu tetap jaga performa dalam bekerja.

Karena tanggung jawab Anda dalam masalah perkuliahan, maka jangan sampai menggangu performa Anda juga dalam bekerja. Seperti menunda tugas dalam pekerjaan, sebisa mungkin selesaikan tugas dan kewajiban dalam bekerja.

6. Manfaatkan Waktu Istirahat

Tips ini juga masih berkaitan dengan menjaga performa dalam bekerja, Anda juga perlu memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat.

Mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja tentu membuat Anda harus mengatur waktu seefisien mungkin. Untuk itu, manfaatkan waktu luang tersebut untuk beristirahat atau dengan berolahraga agar tubuh Anda tetap bugar meski menjalani berbagai aktivitas.

Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, dengan memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat juga bermanfaat meningkatkan performa dalam bekerja dan meningkatkan fokus Anda dalam belajar.

Untuk itu perlu bagi Anda mempertimbangkan segala hal sebelum mengambil keputusan tersebut. Jangan sampai kuliah atau bekerja menjadikan alasan Anda ketika mengalami tidak enak badan atau sakit.

B. Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

1. Translator

Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Pekerjaan yang satu ini bisa dijadikan alternatif pilihan pekerjaan yang bisa dijalankan sambil kuliah. Terlebih jika pekerjaan ini juga berkaitan dengan pendidikan yang ditempuh.

Hal ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbahasa asing. Menjadi translator juga salah satu pekerjaan yang tidak menguras banyak waktu, bahkan bisa Anda kerjakan di rumah.

2. Bisnis Online

Jenis pekerjaan freelance yang satu ini bisa Anda coba dan lakukan selama menempuh pendidikan atau saat berkuliah. Dengan menggunakan ponsel atau smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis online sebagai tambahan dalam mencari pengahasilan. Anda bisa melakukan sistem dropship atau menjadi reseller untuk menjalankan bisnis tersebut.

3. Copy Writer

Memilih bekerja sebagai copy writer juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin bekerja sambil kuliah. Semakin berkembangnya dunia teknologi, profesi tersebut juga banyak dicari berbagai perusahaan untuk meningkatkan penjualan produknya.

Selain itu, selain mendapat penghasilan tambahan, bagi Anda yang gemar menulis juga sangat bermanfaat bagi penyaluran hobi yang juga menghasilkan uang.

4. Content Creator

Jenis pekerjaan yang satu ini juga bisa dilakukan sembari menempuh pendidikan seperti kuliah. Dengan hanya membutuhkan kekreatifitasandan ide-ide menarik, Anda bisa menjadi content creator dengan terjun untuk menjadi seorang vloger maupun youtuber.

Namun, Anda harus sering membuat konten-konten menarik agar banyak dilihat oleh para viewers. Semakin banyak viewers yang melihat, maka semakin banyak pula penghasilan Anda.

Baca juga: Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa

C. Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

1. Terbiasa Mengelola Waktu dengan Baik

Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika menjalankan sebuah pekerjaan sambil menempuh pendidikan yaitu, Anda akan terbiasa dalam mengelola waktu dengan baik dan lebih efisien.

Terbiasa dalam memanajemen waktu juga membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam hal apapun. Dan karakter disiplin tersebut sangat bagus untuk menunjang perkembangan karir di masa depan.

2. Memiliki Pengalaman Kerja Setelah Lulus

Setelah lulus atau freshgraduate akan dihadapkan persayratan tertentu seperti,  pengalaman kerja yang menjadi pertimbangan juga persyaratan yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan kepada calon karyawannya.

Hal ini tentu membawa manfaat dan pengaruh besar pada Anda yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah. Karena pengalaman dalam bekerja sering menjadi nilai plus bagi instansi atau perusahaan dalam mencari karyawan.

Baca juga: Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok untuk Mahasiswa

3. Terlatih Lebih Mandiri

Manfaat atau keuntungan yang Anda dapatkan jika kuliah sambil bekerja yaitu semakin terlatih lebih mandiri secara finansial atau keuangan.

Karena dengan bisa menghasilkan uang sendiri, anda juga lebih leluasa dalam menggunakan uang tersebut. Meski demikian, Anda juga sebaiknya jangan terlalu boros dan lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan agar bisa digunakan di masa depan.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih sebuah keputusan untuk menjalankan kuliah sambil bekerja.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan selagi Anda masih bisa membagi waktu antara tanggung jawab dalam pekerjaan dan kewajian dalam belajar.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda yang ingin melakukan kuliah sambil bekerja.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.