10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Bagaimana Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah? Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan di perguruan tinggi.

Kalaupun memang sebenarnya bagusnya bekerja tidak sesuai jurusan, sebenarnya tidak ada salahnya mencoba pekerjaan berbeda jurusan.

Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Bagaimana Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah? Apakah bisa kerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah? Tentu saja bisa.

Kini banyak sekali fresh graduate yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Bahkan tidak jarang pula orang yang memang sengaja mencari pekerjaan di luar disiplin ilmunya. Simak beberapa tips agar sukses bekerja tidak sesuai jurusan kuliah berikut.

1. Memilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Potensi Diri

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Tips sukses bekerja tidak sesuai jurusan pertama adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri.

Mencari pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari selama perkuliahan.

Biasanya banyak orang yang lebih memilih bekerja tidak sesuai jurusan kuliahnya, karena dianggap lebih mudah masuknya atau pekerjaan tersebut merupakan impiannya sejak dahulu.

Sebelum memutuskan pekerjaan tersebut, ada baiknya anda harus mengetahui bidang apa yang anda sukai.

Hindari untuk memilih pekerjaan sembarangan, karena Anda harus melihat dan memahami potensi yang ada pada diri anda terlebih dahulu. Usai mengetahuinya, barulah cari tahu apa yang anda sukai untuk dijadikan kelebihan anda.

Misalnya saja anda menyukai bertemu dengan orang orang baru, maka anda bisa mencoba melamar di posisi marketing atau public relation.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Asosiasi Kampus Amerika menyatakan bahwa, 93 persen perusahaan lebih fokus terhadap kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah.

Bahkan banyak pula perusahaan yang tidak terlalu mementingkan jurusan atau disiplin ilmu yang dikuasai oleh calon pegawainya.

Tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini bisa dimanfaatkan dengan baik, karena saat ini banyak pekerjaan yang cukup kompleks dan menuntut pegawainya untuk bisa menguasai banyak bidang.

Baca juga: 27 Prospek Kerja Teknik Informatika Setelah Lulus Kuliah

2. Mengikuti Program Internship dan Pelatihan

Tips sukses bekerja tidak sesuai jurusan kedua adalah mengikuti program internship dan pelatihan.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan di perkuliahan memang terkadang menyulitkan.

Hal ini dikarenakan terkadang terdapat seseorang yang belum memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni pada bidang yang dimasuki. Agar anda bisa memasuki pekerjaan tersebut, cara terbaik yaitu dengan melakukan pengembangan diri.

Pengembangan diri yang dimaksud bisa melalui berbagai cara seperti internship atau magang dan pelatihan.

Anda tak perlu khawatir susah menemukannya, karena kini banyak perusahaan yang menawarkan program magang kepada para lulusan baru ataupun mahasiswa tingkat akhir.

Kemudian anda pula bisa memilih posisi yang diinginkan dan belajar saat proses magang berlangsung.

Bahkan tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah, juga bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan online maupun offline tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi anda yang sedang mencari pekerjaan.

Biasanya pelatihan tersebut akan memberikan sertifikat yang bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan.

3. Memperluas Jaringan atau Networking

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Tips sukses bekerja tidak sesuai jurusan ketiga yaitu memperluas jaringan atau networking.

Terlepas dari disiplin ilmu yang dipelajari selama masa perkuliahan, dengan membangun hubungan sosial dengan orang lain akan sangat membantu anda di masa depan.

Tak hanya mendapatkan informasi lowongan kerja saja, dengan adanya banyak relasi juga anda bisa mendapatkan ilmu mengenai pekerjaan yang anda idamkan.

Oleh karena itu anda diperlukan untuk menambah relasi sebanyak mungkin dengan orang orang dari berbagai profesi.

Sebenarnya proses pencarian relasi atau networking ini bisa dilakukan sebelum ataupun setelah lulus dari perkuliahan.

Mengingat di bangku perkuliahan, anda akan dipertemukan dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda beda.

Selain mencari relasi di sekitar kampus, tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini pun bisa dilakukan dengan memperluas jaringan melalui media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan anda bisa mengunduh aplikasi khusus untuk para pencari kerja misalnya saja LinkedIn, Jobstreet, atau yang lainnya.

4. Membuat Curriculum Vitae yang Cocok dengan Pekerjaan yang Dilamar

Tips sukses bekerja tidak sesuai jurusan selanjutnya yaitu dengan membuat curriculum vitae yang cocok dengan pekerjaan yang dilamar.

Curriculum Vitae atau yang sering disebut dengan CV ini merupakan suatu hal yang sangat penting ketika akan melamar suatu pekerjaan pada perusahaan tertentu.

Sebab di dalam CV tersebut dicantumkan latar belakang seorang pelamar mulai dari biodata diri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, hingga keahlian yang dikuasai.

Dalam proses pencarian kerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah, anda diperlukan untuk membuat CV yang cocok dengan pekerjaan yang dilamar.

Maksudnya, anda tidak diperbolehkan membuat satu CV untuk semua jenis posisi pekerjaan yang akan dilamar. Hal tersebut diklaim tidak efektif karena bisa “mengubur” potensi yang spesifik.

Cobalah untuk membuat CV sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Misalnya saja anda ingin melamar di posisi marketing atau public relation, maka isi dalam CV tersebut harus sesuai.

Jika perlu anda bisa menambahkan skill atau informasi tambahan yang bisa mendukung pekerjaan tersebut.

Cara satu ini dianggap ampuh untuk mempermudah anda mendapatkan kerja tidak sesuai jurusan.

Selain CV,  pada tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini pula bisa dilakukan dengan melampirkan cover letter.

Biasanya cover letter berperan untuk melengkapi dan menjelaskan apa yang anda tulis di dalam CV, bahwa anda menginginkan posisi pekerjaan yang dilamar dan meyakinkan perusahaan untuk memilih anda sebagai pegawainya.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

5. Memanfaatkan Apa yang Telah Dipelajari Selama di Kampus

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Tips sukses bekerja tidak sesuai jurusan terakhir yaitu memanfaatkan apa yang dipelajari di kampus.

Selama berada di kampus, kegiatan tidak hanya tertuju pada proses pembelajaran saja.

Karena terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan mengikuti segala kegiatan di beberapa organisasi baik itu intra maupun ekstra.

Adanya beberapa organisasi di kampus tersebut sangat mendukung minat yang anda miliki untuk dikembangkan.

Tak hanya itu saja, anda pula bisa membentuk sebuah komunitas ataupun usaha baru dengan beberapa teman anda.

Bahkan status sebagai mahasiswa tersebut pula bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai pelatihan ataupun seminar.

Jika anda bisa menggunakan berbagai fasilitas kampus tersebut, ada kemungkinan bahwa hal tersebut membantu anda sukses di masa depan.

Mengembangkan minat dalam sebuah organisasi tersebut juga bisa anda gunakan untuk memudahkan anda melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan.

Misalnya saja anda mengikuti organisasi jurnalistik di kampus, maka hal tersebut bisa anda manfaatkan dengan melamar pekerjaan di bidang jurnalistik meskipun jurusan anda bukan di bidang itu.

Bahkan tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini juga bisa anda cantumkan pada Curriculum Vitae yang diserahkan untuk melamar pekerjaan.

Biasanya pengalaman organisasi tersebut digunakan oleh pihak perusahaan untuk mempertimbangkan apakah anda layak untuk diterima sebagai pegawai atau tidak.

Bekerja tidak sesuai dengan jurusan bukanlah hal yang salah ataupun memalukan, karena tidak ada yang tahu jalan kesuksesan setiap orang.

Meskipun demikian, jika anda ingin bekerja sesuai dengan jurusan juga tidak dipermasalahkan apalagi anda telah memiliki ilmu yang cukup.

Oleh karena itu manfaatkanlah dengan baik masa kuliah anda untuk memperluas jaringan serta mengasah keterampilan.

Baca juga: 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Berikut adalah alasan mengapa Anda tidak perlu khawatir jika pekerjaan Anda tidak sesuai dengan jurusan kuliah Anda!

1. Kesempatan untuk belajar hal baru

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Alasan pertama Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu kesempatan untuk belajar hal baru.

Belajar membantu Anda lebih terbuka terhadap perubahan. Dengan memperbaiki pola pikir ini, Anda dapat mempelajari beberapa hal baru yang nantinya akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam karier dan tempat kerja Anda.

Mempelajari hal-hal dan keterampilan baru juga penting untuk memajukan profesi lebih lanjut.

Ini menawarkan berbagai opsi pencarian untuk diambil dan membantu Anda mengembangkan teknik baru untuk dengan cepat mengikuti dunia yang berbeda.

2. Jurusan Hanyalah Persyaratan

Alasan kedua Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu jurusan hanyalah persyaratan.

Bahkan, ada tugas-tugas tertentu yang membutuhkan keterampilan linier pada tingkat tertentu, seperti: Keahlian teknik, arsitektur dan komputer.

Namun secara umum, jurusan studi tidak berdampak pada keberhasilan profesi yang Anda bangun.

Di masa lalu, kemungkinan gelar adalah hal yang penting dan istimewa. Sementara itu, bagaimanapun, gelar biasanya hanya digunakan sebagai prasyarat di dunia kerja.

Sementara pekerjaan Anda kemungkinan besar akan membutuhkan gelar sarjana, bidang pekerjaan yang diambil bisa apa saja.

Menurut penelitian terbaru, 62% lulusan perguruan tinggi bekerja di bidang yang membutuhkan gelar, tetapi hanya 27% lulusan yang bekerja di pekerjaan terkait perguruan tinggi.

Ini menunjukkan bahwa Anda juga bisa sukses dengan tugas-tugas yang tidak sesuai dengan kursus.

3. Kemampuan untuk Memperbaiki Jurusan yang Salah

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Alasan ketiga Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu kemampuan untuk memperbaiki jurusan yang salah.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda memilih jurusan tertentu dalam studi Anda, meskipun Anda tidak terlalu tertarik untuk bekerja di bidang ini.

Jika Anda merasa tidak cocok bekerja di bidang tempat Anda berada, anda dapat belajar dan terus berkembang dari waktu ke waktu dan tidak dapat diabaikan.

Alih-alih menyesalinya, cobalah untuk benar-benar memikirkan lingkungan mana yang paling Anda sukai untuk bekerja.

Penting untuk mengenali mengapa Anda tidak puas dengan jurusan karier Anda saat ini sehingga Anda dapat mengambil langkah berikutnya.

Bisa jadi Anda tidak puas karena budaya kantor yang tidak sesuai, pekerjaan sehari-hari yang tidak sesuai, atau keseimbangan kehidupan kerja.

Memahami apa yang diperlukan untuk bahagia di tempat kerja dapat membantu Anda mengidentifikasi status dan pekerjaan apa yang terbaik untuk Anda.

Jika jawabannya adalah mengerjakan bidang yang berbeda dari jurusan, itu seharusnya tidak menjadi masalah.

Ini bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dan menginspirasi Anda lebih banyak lagi untuk bekerja di bidang yang Anda sukai.

4. Kebutuhan Pekerjaan dapat Bervariasi

Alasan selanjutnya Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu kebutuhan pekerjaan dapat bervariasi.

Persyaratan profesional dapat berbeda dari yang ada di kuliah. Jika Anda terbuka untuk hal-hal baru, mencoba pekerjaan yang tidak sesuai dengan prestasi akademik Anda juga dapat dipertimbangkan.

Jika saat ini Anda sedang bekerja dan menginginkan pengalaman yang berbeda dalam bekerja, tidak perlu mencari perusahaan baru.

Seringkali perusahaan dengan senang hati membiarkan Anda mencoba peran baru jika Anda layak dipertahankan.

Tunjukkan minat Anda untuk mengejar sesuatu yang lain di perusahaan dan jelaskan mengapa Anda cocok dalam hal ini.

Jika Anda dapat menawar secara efektif, ada kemungkinan besar status Anda akan diperhitungkan di luar tim tempat Anda bekerja saat ini.

5. Jaringan Lebih Berharga

10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Alasan kelima Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu jaringan lebih berharga.

Anda perlu memperluas jaringan dan hubungan untuk meningkatkan peluang karir.

Menghadiri pertemuan tatap muka multi-profesional adalah cara yang bagus untuk mengenal beberapa orang dalam peran Anda saat ini.

Selain itu, bekerja di bidang yang tidak sesuai tentu saja dapat membantu Anda bertemu orang baru dan memperluas jaringan Anda.

6. Tentukan Pekerjaan yang dapat Anda Nikmati

Alasan keenam Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir Jika Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah yaitu menentukan pekerjaan yang dapat anda nikmati.

Mengubah karier adalah keputusan besar dan alami saat Anda gugup. Tetapi pada titik tertentu Anda harus fokus pada bagaimana Anda menjalani hidup Anda, masalah apa yang ingin Anda pecahkan, dan apa yang ingin Anda jelajahi.

Jika Anda tidak dapat menemukannya dalam kondisi Anda saat ini, saatnya untuk beralih.

Penutup

Pilih pekerjaan untuk dicoba dengan menyadari apa yang diharapkan. Meskipun menakutkan untuk memulai dari awal di sektor tertentu setelah 4 tahun kuliah, penting untuk diingat bahwa kuliah tidak selalu tentang keterampilan yang diarahkan untuk karir masa depan.

Namun, ini lebih tentang memperkuat dan meningkatkan penilaian krisis dan kemampuan pemecahan masalah.

Sekian artikel berjudul 10+ Tips Sukses Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, semoga bermanfaat.

Bisakah melamar pekerjaan tidak sesuai jurusan?

Melamar Pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan adalah perlakuan yang dapat diterima. Selama Anda memenuhi kualifikasi posisi itu.

Berapa banyak orang yang bekerja tidak sesuai jurusan?

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan pada 26 Oktober 2021 bahwa 80% mahasiswa Indonesia tidak bekerja sesuai jurusan kuliahnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!