Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Bagaimana Cara Daftar Creator Fund Tiktok untuk Mendapat Uang? Menghasilkan uang hanya dengan memposting video TikTok akan segera menjadi kenyataan. Soalnya TikTok sudah merilis program bernama Creator Fund.

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Pengguna Tiktok sekarang dapat menghasilkan uang dari konten video pendek melalui layanan tiktok creator fund. Pelajari cara menggunakannya dan apa saja persyaratan untuk bergabung dengan layanan ini.

Tiktok telah menjadi fenomena di kalangan pengguna media sosial di mana Anda dapat menonton berbagai jenis konten video pendek tergantung pada minat penonton.

Berkali-kali tanpa disadari kami telah menghabiskan waktu untuk melihat berbagai konten Tiktok yang tersedia tanpa merasa bosan.

Jumlah pengguna Tiktok yang aktif menonton konten setiap hari akhirnya menciptakan berbagai jenis kreator yang menghasilkan berbagai jenis konten Tiktok dan menarik perhatian jutaan pemirsa.

Tiktok juga mengetahuinya dan akhirnya meluncurkan tiktok creator fund yang memungkinkan kreator Tiktok mendapatkan uang dari konten apa pun yang dilihat oleh pemirsa.

Namun tentunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok creator fund, Anda membutuhkan strategiyang tepat pada konten tiktok yang disukai penonton untuk mendapatkan penonton yang Anda dapatkan.

Oleh karena itu, berikut adalah cara untuk mengaktifkan program tiktok creator fund dan mendapatkan hasil yang akan dicapai oleh kreator tiktok.

Apa itu Creator Fund?

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Creator Fund adalah program pendanaan TikTok yang diluncurkan pada Agustus 2020 sebagai bentuk dukungan finansial untuk TikToker.

Content Creator TikTok yang telah bergabung nantinya mendapatkan uang untuk setiap jumlah penayangan (views) pada video TikTok mereka.

Tiktok Creator Fund sebagai dana monetisasi yang diterima oleh kreator Tiktok sebagai lawan dari Youtube yang mengumpulkan pendapatan kreator dari pendapatan iklan tetapi tiktok creator fund sebagai taktik bagi hasil dengan pembuat konten di Tiktok.

Peluncuran tiktok Creator Fund sendiri berlangsung pertama kali pada tahun 2021 dengan arah bagi para kreator yang ingin menghasilkan uang dengan keunikannya melalui tiktok.

Di awal peluncurannya, layanan Tiktok Creator Fund mendapat sambutan yang luar biasa dari para kreator Tiktok mengingat selama ini mereka hanya menerima uang dari Tiktok melalui kerjasama promosi produk.

Tiktok sendiri belum menentukan struktur pembayaran yang akan diterima dari dtiktok creator fund, tetapi Tiktok akan membayar kompensasi yang wajar untuk konten yang memenuhi persyaratan umum.

Platform ini membayar untuk memonetisasi akun dengan menghitung jumlah pemirsa, interaksi video, dan kinerja di wilayah tertentu.

Sebelumnya, beberapa fakta lain terkait tiktok creator fund yang seharusnya diketahui oleh kreator adalah sebagai berikut:

  • Tiktok Creator Fund dimulai pada tahun 2020 di mana platform menginvestasikan total $200 juta dengan tujuan mengumpulkan $1 miliar dalam 3 tahun.
  • Kompensasi tiktok creator fund didasarkan pada metrik kreator, termasuk metrik yang digunakan untuk menghitung jumlah pemirsa dan hubungan yang telah dicapai oleh kreator.
  • Tujuan awal pemberian tiktok creator fund adalah membuka peluang bagi para kreator untuk membuat konten-konten menarik di Tiktok sebagai sumber penghasilan untuk fokus mempercepat karir di Tiktok.
  • Layanan monetisasi tiktok ini mengutamakan originalitas konten, yang sejalan dengan misi tiktok untuk memberikan inpirasi dan kreasi.

Baca juga: 10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Syarat Daftar Tiktok Creator Fund

Memiliki hobi yang disenangi dan dibayar oleh seseorang tentu menjadi dambaan setiap orang, termasuk pengguna Tiktok yang gemar membuat konten video pendek.

Namun, agar Tiktok membayar konten yang Anda unggah, Anda jelas harus memenuhi persyaratan tertentu yang ditawarkan Tiktok.

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Lalu apa saja syarat kelayakan akun TikTok untuk mengikuti program Creator Fund?

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Berikut adalah persyaratan untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund:

  • Punya akun TikTok Pro
  • Memiliki total 10.000 pengikut (follower)
  • Jumlah penayangan video TikTok lebih dari 10.000 tampilan selama 30 hari
  • Usia minimal 18 tahun
  • Berada di salah satu negara tempat Program Creator Fund diluncurkan.

Kapan Creator Fund TikTok ada di Indonesia?

Sejauh ini, Creator Fund TikTok belum ada di Indonesia. Hanya content creator TikTok dari Amerika, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jerman yang dapat mengikuti program Creator Fund.

Saya tidak tahu apakah menggunakan VPN akan berfungsi atau tidak. Namun yang jelas, Creator Fund perlahan-lahan mulai terbuka di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Hal ini ditunjukkan karena ada tambahan dana program mulai dari $200 juta hingga $1 miliar. Jadi tunggu saja karena akan hadir untuk beberapa tiktoker Indonesia.

Cara Daftar Creator Fund Tiktok

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk daftar ke Creator Fund TikTok.

  1. Anda akan secara otomatis menerima pemberitahuan undangan dari TikTok untuk berpartisipasi.
  2. Periksa pengaturan akun TikTok Pro untuk melihat apakah akun TikTok Anda dapat bergabung atau tidak.

Berikut Cara Daftar Creator Fund Tiktok yang bisa anda pakai:

  1. Klik Profil Akun TikTok
  2. Klik Setting and Privacy
  3. Pilih Pro Account
  4. Pilih untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund
  5. Klik Apply ketika semua persyaratan terpenuhi, diikuti dengan tanda centang hijau
  6. Klik Berikutnya untuk meninjau setting metode pembayaran
  7. Selamat, Anda telah bergabung dengan program Creator Fund TikTok.

Baca juga: Gaji Tiktokers Pemula 1K – 100K Followers

Tujuan Mengikuti Tiktok Creator Fund

Tiktok mengklaim bahwa peluncuran Tiktok Creator Fund adalah untuk mendukung kreator Tiktok dan memberikan lebih banyak motivasi untuk membuat konten Tiktok yang unik dan asli.

Berikut adalah petunjuk lebih lanjut tentang tujuan mengikuti Layanan Tiktok Creator Fund:

1. Mendorong Pembuatan Lebih banyak Konten

Tentu saja, dengan kemungkinan mendapatkan penghasilan dari konten Tiktok, pengguna Tiktok pada akhirnya tertarik untuk membuat konten populer untuk menghasilkan uang tambahan dari Tiktok.

Tiktok sendiri menyebutkan bahwa sekitar 56% pengguna Tiktok kini lebih bersemangat membuat video Tiktok setelah melihat hasil Tiktok Creator Fund.

Modal ini merupakan langkah inovatif untuk mendorong lebih banyak aktivitas di Tiktok dan menghabiskan waktu melihat konten yang disediakan.

2. Memanfaatkan Reputasi Influencer Tiktok

Salah satu alasan lain membuka aplikasi Tiktok setiap hari adalah dengan melihat konten-konten yang disediakan oleh para influencer Tiktok.

Tentu saja, seorang influencer Tiktok yang sudah memiliki komunitas sendiri memiliki manfaat untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan terhubung dengan pengikut yang mereka miliki untuk memperluas jangkauan konten yang Anda unggah.

Dengan perkembangan influencer TikTok yang semakin cepat, TikTok mengembangkan taktik agar kreator dapat terus bertahan di TikTok dan menyediakan konten yang diinginkan komunitas.

Meski tidak dipublikasikan secara langsung, kedatangan Tiktok Creator Fund ini sebagai bentuk pengamanan bagi Tiktok agar para kreator tidak mencari dan bergabung dengan agen lain atau bertransaksi secara independen dengan merek tertentu.

3. Terhubung dengan Influencer Tiktok

Kehadiran influencer TikTok yang stabil menciptakan konten yang menarik dan tentunya dapat membuat penonton tetap berada di TikTok dalam waktu yang lama, yang tentunya memiliki keuntungan bagi TikTok itu sendiri.

Sebagai tanda terima kasih dan kesediaan untuk membangun hubungan dengan influencer agar mereka dapat terus eksis, TikTok membuat hadiah virtual berupa TikTok Creator Fund.

Tiktok Creator Fund adalah tanda untuk menentukan kreator terbaik dengan mengkompensasi tiktok dengan dukungan timbal balik dengan menjadi penyedia promo di tiktok.

Kelebihan dan Kekurangan Tiktok Creator Fund

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Wajar saja, di awal peluncurannya, fitur Tiktok Creator Funds menimbulkan kontroversi di grup kreator Tiktok, baik dari segi pembayaran maupun perhitungan konten yang dinilai tidak sesuai harapan.

Oleh karena itu, pro dan kontra Tiktok Creator Funds adalah sebegai berikut:

1. Hasilkan Uang di Tiktok

Tentu saja, pertama kali Anda membuat konten Tiktok, lakukan hanya untuk bersenang-senang.

Namun seiring berjalannya waktu, konten Tiktok yang Anda buat sepertinya mendapatkan perhatian lebih dari pengguna Tiktok, sehingga ada tawaran untuk berkolaborasi dengan konten dari merek tertentu, yang tentunya membuka peluang untuk menghasilkan uang dari Tiktok.

Semakin banyak hasil yang bisa membuat Anda memikirkan penghasilan tambahan melalui Tiktok.

Tentunya dengan hadirnya layanan Tiktok Creator Fund membuka peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang di Tiktok dengan mendapatkan hasil dari setiap konten Tiktok yang sedang trending.

Tentunya semakin besar hasil yang kamu dapatkan di Tiktok menjadi motivasi tersendiri bagi kamu untuk terus mengembangkan setiap konten agar performa konten Tiktok tetap terjaga dan selalu mencapai jumlah penonton yang stabil.

2. Penghasilan Tak Terbatas

Kelebihan dari algoritma TikTok yang mungkin jarang Anda ketahui adalah kemampuan TikTok untuk menumbuhkan konten yang telah Anda unggah untuk halaman Anda dalam waktu yang lama.

Tentu saja, ini memiliki keuntungan bahwa kreator menerima lebih banyak hasil pembayaran dari konten yang awalnya diunggah.

Langkah ini juga bisa membuat kreator mendapatkan penghasilan tak terbatas, jadi tidak tergantung pada konten yang baru saja Anda unggah atau trending di Tiktok.

Tak hanya itu, TikTok tidak membatasi jumlah penonton yang Anda dapatkan. Jadi, ketika konten tren TikTok Anda terus-menerus dilihat oleh pengguna TikTok, itu membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas.

3. Jumlah Pemirsa Tiktok yang Berkurang

Beberapa kreator luar yang sebelumnya telah menggunakan layanan Tiktok Creator Fund mengatakan bahwa Tiktok telah menghapus jumlah penonton yang mereka terima agar tidak mencapai hasil monetisasi akun yang kurang optimal.

Namun, Tiktok menentang mitos ini dan mengatakan bahwa jika Tiktok Creator Fund tidak ada hubungannya dengan algoritma Tiktok, kemungkinan pemirsa video akan lebih rendah karena jumlah kreator Tiktok lain yang menggunakan layanan ini.

4. Pembayaran untuk Konten yang Masih Rahasia

Salah satu misteri dari kreator Tiktok adalah jumlah pembayaran konten yang diterima dari kreator.

Meskipun ada banyak rumor tentang jumlah pembayaran yang diterima, kesepakatan antara kreator dan tiktok menunjukkan bahwa metrik konten dan informasi pembayaran masih bersifat rahasia.

5. Komitmen untuk Membuat Konten TikTok

Salah satu kendala tersulit dalam mengelola tiktok creator fund adalah membuat konten tiktok yang stabil setiap hari untuk mempertahankan jumlah penonton video.

Di sisi lain, tentunya seorang kreator membutuhkan waktu untuk memunculkan ide dan membuat konten video yang terakhir dipublikasikan di Tiktok, yang tentunya bisa memakan waktu yang cukup lama.

Juga, jika konten yang diunggah adalah konten gaya hidup, pengolahan atau kuliner yang memakan waktu lebih lama.

Selain itu, kreator harus memastikan kualitas konten yang diunggah masih dalam kondisi terbaik, agar pemirsa Anda tidak beralih ke akun tiktok lain, yang berujung pada penurunan kinerja konten tiktok.

Tentu hal ini akan membuat para kreator merasa bahwa membuat konten Tiktok adalah tugas yang tidak bisa ditinggalkan dan bukan lagi hobi yang bisa dilakukan di waktu senggang.

6. Jumlah Pengikut dan Keterlibatan tidak Bertambah

Namun, meskipun kreator terus mengunggah konten setiap hari untuk mempertahankan penghasilan di Tiktok, taktik ini tidak memengaruhi jumlah pengikut dan hubungan Anda.

Sebaliknya, bisa jadi akun TikTok mengalami penurunan followers karena konten yang diunggah terus menerus membuat penonton merasa bosan dan kehilangan rasa cinta ketika melihat konten TikTok Anda.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi jumlah link yang akan berkurang sehingga membuat konten tiktok Anda semakin sulit untuk masuk ke halaman fyp tiktok.

Berapa Uang dari Tiktok Creator Fund?

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Tentu saja, reputasi modal yang diberikan oleh Tiktok membuat para kreator berharap mendapatkan hasil yang besar dari Tiktok Creator Fund.

Tetapi tentu saja, dengan banyak influencer Tiktok aktif dan banyak pengikut, Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan penghasilan dari monetisasi konten video Tiktok.

Di sisi lain, Tiktok tidak memiliki persyaratan yang tinggi bagi kreator yang ingin merasakan modal dari Tiktok, namun beberapa kreator luar telah membahas hasil yang diperoleh dari Tiktok Creator Fund.

Tiktok sendiri membayar konten untuk setiap 1.000 penonton organik yang didapat oleh kreator melalui sebuah konten Tiktok dan tentunya akan terus bertambah setelah video Anda mencapai jutaan penonton.

Hasil yang kurang memadai bisa membuat kreator berpikir untuk menggunakan dTiktok Creator Fund, namun modal ini bisa menjadi motivasi bagi kreator untuk selalu menyajikan konten terbaik dan berkreasi dalam konten yang dibuat agar rutin hingga Jutaan penonton bisa menjangkau basis .

Saat ini kreator luar dapat menarik modalnya melalui paypal atau Zelle, tetapi ketika Tiktok Creator Fund telah masuk ke Indonesia, mungkin Tiktok akan menawarkan opsi pembayaran modal digital yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan kreator Tiktok.

Bagaimana Cara Cek Uang di Creator Fund TikTok?

Pengecek uang dalam aplikasi TikTok untuk Creator Funds dapat dilihat di dasbor Creator Fund TikTok. Jumlah uang di dashboard adalah pendapatan dari tiga hari yang lalu.

Hal ini dikarenakan proses stacking yang diperlukan untuk menampilkan penghasilan video TikTok berdasarkan jumlah penayangan (per view) membutuhkan waktu 3 (tiga) hari.

Bagaimana Cara Mengambil Uang yang Terkumpul di Creator Fund TikTok?

Dalam hal penarikan dana atau istilahnya melakukan PO (Pay Out), Anda menerima dana pembayaran dari aplikasi TikTok Creator Fund di setiap akhir bulan.

Sistem pembayaran yang digunakan adalah Paypal. Jumlah minimum yang dapat ditarik adalah $50.

Penyebab Tidak Bisa Daftar Creator Fund TikTok

Creator Fund Tiktok: Cara Daftar dan Syarat Mendapat Uang

Beberapa alasan mengapa akun TikTok Anda tidak menerima notifikasi untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund adalah sebagai berikut:

1. Konten Video Tidak Asli

Anda sebagai creator TikTok harus menyajikan video yang benar-benar orisinal, baik itu video maupun audiovisual. Jangan gunakan musik atau ide yang telah diduplikasi atau sering digunakan.

2. Rasio FYP Rendah (For Your Page).

Untuk mendaftar di Program Creator Fund Tiktok, pastikan sumber lalu lintas video TikTok Anda 75% organik dari FYP.

Tips Agar Diterima Creator Fund TikTok

Tipsnya adalah meningkatkan kualitas produksi konten video TikTok Anda dalam hal pemrosesan (editing), mengoptimalkan waktu posting video dan memilih perangkat perekaman seperti ponsel atau kamera.

Untuk pemrosesan video TikTok, gunakan program pemrosesan video TikTok yang mendukung serangkaian fitur lengkap untuk menarik banyak penonton.

Dan ketika video TikTok diposting, pilih jam terbaik untuk memposting video TikTok untuk masuk FYP.

Kesimpulan

Anda tidak bisa hanya terpaku tentang berapa banyak syarat pengikut dan tampilan yang Anda kumpulkan untuk bergabung dengan Creator Fund TikTok.

Karena TikTok tidak membayar aktris TikTok populer yang sudah memiliki jutaan pengikut dan jutaan tampilan jika tidak memperhatikan kondisi asli video dan tingkat lalu lintas fyp.

Jadi, sekian artikel berjudul Cara Daftar Creator Fund Tiktok. Semoga bermanfaat!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.