10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula? TikTok kini menjadi salah satu media sosial yang sangat terkenal, khususnya di Indonesia. Karena itu, banyak pengguna TikTok melihat ketenaran TikTok di media sosial sebagai peluang.

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Cara menghasilkan uang dari tiktok bagi UMKM semakin mudah karena ada fitur toko di TikTok, beberapa penjual juga memiliki cara baru untuk meluncurkan toko mereka dan mempromosikan barang atau jasa yang mereka jual di TikTok.

Selain promo melalui TikTok atau membuka toko di TikTok, apakah ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan di TikTok, seperti apa?

Anggapan orang mengenai cara mendapatkan uang dari tiktok dengan menonton video adalah hal yang kurang tepat, karena ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dan syarat untuk mendapatkannya.

Tidak serta menonton video lalu dibayar, mungkin itu adalah hal yang masih sering menjadi imajinasi beberapa orang awam mengenai aplikasi Tiktok.

Untuk lebih jelasnya  baca di bawah ini Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula.

Apakah Tiktok Menghasilkan Uang?

Menurut majalah Amerika, Forbes, menghasilkan uang melalui media sosial TikTok adalah kegiatan yang berkembang di tengah wabah yang membuat sebagian orang kehilangan penghasilan dan harus hidup dalam keterbatasan.

Kondisi ini kemudian mendorong banyak individu atau kelompok untuk membuat konten digital yang dapat dilakukan di rumah.

Salah satu platform yang tumbuh lebih cepat selama wabah adalah TikTok.

Menurut Forbes, ada tiga langkah penting yang harus diambil sebelum orang tersebut ingin menghasilkan uang dari TikTok tanpa mengundang teman.

ketiga Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula sekarang adalah sebagai berikut.

  1. Dalam hal menciptakan branding, pengguna media sosial yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan uang dari TikTok diharapkan dapat membuat unggahan konten yang konsisten dan memiliki branding sendiri, terlepas dari branding itu unik atau spesial.
  2. Saat mengunggah konten yang disukai banyak orang, langkah kedua adalah mengetahui pasar pengguna dari media sosial TikTok lainnya. Pastikan anda membuat konten yang menarik dan membuatnya tetap segar tanpa harus membuat perubahan merek. Buat pengguna lain merasa nyaman dengan konten yang dibuat oleh anda.
  3. Dapatkan followers sebanyak mungkin, tahapan ketiga sebagai tahapan terpenting untuk menghasilkan uang dari TikTok. Untuk mendapatkan uang di TikTok, anda harus memiliki banyak followers. Jika Anda ingin memonetisasi akun TikTok Anda, jadi setidaknya anda harus memiliki setidaknya 10.000 followers. Selanjutnya, kenali target pasar dan unggah konten berkualitas untuk meningkatkan followers secara organik.

Salah satu pengguna TikTok yang sukses adalah Sisca Kohl. Sebagai pengguna TikTok, ia memiliki lebih dari 12.1 juta followers dan memiliki penghasilan Rp 64.000.000 per video.

Baca juga: Gaji Tiktokers Pemula 1K – 100K Followers

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Secara umum, monetisasi akun TikTok memang menguntungkan dan mudah diterapkan.

Tetapi bagaimana Anda mendapatkan uang dengan media sosial TikTok dan dalam kondisi apa?

Berikut adalah Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula.

1. Bergabunglah dengan TikTok Creator Fund

Jika anda memiliki banyak followers di TikTok, anda harus mempertimbangkan untuk menghasilkan uang dari TikTok melalui TikTok Creator Fund.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok menggunakan metode ini sangat bervariasi dari pengguna ke pengguna dan dihitung berdasarkan faktor-faktor seperti keterlibatan pengguna, ukuran audiens, dan frekuensi unggahan konten.

Ada juga beberapa persyaratan untuk bergabung dengan fitur TikTok Creator Fund, berikut kriterianya.

  • Pengguna berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki setidaknya 10.000 followers
  • Dapatkan sekitar 10.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir
  • Akun pengguna harus mematuhi Aturan Komunitas dan Ketentuan Layanan TikTok

Dengan bergabung dengan TikTok Creator Fund, akun yang terdaftar akan menerima dana kreator eksklusif, sayangnya program ini terbatas pada sejumlah negara.

2. Jual barang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak pengguna Tiktok yang berasal dari Indonesia. Pengguna TikTok dari Indonesia juga meningkat selama wabah.

Jika anda pandai melihat peluang, anda dapat menggunakan kesempatan itu untuk menjual dengan membagikan konten yang dijual melalui TikTok.

Anda dapat menjual beberapa barang dagangan ke konten penggemar tertentu atau ke followers anda.

Jika anda memiliki jumlah followers yang cukup banyak, anda juga bisa memonetisasi akun dengan menjual merchandise dengan desain yang menarik.

Secara umum, Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok dengan bisnis penjualan ini adalah melalui sistem on-demand atau sesuai keinginan.

Kehadiran komoditas ini juga dapat meningkatkan promosi untuk dua produk pengguna, yang pertama adalah akun pengguna dan yang kedua adalah beberapa bentuk komoditas yang dipasarkan secara khusus.

Selain menjual barang, anda juga dapat menjual barang atau jasa. Kami sering melihat langkah ini di TikTok.

Banyak pengguna menggunakan banyaknya pengguna TikTok dari Indonesia untuk membujuk mereka membeli barang atau jasa yang mereka jual.

3. Tayangkan dan Kumpulkan Virtual Gift

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Cara dapat uang dari tiktok dengan mengumpulkan virtual gift bisa menjadi hal yang bisa anda coba.

Salah satu keunggulan media sosial TikTok adalah kemudahan fasilitas yang diberikan kepada followers untuk memberikan hadiah kepada pembuat konten secara real-time melalui hadiah virtual.

Hadiah virtual ini nantinya dapat ditukarkan dengan pembayaran oleh pemegang rekening sesuai dengan mata uang yang berlaku.

Beberapa pembuat konten dapat mendapatkan uang dari siaran langsung dan mengumpulkan hadiah virtual di TikTok dengan memperhatikan poin-poin berikut.

  • Bersenang-senanglah saat mayoritas followers sedang online.
  • Periksa data tentang audiens potensial menggunakan fitur analitik.
  • Pertahankan waktu siaran langsung dengan durasi panjang.
  • Menggunakan tagar atau hastag TikTok.
  • Pastikan akses Internet stabil.
  • Pastikan saat video live berjalan secara aman dari masalah apa pun, termasuk masalah teknis.
  • Gunakan filter gangguan, mis. Filter untuk membisukan pengguna atau memblokir pemirsa yang meninggalkan banyak komentar buruk.

4. Buat Iklan Melalui TikTok Ads

Membuat iklan melalui TikTok Ads juga salah satu cara dapat uang dari tiktok.

Seperti media sosial berbasis video atau gambar lainnya, TikTok juga memiliki alat periklanan yaitu TikTok Ads. Peran Iklan TikTok adalah untuk meningkatkan monetisasi pengguna.

Pembuat konten yang ingin mendapatkan sesuatu dari TikTok harus mengeluarkan uang terlebih dahulu baru dapat menikmati alat Iklan TikTok ini, tetapi alat Iklan TikTok ini adalah cara yang efisien jika Anda sudah memiliki lebih dari sepuluh ribu followers.

Dengan membuat iklan di TikTok, anda juga dapat memperluas jangkauannya dan membuat produk atau konten barang atau jasa yang dipasarkan oleh anda agar dilihat lebih banyak orang dan menjangkau berbagai kalangan.

5. Penggalangan Dana atau Crowdfunding

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Cara mendapatkan uang dari TikTok lainnya yaitu dengan membuat proyek modal yang disebut crowdfunding melalui akun TikTok pengguna.

Penggalangan dana melalui media sosial, seperti yang biasa dilakukan untuk proyek-proyek tertentu, mis. penyaluran dana untuk iuran bencana atau pembangunan fasilitas tertentu di suatu lokasi.

Itu berarti karena dapat meningkatkan keterlibatan followers secara sosial dan meningkatkan kesadaran kelompok antara beberapa followers dan beberapa pengguna.

Di sisi lain, crowdfunding dana juga baik untuk meningkatkan citra diri para pembuat konten agar selalu dilihat oleh followersnya.

Selain itu, dana bagi hasil juga dapat mengamankan saluran pendapatan jika crowdfunding diatur dalam beberapa cara.

6. Buat Konten Bersponsor

Untuk pembuat konten yang memiliki banyak followers, membuat konten bersponsor adalah opsi utama untuk Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok.

Pengguna dapat membuat unggahan konten bersponsor untuk berbagai jenis persyaratan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Beberapa influencer media sosial umumnya menerima kolaborasi dengan sponsor di bawah persyaratan pembayaran yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Dengan konten bersponsor, pengguna juga menjadi berafiliasi dengan merek atau brand atau bahkan entitas nirlaba tertentu yang dianggap dapat menghasilkan atau memiliki arah yang konsisten dengan branding konten pengguna.

Jika pengguna TikTok memiliki brand, misalnya sebagai petualang atau traveler, maka ia juga bisa menjalin kerjasama bisnis dengan asosiasi pariwisata di suatu daerah dengan tujuan untuk meningkatkan promosi rekreasi.

Pengguna dapat membuat konten bersponsor yang terkait dengan program atau layanan yang menawarkan wisata rekreasi di satu area dan daerah lainnya.

7. Menjadi Influencer TikTok

cara dapat uang dari tiktok

Poin ke-7 untuk Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok adalah menjadi influencer pada platform TikTok.

Jika Anda ingin menghasilkan uang darinya, berikut adalah beberapa hal penting yang harus dicapai.

  • Menjadi brand ambassador
  • Mengunggah Konten Bersponsor
  • Lakukan pemasaran afiliasi
  • Lakukan endorsement dan lain-lain

Contoh influencer dari platform TikTok adalah Khaby Lame. Dengan menjadi influencer TikTok, ia berhasil menghasilkan uang dari TikTok hingga mencapai $2,7 juta.

8. Buat Agensi Influencer

Jika anda sudah memiliki banyak followers dan bahkan telah ditandai sebagai influencer oleh TikTok, anda dapat memperoleh uang tambahan dengan membuat agensi.

Oleh karena itu, ketika membangun agensi influencer, tujuan anda adalah menghubungkan merek yang ingin mempromosikan produk mereka dengan influencer TikTok pilihan mereka.

Secara umum, agensi bekerja sebagai fasilitator, koordinator, kesepakatan promosi, dan bahkan manajemen.

Misalnya, menemukan influencer yang tepat untuk sebuah merek, menyiapkan ide iklan untuk merek dan influencer, dan mengelola kerjasama.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok ini sangat cocok untuk anda yang memiliki keterampilan pemasaran konten dan video pemasaran.

Langkah ini memungkinkan anda untuk mengambil kesempatan untuk menawarkan harga iklan yang terjangkau dibandingkan dengan penawaran Iklan di TikTok.

9. Mengarahkan Followers ke Platform lain

cara menghasilkan uang dari tiktok

Jika anda telah mengunggah konten ke platform lain, ada cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari TikTok. Salah satu triknya adalah menautkan konten di platform lain seperti Instagram, Facebook, atau YouTube.

Oleh karena itu, anda akan mendapatkan banyak organic engagement dari TikTok di platform media sosial lainnya setelah seorang follower melihat video TikTok yang diunggah oleh anda.

Cara dapat uang dari tiktok ini bisa berdampak pada penghasilan platform lain juga loh.

10. Lakukan Promosi Musik

Jika anda berkecimpung di bidang musik, sebagai produser, penyanyi, dan lain-lain, atau bahkan jika anda memiliki suara nyanyian yang bagus, maka anda dapat menghasilkan pendapatan dari promosi musik.

Banyak penyanyi baru karena aktif membuat konten nyanyi TikTok, baik itu lagu cover atau bahkan lagunya sendiri.

Dengan keberuntungan, anda dapat bertemu dengan salah satu produser musik yang ingin merilis musik.

Atau anda juga bisa berkolaborasi dengan banyak followers dan menjadi influencer TikTok.

Di sisi lain, jika anda sudah berafiliasi dengan merek tertentu, anda dapat mempromosikan lagu-lagu anda di TikTok. Sehingga cara dapat uang dari tiktok menjadi semakin mudah karena followers terus bertambah.

Banyak lagu yang saat ini digunakan oleh pengguna TikTok sebagai video background untuk video mereka. Hingga lagu tersebut menjadi trend dan menarik perhatian penonton.

11. Mendapatkan Tips

Untuk mendapatkan tips, kreator harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki 100.000 followers.

Seperti yang dinyatakan di situs web resmi TikTok, seseorang dapat memberikan tips kepada orang-orang tertentu tentang beberapa konten yang mereka buat.

Namun, cara dapat uang dari tiktok ini belum berlaku di Indonesia, karena fitur “tips” saat ini mengharuskan pengguna berada di Amerika Serikat.

Tips Cara Dapat Uang dari Tiktok

cara mendapatkan uang di tiktok

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda dapat memonetisasi akun TikTok Anda atau mendapatkan uang dari TikTok, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan sebelumnya.

Jika Anda sudah melakukan cara mendapatkan uang dari TikTok dan Anda tidak menghasilkan atau bahkan mendapatkan uang dari TikTok, berikut adalah panduan tentang cara mendapatkan uang di tiktok.

1. Buat Konten secara Terus Menerus atau Konsisten

Panduan pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah jangan berhenti membuat konten.

Stabil dan terus membuat konten konsisten dan menarik. Dengan itu, followers akun TikTok anda selalu siaga atau selalu menunggu beberapa konten terbaru di akun anda.

Selain itu, pastikan konten yang dibuat anda dapat disukai oleh followers atau dengan senang hati dibagikan kepada orang lain melalui TikTok.

Jadi dengan panduan pertama ini, dapat meningkatkan cakupan akun meskipun konten dibagikan di luar platform TikTok.

Tentu saja cara menghasilkan uang dari tiktok diatas akan lebih mudah jika anda membuat konten secara konsisten.

2. Tingkatkan Jumlah followers dan Pertahankan Keterlibatan Audiens

apakah tiktok menghasilkan uang

Panduan mendapatkan uang dari Tiktok selanjutnya adalah menambah jumlah followers akun TikTok.

Jumlah minimum followers akun TikTok yang efisien untuk monetisasi adalah 10.000 followers atau lebih. Syarat ini sudah sempat dibahas di cara menghasilkan uang dari tiktok diatas.

Pastikan jumlah followers di akun TikTok Anda bertambah secara organik.

Kemudian pastikan menyertakan followers anda di beberapa konten yang dibuat. Bagaimana cara menyematkan followers dalam konten?

Anda dapat melakukan QnA atau Tanya Jawab sederhana, misalnya mengajukan pertanyaan saat anda melakukan Live dan lain-lain.

Anda juga dapat secara teratur menanggapi banyak komentar followers. Ini cukup sederhana karena secara perlahan dapat meningkatkan hubungan antara anda sebagai pembuat konten dan followers.

3. Promosikan Konten secara Lintas Platform

Anda pasti sudah sering melihat konten video TikTok di beberapa platform media sosial lainnya, bukan? Misalnya seperti Instagram, Twitter, Facebook atau bahkan Whatsapp.

Meskipun platform ini sama-sama kompetitif, pembuat konten yang memiliki sudut pandang cerdik sebenarnya dapat memperluas konten TikTok mereka untuk meningkatkan keterlibatan pribadi mereka karena beberapa alasan.

Hal ini dapat dilakukan oleh anda untuk mengajak pengguna internet lain yang belum pernah menggunakan TikTok untuk tertarik pada beberapa konten TikTok yang dibuat oleh anda.

Promosi seperti ini juga digunakan untuk mendapatkan followers dari platform yang berbeda untuk mengenali aspek individu dari pembuat konten.

4. Mengoptimalkan konten untuk memasuki FYP

nonton tiktok dapat uang

FYP atau For You Page adalah konten referensi di halaman beranda pengguna saat pengguna pertama kali membuka aplikasi.

Keuntungan memasukkan video di FYP adalah konten Anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang, sehingga suka dan jumlah siaran meningkat.

Namun untuk berpartisipasi dalam FYP, Anda harus menerapkan tips berikut:

a. Buat konten yang sedang tren

Karena FYP otomatis berdasarkan reputasi atau tren. Anda dapat mengemas video yang sedang tren dengan konten khusus, diedit untuk keunikan Anda, dll.;

b. Tulis caption yang benar

Agar TikTok “menonton” konten Anda untuk tren atau kata kunci. Buat teks menjadi sangat menarik dan interaktif bagi pemirsa. Misalnya berupa pertanyaan atau QnA dll;

c. Pakai lagu Popular

Sementara video berdurasi pendek kurang dari satu menit, langkah-langkah berikut adalah yang paling mudah untuk tren. Anda harus menggunakan beberapa konten lagu yang sesuai;

d. Gunakan hashtag yang tepat

Hashtag membantu video Anda mudah ditemukan di fungsi pencarian. Anda juga dapat menyertakan tagar #foryoupage #FYP atau #foryou untuk memungkinkan mekanisme algoritme TikTok melihat konten Anda;

e. Buat konten yang akan membuat penonton menonton sampai akhir

Ini memungkinkan video Anda untuk diperingkatkan dan dimasukkan dalam FYP. Misalnya video step-by-step, instruksi, duet atau kerjasama dengan tiktokers lain dll;

f. Interaktif

Begitu juga dengan berkomentar, menyukai, dan mengikuti konten yang masuk ke dalam FYP adalah langkah awal dalam sebuah hubungan.

Ini dapat membentuk komunikasi antar pengguna sedemikian rupa sehingga akun Anda memiliki interaksi yang kuat.

Sekian artikel berjudul 10+ Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.