Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya | Apa itu Lisensi Pilot? Ketika kami masih muda, kami secara alami ditanya apa harapan jika kami sudah dewasa?

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Kami pun menanggapinya dengan cara yang berbeda-beda, ada yang bilang ingin jadi polisi, TNI AD, guru, dokter, penyanyi dan ada yang bilang ingin jadi pilot.

Ketika kita berbicara tentang pilot, sebagian besar orang dapat mendefinisikan pilot sebagai orang yang mengemudikan pesawat terbang atau seseorang yang memiliki kemampuan untuk menerbangkan pesawat terbang.

Tahukah Anda bahwa seorang pilot juga harus memiliki sertifikat khusus?

Kami akan menjelaskan dalam diskusi ini jika itu adalah sertifikat pilot dan berbagai jenis sertifikat pilot.

Sertifikat atau lisensi pilot sebagai aspek terpenting dari seseorang yang dapat memiliki lisensi untuk mengoperasikan transportasi udara seperti pesawat terbang dan sejenisnya.

Lalu bagaimana trik untuk mendapatkan lisensi ini?

Sebelum kami jelaskan, perlu Anda ketahui bahwa banyak jenis lisensi yang harus diperoleh sebelum Anda memenuhi syarat untuk menerbangkan transportasi udara, termasuk PPL, CPL, IR dan MER.

Setiap jenis memiliki pengertian dan tujuannya masing-masing, yang akan kami jelaskan di bagian penjelasan.

Lisensi itu sendiri adalah kata lain dari sertifikat atau izin, sehingga lisensi penerbang pada umumnya merupakan sertifikat khusus yang diperlukan seseorang untuk diberi wewenang untuk mengoperasikan angkutan udara.

Maka langkah kita untuk mendapatkan sertifikat tersebut harus dilakukan melalui sekolah penerbangan, di Indonesia sendiri setidaknya sudah ada 10 sekolah penerbangan terbaik dan berstandar internasional.

Jadi, jika Anda berharap untuk menjadi pilot, Anda dapat mendaftar di salah satu sekolah ini.

Nyatanya, menjadi seorang pilot tidaklah mudah, yakni harus melalui beberapa tahapan seleksi dan yang terpenting adalah memiliki lisensi pilot dari sekolah penerbangan.

Dalam menjalankan pekerjaannya seorang pilot memiliki partner yang disebut co-pilot, selain itu setiap pilot juga perlu memahami flight plan (rencana penerbangan) dengan benar, sehingga jika suatu saat terjadi masalah dengan pesawat yang dipilotinya, seorang pilot dapat menyelamatkannya Pesawat dan penumpangnya.

Nah, agar lebih jelas, yuk simak informasi berikut ini tentang apa itu lisensi pilot dan jenis-jenisnya di sekolah penerbangan.

Apa itu Lisensi Pilot?

Apa itu lisensi pilot? Lisensi pilot adalah surat keterangan atau otorisasi kepada seseorang untuk diberikan kewenangan mengoperasikan atau mengemudikan setiap alat transportasi udara seperti pesawat terbang dan sejenisnya.

Menjadi Pilot di Indonesia

Syarat Menjadi Pilot yang Umum Diterapkan di Indonesia

Ada 7 syarat yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh setiap sekolah penerbangan di Indonesia, antara lain:

  1. Untuk sekolah penerbangan seperti STPI Curug, penerbangan militer umumnya hanya menerima lulusan SMU IPA dan sekolah penerbangan swasta dan beasiswa pilot umumnya menerima lulusan dari jenjang sekolah yang setingkat SMU (SMK, MTS).
  2. Umumnya akan menargetkan panjang kaki dari pangkal paha kurang dari 100cm.
  3. Harus lulus tes kesehatan yang meliputi jantung, mata dan lain-lain.
  4. Harus lulus tes bahasa Inggris sekolah penerbangan (Bahasa Inggris sangat penting).
  5. Pengetahuan umum tentang penerbangan.
  6. Cepat dalam perhitungan matematika dan fisika.
  7. Umumnya setelah memenuhi semua persyaratan di atas, calon siswa akan dibawa oleh pelatih untuk mengetahui apakah siswa memiliki rasa takut akan ketinggian dan saraf motorik siswa, dan bagaimana siswa menanggapi masalah, yang sering diberikan oleh pelatih untuk calon pilot.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, dan Tugas Marshaller

Apa yang calon pilot lakukan jika mereka ingin menjadi pilot?

Menjadi pilot tidak semudah yang kita pikirkan karena kita mengambil banyak lisensi untuk menerbangkan pesawat penumpang dan juga harus sama tergantung jenis pesawat yang ingin kita terbangkan.

Hal utama yang harus diperhatikan setelah kita memutuskan untuk menjadi pilot adalah:

  1. Kita harus menentukan setelah lulus dari SMA/SMK/SMU, sekolah kejuruan dan lain-lain. Menyesuakan kekuatan Anda di jalan yang akan Anda ambil untuk PPL (Private pilot license) dalam arti yang sama sesuai dengan biaya dan kekuatan kinerja Anda kekuatan kesehatanmu.
  2. Jika Anda punya uang, Anda bisa memilih sekolah penerbangan di Indonesia atau di luar negeri. Secara umum, ujiannya tidak sesulit sekolah penerbangan yang gratis dan biayanya kecil. Saya merekomendasikan pergi ke luar negeri karena bisa paruh waktu sekaligus, bekerja di luar jam sekolah penerbangan.
  3. Persiapkan tubuh Anda dan cepat belajar perhitungan matematika dan fisika, dan yang juga sangat penting adalah bahasa Inggris.

Jenis Lisensi Pilot

Lisensi pilot terdiri dari beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

Student Pilot License (SPL)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Di akhir fase sekolah penerbangan dasar, di mana Anda akan mempelajari teori dasar penerbangan selama 4 bulan, Anda harus menghadapi ujian.

Selain ujian akhir Sekolah penerbangan dasar, kamu juga harus bisa meraih minimal 400 poin TOEIC.

Setelah itu Anda memiliki SPL. Ingatlah bahwa lisensi ini hanya digunakan oleh siswa pilot untuk berlatih menerbangkan pesawat.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer HRD

PPL (Private Pilot Licence)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Jenis lisensi pilot yang pertama adalah PPL, di Indonesia sendiri penerbang pelajar atau siswa dapat diberikan sertifikat PPL baru setelah penerbangan lebih dari 40 jam, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sekolah penerbangan asing memiliki standar dan peraturan yang berbeda.

Setiap mahasiswa yang telah memiliki sertifikat PPL berarti telah memiliki izin untuk mengoperasikan pesawat udara yang karakter individunya bukan maskapai atau pesawat komersil.

Selain itu, siswa hanya bisa terbang di siang hari.

CPL (Commercial Pilot License)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Jika lisensi pilot PPL hanya diberikan untuk pesawat pribadi saja, berbeda dengan lisensi pilot CPL (Commercial Pilot License), dimana setiap siswa yang berhasil mendapatkan lisensi CPL berarti dia memiliki izin untuk menerbangkan pesawat komersial yang telah dan diizinkan untuk bekerja. untuk perusahaan maskapai seperti Garuda, Lion Air dan lain-lain.

Namun, jam terbang masih terbatas karena tidak memiliki lisensi pilot IR.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Operasional

IR (Instrument Rating)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pilot dengan lisensi CPL baru dapat menerbangkan pesawat komersial atau bekerja di perusahaan transportasi dengan jam terbang terbatas.

Tetapi jika siswa tersebut telah memiliki lisensi pilot IR, berarti orang tersebut sudah dapat mengendarai pesawat di Indonesia.

Siang dan malam dan dalam segala cuaca buruk. Untuk mendapatkan sertifikat IR, siswa dapat menambahkan 10 jam terbang setelah mendapatkan sertifikat CPL.

MER (Multi Engine Rating)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Seperti namanya, mahasiswa harus memiliki sertifikat ini jika ingin mengoperasikan pesawat bermesin ganda atau multi engine seperti pesawat Airbus dan Boeing.

Pesawat jenis ini memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi, serta kinerja mesin harus dipastikan sebagai berimbang, maka pemegang sertifikat MER tentunya semakin bertanggung jawab.

Tentunya untuk mendapatkan sertifikat ini, siswa harus melalui jenjang dan seleksi yang ditetapkan oleh sekolah penerbangan.

Jika Anda sudah memiliki MER, siswa juga dapat memasuki karir lain selain profesi pilot, misalnya sebagai pelatih pilot.

Airline Transport Pilot License (ATPL)

Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya

Anda bisa mendapatkan lisensi tertinggi ini setelah 1500 jam terbang. Apa yang spesial dari ATPL?

Anda dapat bekerja pada penerbangan terjadwal, terbang dengan 2 awak atau lebih, dan menerbangkan pesawat penumpang atau pesawat kargo besar.

Lisensi pilot tertinggi yaitu Airline Transport Pilot License.

Penutup

Pada titik ini kami berharap Anda dapat memahami tujuan atau pentingnya lisensi pilot.

Jadi jika suatu hari Anda ditanya apa itu lisensi pilot? Anda dapat menjawab dengan benar bahkan dengan beberapa jenis lisensi yang Anda baca di atas.

Tentu saja seperti halnya sepeda motor, kita perlu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mematuhi peraturan mengemudi, untuk pesawat terbang, Anda harus memiliki lisensi pilot untuk mengoperasikan pesawat terbang sesuai prosedur.

Untuk beberapa jenis lisensi pilot yang kami telah jelaskan. Nah sampai disini, semoga informasi yang dapat kami berikan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Sekian artikel berjudul Lisensi Pilot: Penjelasan dan Jenisnya, semoga bermanfaat, Terimakasih banyak

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!