Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok untuk Mahasiswa

Bagaimana Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok Untuk Mahasiswa? Kuliah sambil bekerja adalah salah satu pilihan kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pekerjaan sampingan itu tidak boleh mengganggu jam kuliah.

Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok Untuk Mahasiswa

Alhasil, banyak mahasiswa yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan tersebut di hari Sabtu dan Minggu. Lantas apa saja contoh kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Berikut ulasannya!

A. Mengapa Perlu Kerja Sampingan?

Sebenarnya banyak hal yang dapat menjadi alasan mengapa mahasiswa banyak yang mencari kerja sampingan. Akan tetapi, salah satunya yang paling mendasar adalah untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Kuliah itu memerlukan banyak biaya, bukan hanya membayar uang kuliah per semester, namun juga memerlukan uang untuk kegiatan lab dan lain sebagainya.

Hal tersebut menyebabkan uang saku yang diberikan orang tua kerap kali habis meskipun belum sampai akhir bulan.

Nah, salah satu jalan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah menyempatkan waktunya untuk mendapatkan uang tambahan tersebut. Meskipun begitu, pasti ada saja diantara mereka yang mengambil kerja sampingan untuk alasan lain misalnya hobi.

B. Daftar Rekomendasi Pekerjaan Sampingan

1. Bisnis Online

Semakin berkembanga nya teknologi membuat bisnis online semakin berkemabang. Jika kita amati, saat ini banyak sekali e-commerce yang menggandeng pengusaha muda untuk memasarkan produk mereka.

Jalan ini bisa menjadi langkah bisnis yang dapat dimanfaatkan, terlebih oleh seorang mahasiswa.

Bisnis online yang dijalankan juga sangat bermacam macam, salah satunya yang sering dipilih adalah reseller dan dropshipper.

Kedua pekerjaan ini tidak memerlukan biaya besar sehingga cocok untuk kantong mahasiswa. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan selama orang yang bersangkutan mengerjakannya dengan sungguh sungguh.

Kelebihan lain dari bisnis ini adalah cukup flexible. Kamu bisa menjalankan bisnis melalui smartphone.

Sedangkan, untuk masalah pengiriman bisa dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu sehingga proses packing dan lain sebagainya tidak mengganggu jam kuliah. Kamu juga bisa mengajak teman untuk berbisnis bersama agar bebannya jauh lebih enteng lagi.

2. Penulis Artikel

Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jika kamu suka menulis, pekerjaan sampingan yang cocok adalah sebagai penulis artikel. Nantinya, hasil tulisan yang telah kamu buat akan diterbitkan dalam sebuah blog atau website.

Selain itu pilihan artikelnya juga bermacam macam dan tergantung dengan keinginan klien sehingga kamu tidak akan mudah bosan menjalankannya.

Sebenarnya pekerjaan semacam ini bisa menjadi langkah awal bagimu di dunia karir. Apabila sudah selesai kuliah, kamu mencari kerja bukan?

Nah, kemampuan menulis seperti ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan sehingga bisa saja peluangmu diterima sebagai pegawai di bidang ini cukup besar dibandingkan dengan peserta lain yang tidak pernah melakukannya.

3. Content Creator

Saat ini, posisi sebagai seorang content creator sangat diminati. Kemajuan teknologi dan media social menjadi alasannya.

Setiap perusahaan maupun selebriti dan selebgram memerlukan orang yang bisa membuat video kreatif untuk branding atau hal semacamnya. Kamu juga bisa terjuns sebagai vlogger atau youtuber jika kontenmu diminati.

Agar sukses di bidang ini, kamu harus punya skill editing yang baik dan kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan karya yang orisinil.

Strategi ini penting agar viewer atau penonton konten yang kamu buat semakin banyak. Jika kontenmu membosankan maka akan sulit untuk menarik minat mereka. Kalau viewernya banyak maka semakin banyak pula uang yang kamu dapat.

4. Fotografer

Contoh kerja sampingan Sabtu Minggu yang cocok untuk mahasiswa yang berikutnya adalah sebagai fotografer. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa fotografer untuk memotret barang yang mereka jual.

Bahkan para influencer juga memerlukan jasa fotografer untuk meningkatkan engagement dan follower di media sosialnya.

Pekerjaan ini sangatlah cocok bagi kamu yang memiliki insting yang baik di bidang seni. Menghasilkan foto yang bagus itu tidaklah mudah, sehingga kamu harus banyak berlatih.

Perlu juga kamu  menyiapkan sebuah kamera agar hasil fotonya bisa bagus dan tidak mengecewakan klien. Semakin banyak orang yang tahu kemampuanmu, maka semakin banyak uang yang dihasilkan.

5. Pengajar

Kerja Sampingan Sabtu Minggu yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kamu ahli dan menguasai sebuah bidang ilmu? Tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sebagai tenaga pengajar di sebuah tempat les.

Terlebih lagi kebanyakan dari siswa mengambil hari Sabtu dan Minggu untuk belajar karena tidak akan bertabrakan dengan rutinitas sehari hari. Peluang ini dapat kamu gunakan untuk mendapatkan uang tambahan.

Durasi mengajarnya juga tidaklah panjang. Rata rata les tambahan siswa sekolah adalah 1,5 sampai 2 jam saja. Alhasil, kamu bisa mengambil banyak siswa dalam satu harinya.

Biaya les juga cukup mahal terlebih jika mata pelajaran itu tergolong sulit. Meskipun begitu, kamu tidak boleh memaksakan untuk mengajar mapel yang tidak kamu kuasai ya!

6. Pelayan Kafe

Keberadaan café dan resto semakin menjamur dimana mana. Banyak diantara mereka yang merekrut mahasiswa sebagai karyawan.

Cara ini dilakukan karena mahasiswa terlihat cekatan dan meambangkan semangat yang besar. Hal tersebut mempengaruhi suasana di dalam café dan bisa membuatnya menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Perlu diingat juga kalau kebanyakan konsumen café dan resto adalah mahasiswa atau kaum milenial sehingga akan lebih menyenangkan jika para pekerja di café tersebut memiliki rentang umur yang setara dengan pelanggannya.

Melihat segala peluang ini, kamu bisa mencobanya dengan mendaftar sebagai salah satu pelayan di sana.

Sebagai informasi tambahan, café dan resto biasanya memerlukan karyawan tambahan setiap Sabtu dan Minggu karena lonjakan tamu yang datang.

Peluang ini yang membuat kamu bisa mengambil pekerjaan ini di hari Sabtu dan Minggu. Tentu hal ini akan membuat kulliahmu tidak terganggu karena hanya dilakukan selama hari libur saja.

Baca juga: Cara Bangkit dari Kegagalan

7. Graphic Designer

Pekerjaan sebagai graphic designer sangat cocok untuk kamu yang hobi membuat desain. Kamu bisa mencoba menyelesaikan pekerjaan ini dimanapun dan kapanpun tanpa terikat jam kerja.

Meskipun begitu, kamu harus memastikan bahwa kamu adalah sosok yang kreatif. Apabila kamu memiliki kelebihan ini maka pekerjaan itu tidak akan berantakan.

Jangan lupa juga kalau kamu harus memiliki laptop dan jaringan internet yang baik. kedua komponen ini sangat penting bagi seorang graphic designer.

Tanpa laptop kamu tidak bisa membuat karya dan tanpa internet kamu akan kesulitan untuk mencari ide dan bahan. Meskipun terlihat mudah, pekerjaan ini sedikit rumit untuk orang yang tidak biasa melakukannya.

Selama kamu yakin dapat mengerjakan semuanya dengan baik maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Saat ini banyak platform online yang menyediakan berbagai pekerjaan freelance yang berhubungan dengan graphic designer.

Hal tersebut menjadi langkah untuk mencari kerja sampingan Sabtu Minggu yang cocok untuk mahasiswa.

Uraian tentang pilihan pekerjaan yang telah disebutkan tadi bisa kamu gunakan sebagai referensi saat hendak mencari kerja sampingan.

Walaupun kamu adalah mahasiswa, bukan berarti tidak bisa menambah pemasukan dengan bekerja. Meskipun begitu, jangan sampai lupa akan kewajiban utama mu yaitu kuliah. Jangan sampai pekerjaan itu mengganggunya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!