Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN? Halo teman-teman yang sedang berencana dan sedang mengikuti proses seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) di BTPN.

Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN

Disini akan berbagi pengalaman tentang proses seleksi di BTPN sebagai calon pegawai akselerasi, dengan mengikuti seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP).

Tentunya dalam proses seleksi harus ada beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti di Creative Hacknology Intensive Program (CHiP).

Berikut pengalaman lebih detail perjalanan mengikuti Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) Bank BTPN.

Kali ini akan mengulas tentang Bocoran Lolos Seleksi Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN. Mulai dari contoh psikotes hingga contoh soal dan tahapan seleksi. Berikut tahapan tes dan seleksi:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank BTPN

1. Penyaringan CV

Tentunya Anda harus mengirimkan CV terbaru Anda ke website yang disediakan oleh BTPN. Ada beberapa proses yang mungkin bisa menjadi peluang besar untuk lolos tahap CV Screening, sebagai berikut:

  • Referensi/Rekomendasi dari teman-teman program CHiP sebelumnya,
  • Melalui portal Job seperti Jobstreet / Kalibrr,
  • Melalui situs resmi BTPN.

Referensi dari teman dan karyawan yang pernah mengikuti program yang sama bisa menjadi peluang besar, tetapi perlu diketahui bahwa jika kita memiliki referensi dari teman, bukan berarti kita dapat lulus 100% di CV Screening.

Referensi dari teman atau karyawan adalah sebuah rekomendasi, tentunya tidak semua referensi merupakan pilihan terbaik.

Sekali lagi, yang menentukan kelulusan untuk tahap Penyaringan CV adalah Curriculum Vitae harus terperinci, lugas, dan dapat menunjukkan keahlian dan kemampuan Anda.

Jika nantinya Bank BTPN tertarik dengan CV Anda, maka salah satu perekrut dari Bank BTPN akan menghubungi Anda untuk menginformasikan tahapan selanjutnya yang akan Anda lalui.

Jangan lupa sertakan Nomor Handphone dan Email yang dapat dihubungi oleh Bank BTPN.

2. Online Coding Test

Pada tahap tes online ini melalui Hackerrank dan Anda diberikan waktu 3 hari untuk menyelesaikan tes tersebut. Perlu Anda ketahui jangan buka link Hackerrank jika Anda belum siap untuk melakukan tes.

Kurang lebih kamu bisa mengikuti tes dalam waktu 2 jam, jadi pastikan kamu sudah siap mengerjakan soal, lalu kamu bisa klik linknya.

Masalahnya adalah ini sebenarnya masih mendasar, tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan program Java, itu mungkin menjadi masalah.

Pertanyaan yang diberikan adalah apakah ada yang serupa, tidak dijamin, tetapi Anda dapat mempelajarinya tentang program Java.

Kami tidak tahu berapa poin untuk bisa lolos tahap Tes Coding Online, namun ada beberapa kandidat yang bisa menyelesaikan 1 soal dengan benar namun selebihnya tidak terkirim dengan benar, dan ternyata bisa lolos pada tahap ini.

Tips: terus lakukan semua tes dan serahkan.

Jika lolos tahap selanjutnya akan diinformasikan ke tahap selanjutnya untuk interview tech dan HR.

3. Online / On Site Tech & HR Interview

Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN

Ini bisa menjadi pilihan wawancara bagi Anda di BTPN, jika tidak bisa datang langsung ke kantor bisa melakukan proses wawancara secara online, biasanya melalui aplikasi zoom sebagai medianya.

Akan tetapi jika tidak bisa datang bisa nego ke melakukan wawancara melalui telepon jika Anda tidak dapat melakukan cuti jika Anda sudah bekerja.

Proses wawancara Tech & HR dilakukan secara bersamaan, proses wawancara dilakukan oleh tiga orang yaitu: Lead / Tech Lead, Talent Head, dan Trainer.

a. Interview User

Jika Anda mendapatkan pewawancara interviewer Tech Lead, mungkin Anda beruntung tanpa mempresentasikan studi kasus Anda, tetapi jika Anda mendapatkan pewawancara Tech Head, kemungkinan besar Anda harus dapat mempresentasikan studi kasus Anda melalui email.

Harap diperhatikan, Anda harus berhati-hati dalam membuat presentasi dalam bahasa Inggris, karena tidak semua pimpinan BTPN adalah orang Indonesia.

Technical Interview ini seperti live coding live, Anda akan diberikan pertanyaan untuk membuat solusi dalam waktu sekitar 15 menit.

Anda dapat menyelesaikan masalah dalam bahasa pemrograman yang Anda pahami, dan Anda bahkan dapat menyelesaikan masalah dengan pseudocode.

Setelah Anda menyelesaikan masalah, Anda akan ditanya tentang logika dan alur pemikiran untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika Anda bisa menyelesaikan soal-soal tersebut dan menjawab soal-soal dari penguji dengan baik, maka Anda berkesempatan untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu wawancara SDM.

Jika Anda tidak sempurna dalam memecahkan masalah, Anda akan diberikan satu pertanyaan lagi kemudian diberikan waktu 15 menit untuk memberikan solusi, kemudian akan diberikan pertanyaan.

Ketika ditanya Anda tidak bisa menjawab, disarankan agar Anda menyiapkan alternatif solusi.

b. Wawancara HR

HR Interview sama seperti interview pada umumnya, anda akan ditanya tentang diri anda yang tertera di CV anda.

Pertanyaan wawancara umumnya terkait dengan problem solving, pembelajaran, proses, aktivitas sehari-hari, serta aktivitas Anda di kampus / kantor, dan yang terpenting adalah kemampuan komunikasi Anda dalam mendeskripsikan keahlian dan kemampuan Anda kepada panelis.

Saran bahwa Anda hendaknya bersiap untuk belajar menggertak dengan meyakinkan dan bijaksana.

Anda akan dihubungi kembali maksimal 2 minggu setelah melakukan wawancara langsung. Pengalaman, jika Anda tidak dihubungi lagi selama lebih dari 3 hari, kemungkinan Anda belum melewati tahap ini.

Jika lolos ke tahap selanjutnya, Anda akan dihubungi melalui telepon untuk memberikan informasi detail tentang manfaat dan program yang akan Anda jalankan di program CHiP, pastikan Anda membawa kertas dan pena untuk mencatat penawaran, karena penawaran ini tidak dikirim melalui email.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI

4. Medical Checkup

Jika lolos ke tahap wawancara, Anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan di klinik-klinik yang telah ditunjuk oleh BTPN. Proses pemeriksaan memakan waktu kurang lebih 30 menit, tergantung dari klinik yang ditunjuk.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, dan menunggu hasil pemeriksaan kesehatan kurang lebih 3 hari, Anda akan dipanggil oleh perekrut terkait hasil pemeriksaan kesehatan tersebut.

Jika hasilnya bagus / tidak ada masalah maka lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu penandatanganan surat penawaran.

5. Offering letter

Anda akan bertemu dengan tim yang telah lolos seleksi program CHiP ini, selanjutnya anda akan diberikan makalah yang berisi pasal-pasal kewajiban dan hak, jika anda setuju dengan ketentuan tersebut maka anda dapat menandatanganinya. Yang perlu Anda perhatikan pada tahap ini meliputi:

  1. Periode pelaksanaan program dan kewajiban yang harus Anda selesaikan saat Anda diterima di program CHiP.
  2. Sistem gugur dalam program,
  3. Manfaat yang harus Anda dapatkan.
  4. Anda juga dapat melakukan foto tentang hak dan kewajiban yang Anda dapatkan dan kewajiban yang harus Anda penuhi.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes CHiP di Bank BTPN, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!