Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI? Apa itu ODP (Officer Development Program) BNI? Bersumber dari website BNI, pengertian ODP merupakan program akselerasi karir yang dirancang oleh bank BNI untuk mempersiapkan calon manajerial di perusahaan melalui jalur pendek dan cepat dengan berbagai tugas yang didapat.

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI

Hingga saat ini masih banyak lowongan kerja dan loker seputar ODP BNI 46 dari tahun sebelumnya hingga tahun berjalan. Berbeda dengan ODP BNI Syariah, kali ini kita akan membahas review rekrutmen karir dari ODP BNI saja.

Kami telah merangkum cerita dari berbagai pengalaman blog dan thread di forum Kaskus dari berbagai batch awal hingga batch 130.

Berdasarkan resume yang Anda cari, calon fresh graduate atau pengalaman kerja maksimal 2 tahun dari pekerjaan sebelumnya.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank BNI

Ada bebagai macam tahapan ujian yaitu:

1. Pemilihan file

Berikut kelengkapan jika ingin mendaftar BNI ODP yaitu biodata diri, CV terbaru, fotocopy KTP, fotocopy akte lahir, fotocopy ijazah dan transkrip, pas foto 3 × 4, pas foto seluruh badan dari ujung atas sampai ujung kaki, belum kawin surat karena memasuki tahap ODP Anda diwajibkan untuk tidak menikah.

Anda juga diminta untuk membuat surat keterangan sehat dan sertifikat dari kantor polisi. Saran kami adalah gunakan CV dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat berpengaruh pada pemilihan file yang akan menentukan kegagalan hasil pada tahap ini.

Mengapa dalam bahasa Inggris? Karena pada satu tahap ada tahapan tes English Toeic

2. Wawancara Initial

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi selembar data pribadi yang nantinya akan menjadi bahan untuk wawancara inti.

Wawancara kali ini juga seperti wawancara HRD pada umumnya. Bahasa yang digunakan juga bukan bahasa Inggris. Namun untuk berjaga-jaga, selalu persiapkan diri Anda secara mental untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris.

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, bagikan pengalaman kerja Anda sebelumnya. Jika Anda seorang lulusan baru, yang terbaik adalah berbagi pengalaman organisasi Anda dan apa yang telah Anda lakukan selama studi Anda.

3. Tes psikologi

Jika lulus, tahap selanjutnya adalah psikotes. Jika gagal, Anda akan berhenti pada tahap wawancara. Pastikan untuk memeriksa dengan HRD kapan mengumumkan perbaikan berikutnya.

Tes ini terdiri dari berbagai tahapan, persiapkan mental dan energi Anda sebelum mengikuti tes ini. Karena Anda akan mengikuti serangkaian tes selama satu hari penuh. Jangan lupa untuk sarapan dan bawa bekal sebelum mengikuti tes ini.

Tes psikologi terdiri dari berbagai tahapan ujian:

  1. Tes verbal kosakata bahasa.
  2. Klasifikasi gambar
  3. Matematika dasar
  4. Pengetahuan umum baik tentang bank maupun diskusi lainnya
  5. Keterampilan memori
  6. Pauli atau biasa disebut koran ujian,
  7. Warteg
  8. Putar gambarnya
  9. Seri angka matematika
  10. Antonim dan sinonim kata
  11. Gambar pohon dan orang

Baca juga: Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

Cobalah untuk menyelesaikan tes dengan cepat dan akurat. Karena waktu yang Anda miliki sangat terbatas pada setiap tahapan psikotes ini.

4. FGD (Focus Group Discussion)

Pada tahap ini Anda akan melakukan diskusi singkat dengan menentukan kelompok terlebih dahulu. Satu kelompok biasanya terdiri dari 5 – 8 orang. Setiap kelompok yang lolos hanya separuhnya. Sisanya gagal dalam FGD ini.

Materi yang akan Anda bahas adalah materi perbankan, pengetahuan perbankan dan pengetahuan perbankan secara umum.

Pastikan Anda mengetahui dan mempelajari sedikit tentang perbankan. Informasi terkini serta berita yang sedang dibicarakan.

5. Keterampilan Bahasa Inggris (TOEIC)

  1. Apakah Anda lulus FGD dan tes psikologi, Anda tetap akan mengikuti tes TOEIC.
  2. Tes TOEIC lebih mudah dari tes TOEIC yang pernah Anda ikuti.
  3. Tes ini terdiri dari mendengarkan, membaca, struktur, pengenalan kesalahan

Untuk jumlah soal ada 200 soal dengan 100 soal listening, sisanya terstruktur.

Baca juga: Apa itu TOEFL dan Bagaimana Mendapatkan Sertifikat TOEFL

6. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI

Dalam wawancara User kali ini, Anda akan dihadapkan pada 2 pewawancara kelas manajerial. Mereka akan menanyakan lebih detail tentang teori perbankan dan mengapa Anda ingin memasuki dunia perbankan.

Pertanyaannya lebih mengarah pada visi, misi dan motivasi Anda selama ini, serta komitmen Anda jika terpilih menjadi salah satu kandidat ODP.

7. Tes Kesehatan

Jika Anda lulus tahap wawancara pengguna, Anda akan mengikuti tes kesehatan. Di sini kami tidak bisa mengatakan bahwa Anda pasti lolos sebagai calon ODP, namun ada kemungkinan besar Anda akan memenuhi syarat sebagai pegawai di BNI.

Tes kesehatan yang pertama adalah tes urine, sebelumnya Anda juga akan disuruh berpuasa selama 8 jam untuk tidak makan dan hanya diperbolehkan minum air saja. Selanjutnya adalah pencatatan jantung, tes fisik tinggi badan, berat badan dan pengukuran mata, dan terakhir adalah tes X-Ray.

Usahakan jangan begadang, jangan merokok bagi anda yang perokok dan minum alkohol sebelum anda menjalani tes ini.

8. Pengumuman Final Seleksi ODP BNI

Disini anda hanya tinggal menunggu pengumuman final seleksi ODP BNI. Dimana pengumuman akan diumumkan melalui Email, jadi pastikan email anda aktif.

9. Tanda Tangan Kontrak

Jadi setelah kita mendapat notifikasi kelulusan (lulus) kita akan isi boarding date jadi kalau yang sudah kerja dikasih satu bulan (pemberitahuan satu bulan).

Jadi disini untuk Biaya penandatanganan kontrak ke Jakarta (penerbangan) 100% uang kita sendiri, bukan ditanggung BNI. Namun setelah itu, penginapan selama pelatihan menjadi tanggungan BNI.

Tapi, baru-baru ini saya jumpai untuk batch dibawah saya yang mungkin rekrutmen tahun 2019 untuk penginapan sekarang bukan lagi di hotel / wisma kemukus (Jakarta Barat) tapi anak OJT dikasih uang jajan. Jadi mereka mencari kost sendiri dimana dan apa yang mereka makan.

Kemarin 100% BNI cover mulai dari tempat berteduh dan mengenai perut juga di wisma pakaiannya juga di laundry. Jadi kemarin sudah 1 bulan lebih di Hotel Ibis Harmoni (diluar laundry) dan selebihnya di Wisma Kemukus (disini sudah termasuk laundry).

10. Inclass

Setelah menyelesaikan kunjungan tanpa istirahat, segera masuk kelas. Melihat wajah yang berantakan dan tuyul-tuyul di kelas menjadi pemandangan sehari-hari (ehh tuyul ini laki-laki, karena langsung wajib mencukur kepala). Jadi ini bekal kita untuk OJT, seperti product knowledge, audit material, sertifikat kredit, dll.

Jadi disini setiap hari ada tes. Pagi hari sebelum pemberian materi (pre-test) dan setelah diberikan materi di sore hari (post test) nilainya tidak boleh dibawah 60/70 ya saya lupa (rata-rata) ada kemungkinan gagal di masing-masing tahap meskipun kami telah melewati proses rekrutmen ini. Jadi jangan senang dulu. Termasuk di sini +/- 3 bulan di BNV (BNI Corporate University) Kota Tua, Jakarta Barat.

11. On The Job Training (OJT)

Setelah kelas berikutnya, kami diterbangkan ke area perekrutan masing-masing. Kemarin sedang merekrut WPL (wilayah Palembang).

Jadi, wilayah sebaran WPL ada di Palembang, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Prabumulih, Kayuagung, Lubuklinggau, Jambi, Bangko, dan Kuala Tungkal. Tapi ada kemungkinan juga bisa menyebar ke seluruh Indonesia ya suka HCT asal BNI butuh pegawai.

Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BNI, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!