Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia? Saat ini kami akan membahas pengalaman mengikuti tes seleksi PCPM di Bank Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia

Tentunya merupakan suatu kehormatan untuk bergabung dengan Bank Indonesia sebagai salah satu Lembaga Negara Independen yang memiliki peran penting dalam pergerakan perekonomian di Indonesia.

Mengetahui pergerakan perekonomian di Indonesia melalui otoritas moneter untuk menjaga stabilitas nilai rupiah melalui stabilitas nilai tukar rupiah. sistem keuangan, moneter dan pembayaran.

Tentang program rekrutmen jalur PCPM BI. PCPM adalah Program Pendidikan Calon Pegawai sejajar dengan Assistant Manager di Bank Indonesia, PCPM merupakan salah satu jalur percepatan karir untuk menjadi bagian dari Bank Indonesia.

Program PCPM dilaksanakan secara berkala, pembukaan rekrutmen ini tergantung dari kebutuhan Bank Indonesia, sehingga harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk dapat mengikuti program PCPM Bank Indonesia.

Dalam proses rekrutmen ini terdapat beberapa jalur yang diterima antara lain jalur umum yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi dalam dan luar negeri, jalur Campus Hiring dan jalur LPDP.

Beberapa lulusan sarjana (S1) / Pascasarjana (S2) diterima dengan jurusan, antara lain: Statistika, Matematika, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Ekonomi / Studi Pembangunan, Ekonomi Islam / Islam, Akuntansi, Manajemen ./Bisnis, Keuangan, Agribisnis, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi (Perdagangan / Bisnis / Fiskal).

Kali ini akan mengulas tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia. Mulai dari contoh psikotes hingga contoh soal dan tahapan seleksi. Berikut tahapan tes dan seleksi:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank Indonesia

1. Seleksi Administrasi

Tahap seleksi administrasi dilakukan secara online melalui website yang telah disediakan. Anda akan diarahkan untuk melengkapi data diri, pengalaman kerja kuliah, dan beberapa form terkait motivasi diri, kelebihan dan kekurangan, serta pas foto sesuai format, ijazah dan transkrip.

Tahapan ini mungkin terlihat mudah, namun perlu diperhatikan bahwa tahapan ini menentukan apakah Anda memenuhi syarat atau tidak untuk bergabung dengan Bank Indonesia.

TIPS: Untuk mengisi form yang disediakan perhatikan format yang sudah ditentukan dan perhatikan deadline pengumpulan atau upload file, pastikan selalu mengecek kelengkapan file sebelum mengupload atau menyelesaikan proses.

2. Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit

Tahap ini merupakan tahap awal dalam proses seleksi PCPM BI, Anda akan diarahkan untuk mengerjakan soal-soal yang berdurasi 2 jam.

Jenis soal yang akan dikerjakan antara lain: menghafal bentuk, deret, keterkaitan kata, ketepatan numerik, analogi, silogisme, gambar yang hilang, kesimpulan, dan sebagainya. Mungkin jika Anda dilatih untuk mengerjakan soal-soal tersebut, akan mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

TIPS: Tingkatkan latihan soal jenis seperti menghafal bentuk, urutan, keterkaitan kata, akurasi numerik, analogi, silogisme, gambar yang hilang, dan kesimpulan.

Sebelum mengerjakan tes usahakan istirahat yang cukup dan sarapan pagi dulu, lakukan apa yang bisa dan usahakan jangan ada yang kosong, Jangan fokus pada soal yang memakan waktu lama, alangkah baiknya mengerjakan soal selanjutnya jika Anda tidak dapat mengerjakan soal.

3. Tes Pengetahuan Umum, Pengetahuan Bank Sentral, dan Bahasa Inggris

Tahapan ini adalah tahap knowledge test, juga central banking, dan tes bahasa Inggris yang setara seperti TOEFL. Tahapan ini dilakukan selama 1 hari dalam waktu kurang lebih 4 jam, jadi anda harus membutuhkan tubuh yang bugar dan stamina yang kuat.

a. Tes Pengetahuan Umum

Tes pengetahuan mengarah pada pertanyaan terkait ekonomi terkini, termasuk inflasi, negara-negara yang saat ini dilanda masalah ekonomi, dan target pertumbuhan ekonomi.

b. Tes Pengetahuan Bank Sentral

Tes pengetahuan bank sentral mengarah pada pertanyaan-pertanyaan terkait Bank Indonesia, seperti yang paling mudah, seperti nama pahlawan uang kertas, tetapi Anda dapat menemukan materi di situs web Bank Indonesia.

c. Tes Bahasa Inggris

Sedangkan untuk tes bahasa Inggris, ini hampir mirip dengan tes TOEFL, jika Anda terbiasa berlatih pada tes TOEFL seperti Listening Comprenhension, Writing Expression, Reading, Comprehension, dan Grammar Structure.

Mengenai hasil tes ini tidak bisa langsung ditampilkan, jadi Anda tidak bisa menebak batas nilai minimum yang bisa lolos ke tahap selanjutnya.

TIPS: Istirahat yang cukup untuk menjaga stamina tetap kuat dan sarapan pagi sebelum mengikuti tes, baca lebih lanjut website Bank Indonesia dan tonton video streaming Bank Indonesia.

Baca lebih banyak berita terkait isu ekonomi Indonesia dan global terkini setidaknya untuk yang terakhir 5 tahun, baca undang-undang-Undang-Undang Bank Indonesia dan Undang-Undang Dasar yang berkaitan dengan Bank Indonesia.

Pahami nama-nama pahlawan yang terdapat pada mata uang, baca lebih lanjut tentang bahasa Inggris atau soal latihan TOEFl, jika perlu ikuti tes TOEFL sebelum tes seleksi diadakan .

4. Tes Psikologis

Tahap ini merupakan tahapan yang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari sebelumnya. Tahapan ini terdiri dari beberapa bagian, antara lain Tes Psikologi, Diskusi Kelompok Tanpa Pemimpin, dan Wawancara Psikologis.

Tahapan tes psikologi, terdiri dari beberapa tes, seperti:

a. Tes EPPS

Tes ini memiliki 225 pertanyaan, di mana Anda diminta untuk memilih salah satu yang paling sesuai atau dekat dengan kepribadian Anda.

TIPS: Lakukan hal yang sama dengan kepribadian Anda, akan lebih baik tidak mengulanginya dalam 1 pertanyaan, ini dapat mempengaruhi hasil jawaban yang Anda ubah.

b. Tes Pauli / Tes Koran

Tes ini bisa dikatakan mudah, tinggal menjumlahkan 2 bilangan yang berdekatan dari bawah ke atas secara vertikal, lalu tulis bilangan dibelakangnya dari penjumlahan bilangan tersebut.

TIPS: Sering-seringlah berlatih soal ulangan pauli / ulangan koran untuk melatih fokus anda alangkah baiknya jika harus konsisten dari awal sampai akhir jangan menghabiskan waktu anda berpikir panjang karena hal ini dapat mengganggu konsentrasi anda.

c. Tes DAW (Draw a Man)

Dalam tes ini, Anda akan diminta untuk menggambar seseorang menggunakan pensil dan Anda tidak diperbolehkan untuk menghapus gambar Anda dengan penghapus, kemudian pada selembar kertas di bagian belakang diberi nama, usia, dan aktivitas orang tersebut. kita menggambar.

TIPS: Gambarlah sesuai dengan impian dan cita-cita Anda yang sesuai dengan kenyataan. Gambarnya tidak harus bagus, tapi yang perlu diperhatikan adalah gambarnya harus lengkap, jika kita diminta untuk menggambar seseorang harus memiliki tubuh, kepala, tangan, jari, kaki, dan sebagainya. .

d. Gambar Pohon (Uji BAUM)

Anda diminta mendeskripsikan pohon yang berbuah, berakar, berbatang, dilarang menggambar seperti pohon mahoni, jagung, dll. Dan jangan lupa cantumkan nama pohonnya.

TIPS: Gambarlah pohon dengan jelas, termasuk bagian-bagian pohon yang lengkap seperti daun, batang, buah, dan sebagainya.

Baca juga:

5. Interview Psikologi

Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia

Tahapan Interview Psikologi selanjutnya, tahap ini akan ditanyakan tentang CV anda seperti kegiatan organisasi selama kuliah, alasan anda bergabung dengan Bank Indonesia, dan masih banyak lagi tentang pengalaman anda sebelumnya.

TIPS: Pastikan Anda menjawab dengan jujur ​​apa adanya karena selama wawancara tidak ada jawaban yang benar atau salah. Oleh karena itu pewawancara hanya ingin mengetahui kepribadian Anda lebih dalam.

6. LGD (Leaderless Group Discussion)

Tahap selanjutnya adalah LGD (Leaderless Group Discussion) seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok dapat mencapai 6-8 orang.

Setiap kelompok diawasi minimal 3 orang untuk mengamati jalannya LGD. LGD ini tidak memiliki moderator yang harus diikuti, oleh karena itu setiap peserta memiliki kesempatan yang sama.

TIPS:

  1. Jangan menyela orang lain ketika seseorang dalam kelompok sedang berpendapat atau berbicara
  2. Sampaikan pendapat atau ide Anda dengan sopan, jika Anda tidak setuju dengan pendapat atau ide orang lain, alangkah baiknya untuk menghormati pendapat tersebut.
  3. Jangan memaksakan pendapat Anda, jika apa yang Anda katakan tidak diterima atau ditolak.
  4. Dalam LGD ini tidak ada pendapat benar atau salah, pastikan Anda sekreatif mungkin ketika semua orang memiliki jawaban yang sama, sehingga Anda memiliki nilai tambah karena memiliki pendapat yang berbeda tentang topik terkait.
  5. Jangan terlalu dominan dan juga jangan terlalu pasif dalam mengemukakan pendapat, berikan pendapat atau ide seperlunya. Jangan fokus untuk terlihat aktif, yang terpenting adalah mengutarakan pendapat atas solusi dari masalah tersebut
  6. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan pendapat, berikan penjelasan yang jelas dan to the point.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

7. Tes Kesehatan

Pada tahap ini akan diperiksa kondisi kesehatannya mulai dari tes mata, tes urine, tes paru-paru, tes darah, EKG, tekanan darah, dan pemeriksaan dokter umum.

TIPS: Sebelum melakukan tes alangkah baiknya melakukan olahraga ringan, minum susu, serta sayur dan buah, makan makanan yang banyak kandungan gizinya, hindari junk food.

8. Seleksi Wawancara Akhir

Tahap ini merupakan tahap terakhir, yang menentukan apakah Anda diterima atau ditolak. Tahap wawancara terakhir dilakukan oleh 3 pejabat Bank Indonesia.

Wawancara ini bersifat santai namun tetap profesional, sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan dengan nyaman.

Pertanyaan dari pewawancara tentang diri Anda, prestasi Anda, kuliah, organisasi, tugas akhir (tesis/tesis), dan motivasi Anda, serta terkait dengan materi sesuai jurusan Anda.

Adapun pertanyaan tentang kepemimpinan dan pengambilan keputusan tentang pendapat Anda tentang kasus tertentu.

Namun pertanyaan dalam wawancara ini tidak bisa dijadikan patokan, karena setiap orang memiliki pengalaman dan pertanyaan yang berbeda pula. Oleh karena itu, persiapkan dengan baik untuk sesi wawancara terakhir ini.

TIPS:

  1. Pelajari materi tentang Bank Indonesia setidaknya terkait dengan jurusan Anda
  2. Jawab pertanyaan dengan jujur, jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan maka jawablah yang Anda tidak tahu, jangan paksakan jawaban jika Anda tidak tahu, karena bagaimanapun pewawancara lebih mengerti.
  3. Istirahat yang cukup dan sarapan pagi sebelum melakukan wawancara, agar tubuh tetap terjaga, karena tahap ini bisa memakan waktu lama.
  4. Jangan lupa berdoa dan mohon restu orang tua agar diberikan kelancaran dalam proses seleksi ini

Akhirnya setelah menunggu selangkah demi selangkah, hingga pengumuman final yang ditunggu lebih dari 1 bulan telah tiba.

Usaha dan kerja keras yang Anda lakukan dengan baik dan maksimal membuahkan hasil sebagai salah satu peserta PCPM Bank Indonesia. Apapun hasilnya pasti itu harus hasil yang terbaik.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes PCPM di Bank Indonesia, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!