Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff LogistikStaff logistik merupakan sebuah pekerjaan yang sangat penting bagi perusahaan, mereka memegang peran penting terhadap kelancaran perusahaan dalam memenuhi permintaan pasar.

Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

Tampaknya pekerjaan ini memiliki cukup banyak peminat. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk dimak ulasan tentang posisi tersebut di sini!

A. Apa Itu Staff Logistik?

Jabatan sebagai seorang staff logistik banyak berhubungan dengan pengelolaan logistik dan distribusi. Mereka juga harus mencapai target atau program kerja yang telah diberikan oleh supervisor logistik.

Demi mencapai tujuan tersebut, seorang staff logistik harus menjalankan berbagai fungsi manajemen, seperti planning, actuating, organizing, dan controlling dengan baik.

Sama seperti pekerjaan yang lain, seorang staff logistik juga harus membangun hubungan dengan berbagai divisi lain di perusahaan yang berkaitan dengan operasional logistik dan distribusi.

Mereka juga harus memiliki hubungan yang baik dengan pihak eksternal seperti vendor logistik. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan agar pekerjaannya menjadi lebih lancar.

Secara struktural, posisi sebagai seorang staff logistik berada di bawah naungan manajer logistik dan distribusi. Selain itu, mereka juga harus bertanggung jawab terhadap supervisor Logistik.

Kepada merekalah kamu harus memberikan laporan serta menceritakan berbagai kendala yang mungkin muncul selama proses pemenuhan kebutuhan konsumen.

B. Fungsi dan Tanggung Jawab

1. Menjalankan SOP

Apapun jenis pekerjaannya, pasti harus dilaksanakan sesuai dengan SOP. Lantas apa yang dimaksud dengan SOP? SOP atau Standard Operating Procedure merupakan sebuah ketentuan yang mengatur kelancaran kegiatan operasional. Seorang staff logistik harus melakukan pekerjaannya sesuai dengan panduan tersebut.

SOP ini sudah ditetapkan oleh manajer logistik dan distribusi dibawah persetujuan perusahaan, sehingga seluruh karyawan logistik harus mengikuti setiap ketentuannya tanpa terkecuali.

Apabila ada salah satu SOP yang terlewat maka output yang diinginkan tidak dapat tercapai dengan baik. Bahkan dapat menyebabkan masalah serius dan berdampak besar bagi perusahaan.

2. Menjalankan WI atau Instruksi Kerja yang Telah Ditentukan

Selain menjalankan SOP yang telah ditetapkan oleh perusahaan, seorang staff logistik juga harus mengikuti instrumen lain yang disebut dengan instruksi kerja atau work Instruction.

Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan WI dan SOP, padahal WI memiliki cakupan perintah yang lebih individual dan tidak seperti SOP yang lebih general.

Uraian pekerjaan yang ditulis di dalam WI juga lebih detail, sehingga orang yang membacanya dapat menerima informasi tersebut dengan lebih jelas.

Cakupan instruksinya juga sempit dan biasanya hanya melibatkan satu unit kerja saja. Hal tersebut sangat berbeda dengan SOP yang harus dipatuhi oleh seluruh divisi di dalam perusahaan.

3. Membuat Laporan Bulanan Logistik

Seorang staff logistik setiap bulannya harus memberikan laporan yang jelas kepada manajer atau supervisor sebagai salah satu bentuk pertanggungjawabannya.

Laporan ini harus dibuat dengan baik sesuai dengan kondisi sebenarnya. Lantas mengapa supervisor memerlukan laporan bulanan dari staffnya? Alasannya karena digunakan untuk melihat arus barang di dalam gudang.

Agar bisa membuat laporan yang baik, kamu bisa mencari informasi tentang format penulisan yang diinginkan oleh atasan.

Hal tersebut sama pentingnya seperti penjelasan tentang pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas staff logistik yang kamu baca ini. Kamu harus memahami hal tersebut dengan baik agar pekerjaanmu sebagai staff logistik bisa berjalan dengan lancar.

C. Uraian Tugas Pokok

1. Menerbitkan Order Lines

Perlu diketahui bahwa rincian tugas yang dilakukan oleh staff logistik setiap perusahaan bisa saja berbeda. Semua itu tergantung dengan keperluan serta job desk nya masing masing.

Bisa saja ada staff logistik yang hanya diminta melakukan beberapa pekerjaan, entah sebagai pengatur pengiriman barang atau pemeriksa proses muat barang.

Meskipun begitu, perlu kamu ketahui jika salah satu tugas umum seorang staff logistik adalah menerbitkan order lines. Daftar ini sangat penting karena setiap data pemesan dan jumlah barang tercantum di dalamnya.

Berangkat dari order line ini seorang staff logistik melakukan tugas pengirimannya.

2. Merencanakan dan Mengatur Pengiriman Barang

Tugas seorang staff logistik adalah memastikan bahwa barang yang dibutuhkan oleh konsumen dapat terkirim dengan segera dalam kondisi sebaik mungkin.

Staff logistik harus mengatur pengirimannya sesuai dengan SPM atau Surat Perintah Muat sekaligus mempertimbangkan rute terbaik yang efektif dan efisien.

3. Memeriksa Proses Muat Barang

Staff logistik harus menyesuaikan proses muat barang agar sesuai dengan prioritas. Hal ini sangat penting agar pengiriman bisa dilakukan sesuai dengan tingkat urgensinya.

Pesanan yang masuk terlebih dahulu harus segera dikirimkan sehingga antriannya berjalan dengan teratur. Pemeriksaan barang harus dilakukan dengan baik agar tidak ada barang yang tertukar.

4. Memastikan Surat Surat Serah Terima Barang Aman

Saat proses pengiriman barang, seorang staff logistik harus memastikan DN asli atau Delivery Note harus segera dikembalikan oleh pengirim barang.

Dokumen ini sangat penting karena diperlukan oleh bagian collecting untuk melakukan penagihan kepada konsumen. Apabila DN asli tidak segera diterima, maka bagian collecting tidak dapat melakukan penagihannya.

D. Kualifikasi Posisi Staff Logistik

Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

Saat membuka lowongan pekerjaan, sebuah perusahaan pasti mencantumkan kriteria pegawai yang dibutuhkannya. Biasanya, kualifikasi dasar seorang staff logistik itu minimal SMK atau sederajat, pengalaman minimal 1 tahun. Umur maksimal 30 tahun, dan memiliki keahlian komputer. Meskipun begitu, kualifikasi ini berbeda beda setiap perusahaannya.

Ada juga perusahaan yang hanya meminta pelamar dengan riwayat pendidikan minimal sarjana. Terkadang riwayat pendidikan ini mempengaruhi gaji loh.

Perusahaan memerlukan orang dengan tingkat pendidikan yang tinggi pasti dengan suatu alasan. Bisa saja pekerjaan itu memerlukan kompetensi tertentu sehingga kemampuan inilah yang meningkatkan gajimu.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Staff Administrasi

E. Gaji Staff Logistik

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi gaji seorang pekerja di perusahaan, termasuk staff logistik. besaran ini tergantung dengan UMK dimana perusahaan tersebut berdiri.

Selain itu, nominal gaji juga dipengaruhi oleh nama perusahaannya. Semakin besar perusahaan tersebut maka gajinya bisa lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain.

Berdasarkan salah satu sumber, rata rata gaji staff logistik di Indonesia adalah sekitar 3,5 juta rupiah. Untuk mendapatkan nominal yang lebih besar, lebih baik kamu menekuni pekerjaan staff logistik selama beberapa tahun di sebuah perusahaan. Biasanya, kenaikan gaji bisa terjadi saat kamu sudah mengabdikan diri selama beberapa tahun di perusahaan tersebut.

Informasi tentang pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas staff logistik perlu kamu tahu, karena posisi ini menyedot banyak tenaga kerja. hampir semua perusahaan memerlukan orang yang mampu mengisi bagian ini.

Ulasan yang telah disebutkan tadi sifatnya general, sehingga kamu harus bertanya secara langsung kepada HRD jika kamu baru diterima sebagai staff logistik di suatu perusahaan.

Demikianlah ulasan tentang posisi staff logistik. Diharapkan informasi tersebut dapat menambah pengetahuanmu yang berencana melamar sebagai seorang staff logistik.

Pada intinya, pekerjaan ini memerlukan orang yang bertanggung jawab, cekatan, dan teliti. Apabila kamu sudah memiliki kemampuan tersebut, maka posisi staff logistik sangat cocok untukmu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!