Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT PAN Brothers Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT PAN Brothers Tbk? PT PAN Brother’s adalah perusahaan yang bergerak di bidang garmen, merupakan perusahaan tekstil terbesar di Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT PAN Brothers Tbk

Perusahaan ini memproduksi baju, celana, jaket dan merk yang sudah tidak asing lagi bagi anda yang menyukai fashion dan merk ternama, diantaranya Nike, adidas, Uniqlo, dll.

Perusahaan ini memiliki banyak pelanggan dari luar negeri yang datang setiap minggunya, karena produk ini adalah ekspor penuh.

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi pengalaman kami mengikuti tes seleksi di PT PAN Brothers Tbk.

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti seleksi program MDP (Management Development Program). Program ini berbeda dengan program rekrutmen reguler.

Bedanya, jika kita mengikuti seleksi rekrutmen reguler maka akan membuat staf tetap dan tahapan seleksi lebih singkat dari program MDP.

Sedangkan MDP merupakan persiapan untuk menjadi pemimpin di perusahaan melalui program pelatihan dan akan dikontrak selama 2,5 tahun untuk mengikuti pelatihan.

Setelah menyelesaikan pelatihan, beliau akan langsung menjabat sebagai supervisor atau bisa juga jabatan yang lebih tinggi tergantung dari hasil penilaian selama pelatihan. Namun, mengikuti program MDP pemilihannya lebih lama dan lebih kompleks.

Kali ini akan mengulas tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT PAN Brothers Tbk. Mulai dari contoh psikotes hingga contoh soal dan tahapan seleksi. Berikut tahapan tes dan seleksi:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT PAN Brothers Tbk

1. Mengirim file aplikasi melalui Email

Sebagai pencari kerja, Anda harus selalu memantau perkembangan lowongan melalui website lowongan kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja baru.

Kemudian jika sesuai dengan keahlian yang kami miliki pasti kami akan mengirimkan file lamaran, baik melalui email maupun website perusahaan.

Pada kesempatan kali ini melamar posisi MDP di PT PAN Brothers melalui email perusahaan, yang terpenting berkas lamaran yang anda kirimkan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Agar nantinya anda bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk melewati tahap ini, penting juga untuk memperhatikan CV (Curriculum Vitae), Portofolio, dan file lainnya agar lebih siap.

2. Psikotes tahap 1

Interval 1 hari atau bahkan 2 minggu tergantung kebijakan perusahaan. Jika lolos maka akan mendapatkan konfirmasi dari email notifikasi bahwa Anda telah lulus tahap selanjutnya yaitu mengikuti Psikotes di PT PAN Brothers Tbk & Group.

Pastikan Anda menghitung jarak antara posisi Anda dengan PT PAN Brothers Tbk, untuk meminimalisir kemacetan atau hal lainnya.

Setelah sampai di PT PAN Brothers Tbk sebaiknya menemui satpam untuk menunjukkan lokasi test, biasanya anda akan diarahkan untuk mengisi buku tamu, dan serahkan KTP anda untuk mendapatkan KTP agar bisa masuk ke area perusahaan.

Sesampai di kantornya akan bertemu dengan staff untuk mengisi buku tamu kembali, kemudian diarahkan oleh satpam kepada resepsionis untuk meminta kamar untuk dilakukan psikotes.

Tes psikologi pertama diisi tentang kepribadian Anda dan beberapa kemampuan dasar, tes Pauli/Kraepelin (tes koran).

Setelah mengikuti rangkaian tersebut Anda akan dipanggil untuk wawancara sebelum memulai psikotes seperti peserta lainnya.

3. Wawancara HRD

Wawancara menanyakan kesiapan Anda untuk mengajukan MDP, latar belakang Anda, organisasi atau kegiatan yang telah Anda lakukan, serta kemampuan Anda. untuk berbicara bahasa Inggris dan sebagainya.

Setelah menyelesaikan tahap wawancara, jika lulus maka akan dipanggil untuk mengikuti psikotest berikutnya.

4. FGD (Focus Group Discussion)

Psikotes lanjutan ini merupakan kelanjutan dari psikotes sebelumnya, anda akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan yang ada pada perusahaan untuk diselesaikan kemudian tuliskan pada selembar kertas yang telah disediakan.

Setelah Anda memecahkan masalah Anda akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas masalah tersebut, untuk menarik kesimpulan tentang masalah tersebut sehingga dapat diterapkan di perusahaan.

Ini adalah sesi FGD (Focus Group Discussion), sesi FGD ini berdurasi kurang lebih 30 menit. Jika sesi FGD selesai, siapapun yang belum lolos tahap ini akan dipanggil.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Psikotes tahap 2

Setelah Anda melewati tahap FGD (Focus Group Discussion), Anda akan diarahkan untuk mengerjakan soal tes kemampuan verbal, tes logika aritmatika (angka seri), tes logika matematika, tes logika penalaran, tes menghafal kata, dan sebagainya.

Jika Anda telah menyelesaikan tahap psikotes ini, Anda diperbolehkan pulang untuk menunggu hasil psikotes, apakah Anda melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak.

Baca juga:

6. Public Interview

Interval 2 minggu tergantung kebijakan perusahaan. Jika lolos, Anda akan mendapatkan konfirmasi dari email notifikasi bahwa Anda memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti Public Interview dan Indepth Interview.

Sekitar 25 peserta yang hadir akan duduk dalam bentuk setengah lingkaran. Sebelum sesi wawancara dimulai, PT PAN Brothers Tbk akan memberikan presentasi pengenalan tentang PT PAN Brothers dan program MDP (Management Development Program).

Setelah itu dilakukan wawancara publik kurang lebih 6 pertanyaan yang terdiri dari motivasi Anda mengikuti program MDP, cara mengatasi pengurangan karyawan di masa Covid-19 di perusahaan, tujuan Anda 5 tahun ke depan, kelebihan dan kekurangan Anda serta kontribusi Anda kepada perusahaan, memilih teman yang cocok untuk bergabung dalam tim Anda dan menyatakan alasannya, dan sebagainya.

7. In-depth Interview

Setelah proses wawancara publik selesai, maka dilanjutkan dengan mengikuti proses wawancara mendalam. Wawancara kali ini dilakukan satu per satu dalam satu ruangan.

Dalam 1 ruangan terdapat 4 peserta dan 4 pewawancara, dimana setiap 1 orang akan diwawancarai oleh 1 orang secara bergantian, setiap peserta harus diwawancarai oleh 4 pewawancara.

Pertanyaan wawancara mendalam ini menguji kemampuan Anda dalam berbicara bahasa Inggris, kemudian berlanjut tentang pengenalan diri Anda, tentang pengalaman Anda dalam organisasi atau aktivitas kerja Anda, dan latar belakang pribadi Anda.

Wawancara ini sangat santai dan profesional. Sebagian besar wawancara ini dilakukan dalam bahasa Indonesia.

8. Pengarahan MDP

Tujuan brefing ini adalah untuk memperkenalkan program MDP, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, beban dan tanggung jawabnya, serta manfaat apa saja yang akan diperoleh selama mengikuti program MDP.

Acara diawali dengan membiasakan peserta dengan permainan perkenalan, sehingga nantinya dalam satu tim bisa menjaga kekompakan dan keakraban.

Setelah selesai perkenalan, kita akan melanjutkan dengan sesi presentasi tentang program MDP dari salah satu Manajer di PT PAN Brothers Tbk. Dalam presentasinya, beliau berbicara tentang pahitnya ikut serta dalam MDP, setelah itu beliau berbagi kebahagiaan bergabung dengan MDP.

Kemudian dilanjutkan ke sesi tanya jawab sebelum kita menandatangani kontrak. Sesi selanjutnya akan dibagikan makalah beserta dokumen-dokumen yang harus dikumpulkan, sebagai bukti bahwa Anda yakin bergabung sebagai peserta MDP di PT PAN Brothers Tbk.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di PT PAN Brothers Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!