5 Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan

Apa Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan? Ketika anda lolos dalam tahap seleksi berkas, maka mulailah mempersiapkan diri untuk melakukan seleksi wawancara. Banyak hal yang ditanyakan oleh perekrut dalam tahapan wawancara.

Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan

Tidak menutup kemungkinan perekrut menanyakan tentang gaji yang anda harapkan. Berikut cara memberikan jawaban interview berapa gaji yang anda harapkan

Karena seperti yang kita ketahui bahwa banyak pelamar kerja yang ingin mengetahui “Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan”. Yuk mari kita bahas.

A. Tujuan Recruiter Menanyakan Gaji yang Diharapkan

Tujuan dari perusahaan menanyakan terkait gaji yang anda harapkan adalah untuk mengetahui apakah penyelenggara lowongan atau perusahaan mampu memberikan bayaran yang sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, perusahaan juga ingin mengetahui seberapa besar anda menghargai diri sendiri dan juga pekerjaan yang dilamar

Dengan melakukan persiapan dan juga penelitian terkait gaji sebelum menjawab pertanyaan, maka anda akan dapat menunjukkan kepada atasan atau recruiter bahwa anda bisa fleksibel dalam urusan gaji namun tetap memperhatikan kualitas dan kapasitas diri sebagai wujud atau bentuk dari penghargaan terhadap diri sendiri

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjawab pertanyaan wawancara gaji. Namun yang lebih penting adalah bagaimana cara anda memberikan jawaban yang terbaik sehingga dapat menyelesaikan proses wawancara dengan baik dan percaya diri.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berlatih sesering mungkin

Jika kamu menentukan biaya kompensasi yang terlalu rendah maka secara tidak langsung juga memberikan peluang kepada HRD atau perekrut untuk menetapkan harga yang lebih rendah yang nantinya akan membuat anda tidak merasa bahagia karena mendapatkan kompensasi yang tidak sesuai dengan harapan dan tidak mencukupi kebutuhan

Dalam menentukan kisaran gaji, anda perlu mengetahui keseharian dari pegawai perusahaan yang dilamar, dan lokasi geografisnya.

Ini akan sedikit memberikan bantuan kepada anda untuk menentukan kisaran gaji yang diharapkan dari perusahaan. Penentuan gaji dengan posisi yang sama umumnya tidak terlalu berbeda dalam beberapa perusahaan

Namun tidak menutup kemungkinan juga ada perbedaan yang terjadi. Perbedaan tersebut biasanya dapat dilihat dari lokasi, pengalaman kerja, dan ukuran dari perusahaan.

Sedikit riset akan membantu anda menemukan jawaban dari kisaran gaji yang bisa diajukan pada perusahaan. Tetapi tetap ikuti naluri anda dengan menentukan kisaran yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah

Anda juga pastinya akan merasa kesulitan untuk menentukan gaji yang ingin didapatkan sebelum mengetahui apa saja yang akan dilakukan dan dibutuhkan selama proses bekerja.

Hal ini umumnya terjadi ketika anda diminta untuk memasukkan kisaran gaji yang diharapkan melalui aplikasi, dan sebelum mendalami posisi yang akan ditempati dalam perusahaan

Untuk menentukan besaran kompensasi yang diharapkan bukanlah suatu yang mudah meskipun sebenarnya tidak ada jawaban benar ataupun salah.

Namun, setiap perusahaan yang dilamar pastinya memiliki rincian kompensasi yang berbeda-beda. Itulah mengapa anda perlu paham bagaimana cara menjawab pertanyaan gaji dengan benar untuk mencapai kesepakatan.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

B. Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan

1. Berikan Range Gaji

Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan

Untuk melakukan tahap negosiasi, jangan anda berikan besaran gaji yang diharapkan secara akurat. Seperti dengan mengatakan bahwa anda ingin diberi gaji sebesar Rp 4 juta.

Justru akan lebih baik jika anda memberikan range gaji yang diinginkan. Lakukan jawaban dengan menyebutkan bahwa anda ingin mendapatkan gaji kira-kira pada kisaran Rp 3,5 sampai Rp 4 juta

2. Riset

Untuk Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Agar tidak ragu dalam menentukan rincian gaji yang diharapkan, anda bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang gaji yang ditetapkan untuk posisi yang dilamar.

Selain itu, cobalah melihat fasilitas apa saja yang bisa didapatkan dari perusahaan tempat anda akan bekerja. Jawaban yang bisa diberikan setelah riset  yaitu dengan mengadakan diskusi kepada perusahaan

3. Utamakan Diskusi

Melanjutkan tips yang kedua, anda perlu melakukan diskusi dengan recruiter terkait gaji yang yang akan anda terima.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan jawaban terkait pertanyaan dengan kalimat “Saya sangat terbuka dan fleksibel untuk mendiskusikan terkait gaji yang bisa diterima sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Namun gaji terakhir saya sekitar …

Ketika melakukan negosiasi, anda juga bisa menaikan gaji yang diterima di perusahaan sebelumnya sebanyak 15% sampai 20%. Pemberian kisaran tersebut bisa anda tambahkan dengan pengalaman dan juga keahlian yang sudah dimiliki.

Sampaikan dengan nada percaya diri agar anda bisa memperoleh kesepakatan dari harga yang ditawarkan

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja

4. Pertimbangakan Tanggung Jawab

Tips selanjutnya dari Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan yaitu anda perlu tahu terkait jobdesk atau tanggungjawab yang diberikan dan anda kerjakan selama proses bekerja.

Selain itu, anda juga perlu tau seberapa banyak tugas yang bisa dikerjakan. Anda bisa menanyakan kembali terkait detail tanggung jawab yang akan dilakukan

Anda bisa menjawab pertanyaan dengan cara berikut yaitu “sebelum memberikan penawaran terkait gaji yang akan saya terima, saya ingin mengetahui lebih jelas terkait tanggung jawab atau job desk dari posisi ini secara lebih terperinci”.

Dengan begitu recruiter akan berpikir bahwa anda adalah orang yang penuh dengan pertimbangan

5. Pertimbangkan Fasilitas

Ketika hendak masuk dalam perusahaan atau pekerjaan baru, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting termasuk fasilitas yang bisa didapatkan selain gaji bulanan.

Seperti misalnya terkait asuransi kesehatan dan keselamatan, kesempatan bekerja dari rumah. Fasilitas makan siang, biaya perjalanan, dan juga ketersediaan jalur karir

Selain itu, anda juga perlu menanyakan fasilitas masa cuti dan tunjangan hari raya. Dengan begitu, anda bisa lebih cermat dalam menentukan gaji yang diharapkan sesuai dengan fasilitas yang ada.

Hal ini akan menghindari anda dari kerugian dimasa yang akan datang. Anda dapat menanyakan terlebih dahulu kepada recruiter tentang fasilitas ini

Contoh kalimat yang bisa dilontarkan yaitu dengan menyampaikan bahwa “gaji yang diharapkan akan tergantung dengan beberapa faktor yang belum dibahas yaitu terkait fasilitas yang akan diterima dan berapa standar gaji yang ditetapkan terkait posisi yang dilamar”.

Dengan begitu anda dapat mengetahui informasi lebih terperinci.

Baca juga: Jawaban dan Pertanyaan Test Wawancara Kerja

C. Hal yang Perlu dihindari

Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan

Ketika menjawab pertanyaan tentang gaji, anda perlu menghindari untuk menyebutkan nominal secara langsung. Anda perlu melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan recruiter untuk mendapatkan kesepakatan yang sama-sama menguntungkan.

Dengan begitu, anda akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan standar dari perusahaan

Jangan sampai anda menyebutkan nominal terlebih dahulu sebelum recruiter mengajukan tawaran terlebih dahulu. Jangan pernah meminta gaji yang berada di atas standar kompensasi dari posisi yang dilamar.

Anda bisa memberikan penghargaan terhadap diri sendiri namun disesuaikan dengan kompensasi pada umumnya dan tidak terlalu berlebihan

Jawaban interview berapa gaji yang anda harapkan memang cukup sulit dijawab dan terkadang menjebak.

Namun, ketika merasa bahwa atasan atau recruiter menawarkan gaji yang sangat rendah atau dibawah standar, maka anda perlu menanggapinya dengan anggun dan tanpa emosi dengan menanyakan apakah masih ada ruang untuk melakukan negosiasi.

Baca juga: Cara Mengatasi Grogi saat Wawancara Kerja

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh recruiter terkait kompensasi. Namun anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjawabnya agar memperoleh kesepakatan sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan recruiter untuk mendapatkan sebuah kesepakatan.

Sekian artikel mengenai Jawaban Berapa Gaji yang Diharapkan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.