Prospek Kerja Jurusan Matematika

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Matematika? Ilmu matematika selalu identik dengan kesan sulit dan rumit. Tetapi jurusan satu ini sebenarnya sangat aplikatif untuk dipakai di kehidupan kita sehari hari.

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Sebagai salah satu ilmu wajib yang harus diketahui, jurusan pendidikan matematika juga punya prospek kerja yang bagus dan menjanjikan. Berikut beberapa ulasan tentang Prospek Kerja Jurusan Matematika yang bisa kau pertimbangkan.

Sekilas Tentang Jurusan Pendidikan Matematika

Sebelum berbicara tentang prospek pekerjaan jurusan ini, sebaiknya kita mengenal dahulu apa itu jurusan pendidikan matematika.

Bila dibedakan, jurusan satu ini ada dua macam yaitu jurusan matematika murni yang berada dibawah nauang Fakultas MIPA dan jurusan pendidikan matematika yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan

Dari dua nama jurusan tersebut bisa kita bedakan bahwa untuk jurusan matematika murni para lulusannya biasanya akan bekerja pada sektor keilmuwan atau lainnya.

Sedangkan untuk jurusan pendidikan matematika, para lulusannya nantinya akan mengabdi menjadi tenaga pengajar atau guru matematika.

Selain mempelajari terkait berbagai macam teori matematika secara mendalam seperti teori aljabar, teori geometri, matematika diskrit, fitur lain dari angka, hingga ruang multidimensi, jurusan satu ini juga mempelajari tentang matematika terapan.

Matematika terapan ini adalah program pendidikan untuk mempelajari dan menemukan sebuah aplikasi matematika yang akan berguna di bidang lainnya.

Jurusan satu ini memiliki jalur peminatnya sendiri. Terbukti dari tidak pernah sepinya pendaftar di jurusan ini setiap tahunnya.

Bahkan banyak perguruan tinggi besar Indonesia yang mempunyai jurusan ini di dalanya. Matematika sebagai ilmu dasar untuk penunjang kehidupan sehari hari untuk kita menjadikan jurusan ini tak pernah membosankan untuk diulik dan terus dipelajari.

Sebagai ilmu dasar, metematika adalah ilmu wajib bila ingin mempelajari ilmu pengetahuan lainnya seperti kimia, fisika, akutansi, ekonomi atau bahkan jurusan teknik.

Oleh karena itu matematika walaupun terkesan sulit dan sedikit rumit, tetapi matematika harus dipelajari dan dipahami sebagai pengetahuan dasar.

Prospek Kerja Jurusan Matematika

1. Tenaga Pengajar

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Lulusan jurusan matematika banyak yang memilih menjadi tenaga pengajar. Salah satu profesi favorit para lulusan matematika ini cukup beragam, dari mulai tenaga pengajar di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga dosen di perguruan tinggi.

Tak jarang juga yang memilih untuk menjadi guru privat di lembaga bimbingan belajar.

Untuk menjadi seorang tenaga pengajar di bidang matematika, memang kamu harus mempunyai sertifikasi terlebih dahulu sebagai guru.

Setelah mendapatkan sertifikasi yang layak baru nanti akan ditempatkan ke sekolah yang sesuai. Tenaga pengajar di bidang matematika ini pasti dan banyak dibutuhkan karena materinya yang menjadi pendidikan wajib di Indonesia.

Bila kamu memutuskan untuk menjadi salah satu tenaga pengajar di Indonesia, pendapatkan yang akan diterima juga tidak sedikit.

Rata rata penghasilan tenaga pengajar di Indonesia sekitar Rp3.5 juta per bulannya. Tetapi hal ini juga tergantung kebijakan tiap instansi pendidikan yang menangungi dan belum dihitung dengan insentif kerja lainnya.

2. Ahli Statistika

Matematika dan Statistika, adalah dua hal yang berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan. Seorang pekerja di bidang statistika akan dituntut untuk mempunyai kemampuan matematika yang baik.

Karena matematika adalah salah satu ilmu wajib dalam mengaplikasi kan perhitungan data yang akan dilakukan para pekerja statistika nantinya.

Selama mempelajari matematika, otomatis karakter dan pola berfikir kamu akan berkembang sesuai dengan ilmu yang kau pelajari.

Membentuk karakter yang teliti, tepat dan cermat adalah hal yang bagus. Apalagi untuk profesi seperti pekerja statistika yang sangat membutuhkan fektor penunjang tersebut.

Untuk rata rata gaji seorang pegawai statistika di Indonesia sekitar Rp 5 Juta per bulannya. Tentunya hal ini berbeda beda tergantung penempatan tempatmu bekerja nantinya.

Sebagai bagian back office yang bertanggung jawab pada pengolahan data perusahaan, pekerjaan satu ini akan cukup menantang bagi kamu para lulusan matematika.

3. Aktuaris

Profesi sebagai aktuaris adalah pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dan investasi. Pekerjaan satu ini mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan atau mengaplikasikan ilmu keuangan dengan ilmu statistika guna menyelesaikan berbagai macam permasalahan terkait bisnis perusahaan tempatmu bekerja nantinya.

Aktuaris juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengaturan dalam sistem manajemen resiko suatu bisnis, seperti pada bidang asuransi dan investasi misalnya.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan atau resiko yang akan terjadi bila salah perhitungan. Karena bisnis yang terkait asuransi dan investasi seperti ini memang membutuhkan ketepatan dan kecermatan pegawainya.

Pendapatan atau gaji seorang Aktuaris cukup menjanjikan. Dengan rata rata gaji yang diterima tiap bulannya mencapai sekitar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta, profesi satu ini cukup diminati para lulusan matematika.

Tetapi hal ini juga berkaitan erat dengan besarnya resiko pekerjaan yang akan ditanggung nantinya.

4. Peneliti

Ilmuwan yang fokus pada pengembangan ilmu matematika beserta terapannya. Mungkin itulah salah satu tanggung jawab seorang peneliti di bidang ini.

Menemukan bentuk matematika baru yang akan digunakan untuk membantu perkembangan tekhnologi adalah salah satu tugas yang dijalankan seorang peneliti.

Beberapa instansi pemerintahan yang bergerak dibidang keilmuan seperti LIPI atau perusahaan swasta lainnya yang bergerak dibidang penelitian juga bisa menjadi target lulusan matematika.

Dengan rata rata gaji yang diterima sebesar Rp 5 juta per bulannya, seorang ilmuwan bisa menerapkan ilmunya secara langsung.

5. Akuntan

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Matematika dan akuntasi juga sangat berkaitan erat. Dengan ilmu dasar matematika, seorang akuntan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan lebih mudah.

Profesi ini sangat dibutuhkan diberbagai macam sektor. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi satu ini untuk menunjang kehidupan perusahaan mereka.

Dengan pendapatan rata rata seorang akuntan mencapau Rp 5 juta per bulannya, tugas utama seorang akuntan adalah mengatur lajur keluar masuknya keuangan perusahaan.

Dari mulai proses pengaturan, perencanaan hingga pembuatan laporan keuangan, yang mana laporan ini yang akan menjadi acuan untuk perusahaan dalam proses pengembangannya.

6. Ekonom

Ekonom adalah seperti halnya seorang ilmuwan di bidang matematika. Bertanggung jawab melakukan berbagai macam penelitian hingga membuat perencanaan terkait masalah ekonomi suatu perusahaan.

Dengan rata rata pendapatan yang diterima profesi ini sekitar Rp 3 juta perbulannya, seorang ekonom biasanya bertanggung jawab atas bagian produksi hingga distribusi produk perusahaan.

Baca juga: Jurusan Yang Prospek Kerjanya Bagus Untuk Wanita

7. Perbankan

Profesi di bidang perbankan seperti ini adalah salah satu profesi dengan banyak peminatnya. Dengan pendidikan dasar sebagai lulusan jurusan matematika, kamu akan ditempatkan di bagian depan seperti Customer service, teller atau bahkan di bagian dalam kantor.

Profesi yang berkaitan erat dengan sistem perhitungan cepat ini akan memudahkanmu yang sudah terbiasa dengan pendidikan matematika.

Gaji pegawai bank memang cukup menggiurkan. Dengan rata rata pendapatan yang diterima tiap bulannya mencapai Rp 5 Juta, membuat Prospek Kerja Jurusan Matematika satu ini tidak pernah sepi peminat.

Dari mulai bank daerah, bank nasional bahkan bank multinasional membuka banyak peluang bagi lulusan ini yang ingin mendaftarkan dirinya.

Berbagai macam peluang kerja yang tersedia bagi berbagai macam lulusan jurusan saat ini tak akan membuatmu khawatir. Terus belajar dengan giat dan mengasah skill saat menempuh pendidikan menjadi fokus utama.

Ditopang dengan maju pesatnya dunia tekhnologi saat ini, akan membuat para lulusan di jurusan matematika seperti ini akan punya peluang lebih banyak lagi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!