Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Sosiologi? Ilmu sosiologi adalah salah satu jurusan dalam perguruan tinggi yang mempunyai prospek pekerjaan yang cukup bagus kedepannya.

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Ilmu yang diajarkan pada jurusan satu ini dapat masuk ke segala lini bidang pekerjaan. Berikut ulasan terkait prospek kerja jurusan sosiologi yang wajib kamu simak sebelum memilih pekerjaan.

A. Apa Itu Jurusan Ilmu Sosiologi

Ilmu sosiologi secara umum mempelajari tentang kehidupan manusia dan bagaimana mereka berinteraksi. Selain itu ilmu ini juga mempelajari dan menganalisis tentang berbagai permasalahan yang timbul akibat interaksi antar manusia yang sering terjadi.

Sehingga pembahasan terkait hukun dan kriminologi juga akan disinggung dalam ilmu ini.

Untuk perguruan tinggi yang mempunyai jurusan satu ini tercatat ada beberapa, yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta,  Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Andalas .

Untuk prospek pekerjaan para lulusannya pun beragam, berikut sedikit ulasannya.

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

1. Human Resources (HR)

Rekomendasi pekerjaan yang pertama adalah menjadi Human Resources. Untuk mendapatkan pekerjaan satu ini kamu bisa mendaftarkan diri ke berbagai perusahaan swasta.

Posisi pekerjaan satu ini banyak dibutuhkan banyak perusahaan karena salah satu posisi yang penting dalam perusahaan.

Profesi satu ini mempunyai tanggung jawab dalam hal yang berkaitan tentang perekrutan karyawan baru perusahaan, pendistribusian gaji karyawan, membuat laporan kinerja perusahaan tiap bulan dan tiap tahunnya, pengurusan prakter kerja karyawan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk pendapatan atau gaji profesi satu ini rata rata sekitar diatas Rp 4 juta per bulannya.

Tetapi gaji yang didapatkan memang akan tergantung dengan beban kerja yang dilakukan dan tergantung oleh kebijakan masing-masing perusahaannya. Selain bidang sosiologi, kamu juga harus mempunyai skill komunikasi yang baik.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Untuk prospek perkerjaan selanjutnya adalah menjadi anggota atau pengurus di sebuah kelembagaan. Salah satunya adalah LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat.

Para pekerja di bidang ini biasanya memang dituntut untuk mempunyai ilmu sosiologi. Karena nantinya akan berpengaruh pada kemampuan menganalisis kondisi sosial di sekitarnya.

Untuk menjadi seorang anggota LSM, tentu selain ilmu di bidang sosiologi, banyak juga hal hal yang harus kamu pahami.

Seperti kemampuan berkomunikasi yang baik, pengalaman berorganisasi, tingkat empati dan simpati yang tinggi khususnya terhadap kehidupan bermasyarakat.

Tugas dinas keluar kantor pun akan sering kamu lakukan bila bekerja pada profesi satu ini. Sehingga akan sering sekali bertemu dengan orang yang baru dan akan mempunyai banyak pengalaman lapang yang seru.

Tak heran bila pendapatan yang bisa kamu terima adalah sekitar belasan juta rupiah nantinya.

3. Konsultan

Konsultan atau Advice Worker adalah rekomendasi profesi lulusan sosiologi selanjutnya. Sesuai nama pekerjaannya, tanggung jawab profesi ini meliputi konsultasi terkait kendala yang dialami klien nantinya.

Profesi satu ini juga banyak dilirik oleh perusahaan perusahaan swasta maupun BUMN untuk dipekerjakan.

Untuk profesi konsultan seperti ini sudah banyak di berbagai bidang. Seperti pada bidang hukum atau keuangan, yang mana kedua bidang ini aling sering digunakan jasanya untuk berbagai macam perusahaan.

Seorang konsultan tak hanya memberikan solusi pada masalah yang sudah terjadi, tetapi juga bisa memberikan saran sebelum terjadi masalah.

Untuk pendapatan atau gaji yang diterima konsultan sangat beragam. Dari mulai jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah, tergantung dari banyaknya pengalaman konsultan itu sendiri.

Karena semakin tinggi jam terbang konsultan dalam profesinya, maka tingkat keprofesionalannya juga akan semakin tinggi yang mana seiring dengan pendapatannya.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

4. Public Relation (PR)

Pekerjaan selanjutnya adalah PR kepanjangan dari Public Relations atau bisa juga disebut Humas (Hubungan Masyarakat).

Profesi ini cukup diminati para lulusan jurusan sosiologi karena selain pekerjaan yang menuntut mobilitas tinggi juga akan membuka peluang untuk banyak bertemu dengan orang baru.

Sehingga, akan membuat profesi satu in mempunyai banyak sekali pengalaman dan ilmu yang berguna saat bekerja di lapang.

Untuk tanggung jawabnya pekerjaan ini antara lain adalah seperti menjalankan fungsi organisasi, menjalin hubungan baik dengan klien, bahkan hubungan dengan pemerintah dan instansi lainnya yang terkait dengan perusahaan.

Bila perusahaan berurusan dengan media atau wartawan, biasanya profesi humas inilah yang akan mewakili nama perusahaan untuk berbicara pada publik.

Tak hanya ilmu tentang sosiologi saja tentunya yang harus dikuasai, tetapi kemampuan berkimunikasi yang baik dan kepekaan kepada kondisi disekitarnya juga menjadi poin pus tersendiri untuk profesi ini.

5. Aparatur Sipil Negara (ASN)

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Menjadi ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah salah satu pilihan pekerjaan selanjutnya. Pekerjaan ini sebenarnya tak hanya diminati oleh para lulusan ilmu sosiologi saja, tetapi banyak jurusan lainnya yang juga berebut untuk masuk menjadi ASN.

Bila lulus setelah rangkaian tes yang dijalani, ASN akan di tempatkan pada instansi pemerintahan.

Untuk jurusan ilmu sosiologi, beberapa lembaga pemerintahan yang membutuhkan ASN lulusan jurusan satu ini antara lain seperti Depdiknas, Bappeda dan Bappenas.

Untuk pendapatan perbulannya rata rata sekitar Rp 3 juta rupiah, tetapi perhitungan ini belum termasuk intensif dari tugas yang di berikan masing masng lembaga.

6. Media Planner

Pekerjaan sebagai media planner saat ini sedang berkembang ditengah maraknya penggunaan media sosial. Profesi satu ini mempunyai tanggung jawab untuk menghandle hal hal terkait periklanan.

Menjadi seorang media planner perusahaan misalnya, kamu akan bertanggung jawab atas konsep rancangan iklan yang akan di posting di media sosial.

Mungkin profesi ini terlihat sederhana karena berhubungan dengan iklan dan penjualan. Tetapi pekerjaan satu ini akan membutuhkan analisis sosial terkait market yang akan menjadi lahan penjualan produk perusahaan.

Sehingga hasil analisis yang tepat denga pertimbangan yang matang sangat berpengaruh pada tingkat penjualan produk.

Karena tak hanya membuat konten untuk iklan saja, tetapi profesi satu ini juga akan bertanggung jawab terhadap riset pasar untuk penjualan produk.

Media planner ini memang profesi yang tak banyak orang tahu dan masih belum populer, tetapi untuk prospek pekerjaan kedepannya di dalam dunia digital saat ini akan cukup tinggi.

7. Analis

Rekomendasi pekerjaan yang terakhir adalah sebagai analis. Profesi satu ini banyak di minati di beberapa bidang, misalnya analisis keuangan yang paling favorit.

Tak hanya bertugas untuk membuat laporan analisis pasar terkait penjualan produk, seorang analis juga akan memprediksi pergerakan pasar yang berpengaruh pada produknya.

Juga tak jarang kamu akan membuat strategi khusus untuk menaikkan penjualan produk. Sehingga, untuk masuk dalam salah satu Prospek Kerja Jurusan Sosiologi satu ini, kamu tak hanya dituntut untuk mempunyai ilmu sosiologi yang baik, tetapi juga hal yang lain.

Skill lainnya yang perlu kamu pahami adalah, skill komunikasi dan analisis thinking yang mumpuni.

Banyak mahasiswa atau para lulusan dari perguruan tinggi yang bingung untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikannya.

Informasi kali ini akan membantumu untuk menentukan gambaran karir kedepanmu. Selain mendapatkan nilai yang bagus, kamu juga bisa sambil belajar mengikuti beberapa organisasi yang melatih skillmu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!