Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris? Kalau kamu lulusan Sastra Inggris, tak perlu khawatir sulit mencari pekerjaan. Banyak perusahaan dan bidang usaha yang membutuhkan, bahkan kamu bisa bekerja secara mandiri.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Di Sastra Inggris kamu akan belajar sisi linguistik secara mendalam. Sehingga ilmu tersebut bisa kamu gunakan untuk berekspansi ke beberapa prospek kerja jurusan Sastra Inggris. Simak disini.

A. Alasan Perlu Memilih Jurusan Sastra Inggris

1. Peluang Kerja Luas

Perlu kamu tahu bahwa Bahasa Inggris kini digunakan sebagai bahasa internasional. Bahkan lebih dari 60 negera menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara mereka.

Artinya dimanapun kamu berada, kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan. Jadi jangan heran apabila scope pekerjaan lulusan sastra ini cenderung luas dibandingkan lainnya.

Apalagi jurusan Sastra Inggris tidak hanya memberikan pengetahuan saja, tetapi menerapkan keahlian para mahasiswanya. Mulai dari kemampuan komunikasi lisan dan tertulis, kemampuan berpikir terstruktur, hingga kemampuan interpersonal.

Alhasil para lulusannya unggul dan mampu bekerja baik intansi pemerintah, perusahaan swasta, bahkan lembaga internasional.

2. Bisa Rintis Karir Sejak Kuliah

Bukan tidak mungkin kamu bisa memulai karir sejak masih mahasiswa. Bekal ilmu yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk membuka les privat Bahasa Inggris untuk SD, SMP, dan SMA.

Kamu tidak hanya membagikan ilmu yang bermanfaat, tapi juga mendapatkan keuntungan finansial. Kalau hobi traveling kemampuan ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pemandu wisata.

3. Tak Terkendala Bahasa

Jika kamu cakap bicara bahasa Inggris atau minimal paham dasar-dasar percakapan, maka tak perlu khawatir ketika traveling ke luar negeri.

Hal ini karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal, istilah kerennya lingua franca. Sehingga dimanapun negara yang kamu kunjungi paling mudah berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

4. Mengenal Wawasan Mancanegara

Selama kuliah di Sastra Inggris, kamu akan mendapat kesempatan untuk mengenal kesusastraan mancanegara. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengakses portal berita luar negeri.

Mulai dari berita terbaru ekonomi, sosial budaya, hingga isu politik. Hal ini tentu saja membuatmu tampak keren dan tidak ketinggalan zaman karena selalu up to date berita-berita mancanegara.

B. Gambaran Dunia Perkuliahan Jurusan Sastra Inggris

Kamu akan menempuh setidaknya 4 tahun atau 8 semester di jurusan popular ini. Banyak pengetahuan dan keahlian yang akan kamu pelajari, baik secara lisan maupun tulisan.

Dasar-dasar mata kuliah yang didapatkan seputar grammar dan listening. Namun akan berkembang seiring bertambahnya semester.

Kamu juga akan mempelajari Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, Sintaksis Bahasa Inggris, Semantik Bahasa Inggris, hingga Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Inggris.

Bahkan kamu turut menekuni perbedaan Bahasa Inggris dengan British Style ataupun American Style. Mulai dari tata bahasa, cara pengucapan, hingga kalimat slang. Sangat menarik bukan?

C. Prospek Kerja untuk Lulusan Sastra Inggris

1. Translator

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris tidak melulu harus menjadi guru sekolah atau guru privat. Kamu bisa menjadi seorang translator atau penerjemah profesional.

Tugasnya seputar menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke bahasa lainnya, ataupun sebaliknya. Nantinya kamu akan menerjemahkan novel, dokumen, film, bahkan seri kartun dalam bentuk tulisan.

Profesi ini bisa dilakukan secara mandiri atau bergabung dengan perusahaan. Apalagi di era digital sudah banyak platform yang dikhususkan untuk freelance translator.

Sehingga memungkinkan kamu untuk mendapat proyek tanpa harus bekerja di kantor. Begitu pula jika kamu bekerja di sebuah perusahaan, kamu akan berurusan dengan dokumen bahasa asing atau mendampingi tamu dari luar negeri.

2. Tour Guide

Bagi kamu yang mempunyai hobi traveling, profesi tour guide bisa menjadi pilihan. Belum lagi tren pariwisata di Indonesia terus menunjukkan angka positif.

Tak heran bila peluang tour guide terbuka lebar, terutama jika memiliki skill Bahasa Inggris. Kamu akan mendapat banyak pengalaman seru, bertemu orang baru, tempat-tempat indah, bahkan cerita baru.

3. Dosen Bahasa Inggris

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Tak harus menjadi guru, profesi dosen bisa kamu pertimbangkan untuk berkarir di dunia pendidikan. Membagikan ilmu dan wawasan yang kamu ketahui ke mahasiswa pastinya sangat menyenangkan.

Namun untuk menjadi dosen kamu perlu meraih gelar magister lebih dulu. Setelah sarjana melanjutkan kuliah pascasarjana, supaya ilmu yang didapatkan lebih matang.

4. Freelance Writer

Belakangan ini mulai muncul situs-situs freelance yang bisa kamu manfaatkan. Hobi menulis ditambah skill Bahasa Inggris mumpuni tentu menjadi prospek yang menjanjikan.

Kamu bisa menulis di majalah, publikasi online, atau situs penyalur freelance. Pendapatan yang diterima tak tanggung-tanggung, kamu bisa digaji per tugas bahkan per jam dalam kurs dollar.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

5. Blogger

Bagi lulusan Sastra Inggris yang hobi menulis, kamu bisa menjadi blogger untuk mendapatkan banyak uang. Pertama, pilih topik dalam bahasa Inggris yang sekiranya bisa dibaca oleh seluruh dunia.

Kedua, konsisten menulis topik pilihan dan sabar untuk mendapatkan jumlah pengunjung. Meskipun naiknya tren lama tetapi penghasilannya cukup fantastis.

6. Interperter

Tugasnya mirip seperti translator, namun cara penyampaiannya berbeda. Interpreter menerjemahkan bahasa Inggris secara lisan tanpa menulisnya.

Oleh karena itu, profesi ini membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menerjemahkan antar kalimat si pembicara. Interpreter sering ditugaskan saat ada pertemuan antar negara atau konferensi dunia.

7. Editor Publishing

Bidang penerbitan membutuhkan peran lulusan Sastra Inggris di tim Editorial. Kamu bisa masuk ke publishing buku-buku terjemahan Inggris-Indonesia atau sebaliknya.

Editor berperan dalam membaca dan menilai naskah, lalu mengedit serta mengoreksi tulisan. Namun mencapai posisi editor tidak mudah, butuh pengalaman yang bisa kamu mulai ketika kuliah.

8. Diplomat

Seorang diplomat tidak hanya dari lulusan Hubugan Internasional saja, lulusan Sastra Inggris pun bisa. Mengingat kamu punya skill komunikasi bahasa Inggris diatas rata-rata, tak heran bila nantinya sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, kamu juga perlu menambah kemampuan diplomasi dan public speaking agar lebih percaya diri saat mewakili negara di suatu pertemuan.

9. Jurnalis

Di masa kini seorang jurnalis perlu cakap bahasa Inggris. Karena tantangan yang dihadapi berskala internasional, jadi membutuhkan skill bahasa yang tinggi.

Ditambah perkembangan dunia digital semakin membuka lebar peluang lulusan sastra ini. Kamu bisa berkiprah di media cetak maupun media online. Tugasnya mengumpulkan informasi dan menulis berita berdasarkan fakta.

10. Buka Les Privat

Kalau kamu tidak ingin terikat di perusahaan, buka les privat sendiri perlu dicoba. Kamu juga bisa mengembangkan diri menjadi wirausahawan. Untuk awalan boleh dimulai jenjang SD dan SMP, lalu naik ke jenjang SMA.

Jika sudah matang kamu bisa membuka kursus untuk umum. Materi yang diberikan dapat kamu buat kurikulumnya sendiri dan disesuaikan kebutuhan.

Sebagai lulusan Sastra Inggris, kamu jangan patah semangat untuk berkarir di profesi tertentu. Ada banyak prospek pekerjaan yang dapat kamu geluti, serta peluang karirnya menjanjikan.

Asalkan pilih karir yang tepat sejak awal, sesuaikan pula dengan passion yang kamu miliki. Jadi seandainya jalan karirmu sulit, kamu tidak keberatan menempuhnya guna menggapai kesuksesan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!