Cara Jualan di Shopee

Bagaimana Cara Jualan di Shopee? Banyak e-commerce yang bisa diakses di Indonesia. Salah satunya adalah Shopee. Bukan hanya sebagai platform untuk membeli barang secara online.

Cara Jualan di Shopee

Kamu juga bisa menjual banyak produk ataupun menjadi reseller beberapa toko yang ada. Yuk simak penjelasan tentang cara jualan di Shopee berikut.

A. Langkah-langkah Untuk Berjualan di Shopee

1. Buat Akun Shopee

Sebelum mulai berjualan, kamu bisa sedikit belajar tentang e-commerce ini. Shopee adalah e-commerce yang berasal dari Singapura.

Didirikan pada tahun 2009, namun bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2015. Selain menjadi wadah untuk memudahkan transaksi jual beli barang jarak jauh, juga ada fitur lainnya seperti shopee pay dan shopee food.

Kalau kamu ingin membuat akun via aplikasi shopee, pilih tab Saya, lalu klik pada bagian Daftar. Untuk membuat akun dari website resmi shopee, kamu bisa pilih Mulai Jual atau Seller Centre dan lanjutkan klik Buat Akun.

Kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Google, Facebook, Apple, ataupun dengan nomor handphone yang aktif.

Saat memilih untuk daftar menggunakan nomor handphone,  akan ada proses verifikasi via SMS atau Whatsapp yang berisi kode OTP.

Pastikan untuk tidak membagikan kode OTP ataupun password kepada orang lain yang tidak berurusan dengan bisnismu ya. Fungsi dari verifikasi nomer ini supaya produk yang kamu jual bisa terlihat oleh calon pembeli.

2. Melengkapi Profil Akun

Setelah membuka aplikasinya, klik Toko Saya dan pilih Asisten Penjual. Kamu akan menemukan Profil Toko disitu. Di halaman ini, buat nama toko dan beri deskripsi gambar yang bisa menarik pembeli.

Kalau sudah selesai, jangan lupa klik tanda centang pada bagian ujung kanan halaman tersebut.

Untuk kamu yang ingin melengkapi profil dari seller centre, ikuti cara berikut. Pada menu Seller Centre, klik Profil Toko dan lakukan step yang sama seperti cara pada aplikasi.

Di sini kamu bisa upload maksimal lima foto atau video untuk merepresentasikan toko barumu ini. setelah itu klik tanda Selesai atau centang pada ujung kanan halaman.

Kamu juga bisa menambahkan keterangan waktu yang dibutuhkan untuk membalas chat atau tipe produk yang akan dijual. Lengkapi juga alamat untuk tokomu.

Jika memang tidak ada toko fisiknya, kamu boleh memberikan alamat rumahmu. Selain itu, tambahkan jasa pengiriman apa yang akan digunakan dan nomor rekening bank untuk mencairkan hasilnya.

3. Menambahkan Produk yang Akan Dijual

Siapkan foto atau video terbaik dari produk yang akan dijual. Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan editor, supaya apa yang kalian upload sesuai dengan keadaan aslinya.

Walaupun memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisa terjadi sedikit perbedaan warna karena faktor cahaya ataupun kualitas kamera.

Pada aplikasi, klik menu Saya lalu pilih Mulai Jual. Sedangkan pada seller centre pilih menu Akses Tokomu. Selanjutnya, kamu bisa mulai upload foto dan video tadi.

Tambahkan deskripsi tentang produkmu, usahakan selengkap mungkin namun tetap mudah dibaca oleh calon pembeli.

Pada kolom deskripsi, kamu bisa menambahkan ukuran produk, merk, pilihan warna, dan juga berat dari produk tersebut. Walaupun kamu hanya bertindak sebagai reseller, tetap berikan deskripsi yang sesuai dengan produk aslinya ya.

Hal ini untuk mencegah adanya pelaporan barang yang tidak sesuai. Tokomu akan diverifikasi oleh Shopee kurang lebih 1 hari kerja.

4. Promosikan

Setelah tokomu terverifikasi, produk yang akan dijual sudah muncul di bagian etalase toko. Kamu bisa melakukan promosi untuk mengangkat penjualan.

Tujuannya untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Shopee memberi kamu kesempatan untuk mempromosikan produk atau tokonya setiap 4 jam sekali. Kamu juga bisa membagikannya via media sosial.

Tidak hanya belajar tentang cara jualan di Shopee, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal untuk bisa mendapat banyak calon pembeli.

Selain dengan cara promosi yang disediakan Shopee atau media sosial, kamu bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini. Baca sampai akhir bagian ini ya.

Baca juga: Sistem Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan

B. Tips Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara Jualan di Shopee

1. Daftar Gratis Ongkir

Bukan sebuah rahasia lagi kalau banyak konsumen yang suka dengan kata gratis. Pasti kamu termasuk salah satunya. Kamu juga bisa berbagi kebahagiaan sekaligus menambah calon pembeli dengan cara memberikan promo gratis ongkir.

Terkadang memang bisa saja ongkos kirim menjadi lebih mahal daripada harga barang yang yang akan dibeli.

Untuk mengaplikasikan fitur gratis ongkir ini, kamu perlu melakukan pendaftaran di aplikasi ataupun website resmi Shopee. Waktu pendaftarannya bisa dilakukan pada jam berapapun di hari kerja.

Setelah kamu mengirim persyaratan yang dibutuhkan, beri shopee waktu maksimum 2 hari kerja untuk melakukan verifikasi dan fitur ini bisa kamu gunakan.

2. Voucher Toko

Kamu juga bisa memberikan voucher kepada calon pembeli atau pengikut baru dari tokomu. Voucher yang ditawarkan juga beragam.

Contohnya seperti cashback ataupun potongan sekian persen dari harga asli barangnya. Kamu juga bisa menerapkan beberapa syarat untuk mendapatkan voucher tersebut. Bisa dengan adanya minimal pembelian atau syarat lainnya.

Kamu bisa mendapatkan fitur ini melalui menu Promosi Saya. Lalu klik Buat Voucher Baru dan pilih jenis voucher yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk memasukkan syarat dan ketentuan yang akan kamu berlakukan. Harapannya kamu bisa mendapatkan lebih banyak calon pembeli setelah pengaplikasian voucher tersebut.

3. Memperbanyak Produk dan Amankan Stoknya

Tips selanjutnya untuk penjual pemula adalah memperbanyak produk yang ada di etalase toko dan memastikan stoknya ada. Semakin banyak barang yang kamu jual, akan semakin banyak calon pembeli yang mampir ke toko kamu.

Lebih lebih kalau berakhir dengan membeli barang yang kamu jual.

Selain itu kamu bisa memilih untuk menjual dengan sistem Pre Order atau PO. Sistem ini bisa kamu gunakan jika barang yang ditawarkan memang butuh waktu hingga siap dijual.

Tapi jika barang yang kamu jual memang mudah didapatkan atau tidak butuh waktu lama, pastikan untuk selalu mengecek stok yang ada.

Baca juga: Cara Mendaftar Kurir Shopee Food

4. Ikuti Event yang Diadakan Shopee

Banyak event yang bisa kamu ikuti dengan tujuan memperbanyak penjualan dari toko kamu. Contohnya seperti Flash Sale yang menawarkan diskon besar besaran untuk semua calon pembeli.

Namun, diskon ataupun harga khusus yang diberikan memiliki batas waktu. Biasanya berkisar 30 menit atau 1 jam.

Selanjutnya ada event bulanan, yang dilakukan setiap tanggalnya sesuai dengan angka bulan tersebut. Sebagai contoh event 1.1 pada bulan Januari ataupun 10.10 pada bulan November.

Ini adalah saat yang tepat untuk memberikan promo seperti beli 1 gratis 1 atau diskon jika membeli satu paket produk.

Demikian beberapa cara yang bisa membantumu untuk berjualan di platform Shopee. Bagian paling penting dalam memulai bisnis adalah meningkatkan kreativitas, terus berinovasi, dan memilih target pasar yang tepat.  Semoga pembahasan ini bisa membantu jalannya bisnis yang akan kamu mulai ya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!