Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Kedokteran? Bidang kesehatan selalu membutuhkan banyak sumber daya manusia. Salah satunya adalah dokter.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Tak hanya menjadi dokter, lulusan jurusan kedokteran juga mempunyai banyak pilihan lapangan pekerjaan lainnya di bidang kesehatan.

Inilah rekomendasi Prospek Kerja Jurusan Kedokteran buat kamu yang menempuh pendidikan atau ingin masuk jurusan kedokteran.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

1. Dokter

Profesi yang umum dan pasti untuk para lulusan kedokteran adalah menjadi dokter. Salah satu team medis ini adalah profesi yang mengambil peran penting dalam dunia kesehatan.

Banyak dokter berkualitas yang membantu banyak sekali pasien setiap harinya. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti saat ini yang membutuhkan banyak tenaga medis profesional.

Dokter sendiri mempunyai banyak cabang spesialisasinya. Salah satu yang sering dijumpai adalah dokter umum. Dokter umum mempunyai jangkauan yang luas dan bisa ditempatkan di rumah sakit maupun membuka praktik sendiri di rumah.

Namun untuk membuka praktik harus membutuhkan perijinan khusus terlebih dahulu.

Selain dokter umum ada juga banyak cabang dokter yang bisa menjadi pilihan kamu. Beberapa diantaranya adalah dokter hewan, dokter gigi, dan dokter spesialis lainnya.

Untuk gaji yang diterima bisa di angka jutaan hingga mencapai angka puluhan juta perbulannya bila menjadi dokter spesialis tertentu sesuai passion kamu.

2. Dosen

Jurusan kedokteran tak hanya mempunyai prospek sebagai dokter saja namun juga terbuka untuk profesi sebagai dosen. Tenaga pendidikan juga dibutuhkan di banyak tempat seperti tenaga kesehatan.

Salah satunya adalah tenaga pendidik untuk jurusan kedokteran. Untuk menjadi dokter tentu mahasiswa harus belajar kepada ahlinya.

Sehingga setelah lulus menempuh pendidikan dokter, kamu juga bisa menekuni bidang pengajaran. Sehingga kamu bisa membantu mendidik para calon dokter yang akan menjadi dokter profesional nantinya.

Namun untuk bisa lolos seleksi peneriaam tenaga pengajar atau setara dosen kedokteran, maka harus memenuhi jenjang pendidikan terlebih dahulu.

Dosen kedokteran minmal harus bergelar S2. Namun banyak juga Universitas bergengsi yang menginginkan dosennya mempunyai strata pendidikan lebih dari itu.

Sehingga banyak dosen fakultas kedokteran ternama sudah bergelar Professor. Namun gelar ini bisa kamu capai dengan seiring waktu. Kamu bisa terus mengajar sambil juga terus menempuh pendidikan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Matematika

3. Peneliti

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Ilmu kedokteran juga bisa kamu terapkan dalam mengembangkan dunia science. Perkembangan ilmu pengetahuan erat kaitannya dengan dunia kedokteran.

Bidang ilmu yang dipelajari dalam jurusan kedokteran juga banyak yang berkaitan dengan science. Ilmu dasar untuk menjadi seorang dokter ini bisa menjadi jembatan kamu menjadi seorang peneliti.

Peneliti bertujuan untuk melakukan pengembangan dalam ilmu pengetahuan. Banyak terobosan baru yang dihasilkan oleh banyak peneliti profesional di bidangnya.

Penelitian yang berfokus pada perkembangan bidang kesehatan akan banyak membantu untuk menemukan jenis obatan obatan baru untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Seperti dalam kasus pendemi. Team peneliti kesehatan akan bekerja lebih keras dalam menemukan penyebab dan cara penanggulangan pandemi yang penyebarannya tinggi.

Seorang peneliti akan berpacu dengan waktu ditengah kondisi pandemi yang merebak. Gaji peneliti sendiri bisa cukup besar hingga mencapai belasan juta rupiah.

4. Bagian Manajeman Rumah Sakit

Keahlian dan skill seorang lulusan kedokteran juga akan berguna masuk dalam manajemen. Menajemen sebuah rumah sakit akan juga tergantung dari siapa orang yang menanganinya.

Tak hanya mempunyai latar pelakang sebagai pebisnis atau latar belakang ilmu manajemen, namun juga menguasai bidang kesehatan yang sedang dijalannya.

Bidang kesehatan cakupannya begitu luas. Tak hanya bicara tentang team medis dan dokter saja namun banyak bidang lainnya yang berkaitan yang akan saling mempengaruhi.

Rumah sakit dengan pelayanan dan fasilitas yang baik tidak hanya ditentukan dengan kemampuan dokter yang menangani namun juga olah banyak staff dan karyawan lainnya.

Penghasilan profesi satu ini memang akan bervariasi. Tergantung oleh lokasi tempat bekerja, posisi pekerjaan di bidang manajemen dan banyak faktor lainnya.

Namun untuk rata rata seorang kepala rumah sakit, pendapatan yang diterima adalah mencapai belasan juta rupiah. Cukup menjanjikan bukan, untuk para lulusan kedokteran yang berprestasi?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Logistik

5. Pegawai Negeri Sipil

Seorang lulusan kedokteran ternyata juga berpeluang untuk menjadi pegawai negeri sipil lho. Pegawai negeri sipil atau PNS adalag pekerjaan yang langsung digaji oleh Pemerintah.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila menjadi PNS. Salah satunya adalah jaminan masa tua yang menjanjikan.

Salah satu peluang lowongan yang banyak dicari untuk mengisi jabatan PNS adalah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Cara melamarnya pun mudah dan jelas.

Lowongan akan diumumkan oleh Pemerintah setiap setahun sekali. Kemudian kamu bisa mulai mendaftar dengan cara online. Bila dinyatakan lolos administrasi kamu bisa masuk tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya adalah tes secara tulis kemudian juga ada tes  lisan. Namun bila diterima menjadi PNS, kamu harus siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia sebagai wujud pengabdian kepada Negara.

Gaji yang diterima cukup tinggi dengan kisaran Rp 5 juta, dimana gaji tersebut belum termasuk tunjangan lainnya.

6. Wiraswasta

Siapa bilang kalau masuk jurusan kedokteran tidak bisa jadi pebisnis? tentu saja bisa. Skill dan pengetahuan yang di dapat dari jurusan kedokteran bisa juga kamu terapkan untuk terjun ke dunia bisnis.

Dunia kesehatan tak melulu tentang tenaga kesehatan. Namun banyak juga profesi lain yang menunjang pekerjaan para tenaga kesehatan tersebut.

Bisnis seperti alat kesehatan, obat obatan dan hal lain yang berkaitan dengan kesehatan bisa menjadi peluang yang bagus buat kamu lulusan kedokteran.

Untuk pendapatan para pebisnis sendiri tidak tentu seperti pekerja perusahaan atau dokter. Pendapatan yang didapat akan tergantung omset penjualan setiap bulannya.

Selain mempunyai skill dibidang kedokteran yang mumpuni, kerja keras dan pantang menyerah akan menjadi kunci seorang wirausaha akan berhasil.

Walaupun lulusan kedokteran, kamu jangan segan segan untuk turun ke lapang untuk melakukan riset pasar terkait bisnis yang akan kamu jalani ya. Kamu bisa membanguan bisnis ini sendiri ataupun bersama teman lainnya.

Baca juga: Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

7. Bekerja Di Perusahaan Kesehatan

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Lulusan perusahaan tak hanya bisa bekerja sebagai dokter namun juga bisa merambah dunia bisnis yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya adalah bekerja pada perusahaan kesehatan.

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan saat ini. Mulai dari produsen alat kesehatan hingga obat obatan.

Dalam produksinya, tentu perusahaan kesehatan ini akan banyak memperkerjakan lulusan bidang kesehatan seperti lulusan kedokteran. Kisaran gaji yang akan diterima profesi ini akan bervariasi tergantung posisi dalam perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran satu ini bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu pilihan pekerjaan sesuai keinginanmu nantinya.

Makin berkembangnya teknologi juga akan membuat makin banyaknya pilihan pekerjaan saat ini. Lulusan kedokteran mempunyai banyak peran dalam menunjang perkembangan bidang kesehatan.

Tak hanya berprofesi sebagai dokter, banyak pekerjaan lainnya yang bisa dipilih lulusan kedokteran.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!