Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Berapa Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan? Gaji seorang pramugari cukup tinggi, apalagi jika jam terbangnya panjang dan bisa disebut senior. Namun terlepas dari gaji pramugari yang tinggi, melamar pramugari di maskapai mana pun tidaklah mudah.

Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Pramugari adalah pegawai atau pegawai perusahaan angkutan umum di darat, air dan di udara. Pramugari bekerja untuk melayani penumpang saat bepergian dengan transportasi umum.

Pada hakikatnya kata pramugari berarti segala alat transportasi, baik darat, laut maupun udara. Namun, selama ini terjadi penyempitan makna yang bahkan terkonsentrasi pada lalu lintas udara.

Tidak heran jika istilah ini hanya digunakan di pesawat terbang, karena hanya pesawat terbang yang sering menggunakan pramugari. Pramugari ini untuk wanita dan pramugari untuk pria.

A. Tentang Pramugari Pesawat

Ada banyak maskapai penerbangan lokal dan internasional di Indonesia. Seperti Citilink, Garuda dan Batik Air, gaji pramugari di Garuda dan gaji pramugari di Batik Air berbeda jauh.

Terkait jam terbang seperti perbedaan gaji, ada faktor lain juga. Hal ini terkait misalnya dengan jalur atau kekuatan dan kemampuan masing-masing pramugari.

Kemampuan yang umumnya disukai pemakainya adalah penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris lisan dan tulisan yang fasih.

Hal ini sangat diperlukan karena sebagai aturan, pesawat dari beberapa maskapai tentu juga akan melayani penerbangan domestik dan internasional.

Penguasaan bahasa asing lain dinilai sebagai nilai plus jika dikuasai. Selain itu juga menyangkut profesionalisme kerja atau kinerja dan pelayanan di tempat kerja saat melayani penumpang di pesawat.

B. Berapa Gaji Pramugari Pesawat?

Jika Anda sedang mencari berbagai informasi gaji pramugari di maskapai penerbangan Indonesia, Anda bisa membacanya di bawah ini.

NoMaskapai PenerbanganGaji  / Bulan
1Air Asia8 – 15 Juta
2Batik10 Juta
3Citilink20 Juta
4Garuda30 Juta
5Sriwijaya19,5 Juta

Gaji pramugari sebuah maskapai penerbangan tergantung pada waktu penerbangan. Selain gaji poko, ada bonus gaji atau berbagai bentuk tunjangan lainnya dan setiap maskapai harus membayar karyawannya secara berbeda.

C. Tunjangan Pramugari Pesawat

Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Selain mendapatkan gaji, pramugari juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Flight allowance
  5. Tunjangan Makan
  6. Insentif
  7. Pelatihan
  8. Dll

Jika pramugari bisa memiliki jam terbang tinggi hanya dalam sebulan, upahnya pasti akan lebih tinggi. Ada juga flight allowance atau tunjangan jam terbang, yang merupakan penghasilan tambahan.

Gaji pokok seorang pramugari sama untuk setiap maskapai, yang membedakan hanyalah uang yang dikeluarkan untuk jam terbang dan berbagai reward yang diberikan oleh masing-masing maskapai.

D. Persyaratan Bekerja sebagai Pramugari Pesawat

Beberapa maskapai penerbangan mengharuskan mereka menerapkan aturan dan standar perusahaan masing-masing saat menerima pramugari mereka.

Namun secara umum, jika Anda ingin mencoba mengikuti seleksi awak kabin maskapai di Indonesia, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memahami istilah-istilah berikut ini:

  • Orang Indonesia asli.
  • Wanita
  • Dan siap mengikuti berbagai tes FAT dengan biaya yang ditetapkan oleh perusahaan.

Jika beberapa persyaratan khusus di atas terpenuhi, maka Anda dapat memenuhi persyaratan berikut untuk menjadi pramugari:

  • Anda memiliki kinerja yang menarik dan perilaku individu yang baik.
  • Belum menikah.
  • Sehat jasmani atau rohani.
  • Usia minimum adalah 18 tahun dan usia maksimal adalah 27 tahun saat mendaftar.
  • Tinggi minimal 158 cm dan maksimal 172 cm.
  • Pramugari masa depan harus memiliki berat badan yang baik dan bentuk tubuh yang seimbang.
  • Minimal SMA/SMK/sederajat (sangat diutamakan bagi lulusan D3 ke atas).
  • Tidak memakai kacamata dan telah lulus pemeriksaan kesehatan mata.
  • Lensa kontak dengan resolusi optimal minus -3,00 dan silinder C -1,00 masih diperbolehkan.
  • Pramugari pemula juga harus bisa berbicara atau menulis bahasa Inggris.
  • Sangat diprioritaskan bagi yang memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Baca juga: Gaji Bank Jatim dan Tunjangan

E. Tahapan Seleksi pramugari di berbagai Maskapai di Indonesia

Jika seleksi awal kelengkapan administrasi telah dilalui, maka banyak seleksi lain yang harus dilakukan, seperti tes FAT.

  • Tes untuk mengukur tinggi dan berat pramugari.
  • Tes psikologi dan kekuatan dalam bahasa asing.
  • Pemeriksaan latar belakang pendidikan atau keluarga dan wawancara yang berkaitan dengan keterampilan.
  • Pengawasan terkini atas berbagai aspek kinerja dan kelayakan.
  • Pemeriksaan klinis, baik fisik maupun mental.

Selama tes FAT ini, calon pramugari diharapkan dapat melakukan berbagai hal berikut.

  • Sebelum calon pramugari tiba di lokasi pemilihan, setiap calon pramugari harus mengisi formulir pendaftaran online. (Ini hanya tersedia di maskapai tertentu seperti Garuda)
  • Kenakan pakaian dengan rapi dan merata sesuai kebutuhan. Misalnya, kenakan blus pendek berwarna terang dan rok lutut berwarna gelap.
  • Pramugari pemula harus memakai pantofel atau sepatu hak tinggi.
  • Kenakan riasan natural dan riasan dengan rambut yang tertata rapi. Jika Anda memiliki rambut panjang, Anda harus mengikatnya.
  • Dokumen lengkap yang telah dikumpulkan dalam bentuk folder terbuka harus Anda bawa.

Bagian dokumen yang akan dibuat harus berisi dokumen dan peralatan berikut:

  • Surat lamaran lengkap dengan daftar riwayat hidup.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi dari SKCK.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi ijazah terakhir.
  • 1 lembar pas foto berlatar belakang merah ukuran 3×4.
  • 1 lembar foto seluruh badan berlatar belakang merah seukuran kartu pos.

Begitu uraian berbagai persyaratan dan peraturan yang harus dilengkapi seorang pramugari.

F. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji Pramugari

Gaji pramugari di berbagai maskapai di Indonesia bervariasi dan biasanya dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  • Golongan atau status tersebut dilalui dalam susunan lembaga.
  • Jabatan yang dipegang dan jenis tanggung jawab yang dipegang saat ini.
  • Jam kerja dan pelayanan yang diselesaikan di suatu perusahaan.
  • Tingkat tertinggi terakhir dari pendidikan atau sertifikasi yang diadakan.
  • Kemampuan pengetahuan, tingkat profesionalisme dan pengalaman kerja sepanjang hidupnya.

Baca juga: Gaji PT Pos Indonesia dan Tunjangan

G. Tugas Pramugari Pesawat

Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Peran seorang pramugari tidak hanya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi sebagian penumpang. Mereka melakukan sejumlah hal untuk membantu pilot dan co-pilot dalam perjalanan mereka menuju arah. Berikut adalah beberapa pekerjaan pramugari.

1. Instruksi dari pilot

Sebelum memulai penerbangan, pramugari akan memberi tahu penumpang tentang instruksi pilot atau kapten. Sebagian dari awak kabin menerima informasi tentang peluang yang muncul selama penerbangan.

Beberapa hal yang disampaikan umumnya berkaitan dengan cuaca, turbulensi, durasi penerbangan, dan beberapa faktor lain yang mempengaruhi penerbangan.

Selain itu, pramugari mengawasi keselamatan dan inventaris peralatan penting jika terjadi masalah selama penerbangan. Inilah yang perlu diketahui penumpang karena ini semua berkaitan dengan keselamatan nyawa semua pramugari dan penumpang.

2. Instruksi keselamatan

Pramugari memiliki tugas memberikan panduan tentang standar keselamatan tertentu dengan menunjukkan penggunaannya. Demonstrasi peralatan keselamatan dilakukan dengan semua penumpang duduk di kursi yang tepat.

Ada banyak hal yang ditujukan kepada penumpang, antara lain mengenakan sabuk pengaman, menemukan pintu ubin terdekat, beberapa hal yang harus dilakukan dalam turbulensi, mengenakan rompi keselamatan, dan mengenakan masker oksigen yang turun saat kadar oksigen di pesawat mengurang.

3. Kontrol pesawat

Dalam peran pramugari yang tentunya menyangkut keselamatan penumpang, pramugari harus mengecek kondisi kabin pesawat sebelum penerbangan dilakukan.

Anda harus memeriksa beberapa perangkat keselamatan penting di dalam pesawat dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Misalnya alat pemadam kebakaran, rompi keselamatan, masker oksigen, dll.

4. Membantu proses saat penumpang naik pesawat

Pramugari bekerja untuk memverifikasi tiket yang ada untuk beberapa penumpang saat mereka mencoba memasuki kabin pesawat.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tiket penumpang dan keakuratan tiket pada penerbangan agar tidak masuk tiket palsu.

Pramugari harus memperhatikan sikap penumpang pesawat. Siapapun yang berniat melakukan kejahatan tentu akan langsung disambut oleh beberapa pramugari yang waspada.

Selama proses tersebut, beberapa awak kabin memeriksa barang-barang yang dibawa penumpang untuk memastikan keselamatan penerbangan.

5. Memastikan kenyamanan penumpang

Setelah pesawat lepas landas, tugas pramugari selanjutnya adalah menjaga kenyamanan penumpang. Para pramugari akan memeriksa kabin pesawat dan terus berpatroli untuk memastikan semua penumpang merasa nyaman dan aman.

Pramugari juga harus siap ketika menerima permintaan dari penumpang seperti meminta selimut, memesan makanan, dan beberapa hal lain yang mungkin dibutuhkan penumpang.

Pada saat pendaratan pesawat, pramugari sedang bekerja untuk menginstruksikan beberapa penumpang untuk meluruskan sandaran kursi dan membuka penutup jendela pesawat agar pendaratan nyaman dan aman bagi penumpang.

Baca juga: Gaji Bank BNI dan Tunjangan

Kesimpulan

Selain gaji pramugari yang sangat tinggi secara global, tentu ada risiko yang harus ditanggung semua pramugari. Ketika seorang pramugari harus naik pesawat yang dirancang untuk terbang ke berbagai daerah.

Bahkan tidak hanya bisa 1x penerbangan dalam sehari, tapi juga bisa sampai dua atau 3x penerbangan untuk kondisi lokal. Antrean juga bisa mempengaruhi pendapatan, semakin lama penerbangan maka bisa mendapatkan gaji pramugari yang lebih tinggi.

Gaji pramugari Garuda Indonesia tampaknya lebih tinggi dari gaji pramugari Citilink atau maskapai lain. Hal ini dikarenakan maskapai ini populer dan internasional, ditambah lagi sebenarnya dari Indonesia.

Sekian artikel mengenai Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!