20+ Pekerjaan Lulusan SMA IPS dan IPA

20+ Pekerjaan Lulusan SMA IPS dan IPA | Bagus SMA Jurusan IPA atau IPS? Masih bingung pilih jurusan untuk memasuki jenjang SMA?

20+ Pekerjaan Lulusan SMA IPS dan IPA

Pasalnya pilihan peminatan jurusan saat SMA juga menentukan pekerjaan lulusan SMA dan juga karir yang akan dicapai. Ada sebagian orang yang bilang jika peluang karir dijurusan IPA sangat banyak dibutuhkan dalam dunia keprofesian, sedangkan jurusan IPS banyak peluang pekerjaan dibidang bisnis.

Pekerjaan Lulusan SMA

Saat ini, banyak lulusan SMA yang masih bingung tentang pekerjaan apa yang bisa diambil setelah lulus SMA.

Padahal, pilihan pekerjaan lulusan SMA sangat banyak dan bervariasi tergantung pada minat dan bakat masing-masing individu. Berikut adalah beberapa pilihan pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan SMA:

1. Karir di Bidang Administrasi dan Bisnis

Jika kamu memiliki minat di bidang administrasi dan bisnis, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar atau institusi pemerintah.

Beberapa contoh pekerjaan lulusan SMA di bidang ini adalah: administrasi, manajemen sumber daya manusia (SDM), keuangan, pemasaran, dan logistik.

Karir di bidang administrasi dan bisnis merupakan pilihan yang populer bagi lulusan SMA. Bidang ini menawarkan banyak peluang karir yang menarik dengan berbagai jenjang karir yang dapat dicapai. Berikut adalah beberapa pilihan karir yang dapat diambil dalam bidang administrasi dan bisnis:

a. Administrasi

Karir di bidang administrasi mencakup pekerjaan seperti asisten administrasi, resepsionis, dan sekretaris.

Tugas utama dari pekerjaan lulusan SMA ini adalah mengatur jadwal, mengelola dokumen, dan memberikan dukungan administratif kepada atasan atau perusahaan.

b. Keuangan

Bidang keuangan menawarkan karir seperti akuntan, analis keuangan, dan manajer keuangan. pekerjaan lulusan SMA di bidang keuangan melibatkan manajemen keuangan perusahaan, pembuatan laporan keuangan, serta analisis dan perencanaan keuangan.

c. Pemasaran

Karir di bidang pemasaran mencakup pekerjaan seperti spesialis pemasaran, manajer pemasaran, dan analis pasar.

Tugas utama dari pekerjaan lulusan SMA ini adalah membuat rencana pemasaran, mengembangkan kampanye iklan, serta melakukan riset pasar.

d. Sumber Daya Manusia

Bidang sumber daya manusia menawarkan karir seperti spesialis SDM, manajer SDM, dan rekruter.

pekerjaan lulusan SMA di bidang SDM melibatkan manajemen karyawan, rekrutmen, seleksi dan pelatihan, serta pengembangan karir.

e. Manajemen

Karir di bidang manajemen mencakup pekerjaan seperti manajer umum, manajer operasi, dan manajer proyek.

pekerjaan lulusan SMA di bidang manajemen melibatkan pengambilan keputusan, manajemen risiko, serta koordinasi dan pengawasan tim kerja.

Dalam memilih karir di bidang administrasi dan bisnis, penting untuk mempertimbangkan minat, bakat, dan kualifikasi yang dibutuhkan.

Beberapa posisi memerlukan gelar sarjana atau pengalaman kerja sebelumnya. Namun, ada juga posisi yang dapat diisi oleh lulusan SMA dengan kemampuan dan keterampilan yang tepat.

Dalam mengembangkan karir di bidang administrasi dan bisnis, lulusan SMA dapat mengambil kursus atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Selain itu, membangun jaringan dan hubungan juga penting untuk mencari peluang kerja dan berkembang dalam karir.

2. Karir di Bidang Teknologi Informasi

Bidang teknologi informasi semakin berkembang pesat di masa kini, sehingga banyak perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang ini.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai programmer, web developer, designer, atau analis data. Selain itu, kamu juga bisa memulai karir di bidang game development atau animasi.

Karir di bidang teknologi informasi atau IT menawarkan peluang karir yang menjanjikan bagi lulusan SMA yang tertarik dengan dunia teknologi dan komputer.

Bidang ini menawarkan berbagai jenis pekerjaan yang berbeda dengan berbagai tingkat kualifikasi dan spesialisasi. Berikut adalah beberapa pilihan karir yang dapat diambil dalam bidang teknologi informasi:

a. Desain Grafis

Karir di bidang desain grafis mencakup pekerjaan lulusan SMA seperti desainer grafis, web designer, dan animator.

Pekerjaan di bidang desain grafis melibatkan pembuatan desain visual untuk media cetak, web, dan multimedia.

b. Jaringan dan Sistem

Bidang jaringan dan sistem mencakup karir seperti administrator jaringan, administrator sistem, dan teknisi IT.

Pekerjaan lulusan SMA di bidang jaringan dan sistem melibatkan manajemen, perawatan, dan perbaikan infrastruktur jaringan dan sistem IT.

c. Pengembangan Perangkat Lunak

Karir di bidang pengembangan perangkat lunak mencakup pekerjaan seperti pengembang web, pengembang aplikasi, dan programmer.

Pekerjaan lulusan SMA di bidang pengembangan perangkat lunak melibatkan pembuatan dan pengembangan program dan aplikasi berbasis teknologi.

d. Keamanan Cyber

Bidang keamanan cyber menawarkan karir seperti spesialis keamanan siber, analis keamanan siber, dan manajer keamanan siber. Pekerjaan lulusan SMAdi bidang keamanan cyber melibatkan melindungi sistem, jaringan, dan data dari ancaman siber.

e. Analisis Data

Karir di bidang analisis data mencakup pekerjaan seperti analis data, manajer data, dan arsitek data.

Pekerjaan lulusan SMA di bidang analisis data melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Dalam memilih karir di bidang teknologi informasi, penting untuk mempertimbangkan minat, bakat, dan keterampilan yang dibutuhkan.

Beberapa posisi memerlukan gelar sarjana atau sertifikasi teknis, tetapi ada juga posisi yang dapat diisi oleh lulusan SMA dengan keterampilan dan pengetahuan yang tepat.

Dalam mengembangkan karir di bidang teknologi informasi, lulusan SMA dapat mengambil kursus atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Selain itu, membangun jaringan dan hubungan juga penting untuk mencari peluang kerja dan berkembang dalam karir.

3. Karir di Bidang Kesehatan

Jika kamu tertarik di bidang kesehatan, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai perawat, bidan, apoteker, atau dokter.

Namun, untuk masuk ke bidang ini, kamu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai.

Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang saat ini terus berkembang dan memiliki banyak peluang pekerjaan. Berikut adalah beberapa karir di bidang kesehatan yang bisa diambil oleh lulusan SMA:

a. Asisten Apoteker

Asisten apoteker bertanggung jawab untuk membantu apoteker dalam memberikan pelayanan farmasi kepada pasien.

Tugas-tugasnya meliputi mengambil resep dari pasien, menghitung dosis obat yang diperlukan, mengatur stok obat, dan memberikan informasi tentang obat kepada pasien.

b. Perawat

Perawat adalah profesi yang bertanggung jawab merawat pasien di rumah sakit atau klinik. Tugas-tugasnya meliputi memantau kondisi pasien, memberikan obat, melakukan prosedur medis, dan memberikan dukungan emosional kepada pasien dan keluarganya.

c. Dokter Gigi

Dokter gigi bertanggung jawab untuk merawat kesehatan gigi dan mulut pasien. Tugas-tugasnya meliputi membersihkan gigi, memeriksa gigi dan mulut pasien, dan melakukan perawatan gigi seperti mengisi gigi, menambal gigi, dan mencabut gigi.

d. Asisten Laboratorium

Asisten laboratorium bertanggung jawab untuk membantu teknisi laboratorium dalam melakukan proses analisis sampel yang masuk.

Tugas-tugasnya meliputi mengambil sampel dari pasien, mempersiapkan dan mengoperasikan alat-alat laboratorium, dan membantu dalam menafsirkan hasil analisis.

e. Radiografer

Radiografer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan prosedur radiologi seperti X-ray, CT scan, dan MRI.

Tugas-tugasnya meliputi mempersiapkan pasien sebelum melakukan prosedur, mengoperasikan alat-alat radiologi, dan membantu dalam menafsirkan hasil pemeriksaan.

f. Ahli Gizi

Ahli gizi adalah profesi yang bertanggung jawab untuk memberikan nasihat tentang gizi dan diet yang sehat kepada pasien.

Tugas-tugasnya meliputi mengevaluasi kebutuhan nutrisi pasien, merancang rencana diet yang sesuai, dan memberikan edukasi tentang nutrisi kepada pasien dan keluarganya.

Dalam bidang kesehatan, biasanya dibutuhkan sertifikasi atau lisensi tertentu untuk menjalankan profesi tertentu.

Sehingga, penting bagi lulusan SMA yang tertarik untuk mengejar karir di bidang kesehatan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang persyaratan yang dibutuhkan untuk memasuki profesi tersebut.

4. Karir di Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan juga menawarkan banyak pilihan pekerjaan lulusan SMA. Kamu bisa menjadi guru, tutor, pengajar privat, atau pengajar online.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai asisten laboratorium di sekolah atau universitas.

Bidang pendidikan menawarkan banyak peluang karir menarik bagi lulusan SMA. Berikut adalah beberapa karir di bidang pendidikan yang bisa dipertimbangkan:

a. Guru

Guru adalah profesi yang paling umum dipilih oleh lulusan SMA yang ingin masuk ke bidang pendidikan.

Sebagai seorang guru, tugas utama Anda adalah mengajar dan membimbing siswa dalam mencapai tujuan akademik mereka.

b. Asisten Guru

Selain menjadi guru, Anda juga dapat memilih karir sebagai asisten guru. Seorang asisten guru biasanya membantu guru dalam mengajar dan membimbing siswa, serta membantu dalam hal administrasi dan persiapan kelas.

c. Konselor Pendidikan

Sebagai konselor pendidikan, tugas utama Anda adalah membantu siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Anda juga harus membantu siswa dalam menemukan solusi untuk masalah pribadi dan akademik mereka.

d. Pengajar Les

Banyak siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam memahami pelajaran di sekolah.

Sebagai pengajar les, Anda dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mempersiapkan ujian.

e. Editor Buku Pelajaran

Jika Anda memiliki minat dalam bidang penerbitan, Anda dapat mempertimbangkan karir sebagai editor buku pelajaran.

Tugas Anda adalah memastikan bahwa buku pelajaran memenuhi standar akademik yang diperlukan dan mudah dipahami oleh siswa.

f. Penulis Buku Pelajaran

Buku pelajaran merupakan sumber belajar utama bagi siswa di sekolah. Sebagai penulis buku pelajaran, Anda dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan mencapai tujuan akademik mereka.

g. Pengembang Kurikulum

Sebagai pengembang kurikulum, tugas Anda adalah memastikan bahwa program pembelajaran yang disediakan oleh sekolah memenuhi standar akademik yang diperlukan.

Anda juga harus memastikan bahwa program pembelajaran dapat membantu siswa mencapai tujuan akademik mereka.

h. Peneliti Pendidikan

Sebagai peneliti pendidikan, Anda akan melakukan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di sekolah.

Anda akan menganalisis data dan mencari solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah.

Karir di bidang pendidikan menawarkan banyak peluang dan tantangan yang menarik. Jika Anda memiliki minat dalam bidang pendidikan, maka ini adalah pilihan karir yang tepat untuk dipertimbangkan.

5. Karir di Bidang Kreatif

Jika kamu memiliki bakat di bidang seni dan kreativitas, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai penulis, desainer grafis, fotografer, penyiar radio, atau penyanyi.

Namun, untuk bekerja di bidang ini, kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi dan mampu menyesuaikan diri dengan persaingan yang ketat.

Bidang kreatif menawarkan banyak kesempatan bagi lulusan SMA untuk mengejar karir yang menjanjikan.

Berikut adalah beberapa sub-bidang yang dapat dijelajahi oleh lulusan SMA yang berminat untuk mengejar karir di bidang kreatif:

a. Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bidang kreatif yang paling populer di kalangan lulusan SMA.

Pekerjaan lulusan SMA di bidang ini melibatkan penggunaan software khusus untuk membuat gambar dan desain grafis yang menarik dan efektif.

b. Fotografi

Lulusan SMA yang memiliki ketertarikan di bidang fotografi dapat mengembangkan keterampilan mereka melalui pendidikan formal atau pelatihan mandiri. Bidang fotografi menawarkan berbagai jenis karir seperti fotografer potret, foto jurnalistik, dan fotografer produk.

c. Seni Visual

Seni visual termasuk seni lukis, patung, kerajinan, dan banyak lagi. Lulusan SMA yang memiliki bakat seni dapat mengejar karir di bidang ini melalui pendidikan seni formal atau dengan melatih diri sendiri. Di bidang seni visual, lulusan SMA dapat menjadi seniman, konsultan seni, pengajar seni, dan kurator seni.

d. Penulis Konten

Pekerjaan lulusan SMA untuk penulis konten melibatkan pembuatan konten yang menarik dan efektif untuk situs web, media sosial, dan perusahaan.

Lulusan SMA yang memiliki keterampilan menulis dan pemahaman tentang pemasaran digital dapat mengejar karir di bidang ini dengan menjadi penulis lepas atau bergabung dengan tim pemasaran digital.

e. Multimedia

Lulusan SMA yang memiliki minat di bidang multimedia dapat mengejar karir di bidang video, audio, dan animasi.

Bidang multimedia melibatkan pembuatan video, audio, dan animasi untuk keperluan promosi, iklan, dan hiburan.

Pekerjaan lulusan SMA di bidang ini melibatkan penggunaan software khusus seperti Adobe Premiere, After Effects, dan lainnya.

Dalam bidang kreatif, lulusan SMA dapat mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka untuk mengejar karir yang menjanjikan dan menarik.

Tidak ada batasan untuk apa yang dapat dicapai oleh lulusan SMA yang memiliki minat dan tekad untuk mengejar karir di bidang kreatif.

Itulah beberapa contoh pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan SMA. Namun, penting untuk diingat bahwa pilihan pekerjaan harus disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing individu.

Selain itu, dengan persaingan kerja yang semakin ketat, lulusan SMA juga harus mempersiapkan diri sejak dini dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan di bidang pekerjaan yang diminati.

Pekerjaan Lulusan SMA IPA

Pekerjaan Lulusan SMA IPA

1. Bidang Kedokteran

Bidang yang satu ini sering Kita jumpai jika peluang karir profesi dokter adalah kebanyakan dari mereka yang lulusan pendidikan SMA nya jurusan IPA.

Memang ada benarnya juga sih, tapi dari jurusan lain selain IPA juga bisa menempuh studi bidang kedokteran. Tetapi jika basic ilmu pendidikan dari jurusan IPA, akan lebih cepat menguasai karena sudah terbiasa dengan beberapa mata pelajaran yang sesuai jurusan saat SMA.

2. Bidang Farmasi

Bidang farmasi adalah salah satu jurusan atau pekerjaan yang berhubungan dengan obat-obatan dan yang berhubungan dengan ilmu kimia dan yang lainnya.

Ilmu kimia ini biasanya didapatkan oleh peminatan jurusan IPA saat menempuh sekolah menengah atas (SMA). Peluang kerja sebagai ahli farmasi bisa menjadi salah satu potensi karir yang ditempuh oleh anak-anak IPA.

3. Ahli Gizi

Profesi atau peluang kerja lainnya yang cocok untuk anak SMA lulusan IPA adalah menjadi ahli gizi. Bidang ilmu yang satu ini masih ada kaitannya dengan bidang kesehatan lainnya.

Ilmu ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan manusia, pertumbuhan, produktivitas dan kualitas manusia. pekerjaan lulusan SMA IPA kerjanya bisa menjadi ahli gizi atau ahli nutrisi di rumah sakit.

4. Bidang Bioteknologi

Bidang ilmu yang satu ini sangat berkaitan dengan mata pelajaran jurusan IPA yaitu cabang ilmu biologi. Pada bidang ilmu ini biasanya membahas ilmu teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang berguna juga untuk manusia.

pekerjaan lulusan SMA IPA kerja dalam bidang ini bisa menjadi ilmuwan, ahli biologi dan juga bisa menjadi guru biologi.

5. Arsitek

Bagi Kamu yang memilih jurusan IPA, terdapat mata pelajaran seni budaya yang berkaitan dengan ilmu desain dan rancangan konstruksi pembangunan lainnya.

pekerjaan lulusan SMA IPA dalam dunia kerja sangat banyak sekali, antara lain menjadi Arsitek, Pekerja Teknik Sipil, Kontraktor, Interior Designer, Manajer Konstruksi, Guru,Dosen dan masih banyak profesi lainnya.

6. Bidang Statistika

Memang bidang ilmu yang satu ini sangat khas dengan mata pelajaran dari jurusan IPA yang mempelajari data secara kuantitatif atau yang bersifat angka.

Bidang ilmu statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang analisis data, pengolahan data, dan interpretasi data. Pekerjaan lulusan SMA IPA dari bidang tersebut adalah sebagai Ahli Statistik, Peneliti Survei, dan bisa juga menjadi Aktuaria.

7. Bidang Kesehatan Masyarakat

Lulusan SMA dengan jurusan IPA biasanya akan melanjutkan karir pendidikan di bidang ilmu yang satu ini, bidang ilmu kesehatan masyarakat.

Peluang karir kerjanya juga sangat luas, seperti menjadi Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam perusahaan, sebagai Penyuluh Kesehatan, Peneliti, dan bisa juga menjadi Pengajar di bidang Kesehatan Masyarakat.

8. Bidang Ilmu Informatika, Teknologi dan Jaringan

Bidang ilmu yang satu ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Bahkan banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang ahli dalam ilmu teknologi (IT).

Perkembangan lapangan pekerjaan lulusan SMA dalam dunia Informatika, teknologi dan jaringan sangat banyak diburu oleh  banyak orang. Pekerjaan lulusan SMA IPA yaitu, Ahli IT, Maintenance, Web Designer dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi

Pekerjaan Lulusan SMA IPS

Pekerjaan Lulusan SMA IPS

1. Bidang Bisnis dan Manajemen

Bidang keilmuan bisnis dan manajemen memang sudah menjadi salah satu karir yang sangat diimpikan bagi kebanyakan orang.

Bagi Kamu yang mengambil jurusan IPS saat SMA, pasti sudah banyak mempelajari dasar-dasar ilmu dalam bisnis seperti pelajaran ekonomi, akuntansi dan masih banyak lainnya.

Peluang kerjanya juga sangat luas, bisa dibidang perusahaan sebagai Akuntan, Manajer Pajak, Konsultan Bisnis, dan masih banyak yang lainnya.

2. Bidang Ilmu Politik

Sama halnya dengan pekerjaan lulusan SMA di jurusan IPA, di jurusan IPS juga memiliki eluang karir yang sangat banyak, seperti di bidang ilmu politik ini.

Untuk jurusan IPS, Kamu bisa melanjutkan studi dibidang ilmu politik karena banyak sekali peluang kerja dibidang tersebut. Seperti menjadi Analis Politik, LSM, Humas, Jurnalis Politik, Menjadi Tenaga Pengajar dibidang politik dan lain sebagainya.

3. Bidang Ilmu Komunikasi

Bidang ilmu yang satu ini juga berpotensi menjadi peluang karir yang banyak diminati bagi sebagian mereka yang jurusan IPS.

Karena banyak peluang pekerjaan yang melanjutkan studi dibidang ilmu tersebut. Seperti menjadi Jurnalis,Presenter Berita, Penyiar Radio, Fotografer, Penulis, Market Research Analyst, hingga profesi lainnya seperti dibidang periklanan, pertelevisian dan perfilman.

4. Bidang Jurnalistik

Kamu yang sekarang menempuh jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas dan menyukai bidang kepenulisan dan media, maka Kamu bisa melanjutkan bidang pendidikan ilmu jurnalistik.

Karena pekerjaan lulusan SMA IPS dalam dunia kerja juga cukup banyak alam bidang tersebut. Seperti profesi Wartawan, Editor, Penulis, Copy witer, Analis Media, Dosen dan masih banyak yang lainnya.

5. Bidang Ilmu Hukum

Bidang ilmu hukum sekarang semakin banyak peminatnya. Bagi kamu lulusan jurusan IPS atau IPA juga bisa melanjutkan bidang studi tersebut.

Meski rana pendidikan tersebut untuk mereka yang jurusan IPS, tapi idak menuntut kemungkinan jurusan IPA juga tertarik dalam bidang ilmu tersebut.

Pekerjaan lulusan SMA IPS sangat luas, seperti menjadi Pengacara, Jaksa, Hakim, Notaris, HRD, Legal Auditor dan juga sebagai Konsultan Hukum.

6. Hubungan Internasional

Karir kerja yang satu ini juga banyak diimpikan bagi sebagian orang. Pasalnya, bidang ilmu yang satu ini melingkupi pembelajaran tentang relasi, interaksi antar Negara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional dan lain-lain.

Untuk menempuh pendidikan dibidang tersebut memang tidaklah mudah, karena pekerjaan lulusan SMA IPS dan profesinya juga tidak main-main.

Selain itu juga dibutuhkan kemampuan dalam berinteraksi menggunakan bahasa asing atau bahasa Internasional. Karena bidang keilmuan tersebut menyangkut aspek internasional.

Profesi atau karir pekerjaan dibidang tersebut ialah bisa menjadi Pejabat Diplomatik, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Menjadi Tenaga Pngajar atau Dosen, Peneliti, Jurnalis, dan sebagainya.

7. Bidang Ilmu Psikologi

Demi mengetahui bagus SMA jurusan IPA atau IPS, sebenarnya diantara keduanya memiliki keuntungan yang sesuai denga porsinya masing-masing.

Seperti bidang ilmu psikologi yang kebanyakan peminatnya adalah mereka yang jurusan IPA. Padahal psikologi sendiri masuk kedalam rang lingkup jurusan IPS.

Jenjang karir psikologi bisa menjadi Psikolog, HRD, Market Research dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Logistik

Menjadi Siap Kerja Setelah Lulus SMA

Menjadi Siap Kerja Setelah Lulus SMA

Setelah lulus SMA, banyak lulusan yang bingung tentang bagaimana cara mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu menjadi siap kerja setelah lulus SMA:

1. Menentukan Pilihan Karir

Sebelum memasuki dunia kerja, kamu harus menentukan pilihan karir yang tepat dan sesuai dengan minat dan bakatmu.

Kamu bisa memulai dengan mencari informasi tentang pekerjaan yang menarik minatmu dan mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan untuk masuk ke bidang tersebut.

2. Menyelesaikan Pendidikan Tambahan

Setelah menentukan pilihan karir, kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti D3, S1, atau bahkan S2.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang diminati.

3. Membangun Jaringan dan Hubungan

Membangun jaringan dan hubungan sangat penting untuk memasuki dunia kerja. Kamu bisa bergabung dengan organisasi atau komunitas yang berkaitan dengan bidang pekerjaan lulusan SMA yang diminati.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di bidang yang sama.

4. Meningkatkan Keterampilan dan Pengalaman

Meningkatkan keterampilan dan pengalaman sangat penting untuk meningkatkan daya saing dalam dunia kerja.

Kamu bisa mencari pengalaman kerja sambilan atau magang di perusahaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan keterampilan baru dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang diminati.

5. Membuat CV dan Menyusun Portofolio

CV dan portofolio merupakan hal yang penting dalam mencari pekerjaan. Kamu harus membuat CV yang jelas dan informatif serta menyusun portofolio yang menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuat profil profesional di platform seperti LinkedIn.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu akan lebih siap memasuki dunia kerja setelah lulus SMA.

Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan dalam karir tidak hanya bergantung pada persiapan awal, tetapi juga pada kemampuan untuk terus belajar dan berkembang di bidang yang diminati.

Nah itu tadi sejumlah informasi mengenai pekerjaan lulusan SMA dan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang diambil. Meski keduanya berbeda, namun jika disuruh memilih keduanya memiliki potensi yang sama dalam dunia pekerjaan.

Jadi, setiap jurusan bukanlah sebagai penentu kualitas seseorang, tapi tergantung dengan kemauan Ia dalam belajar. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan pengetahuan seputar jurusan IPA dan IPS.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa bidang pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan SMA, dapat disimpulkan bahwa kesempatan untuk memilih karir yang diinginkan sangatlah terbuka lebar.

Meskipun begitu, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat, sehingga diperlukan persiapan yang matang untuk dapat bersaing dalam mencari pekerjaan.

Pendidikan SMA memang hanya merupakan jenjang pendidikan menengah, namun bukan berarti lulusan SMA tidak mampu untuk bersaing dengan lulusan perguruan tinggi. Dalam mencari pekerjaan, hal yang penting adalah kemampuan dan keahlian yang dimiliki, serta kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

Jadi, sebagai lulusan SMA, jangan pernah meremehkan diri sendiri dan tetaplah berusaha untuk meningkatkan kualitas diri. Jadilah pekerja keras, kreatif, inovatif, dan teruslah berusaha untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Dengan tekad dan usaha yang gigih, pasti akan ada peluang karir yang menjanjikan di masa depan.

Sekian artikel berjudul 20+ Pekerjaan Lulusan SMA IPS dan IPA, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.