Prospek Kerja Jurusan Biologi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Biologi? Biologi merupakan ilmu alam yang terfokus pada kajian tentang kehidupan makhluk hidup dari yang makro hingga mikro.

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Bahkan melingkupi struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Terkesan rumit ya. Tapi dibalik kesannya yang rumit tersimpan prospek kerja jurusan biologi yang cemerlang. Yuk, cek disini.

Prospek Kerja Jurusan Biologi

1. Food Scientist

Sebagai seorang food scientist akan mempelajari pengolahan makanana berserta kerusakannya. Metode yang digunakan berupa rekayasa, mikrobiologi dan kimia.

Ugasmu yang utama adalah menentukan tingkat nutrisi dari makanan dan menganalisis kandungan yang ada di makanan.

Keudian kamu akan riset dan mencari formulasi baru atau mencari sumber gizi baru untuk suatu produk makanan. Kamu dapat membuat olahan dengan subtistusi bahan yang lebih sehat atau juga fortifikasi zat gizi pad makanan.

Tujuannya untuk menemukan produk yang bergizi, sehat dan tentunya lezat.

2. Health Educator

Health educator daapt disebut juga sebagai promotor kesehatan. Biasanya mereka memberikan informasi dan motivasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Sebagai health educator kamu akan bertugas untuk mengembangkan dan menerapkan strategi yang baik untuk meningkatkan kesehatan individu dan komunitas.

Seorang health educator juga menyusun program dan mengembangkan materi untuk edukasi kesehatan. Selain itu juga mengumpulkan data komunitas yang melakukan pelayanan.

Hal itu dilakukan supaya informasi hidup sehat semakin meluas dan semakin banyak masyarakat yang menerapkannya.

3. Science Writer

Untuk kamu yang hobi kegiatan tulis menulis, menjadi science writer maupun content writer wajib kamu coba. Tentu saja kamu dapat menulis informasi yang bertema dengan sains.

Kamu dapat menganalisis jurnal penelitian tentang kesehatan atau bahkan bidang lain. Intinya menjadi penuis harus memperkaya pengetahuan.

Sebagai seorang penulis sains kamu haru melakukan penelitian, menulis, dan mengedit berita serta artikel ilmiah untuk publikasi bisnis, profesional, jurnal ilmiah, maupun media pada umumnya.

Lebih detail lagi kamu dituntut mampu memahami informasi baik teori dan praktik ilmiah yang kompleks.

Meskipun bahan yang kamu ambil berasal dari penelitian ilmiah, jurnal, prosinding dan lainnya kamu harus mampu meneganalisisnya dan memahami informasi dengan baik.

Tentunya sebagai seorang penulis kamu harus mampu menulis informasi dengan singkat, jelas dan akurat supaya mudah dipahami oleh masyarakat umum.

4. Ahli Biologi

Sebagai seorang ahli biologi kamu dapat mempelajari tentang manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Tujuannya untuk menggali informasi dan mendapatkan pengetahuan yang lebih menyeluruh dari pengetahuan sebelumnya.

Selain itu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tubuh dan alam bekerja.

Ruang lingkup biologi dapat secara makroskopis dan mikroskopis. Seorang ahli biologi yang bekerja di lingkup makroskopis akan melibatkan objek yang bisa diukur dan terlihat dengan mata telanjang.

Sementara bagi meeka yang berkerja secara mikroskopis akan membutuhkan mikroskoop untuk melihat objek yang akan dipelajari.

5. Biochemist

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek kerja jurusan biologi yang dapat kamu coba adalah menjadi seorang biochemist. Biochemist yang istilah kerennya seorang ahli biokimia merupakan bidang profesi berbasis laboratorium yang mempelajari dan mengeksplorasi proses kimia yang terjadi pada makhluk hidup.

Contohnya mengamati perubahan sifat kimia nasi hingga menjadi energi.

Ilmu biokimia merupakan penggabungan antara cabang ilmu kimia dan biologi. Hal yang kau amati adalah proses kimia yang terjadi pada makhluk hidup sehingga kamu bisa memecahkan masalah biologis melalui pemahaman sifat kimia.

Seorang ahli biokimia, sanat terbuka kesempatan kerjanya di lingjkungan industri atau akademis.

6. Enviromental Scientist

Lulusan biologi yang tertarik denga isu lingkungan dapat melamar pekrjaan sebagai ilmuan lingkungan. Sebagai seorang ilmuwan lingkungan akan mempelajari, mengembangkan, menerapkan dan memberikan kebijakan dan rencana dalam mengelola dan melindungi flora, fauna, lingkungan, dan sumber daya alam lainnya.

Lingkup kerjanya dapat di lingkungann swasta ataupun di sektor publik. Sektor publik terutama dalam bidang penelitian, pengelolaan lingkungan, regulasi, maupun kebijakan public.

Sedangkan di sektor swasta terlibat dalam industri minyak dan pertambangan dalam semua tingkat operasi.

7. Research Assistant

Hal yang unik lagi selain menjadi ahli biologi kamu dapat menjadi asisten peneliti. Bagi kamu yang masih pemula dan ingin menjadi ahli biologi maka kerjaan ini sangat cocok buat kamu.

Seorang asisten peneliti akan memberikan dukungan kepada profesional saat melakukan eksperimen atau saat mengumpulkan dan menganalisis data.

Sebagai asisten peneliti, kamu akan bekerja di bawah pengawasan dari peneliti utama yang memimpin proyek penelitian. Selain itu juga bertanggung jawab membantu peneliti utama dalam sejumlah tugas yang mendukung kegiatan penelitian.

Atau kamu dapat turun langsung untuk eksperimen dan penelitian sesuai protokol yang ditetapkan oleh peneliti utama.

8. Botanist

Profesi botanist atau disebut juga ahli botani dikhususkan untuk mempelajari tumbuhan untuk mencoba memahami proses biologis tumbuhan bekerja.

Perlu kamu ketahui, jika kamu menjadi ahli botani pastinya akan melakukan penelitian untuk meningkatkan produksi tanaman dan mengembangkan obat-obatan.

Kamu akan mempelajari segala macam aspek tumbuhan, misalnya mempelajari proses fisiologis seperti fotosintesis pada tingkat molekuler, sejarah evolusi, hubungan tanaman maupun hubungan dengan lingkungannya.

Meskipun cakupannya luas kamu bisa menspesifikkannya pada aplikasi pertanian tanaman untuk makanan atau lainnya.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero)

9. Pharmaceutical Scientist

Pengujian obat-obatan dan penentuan kelayakannya secara medis akan ditentukan oleh seorang pharmaceutical scientist atau yang bisa disebut lmuwan farmasi.

Kamu yang ingin mendalami mengenai obat-obatan baik dari tumbuhan hingga pengujiannya dapat menlamar untuk menjadi ahli farmasi.

Untuk menjadi seorang ahli farmasi kamu dapat melamar ke perusahaan yang bergerak dalam obat-obatan seperti perusahaan farmasi dan bioteknologi.

Kamu akan bekerja untuk menemukan, mengembangkan dan menguji obat yang teliti. Kamu juga dapat membuat inovasi baru untuk produk obat dari bahan alami. Misalnya dari tumbuhan rumput laut.

10. Forensic Scientist

Bagi kamu yang suka detektif tidak harus menjadi polisi terkebih dahulu. Kamu yang lulusan biologi dapat bergabung untuk mengatasi kejatahan.

Salah satu bidang yang dapat dituju adalah forensic scientist. Nah, dalam pengertiannya ilmu forensik digunakan untuk menganalisis bukti tempat kejadian perkara dengan menggunakan ilmu sains dan fisika.

Dalam menangani kasus kriminal maupun perdata, seorang ahli forensic akan berperan untuk memberikan bukti ilmiah untuk digunakan di pengadilan guna mendukung penuntutan atau pembelaan dalam investigasi.

Kamu harus mencari an memeriksa jejak untuk menjadi bukti tindak kejahatan.

Kamu harus jeli dan teliti, karena kamu akan mencari buki-bukti hingga materi kecil seperti bekas ban, rambut, serat pakaian, darah dan cairan tubuh, pecahan cat dan kaca, zat yang mudah terbakar, dan lainnya.

Biasanya seorang ahli forensic akan bekerja setelah pelaporan adannya tindak kejahatan dan diberikan wewenang oleh pihak kepolisian.

Itulah sekilas informasi mengenai prospek kerja bagi kamu lulusan biologi. Mempelajari makhluk hidup secara utuh akan membuat kamu lebih mengenal diri sendiri dan juga sesama makhluk.

Jangan khawatir jika kamu sekarag sedang menempuh pendidikan biologi. Karena apapun ilmunya jika ditekuni akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!