Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero)? Bagi Anda yang saat ini sedang melaksanakan seleksi tahap dan tes dari PT Pegadaian Persero, tips kerja akan mengulas tahapan tes tersebut.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero)

Pegadaian adalah satu-satunya dan sekaligus BUMN pertama yang saya coba ikut seleksi pegawai baru saat masih bekerja.

Saya mendapat informasi dari website karir kampus saya bahwa Pegadaian membuka peluang dan lowongan kerja untuk Program Pengembangan Manajemen alias MDP.

Ada sangat sedikit informasi tentang MDP ini. Jadi, memang selama proses itu saya jalani begitu saja ‘mengalir’.

Kali ini kami akan mencoba mengulas Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero). Berikut tahapan dan seleksi beserta tips dari kami:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Pegadaian (Persero)

1. Pemilihan File Administrasi

Jangan lupa siapkan beberapa dokumen seperti CV yang menarik, ijazah, transkrip nilai, KTP, pas foto, dan pas foto seluruh badan.

Semua dokumen ini harus tetap dalam format digital karena akan diunggah dalam satu ekstensi file pdf gabungan. Urutannya harus cocok. Ada contohnya.

Untuk bisa lolos tahap seleksi pengajuan ini, Anda harus mengumpulkan beberapa berkas penting. Cobalah untuk memenuhi semua persyaratan yang diminta. Berikut daftar berkas administrasi yang dibutuhkan:

  1. CV, Fotokopi KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Transkrip Nilai dan Ijazah Terakhir yang dilegalisir. Fotokopi akreditasi jurusan.
  2. Pas photo terbaru 4×6 sebanyak 3 lembar, pasfoto berwarna full body 1 lembar
  3. Surat Keterangan belum menikah, berkelakuan baik dan SKCK.
  4. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna. Sertifikat bebas narkoba.
  5. Surat Pernyataan bermaterai Rp 6000

2. Wawancara

Dalam wawancara ini, kemungkinan besar Anda akan dihadapkan dengan pengguna yang akan membutuhkan layanan Anda. Anggap saja sebagai wawancara pengguna. Berikut adalah daftar pertanyaan yang mungkin Anda terima selama wawancara ini:

  1. Perkenalkan diri dan profil singkat (sesuai CV yang dibawa)
  2. Alasan mengapa mengikuti tahap seleksi ini?
  3. Mengapa Anda ingin bekerja di Pegadaian?
  4. Apa yang kamu ketahui tentang Pegadaian? Seiring dengan produk.
  5. Sebutkan alasan anda tertarik bekerja disini
  6. Kekuatan dan kelemahan pribadi
  7. Sukses pernah diraih

Yang satu ini sulit diprediksi. Itu semua tergantung pada pewawancara. Satu orang akan berhadapan dengan dua orang pewawancara.

Mereka adalah Pegadaian berpangkat tinggi yang menilai potensi Anda. Jadi, pastikan untuk mempelajari seluk beluk Pegadaian untuk memahami apa yang sebenarnya dilakukan Pegadaian.

Baca juga:

3. Leaderless Group Discussion (LGD)

Rekrutmen Pegadaian ini diumumkan dengan sangat cepat. Biasanya hanya butuh waktu dua minggu untuk mengetahui hasilnya.

Khusus untuk hasil tes asesmen online, pada 31 Desember 2018 sudah keluar hasilnya. Ada juga jadwal tes Leaderless Group Discussion (LGD) dan wawancara dengan psikolog. Tapi, untuk lebih jelasnya, tunggu saja emailnya.

Email saya terima tanggal 4 Januari 2019 dan tes LGD dilakukan pada tanggal 8 Januari 2019. Lokasi tes menurut Kantor Wilayah Pegadaian terdekat.

Tes adalah studi kasus yang diselesaikan dengan sekelompok teman. Pembagian kelompok dilakukan secara acak. Setelah itu, kami diminta untuk menunggu wawancara awal.

Tidak perlu takut karena sebagian besar pertanyaan yang diajukan adalah tentang diri Anda sendiri. Jadi tenanglah dan jadilah dirimu sendiri.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Psikotes / Tes Assesment Online

Jangan lupa untuk mengecek email Anda karena username dan password untuk mengikuti tes ini akan dikirimkan melalui email.

Dalam email tersebut akan terdapat informasi lengkap mengenai spesifikasi pengujian termasuk browser dan software tambahan yang dibutuhkan. Pastikan koneksi internet lancar saat akan bekerja.

Untuk psikotes ini, PT Pegadaian menggunakan vendor sebagai perantara. Berikut tahapan seleksi psikotes dari PT Pegadaian:

  1. Tes verbal (seperti melengkapi kalimat dan sebagainya)
  2. Tes matematika dasar dan seri angka
  3. Tes koran krapeling (tes penjumlahan bilangan sederhana ke atas)
  4. Uji bentuk gambar (sesuaikan dengan bentuk gambar)
  5. Tes Warteg (lengkapi gambar dan jadikan objek)
  6. Tes menggambar pohon dan aktivitas manusia

Usahakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum mengikuti tahapan seleksi ini agar kondisi Anda tetap vital dan juga membawa perbekalan jika diperlukan, karena rangkaian tes yang akan Anda jalani akan panjang dan terbagi dalam beberapa sesi.

5. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero)

Yang satu ini sulit diprediksi. Itu semua tergantung pada pewawancara. Satu orang akan berhadapan dengan dua orang pewawancara.

Mereka adalah Pegadaian berpangkat tinggi yang menilai potensi Anda. Jadi, pastikan untuk mempelajari seluk beluk Pegadaian untuk memahami apa yang sebenarnya dilakukan Pegadaian.

6. MCU (Pemeriksaan Medis)

Jangan lega setelah Anda lulus wawancara pengguna MDP Pegadaian. Ada satu tes lagi yang harus dilakukan, yakni tes kesehatan.

Ada beberapa orang yang tidak lolos tahap ini, jadi lebih baik merawat tubuh sebelum tes kesehatan. Biasanya diberikan jangka waktu tertentu dimana kita bisa memilih hari apa tes kesehatan tersebut.

Saya datang pagi-pagi sekali agar tidak terlalu mengantri. Selain itu, saya juga berpuasa selama 10 jam sebelum mengikuti tes kesehatan.

Gunakan setelah mengikuti psikotes, ubah gaya hidup dan perbanyak minum air putih serta makan teratur. Usahakan juga berpuasa sebelum hari ujian.

Jangan anggap enteng ujian MCU PT Pegadaian, karena ada beberapa peserta yang justru gagal di tahap ini. Berikut tahapan uji MCU dari PT Pegadaian:

  1. Tes sampel darah
  2. Tes sampel urin
  3. Audiometri
  4. Pemeriksaan fisik (mata, gigi, anus, tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan tekanan darah)
  5. Penglihatan mata
  6. Rontgen dada dan rekam jantung (EKG)

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pegadaian (Persero), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!