Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Barista

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Barista? Bisnis coffee shop terus melejit dan memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Hal tersebut terjadi karena para kaum milenial memiliki gaya hidup yang suka nongkrong.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Barista

Mereka bisa menghabiskan waktu lama di berbagai kedai kopi. Kondisi ini membuka peluang pekerjaan sebagai barista cukup menjanjikan. Lantas pekerjaan seperti apakah itu barista? Berikut informasinya!

A. Apa Itu Barista?

Barista adalah sebutan bagi seorang pekerja di coffee shop yang bertugas melayani konsumen dan meracik berbagai macam kopi yang mereka pesan.

Profesi barista ini spesial karena mereka bukan hanya sekedar membuat kopi biasa, namun juga menggunakan insting dan sentuhan seni dalam penyajiannya.

Hal tersebut menyebabkan seorang barista harus memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka harus bisa mempresentasikan sebuah kopi dengan tampilan yang cantik menarik.

Belum lagi kemampuan untuk berkreasi menghadirkan resep terbaru juga sangat dibutuhkan. Sebuah cafe pasti ingin jika barista yang bekerja bersama mereka memiliki kemampuan meracik kopi yang handal.

B. Mengenal Fungsi dan Tanggung Jawab Utama Barista

1. Meracik Resep Kopi Terbaik Untuk Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang barista  memiliki tanggung jawab untuk meracik dan membuat resep sebuah kopi.

Sebenarnya hal ini menyangkut kegiatan eksperimental, namun aktivitas tersebut didasari oleh sebuah penelitian. Barista bisa meracik sebuah resep dengan berangkat dari masukan konsumen atau membuat berbagai minuman kopi yang kekinian.

Apabila hasil racikannya terbukti lezat, biasanya pemilik cafe bisa memasukkan menu tersebut ke dalam daftar olahan kopi yang dijualnya.

Bahkan bisa saja resep yang telah dibuat tadi menjadi menu andalan coffee shop tersebut. Oleh karena itu, barista yang baik harus memiliki dasar pengetahuan tentang kopi dan mau berpikir kreatif dan inovatif.

Pengetahuan dasar itu juga sangat penting karena mereka akan sering berhadapan dengan mesin penggiling kopi serta berbagai jenis kopi seperti Arabica, Liberika, Robusta, dan lain sebagainya.

Belum lagi mereka memiliki cita rasa yang berbeda beda. Selain itu, barista juga harus mempertimbangkan campuran susu yang digunakan agar memberikan rasa dan tampilan yang menarik.

2. Membuat Kopi Sesuai Dengan Keinginan Pelanggan

Kopi yang dibuat oleh seorang barista bukanlah kopi sachetan yang ada di pasaran. Hal tersebut membuat pelanggan bisa request kepada barista untuk membuatkannya kopi sesuai dengan keinginan mereka.

Konsumen bisa saja mengubah beberapa komposisi kopi, misalnya jumlah takaran susu. Atau terkadang ada juga yang minta untuk dibuatkan latte art tertentu.

Selama permintaan konsumen masih mungkin untuk dikerjakan maka barista harus responsive dan sebisa mungkin menuruti keinginan konsumen.

Hal ini menandakan bahwa menjadi seorang barista harus memiliki kemauan untuk belajar agar bisa mewujudkan beragam kopi yang diinginkan oleh pelanggannya.

Tidak heran jika barista yang lama bekerja di sebuah coffee shop bisa bergaji tinggi. Tanggung jawab dan pekerjaan mereka tidaklah mudah.

Dibutuhkan pengetahuan serta ketelatenan sehingga dapat menghasilkan kopi kopi terbaik. Jadi, kamu belum memiliki kemampuan menjadi barista, lebih baik mulai dengan belajar terlebih dahulu.

3. Menghias Kopi Dengan Sentuhan Seni

Tugas seorang barista yang selanjutnya adalah membuat latte art. Biasanya setiap café memiliki desain latte art yang menjadi ciri khasnya sehingga lebih baik kamu tanyakan langsung ke kedai tempatmu melamar.

Pengetahuan ini sama pentingnya seperti informasi pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas barista yang kamu tanyakan di awal sebelum diterima kerja.

Saking bagusnya gambar di atas kopi, pelanggan kerap kali mengabadikannya melalui foto dan mengunggahnya ke media sosial.

Hal tersebut dilakukan sebelum mereka meminumnya. Baru baru ini, anda latte art yang digambar sesuai dengan wajah pelanggannya loh! Tentu hal tersebut memerlukan skill tingkat dewa.

Banyak orang awam yang bertanya tanya berapakah waktu yang dibutuhkan seorang barista untuk membuat sebuah latte art.

Tampaknya informasi ini memang menarik untuk dibahas karena membuat latte art tidaklah mudah. Sebagai seorang barista, mereka harus bisa membuat latte art dengan cepat.

Hal tersebut bisa terwujud jika mereka adalah pribadi yang cekatan dan berpengalaman.

4. Melayani Pelanggan dan Menerima Pesanan

Meskipun barista bertugas meracik dan membuat kopi, tugas sampingan yang juga kerap mereka lakukan adalah melayani dan menerima pesanan.

Kondisi ini biasanya terjadi jika coffee shop tempat mereka bekerja tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak pelanggan. Akan tetapi kondisi ini tergantung aturan dan pembagian tugas dalam kedai tersebut.

Tugas menerima pesanan ini juga dapat terjadi apabila ada seorang pelanggan yang hendak merequest sebuah kopi tertentu dengan racikan yang tidak biasa.

Mereka perlu mengkomunikasikannya langsung kepada barista agar tidak terjadi kesalahan. Jika kondisi ini muncul, barista yang bertugas harus memberikan respon dengan baik.

5. Mempersiapkan Makanan Untuk Pelanggan

Tugas kelima yang juga bisa dilakukan oleh seorang barista adalah mempersiapkan makanan untuk pelanggan. Hal tersebut sifatnya kondisional dan sesuai dengan ketentuan café tempat mereka bekerja.

Bisa saja saat itu kondisinya ramai dan seluruh pelayanan sangat sibuk, maka sebagai salah satu pekerja, barista harus membantu rekan yang lain.

Hal ini menjadi salah satu tanggung jawab barista sebagai salah satu pekerja café untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

Jika pelayanannya cepat, maka pelanggan akan merasa puas. Dengan begitu, harapannya café tersebut bisa berkembang dengan pesat dan bisa memiliki banyak cabang baru.

6. Membersihkan Peralatan Kopi

Orang yang paling sering menggunakan piranti pembuat kopi adalah seorang barista. Alat alat tersebut juga bukanlah barang yang murah, sehingga harus diperlakukan dengan hati hati.

Sebagai orang yang paham bagaimana cara kerja mesin tersebut, ada baiknya barista membersihkan sendiri peralatan kopinya agar tidak terjadi kerusakan.

Baca juga: Contoh dan Tips Membuat CV untuk Barista

C. Gaji Seorang Barista

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Barista

Setelah mengetahui definisi dan tugas barista, sekarang kita bahas tentang kisaran gaji yang mereka peroleh. Sebenarnya hal ini tergantung manajemen café nya masing masing.

Biasanya, semakin besar cafe, maka gaji baristanya juga akan semakin tinggi. Selain itu, faktor lain yang juga sangat berpengaruh adalah skill dan pengalaman.

Bayaran seorang barista yang berpengalaman akan jauh lebih tinggi dibandingkan barista pemula. Bahkan barista berpengalaman bisa diangkat menjadi captain sehingga jabatan itulah yang membuat gajinya semakin besar.

Gaji barista pemula biasanya berkisar antara 2 sampai 3 juta sedangkan yang profesional bisa 5 sampai 10 juta per bulan.

Pekerjaan sebagai barista ini cocok untuk kaum milenial. Gajinya cukup bersaing sehingga bisa membuat mereka semakin semangat untuk mengasah skill agar bisa mendapat sertifikat dan menjadi barista profesional.

Agar lebih siap, mereka juga perlu mencari informasi lebih banyak tentang bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas barista.

Perlu diingat apapun profesinya selama itu baik dan tidak merugikan orang lain, maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Kamu perlu mencari pengetahuan sebanyak banyaknya tentang berbagai macam profesi karena saat ini lowongan pekerjaan sangat beragam. Buktinya, posisi sebagai barista yang dulunya tidak populer sekarang semakin dibutuhkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!