Cara Mendaftar Kurir Shopee Food

Bagaimana Cara Mendaftar Kurir Shopee Food? Tak hanya GrabFood dan GoFood, penyedia layanan jasa pesan antar makanan saat ini sudah mulai dilirik oleh Shopee.

Dengan branding Shopee Food, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia ini mulai melebarkan sayapnya ke jasa pesan antar makanan juga.  Bagi kamu yang tertarik bergabung, berikut cara daftar kurir Shopee Food.

A. Sekilas tentang Shopee Food

Berawal dari Shopee Food yang lebih dahulu tersedia di Vietnam, jasa layanan pesan antar makanan ini mulai hadir di Indonesia mulai awal tahun 2021.

Layanan Shopee Food akan menjadi layanan pesan antar makanan pertama dan satu satunya yang diluncurkan oleh e-commerce di Indonesia, yaitu Shopee.

Shopee Food dipastikan sudah beroperasi di wilayah Jabodetabek sejak dimulai peluncurannya awal tahun ini. Tetapi bagi kamu yang berdomisili di luar Jabodetabek juga bisa ikut mendaftar karena Shopee Food sudah hadir di kota kota besar Indonesia lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan Manado.

Maraknya pembelian online oleh masyarakat pada era ini menjadi peluang bisnis tersendiri.

Oleh karenanya, peluang bisnis di dunia online seperti ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin mencari penghasilan tambahan di sela sela kegiatan sehari hari. Lowongan pendaftaran kurir Shopee Food bisa menjadi salah satu pilihan.

Lowongan pendaftaran untuk kurir Shopee Food sendiri sudah tersedia di hampir semua kota kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Bogor, Depok, Jogja, Malang, Semarang dan masih banyak kota-kota lain.

Ditambah lagi dengan cara mendaftar kurir Shopee Food yang tidak rumit dan bisa dilakukan secara online.

Walaupun dilakukan secara online, tetapi pada saat tahap perekrutan kemudian diikuti tahap mengaktifkan aplikasi tetap diharuskan untuk datang ke kantor Shopee Food terdekat.

Bila kamu berminat mendaftar untuk menjadi kurir Shopee Food, berikut adalah hal hal yang harus kamu siapkan dikutip dari laman resmi shopee.co.id.

B. Persyaratan Dokumen untuk Daftar Kurir Shopee Food

1. KTP

Dokumen wajib yang harus disiapkan adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang berstatus aktif. Selain itu bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai kurir Shopee Food ini mempunyai batas usia minimal dan maksimal yang harus diperhatikan. Yaitu berusia 17-65 tahun pada saat melakukan pendaftaran.

2. SIM C

Dokumen wajib berikutnya yang harus disiapkan adalah SIM C. SIM C atau Surat Ijin Mengemudi untuk motor ini haruslah berstatus masih aktif.

Sebelum didaftarkan baiknya kamu mengecek nama yang tertera dalam SIM kamu dan tanggal aktifnya. Nama yang tertera di dalam SIM harus sesuai dengan KTP pendaftar.

3. STNK

Dokumen penting untuk kelengkapan berkendara kamu lainnya adalah STNK. Surat wajib yang harus kamu bawa saat berkendara ini mempunyai ketentuan tersendiri yang harus kamu cek sebelum mendaftar.

STNK yang kamu pegang diharuskan mempunyai tahun pembuatan kendaraan minimal tahun 2012.

4. SKCK

Kemudian, dokumen penting selanjutnya sebagai syarat pendaftaran kurir Shopee Food adalah SKCK. Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini sebaiknya ada saat kamu mendaftar.

Tetapi jangan khawatir, bila kamu belum mempunyai SKCK atau belum sempat untuk mengurus ke kantor polisi terdekat, berkas ini bisa menyusul.

5. Buku Tabungan Bank

Dokumen berikutnya yang harus kamu siapkan sebelum mendaftar adalah buku tabungan bank. Buku tabungan yang disyaratkan oleh pihak Shopee adalah salah satu dari rekening bank BNI, BRI, BCA, atau Mandiri.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah nama pemilik buku tabungan bank yang harus sesuai dengan KTP pemilik.

6. Alamat email

Selain dokumen dokumen penting diatas, pendaftaran Shopee Food juga memerlukan data alamat email yang masih aktif. Email yang masih aktif ini digunakan untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi dengan pelanggan.

Email aktif ini akan berfungsi juga sebagai alat komunikasi dengan Shopee yang akan memberikan info update setiap harinya.

7. Nomor handphone

Informasi yang tak kalah penting lainnya adalah nomor handphone kamu yang masih aktif. Tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan saja, nomor handphone kamu yang terdaftar harus bisa dihubungi juga.

Jadi pastikan nomor kamu yang akan terdaftar nantinya selalu aktif ya.

C.  Cara Untuk Mendaftar Kurir Shopee Food

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Seperti yang disebutkan, dokumen yang dibutuhkan harus kamu siapkan terlebih dahulu.  Setelah itu kamu bisa menuju Tahap berikutnya dalam cara mendaftar kurir shopee food yaitu mengisi formulir pendaftaran.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online, dengan mengunjungi link yang tertera.

Tetapi ada hal yang juga harus kamu perhatikan terkait link pendaftarannya. Setiap daerah pendaftar mempunyai link yang berbeda.

Ada 3 link yang tersedia saat ini, yaitu untuk daerah Jakarta, daerah Bodetabek  atau luar Jabodetabek. Berbagai macam link yang digunakan untuk mendaftar antara lain:

Jakarta: bit.ly/PendaftaranMitraDriverShopeeFood

Bodetabek: bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeBodetabek

Luar Jabodetabek: bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeFoodIndonesia

2. Menunggu konfirmasi

Tahap terakhir setelah kamu mendaftar dan mengirimkan dokumen yang dibutuhkan adalah menunggu konfirmasi. Tim Shopee Food akan mengkonfirmasi data pendaftaran kamu dengan waktu maksimal 1 bulan setelah berkas pengisian formulir kamu lengkap.

Pihak Shopee biasanya akan menghubungi kamu melalui WhatsApp ataupun email aktif.

Bila dalam proses pendaftaran kamu selanjutnya masih ada hal yang perlu kamu ketahui atau tanyakan, kamu bisa langsung menghubungi Call Center Shopee.

Customer Service ShopeeFood yang aktif 24 jam ini dapat membantu kamu mendapatkan informasi, cukup hubungi di nomor 1500702.

Baca juga: Sistem Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan

D. Atribut Tambahan Kurir Shopee Food

Setelah proses pendaftaran selesai kamu lakukan, masih ada satu hal lainnya yang perlu kamu miliki, yaitu atribut shopee food.

Atribut wajib bagi kurir Shopee Food ini meliputi satu jaket, helm, tas ransel besar untuk delivery dan tak lupa masker. Total harga yang harus kamu siapkan untuk atribut kurir Shopee Food ini adalah Rp. 500.000.

Tetapi jangan khawatir terkait biaya atributnya itu. Shopee punya solusi tersendiri bagi kurir yang ingin memiliki atribut lengkap tetapi dengan budget yang minim.

Shopee menawarkan pembayaran atribut dengan cara cicilan dari saldo kredit yang dimiliki kurir Shopee Food nantinya. Jadi kamu tak perlu risau untuk langsung membayar penuh.

Cara pembayaran cicilan atribut kurir ini cukup dengan membayar uang muka sebesar Rp. 100.000 secara tunai. Kemudian sisanya Rp. 400.000 akan dicicil oleh kurir sebanyak 50 kali sehingga per cicilan akan dikenakan Rp. 8.000 saja per hari.  Kemudian atribut lengkap akan diterima kurir setelah pembayaran dinyatakan lunas.

Tetapi khusus untuk wilayah Jabodetabek dan Surabaya mempunyai ketentuan khusus, yang mana uang muka cicilan atribut yang dibayarkan di muka bukan Rp. 100.000 tetapi Rp. 400.000. Sisanya, yaitu Rp. 100.000 baru akan bisa dicicil sebanyak 50 kali sehingga per cicilan akan dikenakan Rp. 2000 saja per hari.

Berbagai macam lapangan pekerjaan di era digital saat ini membuka kesempatan buat kamu yang ingin mencoba hal baru. Pekerjaan full time ataupun part time bisa menjadi pilihan pekerjaan yang bisa kamu sesuaikan sesuai kegiatan kamu.

Berkarir di Shopee yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dapat menjadi pilihan yang tepat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!